Wajib Tahu, Inilah 11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Advertisement

Tips Membeli Motor Bekas – Salah satu alat transportasi yang mudah serta banyak digunakan oleh masyarakat yaitu kendaraan bermotor. Namun untuk memiliki kendaraan tersebut sebagian orang harus bersusah payah untuk membelinya karena memiliki harga yang cukup tinggi. Semakin bagusĀ  kendaraan yang dibeli, tentu semakin mahal harga jualnanya.

Apabila tidak mampu membeli motor baru yang harganya mahal, maka kami sarankan untuk membeli motor bekas. Harga motor bekas juga bervariasi, tergantung dari tipe, tahun produksi serta kondisinya. Tak hanya itu, salah satu penentu harga motor bekas adalah kelengkapan surat-surat yang terdiri dari STNK dan BPKB.

Membeli motor bekas tentunya tidak semudah dengan membeli motor baru, karena ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Semakin maraknya penjual motor bekas di Indonesia, maka kita harus semakin berhati-hati saat membelinya.

Advertisement

Kesalahan dalam memilih motor bekas bisa berakiba fatal. Kita bisa tertipu membeli motor bekas yang kondisinya sudah tidak bagus dan tidak layak. Lebih parahnya lagi, motor yang dibeli merupakan merupakan motor curian. Untuk mencegah hal itu, kami sarankan untuk terlebih dahulu menyimak cara dan tips membeli motor bekas pada artikel otomotifo.com di bawah ini.

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

1. Tentukan Terlebih Dahulu Motor Yang Dibeli

Ketika kalian merencanakan membeli motor pastikan terlebih dahulu memilih jenis motor yang akan kelian beli. Dikarenakan ada banyak sekali jenis motor dan setiap motor memiliki fitur berbeda-beda. Oleh karena itulah kalian harus menentukan terlebih dahulu jenis motor apa yang akan kalian beli, dan jangan lupa mencari informasi mengenai fitur serta spesifikasinya. Nah apabila sudah yakin dengan tipe motor yang akan dibeli, maka selanjutnya tinggal mengikuti tips membeli motor bekas berikut ini.

Advertisement

2. Mencari Informasi Harga Pasaran

Setelah menentukan jenis motor yang akan dibeli, selanjutnya menentukan harga pasaran jenis motor yang sesuai dengan keinginan kalian. Untuk mengecek harga pasaran motor bekas yang kalian beli, kami sarankan untuk mengeceknya melalui situs jual beli seperti OLX ataupun melalui group jual beli motor di Facebook.

Fungsi dari mengecek harga pasaran motor bekas adalah agar tidak tertipu membeli motor dengan harga lebih mahal dibandingkan harga pasaran. Namun sejatinya harga motor bekas disetiap daerah berbeda-beda dan harganya tergantung dari kondisi motor itu sendiri. Jadi wajar apabila menjumpai motor dengan harga lebih mahal, asalkan sebanding dengan kualitasnya.

3. Memilih Penjual yang Baik dan Jujur

Jika sudah mengetahui harga pasaran kendaraan, langkah selanjutnya yaitu memilih penjual. Kami sarankan untuk mencari dealer atau penjual motor yang memiliki reputasi baik dan amanah. Tips membeli motor bekas ini sangat penting agar kalian tidak tertipu.

Advertisement

Apabila membeli motor secara COD juga wajib bertanya kepenjual mengenai sejarah motor yang dijual. Masbro bisa bertanya apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan ataupun pertanyaan lainnya terkait kondisi motor.

Baca Juga :  Apa Itu Smart Sim? Inilah Cara Membuat, Biaya, dan Kelebihan

4. Mengecek Nomor Rangka dan Mesin

Nomor rangka dan nomor mesin bisa dikatakan sebagai identitas dari sepeda motor. Pastikan nomor rangka dan mesinnya sesuai dengan yang tertera pada BPKB ataupun STNK. Apabila nomor-nya berbeda, maka besar kemungkinan merupakan motor colongan yang menggunakan BPKB dan STNK palsu. Tips membeli motor bekas ini wajib masbro lakukan, sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

5. Mengecek Kelengkapan Surat

Mengecek kelengkapan surat ketika akan membeli motor bekas adalah hal yang penting serta wajib. Jangan lupa cek secara teliti kelengkapan surat kendaraan dari STNk serta BPKB. Hal tersebut berfungsi agar terhindar dari barang curian. Ketika kendaraan yang diinginkan kalian namun tidak memiliki surat-surat yang lengkap sebaiknya mencari penjual yang baru atau mencari motor yang lainnya agar kedepannya tetap aman.

Selain itu, pastikan juga bahwa pemilik sebelumnya sudah membayar pajak serta tidak memiliki tanggungan tunggakan pajak.

5. Mengecek Fisik Motor

Hal umum yang harus dilakukan ketika membeli motor bekas yaitu mengecek bodi motor. Semua orang yang akan membeli sepeda motor tentunya akan memeriksa terlebih dahulu bodi motor tersebut. Carilah motor yang memiliki bodi yang mulus dari warna cat tidak mengelupas atau pudar, tidak ada goresan, tidak ada penyokan serta tidak retak.

Selain itu, kalian harus menanyakan kepada penjual apakah suku cadang motor ini asli atau tidak. Suku cadang yang asli pastinya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan suku cadang imitasi. Pastikan kalian semua menanyakan semua aspek di atas untuk mendapatkan harga motor bekas yang sesuai dengan kondisinya.

Cara Memilih Motor Bekas Yang Bagus

6. Mengecek Speedometer

Mungkin cara ini jarang dilakukan oleh pembeli, namun cara ini sebetulnya penting untuk dilakukan agar tahu bahwa speedometer berjalan normal karena memiliki fungsi yang cukup penting sebagai sumber informasi saat motor dikendarai.

Saat mengecek speedometer, pastikan memiliki fungsi yang normal, indikator bensin, indikator lampu, indikator lampu sein, serta penghitung jarak masih berfungsi dengan baik. Perhatikan pula jarak tempuh kendaraan dan lebih baik memilih motor yang jarak tempuhnya masih sedikit.

Namun perlu kalian ketahui, bahwa jarak tempuh speedometer bisa direset, jadi kalian harus hati-hati saat membeli motor bekas. Nah untuk mengetahui apakah speedometernya sudah direset atau belum, masbro bisa melihat secara langsung kondisi motornya. Apabila masih sedikit, tentu kondisi fisik dan mesinnya masih bagus.

7. Memeriksa Oli

Salah satu kewajiban pemiliki sepeda motor adalah mengganti oli secara berkala. Apabila telat mengganti oli, maka bisa berakibat fatal. Pasalnya oli berfungsi sebagai pelumas seluruh komponen mesin sehingga apabila telat mengganti oli maka bisa mengakibatkan kerusakan mesin.

Berkaca dari hal di atas, maka kita harus mencari motor bekas yang memiliki track record service dengan baik. Jangan sampai salah membeli motor yang tidak dirawat pemilik sebelumnya, karena tak menutup kemungkinan telah terjadi kerusakan pada komponen mesin ataupun bagian lainnya.

8. Mengecek Suara Mesin

Memilih motor bekas yang masih sehat dapat dilihat dari suara kendaraan tersebut. Untuk mengecek kendaraan tersebut sehat atau tidak, kalian bisa melakukan dengan menutup knalpot dengan tangan. Setelah itu, dengarkan suara mesin apakah suaranya cukup senyap atau berisik. Jika terdengar suara berisik saat ubang knalpot ditutup, maka besar kemungkinan telah terjadi kerusakan pada bagian mesin.

9. Mengecek Kondisi Las-Lasan

Hal yang perlu diketahui bahwa motor tersebut orisinil atau tidak dapat dicek pada bagian las-lasan. Jika bawaan pabrik bagian yang di las seperti bagian bawah tangki atau as atau rangka garpu tampak hanya lasan tipis serta rapi. Namun, jika motor yang pernah mengalami masalah dapat dilihat pada bagian las tampak tebal permukaannya. Pertanda bagian las tebal berarti motor tersebut pernah mengalami kerusakan dan di las kembali.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Yang Lecet dan Tergores

10. Mengecek CVT (Khusus Motor Matic)

Jangan lupa ya bro, meminta penjual untuk mengetes terlbih dahulu motor yang akan kalian beli. Ketika mesin dinyalakan dengarkan dengan baik-baik suaranya, apakah terdengar suara berdengung atau kasar pada bagian transmisi. Apabila suaranya terdengar kasar, maka kemungkinan terjadi masalah pada bagian transmisi, khususnya untuk motor matic yang menggunakan transmisi CVT

11. Periksa Kondisi Kaki-Kaki

Selain itu, perhatikan bagian suspensi pakah masih nyaman atau tidak sesuai dengan usia motor. Suspensi sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, jadi jangan lupa mengeceknya. Cara mengecek suspensi juga sangat gampang. Mintalah izin pada pemilik motor untuk melakukan test drive. Apabila tidak boleh, maka sobat bisa minta dibonceng.

Baca Juga Harga Motor Yamaha Lainnya
Harga Motor Vixion BekasHarga Yamaha R15 Bekas
Harga Vario 150 BekasHarga Motor Aerox BekasĀ 

Membeli motor matic bekas ataupun motor lainnya memang harus hati-hati. Ada banyak sekali pertimbangan sebelum membelinya agar mendapatkan motor bekas yang kondisinya masih prima. Dengan mengikuti tips membeli motor bekas di atas, semoga kalian bisa mendapatkan motor bekas sesuai keingan dengan kondisi terbaik

Advertisement