Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat Rusak

Advertisement

Sudah pada tahu belum fungsi dari kiprok motor ? Kami yakin sebagai besar pengujung otomotifo.com belum mengetahui fungsi kiprok motor. Padahal komponen ini sangat penting karena bertugas sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki. Alhasil kiprok sangat berpengaruh terhadap kesehatan aki motor. Apabila kiprok rusak, maka aliran listrik yang masuk aki menjadi kurang optimal, sehingga nantinya bisa membuat aki motor ngedrop, soak, tekor atau bahkan mati total.

Banyak orang yang belum mengetahui fungsi kiprok motor yang sebenarnya. Alhasil banyak orang yang lebih focus pada aki ketika terjadi gangguan pada sektor kelistrikan. Padahal gangguan kelistrikan bisa disebabkan oleh kiprok motor yang rusak yang akan menyebabkan proses pengisian arus listrik ke dalam aki tidak berjalan sebagai mana mestinya. Jadi walaupun kita membeli aki baru, namun aki tetap bisa soak dikarenakan kiprok tidak bisa melakukan pengisian aki.

Fungsi Kiprok Motor

Fungsi Kiprok MotorSebenarnya fungsi kiprok motor adalah sebagai Rectifer Regulator. Jadi bisa dikatakan memiliki 2 fungsi berbeda yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Advertisement
  1. Fungsi kiprok motor yang pertama adalah sebagai Rectifer atau penyearah. Cara kerjanya adalah dengan cara merubah arus litrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Direct Current). Tujuannya adalah agar bisa mengalirkan listrik ke dalam aki dan menyimpannya sebagai sumber energi saat menghidupkan starter maupun kebutuhan lainnya. Arus litrik memang tak bisa langsung masuk ke dalam aki, karena listrik yang dikeluarkan spul berjenis AC, sedangkan aki menggunakan listrik DC. Oleh karena itulah arus listrk dari Spul harus terlebih dahulu dirubah menjadi DC melalui kiprok.
  2. Nah fungsi kiprok motor yang kedua adalah sebagai Regulator atau bisa dikatakan untuk membatasi tegangan pengisian dari spul. Itu artinya saat aki listrik aki sudah penuh, maka kiprok akan menghentikan pasokan listrik yang masuk ke aki dan mengalihkannya ketempat lain untuk menghindari overcharge. Namun apabila arusnya terlalu kecil, maka bisa membuat aki tekor. Oleh karena itulah tegangannya harus seimbang agar aki bisa bekerja secara sempurna.
  3. Selain itu, kiprok juga berfungsi sebagai pensatabil arus ke lampu yang disesuaikan dengan kebutuhan arus lampu. Apabila terlalu berlebihan maka bohlam bisa putus, sehingga membutuhkan kiprok untuk menstabilkan arus listriknya.

Gejala Kiprok Rusak

Sering kali orang mengira motor yang mogok dikarenakan kerusakan aki atau busi. Padahal kiprok juga bisa menyebabkan motor mogok karena aki motor soak atau ngedrop. Nah sebelum hal tersebut terjadi, silahkan simak terlebih dahulu beberapa ciri-ciri kiprok motor rusak berikut ini.

  1. Gejala utama saat kiprok mengalami kerusakan adalah starter tidak bisa menyala. Hal ini tak lepas dari aki tekor yang diakibatkan kurangnya suplai listrik ke aki.
  2. Kiprok yang mulai lemah menjadikan cahaya lampu terlihat redup. Namun cahaya lampu bisa kembali terang saat motor berakselerasi pada kecepatan tinggi.
  3. Nah yang paling parah adalah motor bisa tiba-tiba mogok di tengah jalan. Semua sistem kelistrikan juga mati, seperti starter, speedometer, lampu, hingga klakson. Penyebabnya adalah kiprok tidak bisa mengalirkan listrik ke sistem pengapian atau busi yang membuat motor tidak bisa hidup.
  4. Aki akan mengalami overcharging dikarenakan kiprok tidak bisa mengatur besarnya arus listrik dari alternator. Alhasil lampu bisa langsung putus dikarenakan tegangan terlalu besar.
  5. Suara mesin akan terdengar cukup kasar. Pasalnya input tegangan yang terlalu besar menyebabkan percikan api pada busi tidak terkontrol.
Baca Juga :  20 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Cara Memperbaiki Kiprok Motor

Memperbaiki kiprok motor sangatlah susah. Pasalnya kiprok motor menggunakan circuit electronika yang terdiri dari Dioda, Transitor, Resitor, IC, dll. Hanya orang tertentu saja yang bisa memperbaikinya, terutama bagi yang paham dunia eletronik. Saran kami lebih baik membeli kiprok baru yang harganya tak terlalu mahal.

Harga kiprok motor disesuaikan dengan jenis motor. Jadi jangan heran apabila harga kiprok untuk motor ber-cc besar dibanderol lebih mahal dibandingkan motor matic yang memakai mesin 125cc kebawah, seperti Honda Beat, Vario 110, Varion 125, Scoopy, hingga Yamaha FreeGo yang belum lama ini diperkenalkan secara resmi.

Advertisement

Memperbaiki kiprok memang lebih sulit dibandingkan memperbaiki aki kering. Apabila aki kering kita cukup membongkar dan menambakan air aki (Zuur). Namun untuk kiprok harus diperbaiki secara teliti agar bisa bekerja seperti sedia kala.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Perpanjangan SIM Syarat Perpanjangan SIMHarga Motor Gesits
Cara Mengatasi Overheat Pada MotorCara Mengatasi Mesin Overheat Cara Memperbaiki Aki Kering

Sebenarnya kiprok merupakan komponen sekali pakai. Jadi mau tau mau harus membeli kiprok baru yang harus disesuaikan dengan jenis motor serta spesifikasi mesin. Bagi yang paham dunia elektronik mungkin akan berusaha memperbaikinya. Namun kami lebih memilih membeli kiprok baru yang bisa langsung digunakan tanpa perlu repot-repot melakukan perbaikan. Nah itulah informasi otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi