Ferrari SF90 Stradale, Mobil Hybrid Tercepat di Dunia

Advertisement

Ferrari SF90 Stradale – Selama ini Ferrari dikenal sebagai produsen Supercar dengan desain eksotis dan bertenaga monster. Sudah banyak sekali mobil yang mereka pasarkan, dan yang terbaru adalah Ferrari SF90 Stradale. Berbeda dengan mobil Ferarri lainnya, SF90 Stradale mengusung mesin hybrid yang menggabungkan mesin konvesional dengan motor listrik.

Sebenarnya Ferrari SF90 Stradale bukanlah mobil hybrid pertama yang diproduksi Ferrari. Sebelumnya mereka merilis LaFerrari yang menggunakan dua motor listrik. Nah yang membedakan antara Ferrari SF90 Stradale dan LaFerrari adalah sudah mengadopsi sistem Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Teknologinya jauh lebih canggih dibandingkan LaFerrari, jadi jangan heran apabila SF90 Stradale mampu berakselerasi lebih cepat.

Harga Ferrari SF90 Stradale Desain Ferrari SF90 StradaleMesin yang digunakan SF90 Stradale juga berbeda. Ferrari tak lagi menggunakan mesin V12, melainkan mesin V8 F154 yang sebelumnya dipakai 488 Pista. Mesin tersebut di bore-up dari 3.902cc menjadi 3.990cc. Selain itu, tersedia pula turbo ganda yang menjadikan Ferrari SF90 Stradale mampu menghasilkan tenaga sebesar 769 Horsepower dan torsi 800 nm. Tenaga tersebut hanya dihasilkan oleh mesin konvesionalnya saja, bukan termasuk motor listrik yang akan menjadikan performa SF90 Stradale jauh lebih bertenaga.

Adapn motor listriknya terdiri dari tiga motor listrik, yakni satu di poros roda belakang dan dua didepan. Untuk menggerakan motor listrik tersebut digunakan baterai Lithium-Ionn yang mampu dipakai sejauh 250 km di mode listrik eDrive. Sedangkan tenaga yang dihasilkan ketiga motor listrik tersebut mencapai 217 Horsepower. Jadi apabila kita total, maka tenaga maksimal yang mampu dikeluarkan Ferrari SF90 Stradale mencapai 986 Horsepower.

Nah apabila kita bandingkan dengan LaFerrari yang memiliki tenaga maksimal 949 Horsepower, tentu SF90 Stradale jauh lebih bertenaga. Berkat tenaga sebesar itu, Ferrari SF90 Stradale mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 2.5 detik dan 0-200 km/jam dalam waktu 6.7 detik. Kemudian kecepatan maksimumnya mencapai 340 km/jam.

Dengan tenaga dan top-speed yang dimilikinya, maka Ferrari SF90 Stradale lebih cocok disebut sebagai sebuah Hypercar. Kemampuan yang dimiliki SF90 Stradale juga tak lepas dari desain yang dikembangkan secara khusus dengan mempertimbangkan downforce serta desain aerodinamis. Selain itu, SF90 Stradale memiliki bobot 13 kg lebih ringan dari LaFerrari, yakni seberat 1.570 kg.

Ferrari mengklaim bahwa sasis yang digunakan SF90 Stradale merupakan platform baru yang lebih kaku 20% dan lebih rigid 40%. Desain ekstrior hypercar ini juga dikembangkan secara khusus agar aliran udara dalam mengalir secara mulus melewati setiap lekukan body SF90 Stradale. Berkat desain aerodinamis tersebut, SF90 Stradale mampu menghasilkan downforce hingga 390 kg pada kecepatan 250 km/jam.

Secara desain ekstrior memang tak seradikal Ferrari Enzo ataupun LaFerrari. Meskipun begitu, desainnya tetap terlihat eksotis dengan mencerminkan sebuah hypercar yang modern dan futuristik. Terlebih pada bagian depan sudah ada headlight bergaya C-Shape dengan teknologi Matrix LED yang tampak futuristik. Begitu pula dengan bagian belakang yang mengadopsi tail-light LED dengan desain Eye-Catching yang terlihat menyatu dengan desain keseluruhan SF90 Stradale.

Interior Ferrari SF90 StradaleFerrari memang jago merancang supercar ataupun hypercar dengan desain futuristik dan modern. Namun bukan itu saja kelebihan utamanya, karena masih ada interior super mewah yang dilengkapi beragam fitur canggih. Kecanggihan tersebut bisa terlihat dari beragam tombol touchscreen serta monitor 16 inci yang berada dibalik sistem kemudi SF90 Stradale. Lalu ada pula fitur Head-Up Display dan empat mode berkendara yang terdiri dari eDrive, Hybrid, Performance dan Qualify.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Benar dan Aman

Semua kecanggihan teknologi yang dibawanya, sudah pasti membuat harga Ferrari SF90 Stradale dibanderol sangat mahal. Sayangnya Ferrari belum memberikan informasi resmi terkait harga Ferrrari SF90 Staradale. Namun kami yakin harga mobil Ferrari ini bisa mencapai puluhan miliar rupiah saat dipasarkan di Indonesia.

Harga Ferarri SF90 Stradale yang super mahal tak akan mengurangi minat kalangan konglomerat untuk mengoleksi hypercar yang satu ini. Terlebih performa yang diusungnya mampu mengalahkan McLaren Senna dan beragam hypercar lainnya yang sam-sama dibanderol belasan hingga puluhan miliar rupiah. Nah demikianlah informasi mengenai harga mobil Ferrari terbaru, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

4.4/5 (5 Reviews)
Advertisement