Harga Tata Nano di Indonesia Terbaru 2018

Advertisement

Harga Tata Nano – Industri otomotif Indonesia sempat dihebohkan oleh kabar hadirnya mobil murah yang dibanderol dibawah 50 Juta, yaitu Tata Nano. Sayangnya kabar tersebut tak terbukti, dan akhirnya mobil asal India ini harus berhenti diproduksi massal dikarenakan penjualannya semakin terpuruk dan kalah dari mobil murah lainnya.

Walaupun sudah tidak diproduksi massal, namun Tata Motors tetap memproduksi Nano saat ada pesanan dari konsumen. Tidak menutup kemungkinan Tata Motors akan mencoba peruntungannya dengan memasarkan Tata Nano di Indonesia. Apabila hal tersebut benar-benar terjadi, tentu akan menjadi jembatan bagi warga Indonesia untuk mendapatkan mobil murah.

Jangan harap mendapatkan fitur yang lengkap apabila membeli mobil ini. Harga Tata Nano yang murah membuatnya memiliki fitur minum dan penuh kesederhanaan. Kapasitas mesinnya juga kecil, namun tetap bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari dikarenakan memiliki konsumsi bahan bakar irit dan performa mesin responsif.

Advertisement

Mesin Tata Nano hampir sama dengan mesin motor. Dimana mesinnya memakai mesin 2 Silinder sama seperti Kawasaki Ninja 250 atau Honda CBR250RR. Menariknya, harga Tata Nano jauh lebih murah dan memiliki mesin berkapasitas lebih besar dibandingkan motor sport tersebut. Inilah yang menjadikan Tata Nano semakin terkenal dan membuatnya sebagai mobil termurah di dunia.

India menjadi gudangnya mobil murah. Tak hanya Tata Nano, namun masih ada Renault Kwid, Datsun Redi Go, Suzuki Alto, dan beberapa mobil murah lainnya. Sayangnya pamor mobil murah terus menurun. Bahkan Tata Nano hanya terjual satu unit pada bulan Juni 2018. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harga Tata Nano serta spesifikasinya, silahkan simak di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Tata Nano

Spesifikasi dan Harga Tata Nano

Spesifikasi dan Harga Tata Nano

Spesifikasi Tata Nano

Dimensi3164 mm x 1750 mm x 1652 mm
Wheelbase2230 mm
Ground clearance180 mm
Radius Putar4 meter
Kapasitas4 orang
Tipe Mesin2 cylinders Gasoline, MPFI
Kapasitas Mesin624 cc
Tenaga Max38 PS @ 5500 rpm +/- 250 rpm
Torsi Max51 Nm @ 4000 rpm +/- 500 rpm
Top Speed105 km/jam
TransmisiManual Easy Shift (Automated Manual Transmission)
Rem DepanDrum Brake
Rem BelakangDrum Brake
Ban Depan135/70 R 12
Ban Belakang155/65 R 12
Suspensi DepanIndependent, lower wishbone, McPherson struts with gas-filled dampers and anti-roll bar
Suspensi BelakangIndependent semi trailing arm with coil spring and gas filled shock absorberss

Performa Mesin

Transmisi Tata Nano

Transmisi Tata Nano

Tata Nano generasi terbaru bernama Genx Nano. Mobil ini memiliki mesin 2 Silinder berkapasitas 624 cc yang dilengkapi teknologi Multi Point Fuel Injection (MPFI). Teknologi inilah yang membuat konsumsi bahan bakar Tata Nano sangat irit, yakni mencapai 21.9 km/liter. Kemudian transmisinya memakai Automated Manual Transmission (AMT) yang nyaman dikendarai saat berada di kemacetan.

Advertisement

Tenaga dan torsi yang dikeluarkan mobil ini cukup besar. Dimana tenaga maksimalnya mencapai 38 PS pada 5.500 rpm dan memiliki torsi puncak sebesar 51 Nm pada 4000 rpm. Mobil ini juga bisa berakselerasi hingga kecepatan maksimal 105 km/jam. Top speed mobil ini memang standar, namun sebanding dengan harga Tata Nano yang murah meriah.

Tata Motors menyediakan beberapa varian Tata Nano GenX. Untuk tipe termurah memakai sistem kemudi manual steering yang terasa cukup berat saat dipakai menikung. Lalu untuk tipe tertinggi sudah memakai Electric Power Assisted tipe Brushless yang menjadikan sistem kemudi lebih ringan dan terasa lebih nyaman dikendarai.

Baca Juga :  Harga Honda Mobilio 2018, Review, Spesifikasi & Modifikasi

Kelengkapan Fitur

Bagasi Mobil Tata Nano

Bagasi Mobil Tata Nano

Jangan harap mendapatkan fitur keselamatan yang lengkap. Bahkan untuk bagian pengereman masih memakai rem depan dan belakang bertipe tromol yang jauh tertinggal dari mobil murah lainnya. Seharusnya Tata Nano sudah menggunakan rem belakang cakram, sehingga bisa menghentikan laju kendaraan secara cepat dan akurat demi melindungi keselamatan penumpangnya.

Advertisement

Harga Tata Nano yang murah telah membatasi setiap fitur yang dimiliki mobil ini. Sebenarnya fitur Tata Nano tergantung dari tipenya. Mobil ini tersedi dalam beberapa tipe yang terdiri dari Tata Nano XE, XM, XMA, XT, dan XTA. Untuk varian terendah adalah XE. Varian ini belum dilengkapi AC dan hanya tersedia Blower untuk menjaga kenyamanan pengendaranya.

Tata Nano tipe XT dan XTA menjadi tipe tertinggi. Keduanya memiliki sistem hiburan lebih baik yang dilengkapi AmphiStreamTM Music System dengan Radio, CD, MP3, AUX-in. Selain itu, tersedia pula dukungan Bluetooth untuk menerima panggilan telepon dan mendengarkan musik secara striping. Ada pula 4 Speaker Stereo yang menjadikan kualitas audionya lebih baik.

Interior & Eksterior

Interior Mobil Tata Nano

Interior Mobil Tata Nano

Interior Tata Nano terlihat cukup mewah dan elegan. Didalamya tersedia dua baris kursi yang apabila ditotal bisa menampung 4 orang termasuk supir. Ruang kabinnya cukup sempit, namun tetap terasa nyaman bagi pengendara dan penumpang bertubuh ramping. Lalu pada bagian belakang tersedia bagasi berukuran kecil yang bisa menampung barang bawaan hingga 110 Liter

Dari luar Tata Nano terlihat sangat mungil. Mobil ini memiliki body berukuran panjang 3164 mm, lebar 1750 mm, dan tinggi 1642 mm. Jarak antara sumbu roda depan sampai belakang hanya 2230 mm dan memiliki ground clearance 180 mm. Kemudian untuk radius putarnya sekitar 4 meter, sehingga akan terasa nyaman saat dipakai melewati gang-gang sempit dan jalanan macet.

Desain Tata Nano memang unik dan iconic. Mobil ini memiliki bodi berukungan mungil, namun jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi layaknya mobil SUV. Selain itu, Tata Motors melengkapinya dengan Front Grille yang sporty serta headlamp berbentuk oval yang diatasnya terpasang lampu sein. Kemudian pada bagian belakang memiliki Tailgate Spoiler yang menimalis.

Kaki-Kaki

Desain Tata Nano

Desain Tata Nano

Mobil ini tercipta untuk melindungi pengendaranya dari hujan dan panas terik matahari. Fitur-fitur keselamatan disampingkan agar harga Tata Nano bisa lebih terjangkau. Kemudian untuk bagian kaki-kaki memakai suspensi depan bertipe Independent, lower wishbone, McPherson struts dengan gas-filled dampers dan anti-roll bar.

Suspensinya terasa nyaman dan memiliki bantingan cukup empuk. Terlebih Tata Nano sudah menggunakan suspensi belakag Independent semi trailing arm dengan coil spring dan gas filled shock absorbers yang menjaga kenyamanan saat melewati jalanan mulus maupun jalanan rusak. Selain itu, tersedia pula 4 ban tubeless yang membalut velg ring 12 Inch.

Velgnya memang kecil, namun sesuai dengan bentuk bodi Tata Nano yang berukuran mini. Lagi pula mobil ini sudah menggunakan ban tubeless, jadi tak masalah apabila cuma memakai velg ring 12 Inci. Sedangkan untuk ukuran bannya sebesar 135/70 R 12 (depan) dan 155/65 R 12 (belakang). Nah berbekal semua itu, lalu berapakah harga Tata Nano di Indonesia ?

Daftar Harga Tata Nano

Harga Tata Nano

Harga Tata Nano

Harga Tata Nano GenX XE₹ 2,46,406 (Rp. 49 Jutaan)
Harga Tata Nano GenX XM₹ 2,82,569 (Rp. 56 Jutaan)
Harga Tata Nano GenX XT₹ 3,02,308 (Rp. 60 Jutaan)
Harga Tata Nano GenX XMA₹ 3,25,161 (Rp. 65 Jutaan)
Harga Tata Nano GenX XTA₹ 3,44,409 (Rp. 68 Jutaan)
Baca Juga  : Daftar Harga Mobil Tata
Baca Juga :  45 Harga Mobil Sedan Terbaru 2018

Note :

  • Mobil ini belum dipasarkan di Indonesia
  • Harga di atas bisa saja berbeda dengan harga Tata Nano saat dipasarkan di Indonesia

Daftar harga di atas bukanlah harga Tata Nano di Indonesia, melainkan di India. Mobil ini dipastikan tidak akan masuk ke Indonesia, jadi jangan harap bisa membelinya. Padahal sebelumnya mobil ini diisukan akan dipasarkan di Indonesia, namun nyatanya pihak Tata Motors membantah berita tersebut dan memastikan bahwa mobil ini bukan untuk pasar Indonesia.

Sekarang nasib Tata Nano sedang diujung tanduk. Apabila tidak ada permintaan dari konsumen, bisa saja mobil ini disuntik mati. Kabarnya Tata Motors sedang melakukan usaha penyelamatan dengan merancang Tata Nano bermesin listrik yang menurut kami lebih sesuai dengan bentuk bodi Tata Nano yang minimalis dan iconic.

Tata Motors tentu tak ingin mobil ini hilang dari peredaran. Mereka akan berusaha mati-matian untuk mempertahakan Tata Nano yang saat ini berstatus sebagai mobil termurah di dunia. Harapan kami mobil ini akan dipasarkan secara global, termasuk ke pasar Indonesia yang notabennya merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di dunia.

Video Tata Nano

Di Indonesia sendiri belum ada mobil semurah Tata Nano. Apabila dipasarkan di Indonesia, tentu pecinta otomotif tanah air akan menyabut positif mobil ini. Terlebih Tata Nano menawarkan konsumsi bahan bakar sangat irit dan desain iconic yang tak dimiliki mobil lainnya.

Apabila kita melihat spesifikasi dan fitur Tata Nano di atas memang penuh keterbatasan. Walaupun begitu kendaraan ini menawarkan pelindungan dari hujan dan panas terik matahari. Terlebih harga mobil Tata Nano sangat murah, sehingga bisa menjadi alernatif selain sepeda motor yang dibanderol setara harga mobil Tata Nano.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi