Cara Memperbaiki Aki Kering Motor & Mobil Yang Rusak atau Soak

Advertisement

Cara Memperbaiki Aki Kering – Sering kali motor atau mobil tidak bisa hidup. Biasanya masalah utamanya terletak pada aki. Yah, aki menjadi komponen penting pada sebuah kendaraan karena bertugas sebagai sumber listrik untuk mengalirkan arus listrik ke komponen mesin yang nantinya membuat mesin bisa hidup. Aki sendiri dibagi menjadi dua tipe, yaitu aki basah dan aki kering atau sering disebut aki MF Battery (battery maintenance free).

Banyak orang mengira aki kering yang mati atau soak tidak bisa diperbaiki. Padahal aki kering masih bisa diperbaiki asalkan kondisi cell-nya masih bagus sehingga nantinya bisa terisi listrik lagi. Apabila cell-nya sudah rusak parah, maka mau tak mau kita harus membeli aki baru yang bisa masbro simak harganya pada artikel berikut ini “Daftar Harga Aki Motor“. Untungnya harga aki kering motor tak terlalu mahal, jadi tak masalah apabila membeli aki baru.

Bagi sebagian orang tentu merasa sayang membeli aki motor baru yang akan menambah biaya pengeluaran dalam merawat sepeda motor. Begitu pula dengan pemilik mobil yang harus mengeluarkan uang melebihi 500 Ribu Rupiah hanya untuk membeli aki baru. Harga aki mobil memang lebih mahal, karena kapasitas penyimpanan listriknya lebih besar, jadi lebih baik kita coba dulu memperbaikinya. Siapa tahu aki masih bisa hidup dan bekerja seperti sediakala.

Advertisement

Kami yakin sebagian orang belum mengetahui cara memperbaiki aki kering yang soak atau rusak. Bahkan aki kering yang mati total tetap bisa diperbaiki, asalkan kondisi cell-nya masih bagus. Cell sendiri bertugas untuk menyimpan arus listrik, jadi apabila sudah rusak parah maka kecil kemungkinan bisa diperbaiki. Nah untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering untuk motor maupun mobil, silahkan simak caranya di bawah ini.

 Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

Inilah Cara Memperbaiki Aki Kering Pada Motor Atau Mobil

Peralatan Memperbaiki Aki

Sebelum melakukan perbaikan aki kering yang rusak, silahkan masbro terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat untuk membongkar aki. Jagan lupa terlebih dahulu membeli air aki atau sering disebut sebagai air Zuur. Soal harga tak perlu khawatir, karena harga air Zuur yang beredara dipasaran rata-rata dibanderol 5 Ribuan sampai 20 Ribuan. Lalu apa saja alat-alat pendukung lainnya ?

  1. Siapkan obeng, baik itu obeng minus dan obeng plus yang nantinya digunakan untuk membuka tutup aki
  2. Selain obeng, masbro juga harus menyiapkan Pisau atau bahkan gergajih besi
  3. Nah yang paling penting adalah mempersiapkan air Zuur atau air aki yang bisa dibeli di toko onderdil mobil atau motor
  4. Kami sarankan untuk mempersiapkan suntikan printer atau suntikan bekas untuk mempermudah memasukan air aki.
  5. Selain itu, siapkan pula selotip atau solasi yang memiliki ukuran besar atau menggunakan lem berdaya rekat tinggi
  6. Setelah semua siap, tinggal masbro mengikuti cara memperbaiki aki kering yang kami sampaikan di bawah ini

Cara Memperbaiki Aki Kering

  1. Nah cara memperbaiki aki kering yang pertama adalah melepaskan aki dari tempatnya, baik itu pada mobil maupun motor.
  2. Setelah terlepas, sekarang masbro tinggal membuka penutup aki menggunakan pisau atau gergaji. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai tangan serta tetap menjaga kondisi fisik aki tetap baik
  3. Biasanya pada bagian atas aki tertupi “Do Not Open” atau apabila diartikel jangan dibuka. Walaupun bertulis seperti itu, namun kita harus tetap membukanya. Masbro juga harus mmbuka bagian samping serta belakang dari penutup aki aagar bisa memasukan air aki (zuur.
  4. Selanjutnya masbro harus melepaskan penutup wadah aki dengan obeng atau alat pembuka lainnya. Setelah terbuka, maka akan terlihat adanya enam lubang yang digunakan untuk menyimpan air aki (zuur).
  5. Sebelum memasukan air aki, masbro harus terlebih dahulu melihat kondisi sel yang berada pada setiap lubang. Apabila kondisinya masih bagus, maka nantinya masbro bisa memasukan air aki melalui lubang-lubang tersebut. Biasanya setiap lubang diberi pentup karet, jadi masbro harus terlebih dahulu melepasnya sebelum memasukan air zuur.
  6. Asal masbro ketahui, setiap sel mampu menghasilkan tegangan listrik sebesar 2 Volt. Jadi apabila di total maka 6 sel akan menghasilkan 12 volt. Silahkan masbro masukan zuur sesuai kapasitas yang bisa ditampung setiap lubang, namun kami sarankan menyisakan sedikit ruang agar nantinya air aki tidak tumpah.
  7. Saat memasukan air aki harus hati-hati. Jangan sampai terkenal tangan karena bisa menyebabkan iritasi.
  8. Owh yah, untuk memasukan aki bisa memanfaatkan suntikan bekas agar air zuur tidak mengenai tangan
  9. Apabila sudah terlanjur kena, maka segera gosok dengan sabun agar terhindar dari iritasi
  10. Nah setelah semu lubang terisi air aki, sekarang masbro tinggi menutup lubang dengan pentup aki menggunakan solasi atau lem agar merekat kuat
  11. Pastikan lubang tertutup secara rapat agar tidak ada udara yang masuk ke dalam lubang aki. Pastikan pula tidak ada kebocoran, karena bisa menyebabkan terjadi konsleting. Apabila solasi dirasa kurang kuat, masbro bisa memakai lem alteco sampai benar-benar terutup rapat.
  12. Setelah semua pentup body terpasang dengan rapi dan rapat, selanjutnya aki kering siap di Charger untuk mengisi tegangan.
  13. Cara pengisian aki kering juga mudah. Masbro hanya perlu menghubungkan aki kering yang sudah diperbaiki dengan aki motor atau mobil yang sudah menyala (Jumper) untuk mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter.
  14. Untuk mengisi tegangan aki yang sudah diperbaiki juga bisa menggunakan trafo cas (Charger Transformator). Saat ini juga sudah ada Powerbank yang bisa digunakan untuk Jumper aki, seperti buatan Vivan yang dibanderol 400 Ribuan.
  15. Setelah semua cara memperbaiki aki kering di atas dilakukan. Selanjutnya masbro tinggal memasang aki yang sudah diperbaiki ke motor atau mobil. Apabila tegangan listrik terisi, maka nantinya motor atau mobil bisa distarter.
Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat Rusak

Nah itulah cara memperbaiki aki kering yang paling gampang. Kami yakin semua orang bisa melakukannya tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Owh yah, sebelum aki digunakan kami sarankan untuk menyalakan mesin minimal 15 menit untuk menyesuaikan tegangan aki agar stabil. Selain itu, masbro juga bisa datang ke tempat pengisian aki agar hasil pengisian listrik bisa lebih maksimal.

Advertisement

Penyebab Aki Kering Rusak atau Soak

Komponen Aki Kering

Komponen Aki Kering

Aki kering yang rusak atau soak tentu ada penyebabnya. Walaupun cara memperbaiki aki kering cukup mudah, namun lebih baik mengantisipasinya agar hal yang sama tak terjadi lagi. Nah untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan aki kering bisa rusak, silahkan simak di bawah ini.

  1. Sering kali aki tekor dikarenakan pemasangan klakson yang tidak sesuai dengan kondisi tenaga yang ada pada baterai. Pasalnya klakson membutuhkan suplai listrik yang besar, terutama klasok yang memiliki suara telolet.
  2. Terjadinya kerusakan pada kiprok yang berakibat aki kering mengalami overcharging maupun sebaliknya. Untuk mengeceknya, masbro bisa menghidupkan mesin antara 4.000 rpm sampai 5.000 rpm untuk mengecek tegangan pengisian masih normal atau tidak. Apabila tegangan pengisian sebesar 14-15 volt, maka kondisi aki kering masih bagus.
  3. Aki tekor juga bisa disebabkan oleh Bore-Up yang menjadikan kompresi mesin terlalu tinggi, sehingga membebani elektrik starter dalam menghidupkan mesin. Apabila terus dipaksa, maka baterai bisa menjadi tekor dan lama kelamaan membuat aki kering menjadi soak.
  4. Rata-rata penyebab aki kering rusak adalah modifikasi yang dilakukan tanpa melihat tegangan aki yang dimiliki. Salah satunya adalah pemasangan lampu HID yang notabennya membutuhkan suplai listrik besar.
  5. Penyebab selanjutnya adalah stop lamp yang terus menyala walaupun tuas rem tidak di tekan. Hal ini menyebabkan arus listrik dari aki mengalir terus, sehingga tegangan aki terus berkurang.

Tips Merawat Aki Kering

Cara Merawat Aki Kering

Cara Merawat Aki Kering

Lebih baik menjaga dari pada harus memperbaiki aki kering yang rusak. Oleh karena itulah masbro harus merawat aki kering agar bisa menyuplai listrik dengan baik dan sempurna. Cara yang paling gampang adalah dengan cara memanaskan motor atau mobil setiap harinya. Paling tidak kita harus memanaskan mesin selama 2-5 menit per hari, sehingga aliran listrik selalu terjaga.

Tips yang selanjutnya adalah selalu memeriksa kondisi kiprok, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kiprok sendiri merupakan komponen yang paling penting dalam menyuplai listrik ke semua bagian kendaraan. Jadi apabila rusak, maka aliran listrik tidak bisa optimal dan menyebabkan kita tidak bisa menghidupkan mesin. Selain itu, masbro harus memeriksa kabel terminal aki dan memastikannya selalu bersih serta terututp rapat.

Advertisement

Aki kering yang rusak juga bisa disebabkan oleh goncangan yang merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki. Jadi kami sarankan untuk menghindari jalanan berlubang atau rusak agar tidak menyebabkan guncangan berlebih pada kendaraan. Kami sendiri pernah mengalaminya, dan terbukti aki langsung soak dan ngedrop sehingga menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan.Apabila masbro mengalami hal serupa, maka kami sarankan mengikuti cara memperbaiki aki kering yang kami sampaikan di atas.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Perpanjangan SIM Syarat Perpanjangan SIMHarga Motor Gesits
Cara Mengatasi Overheat Pada MotorCara Mengatasi Mesin Overheat Gambar Motor Custom JokowiMotor Custom Jokowi

Aki memang berperang sangat penting pada mobil atau motor. Apabila sudah rusak, tentu kita akan kesulitan menghidupan mesin. Nah kami sudah memberikan cara memperbaiki aki kering yang paling mudah dan paling ampuh. Namun apabila cara di atas tak berhasil, maka bisa dipastikan sel-sel yang ada di dalam aki kering sudah rusak, jadi mau tak mau harus membeli aki baru agar motor atau mobil bisa dihidupkan. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga informasi cara memperbaiki aki kering di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi