Cari Motor Bekas 1 Jutaan ? Inilah 10 Pilihan Terbaik

Advertisement

Emangnya ada motor bekas 1 Jutaan ? Jawabannya tentu saja ada. Yah ada orang yang mau menjual motor miliknya dengan harga dibawah 2 Juta Rupiah. Rata-rata merupakan motor tua yang dari segi desain dan teknologi jauh tertinggal dari motor masa kini. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah asalkan bisa dikendarai secara nyaman dan aman.

Mencari motor bekas 1 Jutaan yang berkualitas bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Kita harus mencari motor yang kondisinya masih bagus, terutama kondisi mesin. Jangan sampai membeli motor 1 Jutaan yang mesinnya rusak atau banyak PR. Bisa-bisa uang kita habis untuk memperbaiki mesin apabila salah membeli motor bekas yang kondisinya tak sesuai harapan.

Sebelum memutuskan membeli sebuah motor bekas, ada baiknya terlebih dahulu memeriksa kondisi mesin dengan cara test drive. Apabila suara mesinnya terdengar halus dalam kondisi diam maupun digas, maka dapat dipastikan kondisi motor masih bagus. Selain itu, masbro harus melakukan pengecekan pada bagian suspensi serta pengereman, apakah bekerja sempurna atau tidak.

Advertisement

Buat apa membeli motor murah, namun kurang nyaman dikendarai. Lebih baik menambah sedikit uang untuk mendapatkan motor bekas harga 3 Jutaan yang rata-rata kondisinya masih prima. Namun bagi masbro yang hanya memiliki uang 1 Jutaan dan menginginkan motor bekas yang bisa diandalkan untuk beraktivitas sehari-hari, maka kami sarankan untuk memilih salah satu motor di bawah ini.

DAFTAR HARGA MOTOR BEKAS 1 JUTAAN TERBAIK

Daftar Harga Motor Bekas 1 Jutaan

Harga Motor Bekas 1 Jutaan

Gambar Motor Kawasaki Blitz R

Tipe Motor Bekas TahunHarga
1. Honda Astrea Star1986Rp 1.750.000
2. Suzuki Shogun 1101996Rp 1.800.000
3. Suzuki Smash CW2005Rp 2.000.000
4. Yamaha Crypton1997Rp 1.900.000
5. Suzuki Crystal1991Rp 1.500.000
6. Yamaha Vega R2003Rp 1.950.000
7. Suzuki Shogun2001Rp 1.850.000
8. Suzuki Tornado1996Rp 1.650.000
9. Kawasaki Blitz2005Rp 1.800.000
10. Honda Legenda2003Rp 1.700.000

Motor bekas di atas tidak ada yang istimewa. Spesifikasi dan teknologinya memang jauh tertinggal dibandingkan motor jaman sekarang yang rata-rata sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection. Inilah yang kita dapatkan apabila membeli motor bekas 1 Jutaan. Walaupun harganya murah meriah, namun teknologinya sangat jadul. Nah sebelum membeli salah satu motor di atas, silahkan simak terlebih dahulu tips membeli motor bekas dibawah ini.

Tips Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas

Gambar Honda Astrea

Banyak orang enggan membeli motor bekas, karena takut ditipu. Padahal motor bekas bisa menjadi solusi dalam mencari motor murah. Dari pada kredit bertahun-tahun, lebih baik membeli motor bekas yang jauh dari kata riba. Nah bagi masbro yang sudah memutuskan akan membeli motor bekas 1 Jutaan ataupun yang harganya lebih mahal, silahkan simak terlebih tips-tips membeli motor bekas berikut ini.

Advertisement
  • Jangan tergoda harga murah. Bisa saja motor yang dibeli merupakan motor curian, sehingga dijual dengan harga di bawah pasaran. Kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek harga pasaran. Apabila harganya tidak wajar, maka bisa dipastikan bahwa motor yang dijual merupakan motor bermasalah dan biasanya tidak dilengkapi STNK serta BPKB.
  • Tips yang kedua adalah mencari penjual motor bekas yang reputasinya bagus. Masbro juga bisa datang ke dealer motor bekas yang namanya sudah terkenal, sehingga bisa mengurangi resiko penipuan yang sering terjadi karena penjual tidak jujur.
  • Kami sarankan untuk membeli motor bekas yang memiliki kelengkapan surat lengkap, seperti BPKB dan STNK.
  • Masbro harus mengecek nomer rangka dan nomer mesin dibadan motor. Nomernya harus sama persis dengan yang ada di BPKB serta STNK. Apabila berbeda, maka dapat dipastikan merupakan surat palsu, dan bisa saja merupakan motor hasil curian.
  • Sebelum melakukan pengecekan pada bagian mesin, masbro bisa terlebih dahulu mengecek kondisi fisik motor. Cek apakah body motor masih mulus atau tidak. Kami sarankan untuk mencari motor bekas yang bodynya tidak pecah atau penyok serta tidak retak.
  • Kondisi fisik motor biasanya tergantung dari tahun produksinya. Apabila motor yang dibeli merupakan motor tua, tentu kondisinya tidak mulus dan biasanya sudah mengalami pergantian spare-part. Apabila sudah diganti, maka tanyakan apakah spare-part yang asli masih ada untuk memastikan motor tidak pernah mengalami kecelakaan.
  • Untuk mengecek kesehatan mesin bisa dengan cara mendengarkan suara mesin, apakah terdengar mulus atau kasar. Jangan langsung tarik gas saat menghidupkan mesin. Pastikan mesin tetap menyala pada putaran mesin rendah atau tanpa digas. Motor yang kondisi kurang prima pasti akan mati saat mesin dihidupkan tanpa digas.
  • Selanjutnya kita mengecek speedometer untuk melihat jarak yang telah ditempuh motor. Sayangnya tak semua motor bekas memiliki speedometer yang hidup, terutama motor-motor tua yang umurnya sudah belasan tahun.
  • Motor bekas yang dibeli harus memiliki kondisi mesin yang sehat tanpa adanya kebocoran, seperti tetesan oli atau bahan bakar. Masbro juga harus mengecek bagian radiator, apakah ada air radiator yang keluar atau tidak.
  • Apabila membeli motor bekas yang umurnya masih muda, masbro harus melihat history service untuk memastikan pengantian oli, apakah rutin atau tidak.
  • Meminta kepada penjual untuk Test Ride agar kita bisa memeriksa kondisi suspensi, rem, serta transmisi
  • Pastikan motor yang dibeli belum pernah mengalami kecelakaan.
Baca Juga :  Harga Ninja Bekas 4 Tak dan 2 Tak Terbaru 2018

Tips membeli motor bekas yang kami sampaikan di atas bisa diterapkan saat membeli motor bekas 1 Jutaan atau yang lebih mahal. Saat melakukan pengecekan ada baiknya membawa teman yang lebih mengetahui soal mesin motor. Selain itu, masbro jangan malu bertanya ke penjual untuk mengetahui kekurangan motor yang akan dijual.

Motor Bekas 1 Jutaan Terbaik

Gambar Motor Honda Astrea Grand

Gambar Motor Honda Astrea Grand

Apabila disuruh memilih salah satu motor bekas 1 Jutaan, maka kami akan memilih Honda Legenda. Kelebihan motor ini adalah memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit dan dibekali mesin yang bandel serta gampang perawatan. Spare-part Honda Legenda juga melimpah dan murah, jadi kita tidak perlu bingung apabila terjadi kerusakan.

Untuk spesifikasinya sendiri, Honda Astrea Legenda dibekali mesin berkapasitas 97.1cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7.3 horspower pada 8.000 rpm. Kapasitas mesinnya sangat kecil, jadi jangan heran apabila mesinnya sangat irit. Selain itu, tersedia pula transmisi 4 percepatan (N-1-2-3-4) yang membuat performa motor 1 bekas 1 Jutaan ini cukup responsif.

Advertisement

Desain Honda Astrea Legenda juga cukup iconic dengan desain mirip Astrea Grand. Dimana untuk dimensinya memiliki ukuran panjang 1.854 mm, lebar 667 mm, dan tinggi 1.043 mm. Kemudian untuk bobotnya sekitar 91.5 kg dan memiliki tangki bensin berkapasitas 3.5 Liter. Masbro tidak perlu takut kehabisan bensin, karena konsumsi bahan bakarna mencapa 77 km/liter.

Motor Bekas 1 Jutaan Termurah

Motor Bekas 1 Jutaan Termurah

Gambar Motor Suzuki Crystal

Setelah melihat daftar harga motor 1 Jutaan di atas, bisa dikatakan Suzuki Crystal merupakan yang termurah. Motor ini memiliki mesin 2 Tak dengan sistem pendingin Jet Cooled atau pendingin udara. Mesinnya berkapasitas 109cc dengan keluaran tenaga 12 PS pada 7.500 rpm dan torsi 12 kg.m pada 7.000 rpm yang dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Walaupun menjadi yang termurah, namun bukan berarti Suzuki Crystal menjadi motor bekas 1 Jutaan terjelek. Menurut kami performanya cukup lumayan dengan tenaga dan torsi yang besar, sehingga bisa diandalkan sebagai kendaraan harian. Sayangnya untuk segi desain kami kurang menyukainya, karena terlihat sangat tua dan jauh dari kata keren.

Setiap orang memiliki selera berbeda-beda dalam memilih sepeda motor. Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan desain Suzuki Crystal itu bagus. Namun kami sendiri tidak sependapat dengan itu. Lebih baik membeli motor bekas lainnya yang memiliki desain lebih modern, seperti Suzuki Shogun, Yamaha Vega R, atau Honda Astrea Legenda.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Daftar Gojek TerbaruCara Daftar GojekHarga Ban Zeneos Milano ZN87Harga Ban Zeneos

Harga Ban Hankook Ventus AS RH07Harga Ban Hankook

Harga Ban Mobil Bridgestone EcopiaHarga Ban Mobil Bridgestone

Silahkan masbro tentukan sendiri akan membeli motor bekas 1 Jutaan yang mana. Informasi yang kami sampaikan di atas hanya sebatas referensi. Bisa saja harga dipasaran lebih mahal, karena harga motor bekas tergantung dari kondisi motor dan kelengkapan suratnya. Nah demikianlah informasi harga motor kali ini, semoga bisa menjadi referensi sebelum membeli motor bekas.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi