Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak – Solusi & Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab Rem Mobil Bunyi – Masalah pada sistem pengereman mobil harus segera di atas, karena rem berperan penting terhadap keselamatan berkendara. Nah salah satu masalah yang sering terjadi pada rem mobil adalah mengeluarkan bunyi berdecit saat diinjak. Lalu apa yang menjadi menyebabkan masalah tersebut ?

Sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui penyebab rem bunyi saat diinjak. Apabila dibiarkan saja, tentu nyawa menjadi taruhannya. Bisa saja penyebabnya berasal dari komponen pengereman yang bekerja kurang optimal sehingga membuat daya pengereman dalam menghentikan laju kendaraan berkurang.

Penyebab Rem Mobil Bunyi Berdecit

Penyebab Rem Mobil BunyiBunyi berdecit saat menginjak rem biasanya berasal dari kampas rem mobil. Kampas rem sendiri berfungsi untuk menghentikan dan memperlampat putaran piringan cakram ataupun tromol pada roda mobil. Nah apabila kampas rem sudah mulai habis atau tipis, maka bisa menimpublkan bunyi berdecit.

Bagi yang awam soal mobil, kami sarankan untuk segera datang ke bengkel terdekat agar bisa mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum itu ada baiknya masbro terlebih dahulu mengetahui penyebab rem mobil bunyi agar kejadian yang sama tak terulang lagi. Nah untuk mengetahui apa penyebab rem mobil bunyi berdecit silahkan simak di bawah ini.

1. Kampas Rem Habis

Semakin kita intens menggunakan mobil, tentu kampas rem akan semakin tipis dan habis. Apabila habis, maka kampas rem akan bergesekan secara langsung dengan disk brake, sehingga membuat daya pengereman berkurang dan bisa menimbulkan bunyi. Inilah penyebab utama rem mobil bunyi, jadi solusinya masbro harus mengganti kampas rem yang tipis atau habis dengna yang baru.

2. Kampas Rem Kurang Berkualitas

Ada banyak sekali merek kampas rem mobil. Masbro jangan sampai salah memilihnya, karena apabila memakai kampas rem yang kurang berkualitas bisa menimbulkan bunyi saat rem diinjak. Lebih baik membeli kampas rem original di bengkel resmi agar kualitasnya sesuai dengan standar mobil yang kita miliki.

3. Adanya Kotoran Pada Permukaan Rem

Penyebab rem mobil bunyi lainnya adalah karena ada kotoran pada permukaan rem. Kotoran tersebut biaanya berupa debu ataun tanah. Apabila tidak dibersihkan, maka kotoran akan terjepit antara kampas rem dan cakram yang otomatis akan menimbulkan bunyi saat kita menginjak rem. Solusinya adalah dengan membersihkan debu yang menempel pada piringan cakram, sehingga kampas rem bisa bekerja secara optimal.

4. Kurangnya Pelumas Pada Pedal Rem

Tak hanya suara dari luar, kita juga bisa mendengar suara rem bunyi dari dalam kabin. Biasanya hal tersebut dikarenakan pedal rem kurang pelumas, sehingga akan terasa keras dan bisa mengeluarkan bunyi saat diinjak. Apabila hal tersebut terjadi, maka solusinya adalah datang ke bengkel dan minta bantuan untuk memperbaiki pedam rem.

5. Debu Pada Rem Tromol

Tak semua mobil menggunakan rem cakram depan belakang. Bahkan rata-rata masih menggunakan rem belakang tromol. Nah masalah yang sering terjadi pada rem tromol adalah sering kemasukan debu atau kotoran. Debu tersebut akan menghalangi kampas rem saat melakukan pengereman, sehingga bisa mengeluarkan bunyi.

Baca Juga :  Biaya Balik Nama Mobil 2019 : Syarat & Cara Mengurus Mutasi

6. Percikan Air

Walaupun masalahnya cuma sepele, namun percikan air pada piringan cakram bisa menjadi penyebab rem mobil bunyi. Masbro tak perlu khawatir apabila mengalami hal tersebut, karena suaranya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kita melakukan pengereman saat mengendarai mobil.

7. Tetesan Oli

Hati-hati apabila piringan cakram terkena oli. Pasalnya tetesan oli bisa membuat rem kurang pakem karena piringan cakram dan kampas rem lebih licin. Selain itu, tetesan oli akan membuat rem mobil bunyi saat diinjak, jadi lebih baik terlebih dahulu membersihkan tetesan oli tersebut agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

8. Sistem Transmisi

Bagi pemilik mobil matic, tentu sering mendegar suara aneh saat melakukan pengereman. Rupannya suara tersebut bukan berasal dari sistem pengereman, melainkan dari sistem transmisi yang tertahan akibat kita menginjak pedal rem. Bunyi rem pada mobil tersebut tidak berbahaya, dan wajar terjadi pada semua mobil matic, jadi masbro tak perlu khawatir.

Nah itulah beragam penyebab rem mobil bunyi yang wajib masbro ketahui. Sebenarnya kita bisa mengatasi masalah tersebut sendiri tanpa perlu datang ke bengkel. Namun bagi yang malas otak-atik mobil, maka lebih baik mempercayakaannya pada montir yang berpengalaman. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cara Mengatasi Rem Bunyi

Solusi Mengatasi Cara Rem Mobil BunyiUntuk mengatasi rem bunyi tergantung apa penyebabnya. Apabila penyebabnya karena menggunakan mobil matic, maka masbro tak perlu khawatir. Meskipun begitu, ada bainya kita tetap memperika kondisi kampas rem yang menjadi penyebab utama rem mobil bunyi.

Apabila kampas rem sudah tipis dan hampir habis, lebih baik langsung menggantinya dengan yang baru. Harga kampas rem mobil tentu lebih mahal dibandingkan harga kampas rem motor yang rata-rata dibanderol tak sampai 100 Ribu.

Penggantian kampas rem memang solusi paling tepat untuk mengatasi rem mobil bunyi. Namun apabila kampas rem masih tebal, masbro bisa mencoba membersihkannya dengan brake cleaner. Cairan tersebut akan membersihkan oli dan air yang menempel pada permukaan kampas rem, sehingga bisa kembali bekerja secara optimal.

Selain dibersihkan, kita juga bisa mencoba mengamplas kampas rem agar permukaannya lebih kasar, sehingga tidak menimbulkan slip dan bunyi saat direm. Kemudian jangan lupa membersihkan piringan cakram ataupun tromol dengan cairan brake cleaner agar tidak ada kotoran dan oli yang menempel.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Tarikan Motor BeratLama Cas Aki Mobil
Biaya Service AC MobilCara Membersihkan Busi Mobil

Mengendarai mobil secara nyaman dan aman merupakan keinginan semua orang. Agar hal tersebut dapat terlaksana, tentu kita harus menjaga sistem pengereman mobil agar terhindar dari bunyi menggangu dan masalah lainnya. Sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga tips otomotif di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam menjaga kondisi mobil agar selalu prima.

5/5 (1 Review)
Advertisement