Harga Honda PCX 160cc : Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan

Advertisement

Harga Honda PCX 160cc – PT Astra Honda Motor akhirnya meluncurkan Honda PCX 160cc di Indonesia. Motor ini merupakan versi upgrade dari PCX 150 yang menjadi salah satu maxi skuter terlaris di Indonesia. Spesifikasinya berubah dratis dengan membawa mesin baru berkapasitas 160cc 4-Valve eSP+ yang memberikan performa lebih bertenaga dibanding mesin Honda PCX generasi sebelumnya yang memiliki kapasitas 150cc 2-Valve.

Yah, sekarang mesin Honda PCX sudah bisa bersaing melawan Yamaha NMAX yang sama-sama mengaopsi mesin 4 Katup. Mesin baru tersebut membuat performa Honda PCX 160cc semakin responsif dan menjadikan tarikan mesin lebih halus, namun tetap irit bahan bakar serta ramah lingkungan.

Lebih hebatnya lagi, Honda memberikan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power) yang lebih advance dibanding teknologi eSP standar. Semua teknologi tersebut diberikan secara khusus untuk PCX 160cc agar motor ini mampu menghasilkan performa mengagumkan saat berakselerasi di segala kondisi jalan.

Advertisement

Fitur Andalan

Spesifikasi dan Harga Honda PCX 160ccFitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) tak lupa disematkan pada motor matic terbaru ini. Teknologi canggih tersebut berguna untuk menyeimbangkan kerja putaran roda sehingga mencegah terjadinya slip pada ban belakang saat berakselerasi atau melaju di jalanan licin.

Teknologi HSTC pada Honda PCX 160cc terintegrasi langsung dengan ECU dan dioptimasi oleh Fuel Injection Control pada bagian mesin. Hasilnya performa Honda PCX 160cc sangat optimal diberbagai kondisi. Motor ini juga bisa melaju dengan sangat cepat karena tenaga yang dikeluarkan sangat besar.

Tak tanggung-tanggung, mesin yang dimiliki Honda PCX 160cc mampu memuntahkan tenaga sebesar 11.8 kW atau setara 16 PS pada putaran 8.500 rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 14.7 Nm pada putaran 6.500 rpm. Untuk menyeimbangkan performa tersebut, sudah ada sistem pendingin cairan dan sistem pembakaran PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

Advertisement

Di atas kertas, kapasitas mesin motor ini sebenarnya adalah 156.9cc. Kapasitas mesinnya jauh lebih besar dibanding Yamaha NMAX yang memiliki mesin berkapasitas 155cc. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar maka jangan heran apabila performa Honda PCX 160cc menjadi yang paling powerfull dikelasnya.

Selain performa mengagumkan, motor matic 160cc ini juga memiliki beragam fitur canggih. Pada bagian cockpit sudah ada Full Digital Panel Meter dengan desain baru yang tampah lebih mewah dan moder. Selain itu, tersedia pula sistem pencahayaan Full LED dengan desain futuristik dan elegan.

Fitur Honda PCX 160Desain lampu depan dan belakang Honda PCX 160cc berbeda dengan generasi sebelumnya. Desainnya semakin elegan dengan teknologi Full HD. Selain itu, Honda juga memberikan slot USB Charger yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone saat mengendarai PCX 160.

Fitur Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan Immbolizer, Anti Theft Alarm, dan Answer Back System menjadikan motor ini semakin canggih. Pengendara Honda PCX 160cc bisa mengendalkan motor ini dari remote saja sehingga tidak perlu kunci mekanis untuk menghidupkan mesin.

Speedometer yang dimiliki Honda PCX 160cc mampu menampilkan beragam informasi secara lengkap dengan banyaknya indikator yang tersedia seperti Smart Key Indicator, HSTC Indicator, Oil Change Indicator, Battery Indicator, Idling Stop Indicator, Trip Meter, Jam Digital, dan indicator ABS yang dikhususkan untuk tipe ABS.

Yah, motor ini tersedia dalam varian ABS yang otomatis dibanderol lebih mahal dibanding harga Honda PCX 160cc tipe CBS. Bagi yang memiliki budget terbatas tidak ada salahnya membeli tipe CBS. Lagi pula keduanya sama-sama memiliki rem depan dan belakang cakram Hidrolik.

Baca Juga :  Harga Kawasaki Z900RS 2021, Review, Spesifikasi & Gambar

Ukuran ban motor ini tergolong gambot sehingga bisa mengimbangi bodi Honda PCX 160cc yang memiliki ukuran panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.108 mm. Sedangkan untuk sumbu rodanya berukuran 1.330 mm dan memiliki tinggi tempat duduk berjarak 764 mm. Lalu ada pula tangi bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga 8.1 liter.

Kapasitas tangi Honda PCX 160cc tergolong sangat besar sehingga motor ini sangat cocok untuk dipakai touring. Bagi yang suka touring akan dimanjakan dengan posisi berkendara rileks dan nyaman. Sebab motor ini memiliki pijakan kaki sangat luas. Selain itu, tersedia pula tangki bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga kapasitas 30 Liter.

Harga Honda PCX 160cc

Harga Honda PCX 160cc

TipeHarga
Harga Honda PCX 160cc CBSRp. 30.350.000
Harga Honda PCX 160cc ABSRp. 33.950.000

Nah itulah beragam fitur dan kelebihan Honda PCX 160cc. Lalu berapakah harga motor ini? Bagi yang tertarik membelinya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.350.000 (OTR Jakarta) untuk tipe CBS. Selain itu, tersedia pula versi ABS dengan harga Rp. 33.950.000 (OTR Jakarta).

Anda hanya perlu menyiapkan uang 30 Jutaan untuk memboyong motor ini ke garasi rumah. Harga Honda PCX 160cc bisa bersaing melawan Yamaha NMAX 155 yang dipasarkan dengan harga mulai Rp. 29 Jutaan. Meskipun sedikit lebih mahal, namun performa Honda PCX 160cc di atas Yamaha NMAX 155.

Silahkan datang ke dealer Honda terdekat untuk membeli motor matic bermesin 160cc ini. Namun harga di OTR di setiap daerah berbeda-beda. Harga di atas merupaakn harga Honda PCX 160 untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk daerah lain biasanya lebih mahal, namun selisihnya tidak akan terlalu banyak.

Spesifikasi Honda PCX 160cc

Spesifikasi Honda PCX 160

Setelah mengetahui harganya, selanjutnya mari kita melihat spesifikasi lengkap motor matic bermesin 160cc tersebut.

  • Tipe Mesin : 4-Langkah, 4-Valve, eSP+, Pendingin Cairan
  • Sistem Pembakaran : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
  • Kapasitas Mesin : 156,9 cc
  • Diameter X Langkah : 60 x 55,5 mm
  • Rasio Kompresi : 12:1
  • Tenaga Maksimum : 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm
  • Jenis Transmisi : Otomatis, V-Matic
  • Tipe Starter : Elektrik
  • Tipe Kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
  • Kapasitas Oli : 0,8 liter (Penggantian Periodik)
  • Jenis Rangka : Double Cradle
  • Ukuran Ban Depan : 110/70 – 14 M/C Tubeless
  • Ukuran Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C Tubeless
  • Rem Depan : Cakram hidrolik – (TipeCBS) TriplePots Hydraulic, Combined Brake System / (Tipe ABS) Anti Lock Braking System-
  • Rem Belakang : Cakram Hidrolik
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Suspensi Belakang Ganda
  • Dimensi : 1.936 x 742 x 1.108 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
  • Jarak Terendah Ke Tanah : 135 mm
  • Tinggi Tempat Duduk : 764 mm
  • Berat Kosong : 131 kg (tipeCBS), 132 kg (tipeABS)
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 8,1 liter
  • Sistem Pengapian : Full Transisterized
  • Tipe Baterai/Aki : 12 V – 5 Ah, tipe MF
  • Tipe Busi : NGKLMAR8L-9
  • Power Charger : 5V,2,1A

Dari segi spesifikasi dan harga memang sangat menarik. Motor ini siap bersaing melawan Yamaha NMAX yang sekarang performanya dibawah Honda PCX 160cc. Berbekal kapasitas mesin lebih besar dan beragam fitur canggih, tentu tak sulit bagi PCX 160 untuk mengalahkan rival terberatnya tersebut.

Kesimpulan

Sangat sulit menentukan kekurangan motor ini. Menurut kami Honda PCX 160cc sudah sangat sempurna untuk bersaing melawan Yamaha NMAX maupun maxi skuter sekelasnya. Yang pasti PCX 160 menawarkan beragam fitur canggih yang didukung performa sangat berternaga.

Baca Juga :  Harga Viar Vintech 250 2021 : Spesifikasi & Review

Mesin baru yang dibuat Honda menjadikan Honda PCX 160 sebagai motor paling powerfull dikelasnya. Tak hanya powerfull, motor ini juga nyaman dikendarai berkat posisi riding yang ergonomis dan beragam fitur kenyamanan yang ada di motor ini.

Nah demikianlah informasi seputar spesifikasi dan harga motor Honda PCX 160cc yang dilansir dari www.astra-honda.com/product/pcx. Silahkan anda kunjungi dealer Honda terdekat untuk membeli motor yang satu ini. Simak pula artikel otomotifo.com sebelumnya mengenai Spesifikasi Honda CBR150R 2021 dan beragam artikel menarik lainnya.

Advertisement