Ciri Ciri Oli Motor Harus Diganti
Tips Otomotif

5 Ciri-Ciri Oli Motor Harus Diganti Pada Semua Motor

Jangan pernah sepelekan penggantian oli. Sebab oli motor sangat berpengaruh terhadap performa dan kinerja mesin. Oleh karena itulah oli harus diganti secara rutin. Lalu apa sajakah ciri-ciri oli motor harus diganti?

Cara mengetahui oli mesin motor harus diganti sangat mudah. Ada banyak ciri-cirinya. Yang pasti kenyamanan motor akan sangat berkurang karena oli berguna untuk melumasi semua komponen mesin agar bekerja secara optimal.

Jadi apabila motor sudah terasa tidak nyaman maka besar kemungkinan disebabkan oleh oli mesin yang harus diganti. Selain ciri-ciri tersebut masih ada beberapa ciri-ciri lainnya. Anda wajib mengetahuinya dengan menjaga kesehatan sepeda motor.

Penggantian oli mesin secara rutin berlaku untuk semua jenis motor, baik itu matic, bebek ataupun sport. Apabila telat ganti oli mesin maka harus siap menanggung semua resikonya. Resiko paling besar adalah harus turun mesin.

Turun mesin disebabkan oleh kerusakan komponen mesin yang mengharuskan penggantian komponen. Hal tersebut bisa terjadi karena oli yang ada didalam mesin tidak bisa melumasi semua komponen secara sempurna.

Agar tidak mengalami permasalahan di atas, maka anda wajib melakukan penggantian oli mesin secara teratur. Nah untuk mengetahui ciri-ciri oli mesin harus diganti silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Ciri Ciri Oli Motor Harus Diganti

Ciri-ciri oli mesin motor harus diganti

1. Suhu Mesin Tinggi

Salah satu fungsi oli adalah untuk mendinginkan mesin. Jadi apabila mesin terasa lebih panas dari biasanya maka merupakan ciri-ciri oli motor harus diganti.

Silahkan lakukan penggantian oli mesin sesuai dengan spesifikasi motor. Jangan sembarangan memilih oli mesin karena spesifikasi oli untuk setiap motor berbeda-beda.

Agar bisa memilih oli mesin yang tepat, kami sarankan untuk terlebih dahulu berkonsulitas ke montir di bengkel resmi ataupun bengkel yang sudah berpengalaman.

2. Volume Oli Mesin Berkurang

Ciri-ciri selanjutnya adalah volum mesin berkurang. Untuk motor dengan kapasitas mesin 150cc ke bawah rata-rata membutuhkan oli mesin sekitar 800 ml. Volume akan terus berkurang seiring dengan pemakaian mesin.

Jika oli berkurang tentu kemampuan dalam mendinginkan ataupun melumasi mesin menjadi berkurang. Jadi apabila volume berkurang maka harus segera dilakukan penggantian oli mesin.

3. Suara Mesin Terdengar Kasar

Cara termudah untuk mengetahui oli mesin harus diganti adalah dengan mendengarkan suara mesin. Sebab oli mesin yang sudah lama tidak diganti akan membuat suara mesin terdengar kasar.

Suara tersebut bisa berasal dari bagian transmisi ataupun bagian lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena daya lumas oli telah berkurang sehingga kurang optimal dalam melumasi semua komponen mesin.

4. Oli Berwarna Hitam dan Encer

Tanda-tanda oli motor harus diganti adalah warna oli berubah menjadi hitam dan terasa sangat encer. Seharusnya oli mesin berwarna kuning atau biru yang menandakan bahwa oli masih bagus.

Jika berubah menjadi hitam maka kami jamin 100% sudah wajib diganti. Apalagi jika oli terasa encer yang menandakan bahwa kekentalan oli telah berkurang

5. Tarikan Motor Terasa Berat

Motor terasa berat dan ngepoh ketika digas? Mungkin permasalahan tersebut disebabkan oleh oli motor yang harus diganti. Pasalnya oli motor berguna untuk melunasi semua komponen mesin yang akan membuat tarikan mesin terasa lebih enteng.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa ciri-ciri oli motor harus diganti. Untuk mengetahuinya sangat mudah karena bisa diketahui secara langsung dari kenyamanan sepeda motor. Apabila kenyamanan berkurang maka kemungkinan perlu penggantian oli.

Fungsi oli memang sangat vital terhadap kesehatan mesin motor. Oleh karena itulah harus diganti secara rutin. Paling tidak oli mesin harus diganti setiap 2000-3000 km sekali agar kondisinya selalu bagus.

Lagi pula harga oli motor tidak terlalu mahal. Sebagai referensi, anda bisa menyimak informasinya pada harga oli motul yang kami sampaikan sebelumnya.

Nah cukup sekian informasi otomotifo.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi anda yang belum mengetahui cir-ciri oli motor harus diganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.