Harga Kawasaki Ninja RR 2018, Spesifikasi & Modifikasi

Advertisement

Harga Kawasaki Ninja RR 2018 – Motor 2 tak masih diminati pecinta otomotif tanah air. Nah motor salah satu motor 2 tak terbaik sepanjang masa di Indonesia adalah “Kawasaki Ninja RR”. Motor ini menawarkan desain sporty dengan bodi full fairing yang aerodinamis. Sayangnya motor ini sudah tidak diproduksi, karena pemerintah Indonesia telah melarang motor 2 tak yang dianggap tidak ramah lingkungan. Alhasil kita hanya bisa membeli Ninja RR bekas yang dibanderol jauh lebih murah dibandingkan harga Ninja RR baru yang dahulu melebihi 30 Juta Rupiah.

Walaupun sudah tidak diproduksi lagi, namun Kawasaki Ninja RR tetap menjadi primadona di Indonesia. Banyak orang yang membelinya hanya untuk dimodifikasi. Rara-rata peminatnya adalah para anak muda yang hobi modifikasi. Ninja RR juga menjadi buruan para kolektor yang rela mengeluarkan uang sangat banyak untuk mendapatkan Ninja RR baru yang masih terbungkus plastik dan kilometernya masih sedikit atau masih 0km. Walaupun motor lama tidak ada salahnya membeli Ninja RR. Nah untuk mengetahui spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja RR, silahkan simak informasi berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja RR 2018

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja RR

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja RR

Performa Motor Kawasaki Ninja RR

Tipe2-langkah, 1 Silinder, Cranked case, Reed Valve, KIPS, HSAS
Kapasitas149 cc
Tenaga Maksimum21 kW/11.000 rpm
Torsi Maksimum20 Nm/9.000 rpm
Sistem Bahan BakarKarburator : Mikuni Vm 28
Tipe StarterElectric
Tipe Transmsi6 Percepatan
Bore X Stroke59,0 mm x 54,4 mm
Rasio Kompresi6,9 : 1
Kapasitas Tangki10.8 Liter

Pada masa jayanya motor 2 tak ini dipasarkan dalam 2 varian berbeda, yaitu versi Standar dan Special Edition. Keduanya sama-sama dibanderol melebihi 30 Juta Rupiah, sehingga tergolong motor mahal di masanya. Dahulu motor 2 tak memang menjadi primadona. Namun lambat laun popularitasnya terus berukurang dan digantikan oleh motor 4 tak 150cc, seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R. Terlebih Kawasaki mendapatkan tekanan dari pemeritah Indonesia yang mengharuskan motor 2 tak tidak lagi beredar di Indonesia.

Advertisement

Kawasaki Ninja RR akhirnya di suntik mati pada tahun 2015 dan digantikan oleh Ninja RR Mono yang mengusung mesin 4 tak dan mesin berkapasitas 250cc. Harga Ninja RR Mono atau Ninja 250SL yang lebih mahal dibandingkan harga Kawasaki Ninja RR membuatnya kurang laku dipasaran. Untungnya Kawasaki masih memiliki Ninja 250 FI yang langsung menjadi primadona saat pertama kali diluncurkan di Indonesia. Bagi yang tidak bisa move on dari motor 2 tak, pasti akan rela menjual Ninja RR milikinya, sehingga motor ini tetap eksis hingga sekarang.

Nah bagi masbro yang berencana membeli Ninja RR bekas tidak ada salahnya mengetahui spesifikasi motor sport full fairing ini. Nah untuk spesifikasinya sendiri, Ninja RR mengusung mesin 2 tak berkapasitas 149cc yang mampu mengeluarkan tenaga mencapai 21 kW pada putaran 11.000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 20 Nm pada 9.000 rpm. Tenaga dan torsi yang besar membuat Ninja RR sebagai salah satu motor 150cc tercepat di masanya. Bahkan performanya bisa mengungguli Yamaha R15 serta Honda CBR150R yang sama-sama mengusung mesin 150cc.

Desain Kawasaki Ninja RR

Desain Kawasaki Ninja RR

Desain Motor Kawasaki Ninja RR

Panjang1.930 mm
Lebar720 mm
Tinggi1.095 mm
Jarak Sumbu Roda1.305 mm
Ground Clearance145 mm
Berat134  kg

Sayangnya mesin 2 tak dengan sistem pembakaran karburator membuat konsumsi bahan bakar Kawasaki Ninja RR tergolong sangat boros. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, karena semua orang tahu bahwa motor 2 tak itu boros bensin. Selain itu, motor ini juga menggunakan karburator tipe Mikuni VM 28 dan memiliki sistem transmisi manual 6 percepatan. Tersedia pula tangki bahan berkapasitas 10.8 Liter yang akan menampung bensin serta oli samping.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan All New Kawasaki Ninja 250 2018
Advertisement

Kawasaki mengoptimalkan performa motor 2 tak ini dengan teknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) yang berguna untuk mengoptimalkan sistem gas buang dengan cara memanfaatkan buka tutup pada katup di kisaran RPM rendah ataupun tinggi. Selain itu, tersedia pula teknologi HSAS (High Performance Secondary Air System) yang memiliki fungsi untuk memasukan udara bersih kedalam exhaust chamber, sehingga menghasilkan campuran emisi gas buang CO2 dan H2O yang lebih ramah lingkungan.

Kedua teknologi di atas menjadi salah satu alasan yang membuat harga Kawasaki Ninja RR dibanderol cukup mahal. Terlebih Ninja RR memiliki desain sporty yang dibalut bodi full fairing dengan dimensi keseluruhan (PxLxT) berukuran 1930 mm x 720 mm x 1095 mm. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 134 kg dan memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 145 mm. Dimensi motor ini memang tidak sebesar Ninja 250, namun kita akan merasakan sensasi menaiki motor sport bermesin besar ketika mengendarainya.

Fitur Kawasaki Ninja RR

Fitur Kawasaki Ninja RR

Fitur Rangka dan Kaki-Kaki

Suspensi depanTeleskopik 41 mm
Suspensi belakangMonoshock
Ukuran Ban Depan90/90-17 49S
Ukuran Ban Belakang110/80-17 57S
Rem DepanDisk Brake (Cakram)
Rem BelakangDisk Brake (Cakram)

Selanjutnya untuk sektor kaki-kaki, Kawasaki Ninja RR dilengkapi suspensi depan teleskopik yang memiliki diameter 41 mm. Lalu pada bagian belakang menggunkan Monoshock yang membuat motor ini lebih stabil saat dibawa berakselerasi. Pada bagian depan juga terpasang rem cakram dan velg racing yang dibalut ban berukuran 90/90-17 49S. Tidak hanya dibagian depan, kita juga menjumpai rem cakram pada bagian belakang Ninja RR serta ban berukuran 110/80-17 57S.

Advertisement

Sejatinya Kawasaki Ninja RR memakai velg racing 3 palang yang sporty. Namun kebanyakan pemilik Ninja RR melakukan modifikasi dengan mengganti velg racing menjadi velg jari-jari. Sah-sah saja menggunakan velg jari-jari, namun asalkan tidak memakai ban cacing yang bisa menyebabkan kecelakaan. Menurut kami lebih baik menggunakan ban standar yang akan terasa lebih nyaman saat melewati berbagai medan. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu informasi harga Kawasaki Ninja RR berikut ini.

Harga Kawasaki Ninja RR

Harga Kawasaki Ninja RR

Daftar Harga Kawasaki Ninja RR Terbaru 2018

Harga Kawasaki Ninja RR Baru
  • Rp. 36.400.000
  • Rp. 37.700.000 (Special Edition)
HargA Kawasaki Ninja RR Bekas
  • Rp. 30.000.000 (Tahun 2015)
  • Rp. 28.000.000 (Tahun 2014)
 Harga Terbaru : Daftar Harga Motor Kawasaki

Note :

  • Motor ini sudah tidak diproduksi lagi
  • Informasi harga Kawasaki Ninja RR di atas bisa berubah sewaktu-waktu

Seperti yang kami sampaikan di atas, motor ini sudah tidak lagi diproduksi. Jadi sulit sekali untuk mendapatkan unit baru. Kalaupun ada harganya akan lebih mahal dibandingkan harga Kawasaki Ninja RR di atas yang merupakan harga Kawasaki Ninja RR baru pada tahun 2015. Bagi masbro yang berniat membelinya, kami sarankan untuk membeli Ninja RR bekas tahun 2014 atau 2015 yang dibanderol sekitara 28 Jutaan sampai 30 Jutaan. Harga Kawasaki Ninja RR bekas juga tergantung dari kondisi motornya. Apabila sudah dirombak dan tahun produksinya lebih lama, tentu harganya lebih murah.

Gambar Modifikasi Kawasaki Ninja RR

Modifikasi Kawasaki Ninja RR Velg Jari Jari

Nah itulah beberapa inspirasi modifikasi Kawasaki Ninja RR yang bisa masbro terapkan. Yah, rata-rata menggunakan velg jari-jari dengan ban cacing yang dikenal dengan sebutan Thailook Style. Siap-siap kena tilang apabila terjadi razia polisi, karena ban cacing tidak memenuhi standar keselamatan dalam berkendara. Apapun aliran modifikasinya, motor ini tetap terlihat keren dan bisa dibawa mejeng saat nongkrong bersabar sahabat ataupun kerabat.

Baca Juga :   Harga Vario 125 2018, Review, Spesifikasi & Modifikasi

Baca Juga Informasi Menarik Lainnya

Harga Kawasaki KSR ProHarga Kawasaki KSR ProSpesifikasi dan Harga Kawasaki D Tracker X 250Harga Kawasaki D-Tracker 250
Spesifikasi dan Harga Kawasaki D Tracker 150Harga Kawasaki D-Tracker 150 Review Kawasaki Estrella 250Harga Kawasaki Estrella 250 

Andai saja motor ini masih dipasarkan, kami yakin mampu bersaing dengan motor sport 150cc masa kini, seperti Yamaha R15 dan Honda CBR150R. Mesin 2 Tak yang dipakainya membuat Ninja RR memiliki performa sangat bertenaga dan kemampuan akselerasi di atas rata-rata. Bahkan motor ini memiliki top speed sekitar 165 km/jam dan bisa berakselerasi dari 0-100 meter dalam 8.1 detik. Performanya jauh lebih cepat dibandingkan All New Yamaha R15 yang hanya mampu mencapai sekitar 151 km/jam. Nah setalah menyimak informasi spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja RR di atas, apakah masbro tertarik membeli motor legendaris 2 tak yang satu ini ?

Advertisement