Cara Menghilangkan Asap Pada Motor

Advertisement

Otomotifo.com – Keluarnya asap pada kendaraan bermotor akan sangat menganggu bagi kendaraan yang dibelakangnya. Tidak hanya menganggu kendaraan lain, namun menganggu pengendara motor juga karena akan merasa tidak percaya diri jika kendaraanya keluar asap.

Sebenarnya, keluarnya asap kendaraan merupakan hal yang sering terjadi. Penyebab terjadinya asap pada kendaraan yaitu terjadinya kerusakan pada pembakaran bahan bakar.

Asap yang keluar dari kendaraan bermotor biasanya berwarna putih. Walaupun asap yang keluar berwarna putih, tetap saja berbahaya bagi kendaraan dan kesehatan.

Advertisement

Jika kendaraan kalian keluar asap, sebaiknya jangan khawatir karena kami memiliki cara-cara menghilangkan asap kendaraan. Cara tersebut akan kami ulas di bawah ini:

Cara Menghilangkan Asap pada Motor

Cara Menghilangkan Asap Pada Motor

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan asap yang keluar dari knalpot motor. Nah untuk mengetahui semua caranya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

  1. Memperhatikan Oli yang Digunakan

    Cara pertama sebaiknya perhatikan oli kalian, apakah oli yang digunakan terlalu encer atau tidak. Penggunaan oli yang terlalu encer mengakibatkan oli akan masuk ke dalam sela-sela mesin.
    Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan akan mengakibatkan overheating sehingga mengeluarkan asap putih. Untuk menghindari keluarnya asap putih kendaraan, sebaiknya jangan gunakan oli mesin yang terlalu encer dan terlalu kental. Harga Oli Mobil Prima XP

  2. Mengganti Oli secara Teratur

    Tidak hanya memperhatikan penggunaan oli saja, namun harus diiringi dengan mengganti oli secara teratur. Sebaiknya ganti oli setiap 2 bulan sekali atau dengan jarak tempuh 1500KM/Jam. Oli Motor Yamaha Soul GT Terbaik Yang Bagus

  3.  Membersihkan Knalpot

    Cara ini sangat jarang dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor, sehingga mereka tidak mengerti bahwa knalpot yang bersih tidak menimbulkan asap. Untuk mengatasi keluarnya asap pada kendaraan, sebaiknya membersihkan knalpt. Cara membersihkan knalpot dapat dilakukan dengan oli atau cairan khusus pembersih yang dijual di bengkel-bengkel terpercaya kalian. Knalpot MGP

  4. Mengecek Ring Piston

    Pemakaian kendaraan secara terus menerus dan pemakaian jarak jauh dapat mengakibatkan ring piston aus. Ring piston aus mengakibatkan oli dari bak oli dapat masuk keruang bakar dengan mudah. Oli dari bak oli yang masuk keruang bakar tersebut menjadikan kendaraan keluar asap. Jika sudah terjadi kerusakan ring piston, langkah termudah adalah mengganti satu set ring piston. Lakukan cara ini dengan tenaga berprofesional ya bro, agar motor kalian tetap aman. Ring Piston

    Advertisement
  5. Memeriksa Sel Katup

    Fungsi dari seal adalah mencegah kebocoran pada manifold. Penggunaan kendaraan jarah jauh secara terus menerus akan mengakibatan seal katup merembes atau bocor secara perlahan. Untuk mengatasi kejadian tersebut sebaiknya mengganti seal katup. Gantilah seal katup pada bengkel terpercaya kaluan.

  6. Mengecek Linner Silinder

    Cara kerja linner yaitu bergesekan dengan ring piston. Pemakaian kendaraan terus-menerus maka dapat membuat linner silinder aus. Jika linner sudah aus, oli akan udah masuk dari ruang bakar dan mengakibatkan kendaraan mengeluarkan asap. Untuk mengatasi linner silinder aus kalian dapat membubut ulang linner silinder.

  7. Pemakaian Motor

    Pemakaian kendaraan dalam jangka panjang dengan tidak memperhatikan komponen-komponen mesin kalian tentu saja membuat kerusakan. Keluarnya asap pada kendaraan lama biasanya terjadi adanya kerak pada saluran pembuangan.

Cara menghilangkan asap pada motor memang gampang-gampang susah, karena penyebabnya bisa bermacam-macam. Untuk mencegah hal tersebut, kami sarankan untuk selalu service rutin dibengkel resmi ataupun dibengkel umum yang sudah terbukti reputasinya.

Nah demikianlah informasi cara menghilangkan asap pada motor yang kami sampaikan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi solusi untuk mengatasi knalpot motor yang keluar asap. Jangan lupa simak pula informasi mengenai cara daftar ojek online Anterin pada informasi otomotifo.com sebelumnya.

Advertisement