Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-25R
Kawasaki, Review Motor

Harga Motor Kawasaki Ninja ZX25R 4 Silinder Terbaru 2021

Harga Motor Kawasaki Ninja ZX25R – Penantian panjang pecinta otomotif yang menunggu hadirnya Ninja 250 4 Silinder akhirnya telah selesai. Kawasaki resmi memperkenalkan motor tersebut pada ajang Tokyo Motorshow 2021 dengan nama Kawasaki Ninja ZX25R. Motor ini memiliki fitur dan teknologi lebih canggih dibandingkan Ninja 250 yang kita kenal selama ini, jadi jangan heran apabila harganya jauh lebih mahal.

Ninja ZX25R mengawali era baru motor 4 Silinder bermesin 250cc. Kami yakin kedepannya Honda, Yamaha, dan Suzuki akan ikut merilis motor serupa. Terlebih Suzuki pernah membuat motor 4 Silinder 250cc, yakni Suzuki Bandit 250. Lalu ada pula Honda CBR250RR yang diproduksi pada tahun 1990 sampai 1996.

Bisa dikatakan motor 4 Silinder 250cc bukanlah hal yang baru. Bahkan Kawasaki pernah meluncurkan Ninja ZX-2R (ZXR250) pada tahun 1989 sampai 1997 yang sama-sama ditengai mesin 4 Silinder. Tenaga yang dikeluarkan motor tersebut mencapai 45 Horsepower dan torsi sebesar 24.5 Nm.

Mesin 4 Silinder memang berbeda dengan mesin 2 Silinder. Tenaga dan torsi yang dihasilkan akan jauh lebih besar, sehingga kemampuan akselerasinya lebih optimal. Namun yang kami suka dari motor 4 Silinder adalah suaranya yang sangat khas. Terlebih jika menggunakan knalpot Akrapovic, SC Project, ataupun merk ternama lainnya, pasti suaranya jauh lebih sporty dan racy.

Spesifikasi dan Harga Motor Kawasaki ZX25R

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja ZX-25R

Review Kawasaki ZX25R

Spesifikasi dan fitur yang dimiliki Ninja ZX25R tentu jauh berbeda dengan Ninja ZX-2R. Meski sama-sama 4 Silinder, namun Kawasaki telah melengkapinya dengan fitur dan teknologi lebih canggih. Performanya juga lebih bertenaga sehingga memberikan pengalaman lebih spesial ketika mengendarainya.

Dari segi desain sebenarnya tidak berbeda jauh dari Kawasaki Ninja 250 yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Namun mengingat motor ini memakai mesin 4 Silinder, maka jangan heran apabila harga Kawasaki Ninja ZX25R bisa melebihi 100 Juta Rupiah. Meskipun mahal, kami yakin motor ini akan sangat diminati pecinta otomotif dari seluruh dunia.

Ada banyak sekali fitur Ninja ZX25R yang tidak dimiliki Ninja 250. Sebagai contoh adalah suspensi depan Upside Down. Suspensi tersebut akan meningkatkan kestabilan Ninja ZX25R saat berakselerasi dan membuatnya lebih nyaman dikendarai. Masih banyak fitur menarik lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut ini.

Desain

Gambar Kawasaki Ninja ZX-25R
Meski dari kejauhan terlihat mirip Ninja 250 2 Silinder, namun ada banyak sekali perbedaan di antara keduanya. Motor 4 Silinder ini memiliki garis body lebih agresif dan didukung kaki-kaki lebih kekar yang menambah kesan sporty. Detail fairingnya juga berbeda dengan Ninja 250. Pasalnya motor ini memiliki fitur Ram Air yang berada difairing depan untuk membantu sirkulasi udara yang masuk ke radiator.

Kawasaki juga melengkapnya dengan lampu sein yang menyatu dengan fairing. Kemudian untuk bagian samping terlihat menggunakan knalpot Underbelly seperti yang digunakan Ninja 650. Sedangkan untuk bagian belakang memiliki desain yang terlihat mirip dengan buritan Ninja 250 2 Silinder.

Secara keseluruhan, desain Ninja ZX25R memang sangat keren. Pastinya motor ini memiliki dimensi body yang lebih besar dan ada perbedaaan bobot cukup signifikan dibandingkan Ninja 250. Dimana bobot Ninja 250 sendiri sekitar 164 gram dengan dimensi panjang 1.990 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.125 mm.

Berbekal desain yang sangat menggoda, kami yakin pecinta otomotif tak akan ragu membelinya meski harga Kawasaki Ninja ZX25R melebihi 100 Juta Rupiah. Yah, harga motor ini memang tak murah, namun Ninja ZX25R memiliki kelasnya tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan motor 250cc bermesin 2 Silinder.

Mesin

Spesifikasi Ninja 250 4 Silinder

Berbicara soal jantung pacu, Kawasaki Ninja ZX25R ditenagai mesin 4 Silinder berkapasitas 249cc. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan masih menjadi misteri, namun kemungkinan melebihi 45 Horsepower. Dengan tenaga sebesar itu, maka sudah pasti Ninja ZX25R mampu berlari sangat kencang dengan top speed melebihi motor 250cc pada umumnya.

Konfigurasi mesin Ninja ZX25R menggunakan 4 Silinder, 4 Tak, DOHC dengan 16 katup. Mesin berkapasitas 249cc tersebut dioptimalkan oleh fitur Riding Mode yang memungkinkan kita memiliki mode berkendara, sesuai kondisi jalan. Lalu ada pula fitur Kawasaki Taction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS) yang biasanya dijumpai pada moge Kawasaki.

Fitur Kawasaki Taction Control (KTRC) menjadi salah satu fitur andalan Ninja ZX25R. Fitur tersebut dirancang untuk memaksimalkan akselerasi dengan cara mengontrol torsi yang dikeluarkan Ninja ZX25R. Sudah banyak moge Kawasaki yang memakai fitur tersebut, seperti Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R yang notabennya dibanderol jauh lebih mahal.

Yang tak kalah menarik dari motor ini adalah memiliki fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS). Fitur tersebut memungkinkan kita berpindah gigi tanpa perlu mengoperasikan kopling sehingga kemampuan akselerasi lebih maksimal. Belum lagi tersedia pula fitur Riding Mode yang menjadikan pengalaman berkendara lebih optimal.

Suspensi

Suspensi Kawasaki Ninja 250 4 Silinder

Selanjutnya untuk sektor kaki-kaki, Ninja 250 4 Silinder dibekali suspensi depan Upside Down bertipe SFF-BF (Separate Function Fork-Big Piston). Suspensi tersebut jauh lebih baik dibandingkan shock Upside Down standar, jadi wajar apabila harga Kawasaki Ninja ZX25R dibanderol sangat mahal.

Sebanding dengan harga Kawasaki Ninja ZX25R, motor ini juga memiliki suspensi belakang horizontal back-link yang dipadukan dengan Swing Arm bergaya banana arm. Suspensinya jauh berbeda dibandingkan Ninja 250 2 Silinder. Pasalnya motor 2 Silinder tersebut masih memakai suspensi depan teleskopik dan swing arm berbentuk kotak.

Pengereman

Kaki-kaki motor ini terlihat begitu kekar dan dipadukan dengan ban tubeless yang memiliki profil sangat besar. Kemudian untuk bagian pengereman menggunakan kaliper monoblok dengan radial mount layaknya sebuah moge. Namun sayangnya rem depan Ninja ZX25R masih single disc.

Meski belum menggunakan double disc, namun pemakaian kaliper monoblok dengan radial mount tetap layak diacungi jempol. Terlebih motor ini sudah dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System) yang menjamin kontrol pengereman lebih optimal saat mengerem mendadak ataupun pada kondisi jalanan licin.

Rem belakang motor ini juga cakram. Lalu untuk rangkanya memakai sasis trellis dengan bahan high tensile steel. Sayangnya Kawasaki belum memberikan informasi lebih rinci mengenai ukuran ban yang digunakan Ninja 250 4 Silinder. Namun yang pasti ukurannya lebih besar dibandingkan Ninja 250 2 Silinder yang memakai ban depan 110/70-R17 dan ban belakang 140/70-R17.

Spesifikasi Ninja 250 4 Silinder

YouTube video
Mesin
Tipe 4 Tak DOHC 16 Katup
Silinder 4 Silinder
Kapasitas 249 cc
Fitur Kawasaki Taction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS)
Pendingin Liquid Cooled
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Starter Elektrik
Transmsi Manual 6 Speed
Suspensi
Rangka Trellis, High-Tensile Steel
Suspensi depan Upside Down SFF-BP (Separete Function Fork Big Piston)
Suspensi belakang Monoshock Horizontal Back-Link
Ban Depan Tubeless
Ban Belakang Tubeless
Pengereman
Rem Depan Single Disk
Rem Belakang Single Disk
Sistem Pengereman ABS

Berbekal fitur setara moge bermesin 600cc ke atas, tentu Ninja ZX25R akan menjadi primadona baru di Indonesia. Kami yakin banyak orang yang akan bermimpi memilikinya, termasuk saya. Tak bisa dipungkiri desain, fitur, dan mesin Ninja 250 4 Silinder memang sangat menggoda. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah harga Kawasaki Ninja ZX25R di Indonesia ?

Harga Kawasaki ZX25R

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R

Harga Kawasaki Ninja ZX25R Standar Rp. 98.850.000
Harga Kawasaki Ninja ZX25R ABS-SE Rp. 116.000.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Kawasaki

Untuk saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga Kawasaki Ninja ZX25R secara resmi di Indonesia. Kabarnya motor ini akan terlebih dahulu diproduksi di Jepang, lalu kemudian diproduksi di Thailand. Semoga saja tak butuh waktu lama motor ini bisa dipasarkan di Indonesia, sehingga kita bisa mencicipi kehebatan mesin 4 Silinder yang dibawa Ninja ZX25R.

Bagi yang berniat membeli Ninja 250 4 Silinder tersebut, maka harus siap-siap merogoh kocek melebihi 100 Juta Rupiah. Paling tidak motor ini akan dipasarkan pada rentang harga Rp. 100 Jutaan sampai Rp. 125 Jutaan. Namun biasa saja harganya lebih murah, karena semuanya tergantung keputusan Kawasaki.

PT Kawasaki Motor Indonesia tentu tak ingin motor ini bentrok dengan Ninja 250 2 Silinder yang selama ini menjadi jagoan Kawasaki di kelas 250cc. Oleh karena itulah harga Kawasaki Ninja ZX25R akan terpaut cukup jauh. Meskipun begitu, kami yakin motor ini akan tetap laris manis diburu pecinta otomotif tanah air.

Update Terbaru : Kawasaki Ninja ZX25R akhirnya resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 12 Juli 2020. Ada dua varian yang tersedia, yakni tipe Standar dengan harga Rp. 96.000.000 dan tipe ABS SE dengan harga Rp 112.900.000. (OTR Jakarta).

Kesimpulan

Motor bermesin 4 Silinder dikenal sangat mahal. Sebut saja Honda CB650R, Kawasaki Z900, Yamaha R6, dan masih banyak lagi lainnya yang rata-rata dibanderol melebihi 200 Juta Rupiah. Dengan hadirnya Ninja ZX25R, tentu anggapan tersebut akan sedikit berubah. Pasalnya motor ini akan menjadi motor 4 Silinder termurah yang bisa kita dapatkan dengan harga 100 Jutaan.

Meski tak bisa dikatakan murah, namun harga Kawasaki ZX25R sebanding dengan segudang fitur serta teknologi canggih yang dibawanya. Performa motor ini juga memakau berkat konfigurasi mesin 4 Silinder yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi melimpah pada setiap putaran mesin.

Baca Juga Review Moge Kawasaki Lainnya
Harga Kawasaki Z900 Harga Kawasaki Z1000
Harga Motor KLX 230 Harga Kawasaki W175 Cafe

Nah demikianlah informasi mengenai spesifikasi dan harga motor Kawasaki Ninja ZX25R yang kami lansir dari www.kawasaki-motor.co.id/id-id/. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang tertarik membeli motor 4 Silinder tersebut.