Motor Custom Jokowi Terbaru 2018 : Biaya Modifikasi, Gambar & Foto

Advertisement

Motor Custom Jokowi – Indonesia sangat beruntung memiliki Presiden yang merakyat dan berjiwa muda. Seperti yang sering diberitakan, Presiden Jokowi memiliki hobi unik yakni modifikasi motor. Sejauh ini sudah ada 2 motor Custom yang dimiliki Presiden Jokowi. Yang pertama merupakan motor Chopper yang dibuat Elders Garage dan Chopper Land. Sedangkan motor custom Jokowi yang kedua merupakan motor Chopper berbasis Kawasaki W175 yang dibuat oleh Katros Garage.

Presiden kita tercinta memang menyukai motor bergaya Chopper. Terbukti kedua motor custom miliknya bergenre Chopper. Bedanya yang pertama mengunakan basis mesin Royal Enfield Bullet 350cc. Semua motor custom Jokowi juga memiliki desain sangat keren, namun tetap memperhatikan faktor legalitas, seperti bagian spion, knalpot, hingga mesin. Presiden Jokowi juga mempercayakan rumah modifikasi terbaik untuk memodifikasi motor Custom miliknya. Terbukti dengan dipilihnya Katros Garage yang berada di kawasan Tangerang Selatan.

Sebelum membuat motor custom Jokowi, Katros Garage terlebih dahulu memodifikasi motor miliki anak Presiden Jokowi, yakni Gibran. Motor yang dimodifikasi adalah Royal Enfield Classic Battle Green yang selama ini identik dengan motor retro bergaya klasik. Mungkin presiden Jokowi puas dengan hasil modifikasi Katros Garage, sehingga akhirnya dipercaya untuk memodifikasi motor Chopper milikinya. Katros Garage tak setengah-setengah dalam merombak motor orang nomer 1 di Indonesia tersebut. Mereka totalitas untuk menghasilkan motor custom terbaik dengan mengedepankan kerapian dan tingkat detail tinggi.

Advertisement

Apabila sebelumnya motor custom Jokowi berkelir warna emas, maka untuk yang terbaru dibalut warna Hijau. Motor yang dimiliki adalah Kawasaki W175 yang merupakan motor bergaya Authentic Retro. Katros Garage merubah habis-habisan tampilan W175 agar sesuai dengan selera Presiden Jokowi. Setiap sisi dirubah, mulai dari bagian suspensi, headlamp, cover tangki, hingga bagian buritan. Hasilnya sangat keren dan tak terlihat bahwa motor yang dimodifikasi merupakan Kawasaki 175. Nah untuk melihat seperti apa hasil modifikasi motor Jokowi tersebut, silahkan simak di bawah ini.

REVIEW MOTOR MODIFIKASI JOKOWI TERBARU

Proses Modifikasi Motor Jokowi

Gambar Motor Custom Jokowi

Gambar Motor Custom Presiden Jokowi

Motor Custom Jokowi mengadopsi konsep Bobber-Chopper dengan ciri khas ban besar, jok rendah, serta posisi stang tinggi. Motor Custom Jokow ini pertama kali diperlihatkan ke publik pada saat blusukan ke Pasar Anyar, Tangerang, Banten. Desainnya memang berbeda dengan motor Chopper Jokowi sebelumnya yang murni bergaya Chopper. Pasalnya Katros Garage memadukan antara konsep Bobber dan Chopper yang populer di luar negeri. Konsep tersebut sesuai permintaan Presiden Jokowi secara langsung dengan tetap mengedepankan sisi ergonomi dan durabilitas.

Presiden Jokowi memilih warna hijau sesuai warna asli motor untuk membalut motor custom milikinya. Semua bagian dirubah, terkecuali mesin yang tetap mempertahankan mesin asli Kawasaki W175 yang memiliki kapasitas 177cc dengan tenaga 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13.2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin tersebut belum menggunakan teknologi Fuel Injection, melainkan sistem pembakaran karburator. Performanya tetap responsif dan terbukit nyaman dikendarai sebagai motor harian maupun motor touring meski sistem pembakarannya jauh tertinggal dari motor sport masa kini yang rata-rata sudah Fuel Injection.

Advertisement

Kami yakin Presiden Jokowi tak terlalu memperhatikan soal mesin. Yang terpenting motor nyaman dan aman saat dikendarai. Katros Garage juga mengedepankan hal tersebut. Bahkan mereka rela mencari orang yang tingginya sama dengan Presiden Jokow untuk mencoba kenyamananserta posisi duduk motor custom yang dibangun. Menurut informasi yang kami dapatkan, proses modifikasi motor custom Jokowi tersebut memakai waktu sekitar 2 bulan. Walaupun waktunya cuma sebentar, namun hasil modifikasinya luar biasa membanggakan dan terlihat sangat keren.

Baca Juga :  Modifikasi Mobil Sedan Indonesia Terbaru 2018

Katros Garage berhasil memodifikasi Kawasaki W175 yang sebelumnya bergaya Authentic Retro menjadi motor bergaya Bobber-Chopper. Memodifikasi motor milik orang nomer satu di Indonesia tentu bukan hal yang gampang. Proses modifikasi harus dilakukan sedetail mungkin untuk menjaga kenyamanan dan keamanan Presiden Jokowi. Terlebih semua bagian motor harus dirubah menyesuaikan desain yang dipilih Presiden Jokowi, sehingga semuanya harus dipersiapkan sedetail mungkin untuk menghasilkan motor custom yang sempurna. Lalu seperti apa spesifikasi motor custom Jokowi tersebut ?

Apa Saja Yang Diganti ?

Gambar Motor Modifikasi Jokowi

Gambar Motor Modifikasi Jokowi

Seperti yang masbro lihat di atas, suspensi depan yang sebelumnya teleskopik dirubah menjadi suspensi Upside Down. Kelebihan suspensi tersebut adalah lebih stabil saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Desain motor juga semakin keren setelah memakai Upside Down. Tak hanya itu, motor custom Jokowi juga menggunakan lampu Daymaker LED berukuran 5.75 inci serta lampu sein dan stop lamp aftermarket. Desain lampunya sangat keren dan menjadikan motor terlihat lebih modern. Ubahan lainnya adalah bagian stang yang memakai stang model drag bar serta menggunakan spion aftermarket.

Advertisement

Menurut kami ubahan paling sulit pada motor custom Jokowi adalah rangkanya. Katros Garage mendesain ulang rangka Kawasaki W175 agar sesuai dengan konsep modifikasi yang dipilih Presiden Jokowi. Ubahan rangka tersebut menjadikan posisi tempat duduk atau jok lebih rendah. Selain itu, Katros Garage merubah bagian tangki dengan menggunakan plat galvanis ketebalan 1.2 mm. Begitu pula dengan spakbor depan, spakbor belakang serta cover body samping. Semuanya dibuat secara handmade oleh Katros Garage untuk menghasilkan komponen modifikasi yang memiliki tingkat detail tinggi.

Detail Motor Custom Jokowi

Detail Motor Modif Jokowi

Pada tangki juga terlihat adanya emblem bertuliskan Jokowi yang menandakan bahwa motor custom ini dibuat secara khusus untuk Presiden Jokowi. Kemudian untuk bagian kaki-kaki menggunakan velg alumunium yang memiliki ukuran 3.00-16 dan 3.50-16. Velg tersebut dipadukan dengan ban berukuran 5.00-16 yang terpasang pada roda depan serta belakang. Alhasil ban yang digunakan pada motor custom Jokowi terlihat sangat besar. Selain itu, Katros Garage juga merubah bagian knalpot dengan knalpot custom yang terbuat dari material full stainless steel.

Bagian jok juga dirubah dengan menggunakan kulit jok sintetis berwarna hitam yang terlihat matching dengan body berbalut warna hijau. Lalu untuk bagian pengereman tetap mengandalkan rem cakram yang terpasang pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang. Bagian kelistrikan juga rubah dengan menambakan saklar lampu. Sayangnya presiden Jokow lupa menghidupkan lampu saat blusukan menggunakan motor custom milinya. Akhirya para Netizen yang maha benar mempermasalahkan hal tersebut karena dianggap tidak semua dengan peraturan pemerintah.

Spesifikasi Motor Custom Jokowi

Foto Motor Custom Presiden Jokowi

Foto Motor Custom Presiden Jokowi

Semua ubahan di atas menjadikan motor custom Presiden Jokowi terlihat sangat keren. Nah untuk melihat apa saja ubahan yang dilakukan Katros Garage dalam membangun motor custom Jokowi, silahkan simak spesifikasinya di bawah ini.

  • Velg Depan : Aluminium ukuran 3.00-16
  • Velg Belakang : Aluminium ukuran 3.50-16
  • Suspensi Depan : Upside Down
  • Ban Depan: 5.00-16
  • Ban Belakang : 5.00-16
  • Lampu Depan : LED 5.75 inch
  • Lampu Sein : Aftermarket
  • Lampu Stop : Aftermarket
  • Stang : Model drag bar
  • Spion : Aftermarket
  • Tangki Bensin : Handmade
  • Spakbor Bepan
  • Spakbor Belakang : Handmade
  • Cover Body samping : Handmade
  • Jok : Kulit jok sintetis warna hitam
  • Knalpot : Custom full stainless
Baca Juga :  Modifikasi Ninja RR Terbaru 2018 : Jari-Jari, Drag & Airbrush

Rata-rata komponen yang terpasang pada motor custom Jokowi adalah produk handmade yang dibuat secara khusus oleh tim Katros Garage. Mereka menggunakan plat galvanis ketebalan 1.2 mm yang sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan komponen motor yang memiliki durabilitas tinggi.

Berapakah Biaya Modifikasinya ?

Gambar Motor Modifikasi Jokowi

Gambar Motor Modifikasi Jokowi

Untuk menghasilkan karya yang bernilai tentu membutuhkan biaya yang besar. Begitu pula dengan modifikasi motor Jokowi di atas yang pastinya membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk merubah setiap bagian motor. Sayangnya pihak Katros Garage tidak memberitahukan besaran biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi motor custom Jokowi. Prediksi kami biayanya bisa mencapai belasan juta rupiah atau bahkan melebihi 20 Juta Rupiah. Pasalnya modifikasi di atas telah menggunakan beberapa part aftermarket, seperti Upside Down dan lampu Daymaker.

Motor Custom Jokowi Lainnya

Gambar Motor Chopper Presiden Jokowi

Gambar Motor Chopper Presiden Jokowi

Sebagai orang nomer satu di Indonesia, apapun yang dipakai Presiden Jokowi pasti langsung viral di dunia maya. Begitu juga saat presiden Jokowi membeli motor custom dari Elders Garage dan Chopper Land. Motor modifikasi berwarna emas tersebut langsung menjadi pusat pemberitaan diseluruh Indonesia sebagai bukti bahwa Presiden Jokowi sangat mengapresiasi industri kreatif dalam negeri. Konon kabarnya harga motor custom yang di beli Jokowi harganya melebihi 140 Juta Rupiah. Itu artinya lebih mahal dari harga Royal Enfield Bullet 350 yang dibanderol sekitar Rp. 64 Jutaan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Perpanjangan SIM Syarat Perpanjangan SIMCARA INREYEN MOTOR MATIC YANG BENARCara Inreyen Motor 
Harga Knalpot R9 TerbaruHarga Knalpot R9Harga Knalpot Akrapovic Full SystemHarga Knalpot Akrapovic

Kedepannya mungkin Presiden Jokowi akan menambah koleksi motor custom milikinya. Namun saat ini baru ada 2 motor custom yang dimiliki orang nomer satu di Indonesia tersebut. Kita harus bangga memiliki Presiden berjiwa muda yang mengapresiasi tinggi industri kreatif tanah air, khususnya dunia modifikasi. Nah demikianlah informasi otomotifo.com mengenai motor Custom Jokowi. Semoga informasi modifikasi motor di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi