Cara Membersihkan Busi Motor & Mobil Yang Hitam / Kotor

Advertisement

Cara Membersihkan Busi – Spark Plug atau dalam bahasa Indonesia disebut Busi merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk mengoptimalkan sistem pengapian sepeda motor ataupun mobil. Cara kerjanya adalah dengan membakar bensin yang telah terkompresi oleh piston sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin. Yah, fungsi busi memang sangat penting. Oleh karena itulah kita harus melakukan perawatan rutin agar busi tetap awet dan terhindar dari masalah-masalah yang tidak dinginkan.

Sebenarnya cara merawat busi sangatlah mudah. Kita hanya perlu membersihkannya dari berbagai kotoran yang apabila dibiarkan saja bisa mengganggu performa motor. Masalah yang timbuh pun beragam, seperti performa mesin motor yang kurang bertenaga, boros bensin, hingga motor sudah dihidupkan atau distarter. Sedangkan untuk mobil biasanya bisa menimbulkan suara mesin ngelitik dan berbagai macam masalah lainnya.

Kapan Busi Harus Dibersihkan ?

Tanda Tanda Busi KotorAda beberapa penyebab yang mengharuskan kita segera membersihkan busi. Salah satunya adalah di saat busi basah yang disebabkan oleh air hujan atau genangan air. Biasanya hal tersebut berakibat motor sudah dihidupkan atau distarter. Masbro tak perlu khawatir apabila mengalami hal tersebut. Pasalnya masbro bisa membersihkan busi sendiri tanpa perlu datang ke bengkel.

Selain karena faktor terkena air, kinerja busi juga bisa terganggu disaat bagian kepala busi sudah menghitam yang dikarenakan arang sisa-sisa pembakaran. Hasil sisa pembakaran yang menumpuk akan menyebabkan kepala busi menghitam sehingga elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik yang menyebabkan motor atau mobil sulit dihidupkan.

Sejatinya busi memiliki masa pakai, dan harus segara diganti apabila mengalami kerusakan. Namun kerusakan tersebut bisa diminimalisir dengan cara membersihkan busi secara teratur setiap 4.000 km. Lalu apa saja alat yang dibutuhkan untuk membersihkan busi dari karbon sisa pembakaran mesin ? Nah untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini

Alat Yang Dibutuhkan

Untuk membersihkan busi kita harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat sebagai berikut.

  1. Kunci busi untuk membuka busi
  2. Ampelas / sikat kawat / sikat gigi
  3. Kompresor / Lap Kering
  4. Bensin

Sebenarnya cara membersihkan busi lebih baik jangan menggunakan ampelas atau sikat kawat, karena bisa mengubah permukaan busi. Kami sendiri lebih menyarankan memakai sikat gigi biasa agar nantinya tidak mengubah permukaan busi yang bisa menyebabkan nyala api tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Lalu bagaimana cara membersihkan busi yang baik dan benar ?

Cara Membersihkan Busi

Cara Membersihkan Busi MotorSetelah mempersiapkan semua alat di atas, maka langkah selanjutnya kita tinggal memulai proses membersihkan busi yang hitam dikarenakan kotor ataupun basah. Adapun cara membersihkan busi motor atau mobil yang benar dan mudah silahkan simak informasi berikut ini.

1. Lepaskan Busi

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara melepaskan busi dari motor ataupun mobil. Untuk melepaskannya harus hati-hati, dan jangan sampai menarik kabel busi yang bisa mengakibatkan kop busi terputus. Namun sebelum itu, pastikan mesin kendaraan sudah dingin agar proses pelepasan bisa lebih mudah. Alat yang digunakan untuk melepaskan busi juga tak boleh sembarangan, karena harus menggunakan kunci busi yang biasanya sudah disediakan pada tool-kit bawaan motor / mobil.

2. Rendam Busi

Setelah busi terlepas, langkah selanjutnya adalah menyiram bagian kepala busi dengan bensin. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran yang menempel pada kepala busi lebih mudah dibersihkan. Masbro hanya perlu menyiram sedikit bensin saja. Namun apabila busi terkena air, kami sarankan untuk terlebih dahulu merendam busi pada wadah yang sudah diisi bensin. Proses perendaman busi sebenarnya tak terlalu kami sarankan, karena bisa mengikis elektroda pada busi yang membuatnya cepat rusak.

Baca Juga :  Cara Daftar Grab 2019 Online dan Langsung Terbaru

3. Membersihkan Kotoran

Proses pembersihan kotoran pada kelapa busi kami sarankan untuk memakai sikat gigi. Apabila terpaksa memakai ampelas atau sikat kawat, maka harus dilakukan secara hati-hati dan hanya menggosok bagian yang kotor saja. Proses membersihkan busi dengan sikat kawat memang lebih cepat dibandingkan menggunakan sikat gigi. Namun apabila tidak dilakukan secara hati-hati, maka bisa berakibat permukaan busi tergerus dan membuat permukaan busi berubah.

4. Mengeringkan Busi

Cara membersihkan busi selanjutnya tinggal mengeringkan busi yang sudah dibersihkan. Masbro bisa menggunakan kompresor bertekanan tinggi agar sisa-sisa kotoran bisa hilang sepenuhnya. Namun apabila kondisi tidak memungkinkan menggunakan kompresor, maka bisa menggunakan lap kering. Pastikan semua kerak hitam atau kotoran hilang dan jangan sampai ada uap air yang tersisa pada lubang busi.

5. Memasang Kembali

Nah langkah yang terakhir adalah tinggal memasang kembali busi ke mesin. Setelah terpasang, kemudian pasangkan kembali kop busi dengan benar dan pas. Pastikan posisi busi sudah terpasang dengan benar, karena apabila kurang pas bisa mengakibatkan percikan api tidak maksimal sehingga membuat kendaraan sudah dihidupkan atau distarter. Sebagai salah satu komponen sistem pengapian yang palig penting, kita memang tak boleh sembarangan dalam measang busi, jadi pastikan posisinya sudah sesuai.

Nah demikianlah cara membersihkan busi motor yang kotor atau basah. Cara di atas bisa dilakukan sendiri tanpa perlu datang ke bengkel. Prosesnya juga sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Namun apabila busi tetap mengalami masalah, mungkin sudah saatnya membeli busi baru yang bisa masbro simak harganya pada informasi otomotifo.com sebelumnya mengenai “Daftar Harga Busi Terbaru“.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Sistem Kelistrikan MotorFungsi CDI Motor
Fungsi Kiprok MotorCara Merawat Motor Matic

Jenis busi yang beredar dipasaran juga bermacam-macam, seperti busi racing, busi platinum, dan busi Iridium. Selain itu, masbro bisa memilih busi dari berbagai merek ternama seperti Brisk, NGK, Denso, dll. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga informasi cara membersihkan busi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam merawat kendaraan bermotor yang masbro miliki.

5/5 (3 Reviews)
Advertisement