Kelebihan Angin Nitrogen Dibandingkan Angin Ban Biasa

Advertisement

Kelebihan Angin Nitrogen – Di dalam ban motor atau mobil terdapat tekanan udara yang berguna agar kendaraan dapat melaju secara stabil. Tekanan udara tersebut bisa berupa angin biasa ataupun angin nitrogen. Sebagian orang mungkin lebih memilih angin biasa, karena dari segi harga jauh lebih murah. Namun sebenarnya angin nitrogen memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Saja Kelebihan Angin Nitrogen ?

Kelebihan Angin Ban NitrogenAda banyak sekali kelebihan angin ban nitrogen dibandingkan angin biasa. Jadi jangan heran apabila biaya mengisi angin nitrogen lebih mahal. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah selama kendaraan menjadi lebih nyaman dan aman.

Kenyamanan mengendarai motor atau mobil memang menjadi yang utama. Terlebih angin nitrogen bisa mengoptimalkan keselamatan berkendara berkat beragam kelebihan angin ban nitrogen yang bisa kalian simak berikut ini.

Advertisement

1. Nitrogen Memiliki Molekul Lebih Besar

Salah satu kelebihan menggunakan angin nitrogen adalah kendaraan menjadi lebih nyaman. Pasalnya molekul nitrogen lebih besar dibandingkan angin biasa, sehingga tidak mudah menguap karena panas. Alhasil ban motor atua mobil yang menggunakan nitrogen tidak mudah kepes.

2. Nitrogen Dapat Menjaga Elastisitas Ban

Kelebihan lainnya dari angin nitrogen adalah membuat elastisitas ban terjaga. Seperti yang kita ketahui bersama, ban motor atau mobil terbuat dari karet elastis yang dapat mengembang saat terisi angin. Nah dengan memakai nitrogen, maka elastisitas atau kelenturan karet ban tetap terjaga sehingga membuat ban terasa lebih empuk, namun bukan berarti kempes.

3. Kandungan Air Pada Nitrogen Sangat Sedikit

Yang paling membedakan antara angin biasa dan angin nitrogen adalah kandungan airnya. Pasalnya nitrogen hanya memiliki 1% kandungan uang air dan sisanya 79% nitrogen dan 20% oksigen. Sedangkan untuk angin biasa miliki kandungan air cukup banyak sehingga ban lebih mudah kempes.

Advertisement

Kandungan Air Nitrogen

Seperti yang masbro lihat di atas, kandungan air pada nitrogen hampir tidak ada. Jadi bisa dikatakan angin nitrogen jauh lebih baik dibandingkan angin biasa.

4. Nitrogen Membuat Velg Tidak Karatan

Kami yakin banyak orang yang belum tahu bahwa pemakaian angin nitrogen dalam mecegah velg karatan. Pasanya kandungan air pada nitrogen hanya sekitar 1% sehingga bisa meminimalisir terjadinya karat, terutama untuk motor yang memakai velg jari-jari.

Advertisement

5. Membuat Daya Cengkram Ban Lebih Kuat

Kelebihan angin nitrogen selanjutnya adalah membuat daya cengkram ban terhadap aspal menjadi lebih kuat. Alhasil laju kendaaran menjadi lebih stabil dan bisa bisa diandalkan untuk berakselerasi pada kecepatan tinggi.

6. Ban Menjadi Lebih Awet

Mengingat kandungan nitrogen yang lebih baik dibandingkan angin biasa, maka nitrogen bisa membuat ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Tak hanya itu, tekanan ban juga tetap terjaga sehingga tak perlu bolak-balik menambah angin.

7. Kendaraan Semakin Hemat BBM

Pemakaian nitrogen membuat akselerasi kendaaraan semakin meningkat dan tarikan mesin terasa lebih enteng. Kelebihan angin nitrogen tersebut secara tak langsung membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih irit. Akan berbeda jika kita menggunakan angin biasa, karena angin biasa akan membuat ban lebih berat sehingga mengurangi kemampuan akselerasi.

Baca Juga :  Cara Mencegah Cat Motor Kusam dan Tetap Kinclong

8. Membuat Ban Tidak Mudah Pecah / Meledak

Tekanan angin yang terjaga membuat daya tahan ban menjadi lebih baik dan terhindar dari ban tiba-tiba pecah atau meledak. Kelebihan angin nitrogen ini sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara, jadi tak ada salahnya mengganti angin biasa menjadi angin nitrogen.

Kekurangan Angin Ban Nitrogen

Kekurangan Angin Ban NitrogenWalaupun memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti angin nitrogen tidak memiliki kekurangan. Secara kualitas memang lebih baik dibandingkan angin biasa, karena kandungan yang ada didalamnya membuat ban lebih awet dan membuat kendaraan semakin nyaman dikendarai.

  1. Nah yang menjadi kekurangan angin nitrogen adalah angginnya lebih cepat habis apabila kondisi cuaca terlalu dingin, seperti sering hujan ataupun saat kondisi cuaca ekstrim. Alhasil kita harus selalu mengecek tekanan angin ban secara rutin agar menghindari ban kempes.
  2. Dari segi harga juga lebih mahal. Sebagai perbandingan, biaya mengisi nitrogen untuk motor sekitar Rp. 5000/ban dan untuk mobil sekitar Rp. 10.000/ban. Sedangkan apabila mengisi angin biasa, maka biaya perban untuk motor sekitar Rp. 2.000 dan utuk mobil sekitar Rp. 5.000.

Meski harga angin nitrogen lebih mahal, namun akan sebanding dengan kenyamanan yang akan kita dapatkan. Jadi kami sarankan untuk mengganti angin biasa dengan angin nitrogen. Terlebih saat ini hampir di setiap SPBU telah tersedia jasa pengisian nitrogen.

Apabila berencana menggunakan angin ban nitrogen, kami sarankan untuk terlebih dahulu membuang semua angin yan ada di ban, baru kemudian kita ganti dengan nitrogen. Hal ini perlu dilakukan agar kandungan nitrogen tidak bercampur dengan angin biasa.

Tips Merawat Ban Yang Terisi Nitrogen

Tips Merawat Angin Ban Nitrogen

Rupanya ban motor atau mobil yang terisi nitrogen juga tetap membutuhkan perawatan agar kualitas nitrogen yang digunakan tetap terjaga. Nah untuk mengetahui apa saja tipsnya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Saat mengisi nitrogen, pilihlah layanan pengisian yang menggunakan mesin N2 (Nitrogen) Generator. Pasalnya mesin tersebut dapat menjamin kemurniaan nitrogen, sehingga lebih berkualitas dibandingkan nitrogen yang berasal dari mesin biasa
  2. Kita juga tetap harus melakukan pengecek tekan ban paling tidak satu bulan sekali agar bisa mengetahui tekanan angin pada masing-masing ban, apakah kurang atau tidak.
  3. Ada baiknya melalukan pengurasan angin nitrogen setiap tiga bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga performa ban tetap baik
  4. Tips selanjutnya adalah selalu memperhatikan kondisi ban. Akan percuma memakai angin nitrogen apabila kondisi ban sudah gundul atau memakai ban yang masa expirednya sudah habis
  5. Kelebihan angin nitrogen memang sangat banyak. Namun kelebihan tersebut harus diimbangi dengan kualitas ban yang baik. Kami sarankan untuk mengganti ban yang sudah terlalu banyak tambalan, karena akan membuat tekstur ban tidak rata dan bisa mengurangi daya cengkram ban
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Rem Mobil BunyiCara Menghilangkan Baret Mobil
Biaya Service AC MobilCara Membuat SKCK

Nah cukup sekian informasi otomotif.com kali ini, semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan angin nitrogen di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Jangan lupa simak pula berita otomotif lainnya yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Sekian & Terima Kasih

5/5 (4 Reviews)
Advertisement