Harga Daihatsu Xenia 2018, Spesifikasi, Interior & Gambar Modifikasi

Advertisement

Harga Daihatsu Xenia 2018 – Inilah salah satu mobil sejuta umat di Indonesia. Sama halnya dengan Toyota Avanza, mobil ini sangat laris manis di Indonesia. Harga yang murah menjadi alasan masyarakat Indonesia membelinya. Namun sekarang popularitas mobil Xenia semakin menurun. Pasalnya semakin banyak mobil murah yang bisa kita dapatkan dengan harga di bawah 150 Juta Rupiah. Hadirnya mobil LCGC (Low Cost Green Car) memang mempengaruhi penjualan Xenia, karena penjualannya terus turun dari waktu ke waktu.

Daihatsu harus merombak desain Daihatsu Xenia agar mobil ini bisa bersaing melawan Mitsubishi Xpander yang menawarkan desain lebih modern. Sebenarnya Daihatsu Xenia tetap layak di beli di tahun 2018, karena mobil ini memiliki fitur keamanan dan keselamatan cukup lengkap. Terlebih Xenia cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, karena memiliki 3 baris tempat duduk yang nyaman dan didukung ruang kabin yang senyap. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu informasi harga Daihatsu Xenia 2018 berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Xenia 2018

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Xenia

Spesifikasi dan Harga Daihatsu Xenia

Performa Mesin Daihatsu Xenia 2018

Tipe Mesin
  • EJ-VE DOHC VVT-i (Tipe D & M)
  • 1NR-VE DOHC Dual VVT-i (Tipe X & R)
Volume Silinder
  • 989 cc  (Tipe D & M)
  • 1329 cc (Tipe X & R)
Diameter x Langkah
  • 72,0 x 81,0 (Tipe D & M)
  • 72,5 x 80,5 (Tipe X & R)
Daya Maksimum
  • 63 PS/5.600 rpm  (Tipe D & M)
  • 97 PS/6.000 rpm(Tipe X & R)
Torsi Maksimum
  • 9.2 Kg.m/3.600 rpm (Tipe D & M)
  • 12.3 Kg.m/4.200 rpm (Tipe X & R)
SteeringRack & Pinion dengan Electric Power Steering
Sistem Transmisi5 Speed Manual / 4 Speed Automatic

Mobil ini dipasarkan dalam beberapa varian berbeda yang otomatis mempengaruhi harga Daihatsu Xenia 2018. Varian termurah adalah tipe D dan tipe M yang menggunakan mesin 3 Silinder berkapasitas 989cc. Selain itu, tersedia pula tipe X dan tipe R yang menggunakan mesin 4 Silinder berkapasitas 1.329cc. Performanya tentu berbeda, karena semakin besar kapasitas mesinnya maka tenaga dan torsi yang dikeluarkan lebih besar. Untungnya semua varian mesin Daihatsu Xenia telah dilengkapi teknologi Dual VVT-i.

Advertisement

Teknologi Dual VVT-i berpadu dengan sitem pembakaran EFI (Electronic Fuel Injection), sehingga mesin lebih responsif dan semakin hemat bahan bakar. Nah bagi masbro yang membeli tipe D atau tipe M, maka masbro bisa menikmati semburan tenaga mencapai 63 PS pada 5.000 rpm dan torsi puncak sebesar 9.2 kg-m pada 3.600 rpm. Tenaga dan torsinya lebih kecil dibandingkan Xenia tipe X atau tipe R yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 12.3 kgm pada 4.200 rpm.

Desain Daihatsu Xenia

Desain Daihatsu Xenia

Interior & Eksterior Daihatsu Xenia 2018

Dimensi
  • 4190 x 1660 x 1685 mm (Tipe D & M)
  • 4140 x 1660 x 1695 mm (Tipe X & R)
Ground Clearance
  • 190 mm (Tipe D & M)
  • 200 mm (Tipe X & R)
Jarak Pijak
  • 1425 mm (Depan)
  • 1435 mm (Belakang)
Jarak Sumbu Roda2.655 mm
Kapasitas Tangki36 Liter
Kapasitas Penumpang7 Orang

Harga Daihatsu Xenia tipe X dan tipe R memang lebih mahal, jadi wajar apabila memiliki performa lebih baik. Kemudian untuk segi interior, mobil ini menawarkan desain kabin dengan nuansa 2 tone yang menjadikannya semakin mewah dan didukung kabin yang senyal untuk menambah kehangatan dan keceriaan semua anggkota keluarga ketika menaikinya. Selain itu, Daihatsu Xenia memiliki 3 baris tempat duduk dengan legroom yang lega dan baris kursi ke-2 serta ke-3 bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Baca Juga :  Harga All New Suzuki Ertiga 2018, Spesifikasi & Gambar

Sangat disayangkan mobil murah ini belum dilengkapi fitur Audio Steering Switch. Sistem audio 2 DIN dengan layar sentuh berukuran 7 inci hanya tersedia pada tipe R Custom, jadi untuk tipe lain harus membelinya secara terpisah. Selain itu, tersedia pula fitur AC Double Blower untuk semua varian tipe M, X, dan R. Nah untuk tipe D masih menggunakan AC Single Blower. Untungnya semua vairan telah dilengkapi fitur Power Window dan Electric Power Steering, sehingga semuanya terasa modern.

Advertisement

Interior Mobil Daihatsu Xenia

Selanjutnya soal eksterior, Daihatsu Xenia 2018 memiliki eksterior yang lebih kokoh dan stylish. Mobil ini akan terlihat lebih istimewa dibandingkan Xenia generasi sebelumnya. Namun perubahannya sangat sedikit, sehingga Daihatsu harus meluncurkan Xenia generasi terbaru agar bisa bersaing melawan mobil MPV terbaru, seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Cortez, dll. Mobil ini juga belum menggunakan lampu LED, karena masih memakai headlamp reflector yang menyatu dengan grille depan. Masbro juga mendapatkan fitur Daytime Running Light (DRL) apabila membeli Daihatsu Xenia R Sporty.

Daihatsu menamai mobil ini dengan sebutan “Great New Xenia”. Wajar apabila disebut seperti itu, karena mobil ini menawarkan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Salah satu fitur andalannya adalah Dual SRS Airbag yang akan melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan, sehingga terhindar dari cidera. Tabrakan dari samping juga aman, berkat teknologi Side Impact Beam. Selain itu, tersedia pula Immobizer yang terintegrasi dengan sistem alarm yang membuat mobil lebih aman dan terhindar dari pencurian.

Fitur Daihatsu Xenia

Fitur Daihatsu Xenia

Pengereman dan Kaki-Kaki

Suspensi DepanMac Pherson with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang5-Link, rigid-axle with Coil Spring
Rem DepanVentilated Disc Brake
Rem BelakangTromol
Ukuran Ban
  • 165/80 R13 (Tipe D & M)
  • 185/70 R14 (Tipe X & R)

Sangat disayangkan mobil keluarga murah ini belum dilengkapi sistem pengereman ABS. Padahal rata-rata mobil masa kini sudah dilengkapi teknologi ABS. Bahkan mobil semurah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah memilikinya. Alhasil masbro harus mengandalkan rem depan cakram dan rem belakang tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Selanjutnya soal suspensi, Daihatsu Xenia memiliki suspensi depan bertipe Mac Pherson Struts dengan per keong serta dilengkapi stabilizer.

Advertisement

Suspensi belakangnya juga empuk, karena sudah menggunakan suspensi 5-Link, rigid-axle dengan per keong. Lalu ada pula ban berukuran 165/80R13 untuk tipe D dan M. Sedangkan untuk tipe X dan R menggunakan ban berukuran 185/70R14. Ukuran velgnya sangat kecil, sehingga masbro bisa mengantinya dengan velg aftermarket ring 15 ataupun ring 16, sehingga nantinya desain Daihatsu Xenia terlihat lebih gagah. Nah berbekal semua fitur tersebut, berapakah sebenarnya harga Daihatsu Xenia 2018 ?

Harga Daihatsu Xenia

Harga Daihatsu Xenia

Daftar Harga Daihatsu Xenia 2018 Terbaru

Tipe Daihatsu Xenia Harga 
Harga Daihatsu Xenia X (M/T)Rp 180,450,000
Harga Daihatsu Xenia X Deluxe (M/T)Rp 195,700,000
Harga Daihatsu Xenia R (M/T)Rp 184,750,000
Harga Daihatsu Xenia R Sporty (M/T)Rp 204,100,000
Harga Daihatsu Xenia X (A/T)Rp 191,350,000
Harga Daihatsu Xenia X Deluxe (A/T)Rp 207,550,000
Harga Daihatsu Xenia R (AT)Rp 195,650,000
Harga Daihatsu Xenia R Sporty (A/T)Rp 215,100,000
Harga Daihatsu Xenia Custom (M/T)Rp 202,400,000
Harga Daihatsu Xenia Custom (A/T)Rp 213,300,000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Daihatsu 

Note :

  • Harga di atas merupakan harga OTR Jakarta
  • Informasi harga Daihatsu Xenia yang kami sampaikan bisa berubah sewaktu-waktu
Baca Juga :  Harga Toyota Yaris 2018, Tipe Manual, Matic & TRD Sportivo

Seperti yang masbro lihat di atas, harga Daihatsu Xenia 2018 memang murah. Mobil ini bisa masbro dapatkan dengan harga 180 Jutaan untuk tipe terendah dan 215 Jutaan untuk tipe tertinggi. Setiap tipenya memiliki fitur yang berbeda, jadi silahkan tanyak ke tenaga penjual untuk memastikan fitur Daihatsu Xenia yang akan masbro beli. Sebenarnya Daihatsu masih memiliki mobil MPV murah lainnya, yaitu Daihatsu Sigra. Harganya jauh lebih murah, karena dibanderol dibawah 150 Juta Rupiah. Bagaimana, tertarik membeli yang mana ?

Gambar Modifikasi Daihatsu Xenia 

Kelebihan Daihatsu Xenia 2018 

  • Harga Daihatsu Xenia 2018 cukup terjangkau, karena masbro bisa membelinya dengan harga termurah Rp. 180 Jutaan
  • Mengunakan mesin berteknologi Dual VVT-i yang membuat konsumsi bahan bakar semakin irit dan kinerja mesin semakin responsif
  • Interiornya cukup mewah dan memiliki 3 baris tempat duduk yang membuat Xenia cocok dijadikan sebagai mobil keluarga
  • Kursinya bisa dilipat untuk menambah ruang penyimpanan bagasi
  • Suspensinya lebih nyaman dibandingkan Xenia generasi sebelumnya
  • Untuk varian R Custom sudah dilengkapi lampu DRL dan sistem audio 2 din dengan layar sentuh berukuran 7 inci sebagai media menikmati musik ataupun video.
  • Sudah dilengkapi AC Double Blower yang akan memberikan kesegaran merata pada setiap baris kursi.

Kekurangan Daihatsu Xenia 2018

  • Ukuran velg dan bannya sangat kecil
  • Belum menggunakan sistem audio berlayar sentuh
  • Tidak ada fitur Tilt Steering dan Telescopic Steering
  • Walaupun harga Daihatsu Xenia melebihi 180 Juta Rupiah, namun mobil ini belum dilengkapi sistem pengereman ABS

Baca Juga Informasi Harga Mobil Daihatsu Lainnya

Harga Daihatsu SigraHarga Daihatsu Terios 2018

Harga Daihatsu Sigra memang lebih murah dibandingkan harga Daihatsu Xenia 2018. Namun apabila disuruh memilih salah satunya, maka kami tetap memilih Xenia. Walaupun harganya lebih mahal, namun Daihatsu Xenia menawarkan fitur lebih lengkap dan didukung kenyamanan pada segi interior serta eksterior. Performa mesinnya juga lebih bertenaga dan didukung teknologi Dual VVT-i yang membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Nah itulah informasi mengenai spesifikasi dan harga Daihatsu Xenia 2018. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement