Cara Merawat Motor Injeksi
Tips Otomotif

Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi! Cek 5 Komponen Ini

Sekarang hampir semua motor yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan teknologi injeksi. Teknologi sistem pembakaran tersebut membuat motor menjadi lebih irit dan bertenaga. Namun bukan berati performa motor injeksi tidak bisa menurun.

Semua motor injeksi bisa mengalami penurunan performa. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah karena perawatan komponen mesin injeksi yang salah. Komponen yang terdapat pada mesin injeksi beragam, dan semuanya harus dirawat secara rutin

Apabila salah ataupun kurang perawatan maka komponen mesin injeksi akan bekerja kurang maksimal. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan performa yang membuat motor injeksi kurang bertenaga dan tidak nyaman dikendarai.

Agar performa motor injeksi selalu optimal maka mau tidak mau harus dilakukan perawatan secara rutin. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Yang paling umum adalah mengganti oli secara berkala dan melakukan service rutin.

Serivice yang dilakukan tidak boleh hanya sekedar service saja, namun ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Meningkatkan Performa Motor Injeksi

1. Injector dan Throttle Body

Yang membedakan antara motor injeksi dan motor karbu adalah adanya Injector. Selain itu, motor injeksi juga dilengkapi Throttle Body yang sangat berpengaruh terhadap performa motoro saat berakselerasi.

Kedua komponen di atas harus dirawat secara rutin dengan tujuan menjaga performa selalu pada kondisi terbaik. Selain itu, perawatan bertujuan untuk mebersihkan kotoran-kotoran yang bisanya menempel pada bagian Injector dan Throttle Body.

2. Fuel Pump dan Filter

Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah Fuel Pump dan Filter. Keduanya wajib dipersihkan secara rutin untuk membersihkan partikel-partikel asing yang bisa membuat performa motor injeksi menurun.

Partikel asing bisa mempengaruhi kinerja bahan bakar yang akan dipompa melalui fuel pump dan disaring melalui filter. Oleh karena itulah kedua komponen tersebut sangat berpengaruh terhadap performa motor injeksi.

3. Tangki Bahan Bakar

Demi menjaga performa motor injeksi selalu optimal, kami sarankan untuk menguras tangki bahan bakar. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kotoran, debu atau bahkan air yang bisa bercampur dengan bahan bakar.

Tangki yang kotor akan mengurangi kinerja bahan bakar yang digunakan sehingga membuat tenaga mesin kurang optimal. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar berkualitas sesuai dengan standar motor.

4. Filter Udara

Filter udara wajib dibersihkan secara rutin agar bisa bekerja sempurna dalam mengalirkan udara ke semua komponen mesin. Jika filter udara kotor maka otomatis tidak bisa mengeluarkan udara bersih yang beresiko mengakibatkan penyumbatan pada sensor yang terdapat di throttle body.

5. Aki

Komponen selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah Aki. Pasalnya aki merupakan merupakan sumber daya untuk ECU sensor dan throttle body. Selain itu, aki juga berfungsi untuk memberikan daya ke komponen lain seperti lampu, klakson, starters dll.

Pastikan kondisi aki masih bagus agar bisa mengalirkan daya secara penuh ke semua komponen kelistrikan motor injeksi. Apabila sudah ngedrop maka lebih baik diganti dengan yang baru. Untuk harganya bisa disimak pada artikel berikut “Harga Aki Motor“.

Nah itulah 5 komponen yang sangat mempengaruhi performa motor injeksi. Silahkan lakukan perawatan secara rutin dengan service center resmi ataupun dibengkel motor yang berpengalaman.

Jika motor selalu dirawat kami yakin motor akan nyaman dikendarai dan bisa mencegah tarikan motor lemot ataupun ngepos. Nah cukup sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengunjung setiap otomotifo.com