Syarat Daftar GrabBike 2019 yang Mudah dan Cepat

Advertisement

Syarat Daftar GrabBike 2019 – Teknologi berkembang sangat pesat dan hampir semua aspek kehidupan berhubungan dengan dunia digital. Salah satunya adalah sarana transportasi ojek online yang saat ini mulai menggantikan peran ojek pangkalan. Masbro tentu mengenal beberapa layanan ojek online yang populer di Indonesia, seperti GrabBike, Gojek, dan Uber. Ketiga layanan tersebut membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi driver ojek online.

Ada beberapa persyaratan khusus untuk menjadi driver GrabBike, Gojek ataupun Uber. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai syarat menjadi driver Gojek yang bisa masbro simak pada informasi berikut “Syarat Mendaftar Gojek“. Nah setelah mengetahui apa saja syarat menjadi driver Gojek, sekarang giliran kita membahas mengenai syarat daftar GrabBike. Saat ini GrabBike menjadi pesaing utama Gojek yang notabennya merupakan perusahaan dalam negeri. Sedangkan GrabBike berasal dari Malaysia.

Ada beberapa keuntungan menjadi driver GrabBike. Salah satunya adalah mendapatkan penghasilan tambahan yang jumlahnya cukup lumayan. Syarat daftar GrabBike juga sangat mudah, sehingga semakin banyak orang yang menjadikan ojek online sebagai profesi utama. Berprofesi menjadi driver GrabBike ataupun Gojek tentu ada suka dukanya. Namun yang paling penting kita bisa menjadapatkan penghasilkan hingga ratusan ribu rupiah setiap harinya.

Advertisement

Zaman sekarang mencari pekerjaan cukup sulit, karena beberapa perusahaan mematok standar sangat tinggi, seperti harus Sarjana S1 dan memiliki skill tertentu. Namun sekarang sudah ada perusahaan ojek online yang bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Hanya bermodalkan sepeda motor dan smartphone kita sudah bisa mendaftar menjadi driver GrabBike. Selain itu, masih ada beberapa syarat daftar GrabBike lainnya yang bisa masbro simak dibawah ini.

Syarat Daftar GrabBike Terbaru 2019

1. Syarat Daftar GrabBike

Syarat Daftar GrabBikeAda banyak sekali keuntungan apabila bergabung menjadi driver GrabBike. Keutungan yang pertama adalah waktu yang fleksibel, sehingga kita bisa bebas memilih waktu bekerja sesuai kebutuhan. Masbro juga diberi kebebasan untuk memilih mengantar penumpang atau layanan GrabBike lainnya. Selain itu, kita mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan hingga belasan juta per bulan. Apabila menginginkan penghasilan sebesar itu, masbro harus focus menjadi driver GrabBike karena semakin banyak mendapatkan penumpang maka semakin besar penghasilan yang didapatkan.

Menariknya lagi, semua driver GrabBike akan mendapatkan asuransi kecelakaan hingga maksimal Rp. 55 Juta. Asuransi memang sangat penting, karena driver harus bekerja di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa mengalami kecelakaan ataupun kejadian apes lainnya, seperti perambokan dan pembegalan. Yah, keselamatan memang menjadi taruhan saat kita menjadi driver ojek online. Nah bagi masbro yang tak mempermasalahkan hal tersebut dan berkeinginan menjadi driver GrabBike, maka silahkan simak syarat daftar GrabBike berikut ini.

Advertisement
  1. Syarat daftar GrabBike yang pertama adalah harus WNI (Warga Negara Indonesia).
  2. Grab juga membatas umur driver GrabBike yang maksimal berusia 55 tahun pada 31 Desember 2015.
  3. Nah syarat yang paling penting adalah harus memiliki sepeda motor yang kondisinya masih layak jalan dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan GrabBike.
  4. Driver GrabBike juga wajib bisa membaca dan menulis. Menariknya, GrabBike tidak membatasi jenjang pendidikan bagi yang tertarik menjadi driver GrabBike, sehingga semua orang bisa mendaftar asalkan memiliki kemampuan membaca dan menulis.
  5. Pendaftar juga wajib sehat Jasmani dan Rohani. Sehat jasmani yang kami maksud adalah tidak memiliki kekurangan fisik.
  6. Syarat daftar GrabBike selanjutnya adalah menguasai area sesuai trayek yang didaftarkan. Hal ini sangat penting agar driver tidak bingung saat ingin mengantarkan penumpang ataupun mengirimkan barang.
  7. Semua driver GrabBike harus jujur, disiplin dan bertanggung jawab
  8. Menyiapkan fotocopy KTP yang masih berlaku.
  9. Harus memiliki SIM C dan membawa fotocopy SIM C yang masih berlaku saat mendaftar menjadi mitra GrabBike. SIM C bisa dikatakan sebagai bukti bahwa calon driver memiliki kemampuan mengendari sepeda motor, jadi bagi yang belum memiliki SIM C harus terlebih dahulu membuatnya. Nah untuk mengetahui bagaimana cara membuat SIM khusus motor tersebut, silahkan simak informasi berikut ini “Cara Membuat SIM C“.
  10. Bagi pemegang KTP luar kota harus membawa surat keterangan domisili. Surat tersebut juga berlaku bagi calon Driver yang alamat tinggal saat ini berbeda dengan KTP.
  11. Kemudian harus membawa fotocopy STNK yang masih berlaku sebagai bukti kepemilikan sepeda motor
  12. Selain fotocopy STNK, KTP, dan SIM C, calon driver juga harus membawa fotocopy Kartu kelurga (KK) terbaru.
  13. Bagi yang berusia lebih dari 50 tahun harus membawa surat keterangan kesehatan dari Dokter.
  14. Calon driver GrabBike juga harus membawa SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.
  15. Grab juga memberikan kesempatan bagi calon driver untuk mencicip HP. Namun sebelum itu calon driver harus membayar uang Top Up awal sebesar Rp. 150.000
  16. Sedangkan bagi yang sudah memiliki HP, maka hanya perlu membayar uang Top Up awal sebesar Rp. 100.00.
Baca Juga :  Cara Mengurus SIM Hilang 2019 Beserta Biaya dan Syarat Pengurusan

Nah itulah beragam syarat daftar GrabBike yang wajib masbro ketahui. Setelah semua berkas siap, maka selanjutnya masbro tinggal datang ke kantor Grab terdekat atau mendaftar secara online melalui https://www.grab.com/id/driver/bike/. Nah setelah semua berkas diterima dan dinyatakan sudah lengkap, maka proses daftar GrabBike selanjutnya adalah harus mengikut tes Safety Driving. Tes tersebut berbeda dengan tes membuat SIM, karena hanya sebatas membawa penumpang ke tempat tujuan, kemudian pihak Grab akan melihat apakah calon driver bisa megendari motor serta melayani penumpang dengan benar.

2. Syarat Motor GrabBike

Syarat Motor GrabBikeSeperti yang kami sampaikan di atas, salah satu syarat daftar GrabBike adalah memiliki sepeda motor yang layak sesuai ketentuan yang ditetapkan pihak Grab. Motor yang digunakan juga tak boleh sembarangan, karena harus dibuat tahun 2008 ke atas. Motor tersebut harus memiliki body yang masih layak untuk dikendarai dan mesinnya masih bisa beroperasi dengan baik. Syarat daftar GrabBike tersebut sangat penting agar penumpang bisa berasa aman dan nyaman, sehingga nantinya Driver GrabBike bisa mendapatkan feedback positif dari penumpang.

  1. Kondisi fisik motor harus masih layak
  2. Tahun produksi motor minimal tahun 2008
  3. Mesin motor harus sehat dan aman dikendarai

Semua jenis sepeda motor bisa digunakan untuk mendaftar GrabBike. Namun ada baiknya masbro menggunakan motor matic atau motor bebek yang memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan motor sport. Biasanya penumpang juga lebih memilih motor matic atau bebek, karena lebih nyaman saat dipakai berboncengan. Yah, kenyamanan penumpang menjadi yang utama. Meksi begitu kita tetap harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Caranya adalah dengan merawat motor secara rutin, seperti mengganti oli dan kampas rem.

Advertisement

3. Syarat Hp GrabBike

Syarat Hp GrabBikeGrab merupakan perusahaan online berbasis Aplikasi. Semua pengendara GrabBike wajib memiliki smartphone untuk menjalankan aplikasi Grab, baik itu Android ataupun iPhone. Nah bagi pemilik smartphone Android, maka Hp yang digunakan harus mendukung sistem operasi minimal Jelly Bean. Selain itu, smartphone harus memiliki Ram minimal berkapasitas 1GB dan mendukung GPS dengan akurasi tinggi. Syarat daftar GrabBike tersebut sangat penting, karena nantinya kita harus menjalankan aplikasi Grab untuk menerima orderan sesuai lokasi yang ditentukan penumpang.

  1. Smartphone harus memiliki Ram minimal 1GB
  2. Sistem Operasi minimal Android Jelly Bean
  3. Smartphone dilengkapi GPS yang akurat

Bisa dikatakan sistem kerja GrabBike adalah driver akan menerima order dari penumpang melalui aplikasi yang disediakan, lalu akan muncul lokasi penjemputan atau pengiriman barang. Selain itu, Grab juga menyediakan layanan pemesanan makanan yang mengharuskan driver terlebih dahulu membayar pesanan yang diorder. Sistem serupa juga berlaku bagi driver Gojek, jadi bisa dikatakan layanan yang dihadirkan Grab tidak berbeda jauh dengan Gojek

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Menambal Ban TublesCara Menyetel Karburator Motor
Biaya Pembuatan SimCara membuat SIM C

Menjadi driver GrabBike merupakan solusi paling tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita bisa bebas bekerja tanpa terikat waktu, sehingga bisa menjadi pekerjaan sampingan disaat waktu luang. Namun apabila menginginkan hasil yang maksimal, maka masbro harus bekerja secara full time menjadi driver GrabBike. Sekarang tinggal masbro yang mentukan apakah mau bekerja secara full time atau hanya sebatas sampingan. Sekian informasi otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement