Cara Membersihkan Kaca Helm Yang Buram dan Tergores

Advertisement

Cara Membersihkan Kaca Helm – Salah satu bagian paling penting dari helm motor adalah kaca helm atau sering disebut sebagai visor. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, dan melindungi wajah pengendara motor dari air hujan, debu, serta terik sinar matahari. Mengingat fungsinya sangat penting, tentu kita harus merawatnya agar kondisinya tetap bagus dan nyaman digunakan saat berkendara.

Perawatan kaca helm cukup mudah. Masbro hanya perlu membersihkannya secara rutin, sehingga tidak ada kotoran yang menempel pada kaca helm. Namun sering kali pengendara motor tak memperdulikannya dan tetap membiarkan kaca helm kotor. Padahal hal tersebut bisa mengganggu visibilitas berkendara, sehingga beresiko menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itulah masbro wajib membersihkan kaca helm secara rutin, demi keselamatan dan kenyamanan.

Tips Membersihkan Kaca Helm Dengan BenarCara Membersihkan Kaca Helm

Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Cairan Pembersih

Sering kali kaca helm yang tidak dirawat akan terlihat buram, karena banyak debu yang menempel. Faktor lainnya adalah karena gas karbondioksida yang berasal dari asap kendaraan lalu mengendap di kaca sehingga membuat kaca helm menjadi kotor. Apabila dibiarkan saja, maka lama kelamaan kaca helm menjadi rusak dan tidak menutup kemungkinan membuat kaca mudah tergores.

Advertisement

Banyak orang yang belum tahu cara membersihkan kaca helm dengan baik dan benar. Perawatan yang salah juga beresiko membuat kaca helm tergores. Tentu masbro tidak ingin mengalami hal yang sama. Oleh karena itulah kami sudah menyiapkan informasi mengenai cara membershikan kaca helm agar kembali bening dan terhindar dari goresan. Nah untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan masbro simak informasi otomotifo.com berikut ini.

1. Siapkan Alat & Bahan

Sebelum membersihkan kaca helm, masbro harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kain halus untuk cairan pembersih
  2. Kaih halus untuk mengeringkan
  3. Wadah
  4. Obeng
  5. Cairan pembersih
  6. Air
  7. Kaca helm yang sudah buram

Agar hasilnya semakin maksimal, masbro bisa membeli Liquimoly Motorbike Visor Cleaner yang dibanderol sekitar 90 Ribuan. Kelebihan cairan tersebut adalah sudah dilengkapi bahan anti jamur, sehingga bisa membersihkan kotoran dan menghilangkan bakteri serta minyak yang menempel pada kaca helm.

Advertisement

2. Lepaskan Kaca Helm

Setelah semua alat dan bahan siap, selanjutnya masbro tinggal melepaskan kaca helm atau visor dengan tujuan agar mempermudah proses pembersihan. Cara melepasnya juga sangat mudah. Kita tinggal membuka baut yang terpasang pada bagian samping menggunakan obeng yang sudah disiapkan. Masbro harus hati-hati saat melepasnya dan pastikan tidak ada bagian yang patah.

3. Cuci Kaca Helm

Cara membersihkan kaca helm adalah mencucinya dengan air. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kaca helm. Apabila kaca helm sudah menguning, maka lebih baik masbro terlebih dahulu merendamnya pada air sabun agar kotoran yang menempel yang bisa dibersihkan dengan mudah.

4. Lap Menggunakan Kain Halus

Setelah kaca helm dicuci hingga bersih, kemudian masbro mengelapnya dengan kain halus. Lakukan cara membersihkan kaca helm tersebut sampai kaca helm benar-benar kering. Pastikan pula kain yang dipakai memiliki tekstur yang halus dan bisa menyerap air secara maksimal. Jangan sampai menggunakan kain kasar, karena beresiko membuat kaca helm tergores.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Aki Kering Motor & Mobil Yang Rusak atau Soak
Advertisement

5. Berikan Cairan Pembersih

Langkah selanjutnya adalah memberikan cairan pembersih. Masbro bisa menggunakan Visor Cleaner seperti yang kami sampaikan di atas menggunakan Hand Sanitizer yang harganya lebih murah. Kami sendiri lebih menyarankan memakai Visor Cleaner, karena cairan pembersih tersebut telah mengadung anti bakteri yang kaca helm tidak mudah terkena jamur dan menjadikannya lebih bening.

6. Lap Hingga Menyeluruh

Cara menggunakan cairan pembersih helm adalah dengan cara menempatkannya pada kain halus, lalu lap seluruh bagian kaca helm secara perlahan. Saat mengelap kaca helm pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Mengelapnya juga harus secara perlahan agar tidak merusak kaca helm.

7. Diamkan Beberapa Saat

Setelah mengelap kaca helm dengan cairan pembersih, langkah selanjunya adalah diamkan beberapa lalu gunakan kain halus yang masih kering untuk mengelap sisa cairan pembersih helm hingga akhirnya kaca helm menjadi kinclong dan terbebas dari kotoran.

8. Ulangi Agar Hasilnya Maksimal

Seluruh bagian kaca helm harus dibersihkan, tak terkecuali bagian dalam kaca helm. Agar hasilnya maksimal, masbro bisa mengulangi beberapa langkah cara membersihkan kaca helm yang kami sampaikan di atas. Pastikan tidak ada kotoran ataupun bekas cairan yang tersisa, sehingga kaca helm bisa bersih sempurna.

9. Pasang Kembali Visor

Setelah kaca helm benar-benar bersih, kemudian masbro kembali memang visor yang tadi sudah dilepas. Saat memasangnya harus hati-hati dan pastikan kaca menempel pada kait yang disediakan, kemudian masukan baut untuk mengecangkannya. Setelah itu tingga masbro mencoba memakai helm yang sudah dibersihkan, dan cek kembali apakah masih ada kotoran yang menempel pada kaca atau tidak.

Cara Menghilangkan Goresan di Kaca Helm

Cara Menghilangkan Goresan Kaca HelmSering kali kaca helm tergores setelah dibersihkan. Biasanya hal ini terjadi karena salah dalam proses mengelapnya. Kemungkinan besar kain yang digunakan merupakan kain kasar dan menggosoknya terlalu keras, sehingga bisa menimbulkan goresan. Selain itu, goresan paca kaca helm juga bisa terjadi karena terbentur ataupun terjatuh. Lalu bagaimana cara menghilangkan goresan tersebut ? Untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini.

  1. Langkah yang pertama adalah melepaskan kaca helm
  2. Kemudian cuci helm dengan air sabun, lalu membilasnya dibawah air yang mengalir agar kotoran yang menempel bisa lebih cepat hilang.
  3. Nah untuk menghilangkan goresan, masbro bisa menggunakan amplas halus (1.500 – 2.200 SW), lalu amplas secara perlahan bagian yang tergores sambil diguyur air sabun atau air yang mengalir. Ulangi langkah tersebut sampai goresan berangsur-angsur menghilang.
  4. Proses pengamplasan akan membuat kaca terlihat kusam. Sobat tak perlu khawatir, karena kaca helm bisa kembali mulus dengan cara menggunakan White Compound yang dioleskan pada bagian kaca helm yang kusam.
  5. White Compund yang digunakan lebih baik dioleskan terlebih dahulu pada kain katun yang halus kemudian poleskan pada bagian kaca yang kusam secara merata.
  6. Setelah cara membersihkan kaca helm yang tergores di atas dilakukan, selanjutnya masbro tinggal membilasnya dengan air bersih kemudian keringkan dengan kain halus yang kering. Lalu pasang kembali visor apabila goresan sudah hilang.
  7. Penggunaan amplas sebenarnya cukup berbahaya, karena tak semua kaca helm memiliki ketahanan yang sama. Sebelum melakukan hal itu, lebih baik masbro terlebih dahulu mengamplas sedikit di bagian pojok kaca helm untuk melihat apakah kaca helm kuat di amplas atau tidak.

Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Odol

Cara Menghilangkan Goresan Kaca Helm Dengan OdolApabila kaca helm tidak cocok diamplas, maka kami sarankan untuk beralih menggunakan odol atau pasta gigi non gel. Cara membersihkan helm yang tergores menggunakan odol memang terdengar cukup aneh. Namun cara ini terbukti ampuh, asalkan goresan pada kaca helm tidak terlalu dalam. Nah untuk mengetahui bagaimana prosesnya, silahkan simak cara membersihkan kaca helm di bawah ini.

  1. Ada baiknya terlebih dahulu melepas kaca helm agar lebih gampang dibersihkan
  2. Pastikan odol yang digunakan merupakan pasta gigi non gel.
  3. Kemudian oleskan pasta gigi ke bagian yang tergores dengan tangan ataupun lap bersih.
  4. Usap bagian yang tergores searah dengan goresan, lalu lakukan sedikit gerakan menekan-nekan agar goresan bisa perlahan-lahan hilang
  5. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai pasta gigi mengering
  6. Kemudian bersihkan pasta gigi yang sudah mengering dengan hati-hati menggunakan air bersih, lalu lap dengan kain kering sampai bersih dan bening
  7. Jika cara membersihkan kaca helm di atas tidak majur, kemungkinan besar dikarenakan goresan terlalu dalam. Jadi lebih baik membeli visor yang baru agar nantinya bisa berkendara dengan nyaman
  8. Apabila goresan dianggap sudah hilang, maka selanjutnya pasang kembali visor ke helm
Baca Juga :  Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar Wangi

Cara Membersihkan Kaca Helm Dengan Minyak Kayu Putih

Membersihkan Bagian Luar Helm.Selain dengan odol, masbro juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan kaca helm yang kusam ataupun buram. Cara menggunkannya hampir sama dengan menggunakan cairan pembersih lainnya. Namun untuk lebih jelasnya silahkan simak cara membersihkan kaca helm dengan minyak kayu putih berikut ini

  1. Lepaskan visor
  2. Cuci terlebih dahulu kaca helm dengan air sabun, lalu bilas sampai bersih
  3. Setelah itu kita tinggal mengoleskan minyak kayu putih menggunakan kain katun yang halus
  4. Usapkan secara merata ke semua bagian kaca helm dan lakukan beberapa kali sampai akhirnya kaca helm menjadi bening
  5. Jika dirasa semua kotoran sudah hilang, maka selanjutnya tinggal memasang visor yang tadi dicopot
  6. Selain pada kaca helm, masbro juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan bagian luar helm. Minyak kayu putih terbukti membuat helm terlihat kinclong, jadi masbro wajib mencoba cara membersihkan kaca helm yang satu ini

Nah itulah beragam cara membersihkan kaca helm yang bisa masbro lakukan dirumah. Selain membersihkan kaca helm, masbro juga harus membersihkan semua bagian helm dengan cara mencucinya. Proses mencuci helm motor juga sangat mudah dan masbro bisa melakukannya sendiri dirumah. Bagi yang bingung bagaimana cara membersihkan helm dengan baik dan benar, maka silahkan simak artikel berikut ini “Cara Mencuci Helm Sendiri“.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Helm Cargloss Harga Helm Cross
Helm Full Face murahHarga Helm MDS 

Bagi yang tak mau repot mencuci helm ataupun membersihkan kaca helm juga bisa menggunakan jasa cuci helm yang mematok tarif selitar 15 Ribu sampai 30 Ribu Rupiah. Namun ada baiknya masbro melakukannya sendiri dirumah agar hasilnya bisa maksimal. Helm yang bersih tentu akan terasa nyaman digunakan, jadi lakukanlah cara membersihkan kaca helm di atas secara rutin agar kebersihkan helm motor selalu terjaga.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi