10 Motor Adventure Murah Terbaru 2018

Advertisement

Motor Adventure menjadi pilihan banyak orang yang suka berpetualang ataupun touring. Ciri khas motor Adventure yang memiliki ground clearance tinggi dan ban dual purpose membuat motor jenis ini nyaman dikendarai melewati berbagai medan jalan. Namun hanya medan offroad ringan yang bisa dilaluinya. Bagi masbro yang suka berpetualang ke alam liar lebih baik membeli motor trail yang memang dikhususkan sebagai motor offroad. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan motor Adventur terbaik, karena ada beberapa tipe yang dibanderol cukup terjangkau.

Harga motor Adventure termurah di Indonesia dibanderol sekitar 40 Jutaan. Menariknya, motor tersebut merupakan produk asli Indonesia yang dibuat oleh Viar. Apabila ragu membeli motor Viar, maka masbro bisa membeli motor Adventure murah dari Honda ataupun Kawasaki. Sayangnya Yamaha dan Suzuki belum ikut-ikutan memasarkan motor jenis ini di Indonesia. Padahal pasar motor Adventure terus berkembang dan semakin diminati pecinta otomotif tanah air. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui apa saja motor Adventure murah di Indonesia, silahkan simak informasi di bawah ini.

Daftar Motor Adventure Murah Terbaru 2018Motor Adventure Murah

1. Kawasaki Versys X-250

Inilah motor adventure murah yang dipasarkan Kawasaki di Indonesia. Motor ini ditenagai mesin 250cc dengan silinder ganda yang bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 34 PS pada putaran 11.500 rpm dan torsi 21.7 Nm pada 10.000 rpm. Tenaga dan torsinya sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan performa serta akselerasi yang responsive saat kita berpetualang ataupun touring. Agar semakin nyaman dikendarai, Kawasaki merancangnya dengan velg depan lebih besar dibandingkan velg belakang. Dimana untuk bagian depan berukuran 19″ dan bagian belakang 17″.

Advertisement

Kawasaki juga menyediakan dua varian berbeda, yaitu tipe Tourer dan City yang otomatis akan mempengaruhi harga motor Adventure Kawasaki ini. Apabila disuruh memilih, maka kami akan memilih Versys-X 250 Tourer yang dilengkapi beragam aksesoris tambahan, seperti side panniers, fog lamps, engine guard, hand guard, dan DC outlet untuk mengisi daya smartphone saat berkendara. Harga varian ini dibanderol mencapai Rp. 73.1 Juta, sehingga lebih mahal dibandingkan varian Versys-X 250 City yang dibanderol Rp. 62.3 Juta. (Baca Review Kawasaki Versys 250)

2. BMW G310GSMotor Adventure BMW G310GS

Banyak orang yang mengira semua motor adventure BMW dibanderol mahal. Namun ada satu tipe motor yang bisa masbro dapatkan dengan harga Rp. 125 Juta, yaitu BMW G310GS. Motor ini merupakan versi adventure dari G310R yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Untuk spesifikasinya sendiri mengusung mesin berkapasitas 313cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 34 PS pada putaran 9.500 rpm dan torsi 28 Nm pada 7.500 rpm. Sayangnya mesin motor adventure murah ini merupakan mesin 1 Silinder yang otomatis tenaganya lebih rendah dibandingkan mesin 2 Silinder.

Meski mesin yang dipakainya cuma memiliki 1 Silinder, namun performa BMW G310GS tetap mumpuni dan sudah tersedia sistem pengereman ABS yang bisa dinonaktifkan saat melewati jalanan offroad. Pada bagian depan juga terpasang suspensi Upside Down yang menjaga kestabilan dan meningkatkan kenyamanan pengendara BMW G310GS. Sama halnya dengan Kawasaki Versys-X 250, motor adveture murah ini memiliki velg depan ring 19 dan velg belakang ring 17 yang dipadukan dengan ban tubeless tapaka lebar. (Baca Review BMW G310GS)

Advertisement

3. Viar VortexMotor Adventure Viar Vortex

Inovasi yang dilakukan Viar dalam menghadirkan motor adventure murah patut diacungi jempol. Mereka berani membanderol Viar Vortex dengan harga di bawah 40 Juta Rupiah, sehingga motor ini bisa bersaing melawan motor adventure asal Jepang yang rata-rata dibanderol cukup mahal. Terlebih Viar Vortex telah dilengkapi mesin berkapasitas 249cc yang tergolong powerfull untuk motor berbanderol di bawah 40 Juta. Dimana tenaga maksimum yang bisa dihasilkannya mencapai 18.5 kW pada 9.000 rpm dan torsi 22.5 Nm pada 7.000 rpm.

Jangan mengeluh apabila motor ini belum masih menggunakan mesin 1 Silinder. Harga motor adventure Viar Vortex yang murah tentu membatasi fitur dan spesifikasinya. Namun dari segi desain kami sangat menyukai tampilan luar Viar Vortex yang terlihat gagah layaknya motor adventur buatan BMW ataupun lainnya. Viar juga melengkapi motor ini dengan box khusus untuk membawa barang bawaan saat touring. Kemampuan melibas tanahnya juga sangat baik, karena sudah menggunakan suspensi Upside Down yang didukung ban depan berukuran 100/80-18 dan ban belakang 130/70-17.

Baca Juga :  30 Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta Terbaik Terbaru 2018

4. Suzuki V-Strom 250Motor Adventure Suzuki V-Strom 250

Sudah sejak lama kami menantikan kehadiran Suzuki V-Strom 250 di Indonesia. Sayangnya motor ini belum juga dipasarkan di Indonesia. Padahal spesifikasinya bisa menandingi Kawasaki Versys-X 250 ataupun Honda CRF250 Rally. Pasalnya motor ini sudah menggunakan mesin 2 Silinder berkapasitas 248cc yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 24.6 HP pada 8.000 rpm dan torsi 23.4 Nm pada 6.500 rpm. Teknologi Fuel Injection dan sistem transmisi manual 6 percepatan tak lupa disematkan pada motor adventure murah ini.

Advertisement

Apabila dipasarkan di Indonesia kemungkinan harga Suzuki V-Strom 250 akan dibanderol dibawah 60 Juta Rupiah. Semoga harapan kami menjadi kenyataan, sehingga bisa menjadikannya sebagai pilihan utama bagi pecinta otomotif yang mencari motor adventure murah di Indonesia. Terlebih Suzuki V-Strom 250 memiliki desain sangat keren dengan lampu depan berbentuk bundar dan speedometer full digital. Sayangnya motor ini belum menggunakan suspensi Upside Down layaknya Kawasaki Versys-X 250.

5. Honda CRF250 RallyMotor Adventure Honda CRF250 Rally

Bagi yang suka berpetualang di medan tanah, kami sarankan untuk membeli motor adventure Honda CRF250 Rally. Sesuai namanya, motor ini dirancang sebagai motor tangguh yang siap melibas semua medan jalan. Desainnya sangat keren, namun sayangnya harga Honda CRF250 Rally cukup mahal. Masbro harus mengeluarkan uang mencapai 64.9 Juta Rupiah untuk mencicipi mesin berkapasitas 249.6cc yang menjadi dapur pacunya. Mesin bertipe DOHCS tersebut dilengkapi sistem pendingin cairan dan sistem pembakaran fuel injection yang membuatnya semakin powerfull.

Suspensi depan Upside Down berukuran besar telah terpasang pada bagian depan CRF250 Rally. Tidak ketinggalan suspensi belakang Pro-Link yang bisa diatur tingkat kekerasannnya semakin menambah kenyamanan saat mengendarai motor adventure murah dari Honda ini. Kita juga akan mendapatkan Digital Panel Meter dan lampu Full LED yang menambah kesan modern pada tampilan luar CRF250 Rally. Selain itu, motor ini memiliki ground clearance berjarak 270 mm dari atas tanah yang membuatnya semakin cocok sebagai motor adventure.

5. Honda CB500XMotor Adventure Honda CB500X

Harga motor adventure ini tergolong cukup terjangkau mengingat spesifikasinya menggunakan mesin 2 Silinder berkapasitas 471cc. Mesin tersebut pastinya sangat powerfull dan bisa mengeluarkan tenaga dan torsi sangat besar. Dimana untuk tenaga maksimum yang bisa dihasilkannya mencapai 39 kW pada 8.500 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 46.8 Nm pada 7.000 rpm. Teknologi Fuel Injection juga disematkan untuk mengoptimalkan sistem pembakaran, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Pada bagian depan Honda CB500X terpasang lampu LED dan Windshield yang bisa diatur ketinggiannya. Sayangnya suspensi depan Honda CB500X belum Upside Down, padahal harga motor adventure ini mencapai Rp. 148.9 Juta. Bagi sebagian orang harga Honda CB500X tergolong sangat mahal, namun motor ini dikhususkan bagi pecinta moge yang tak akan segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk membeli motor adventure terbaik di kelasnya.

7. Yamaha MT-09 TracerMotor Adventure Yamaha MT-09 Tracer

Harga motor adventure Yamaha ini juga tidak bisa dikatakan murah. Pasalnya harga Yamaha MT-09 Tracer dibanderol mencapai 325 Juta Rupiah. Harganya lebih mahal dibandingkan Yamaha MT-09 standar, karena motor ini diciptakan sebagai motor adventure yang lebih nyaman dikendarai saat melewati berbagai medan jalan. Beragam teknologi terbaik juga disematkan pada motor adventure Yamaha ini, seperti fitur Switchable Traction Control System (TCS) dan instrument panel Full Digital yang modern.

Berbekal mesin 3 Silinder berkapasitas 850cc dan dilengkapi sistem pendingin cairan, tentu performa Yamaha MT-09 Tracer sangat powerfull. Terbukti motor ini bisa mengeluarkan tenaga mencapai 115 PS pada 10.000 rpm dan torsi 87.5 Nm pada 8.500 rpm. Untuk mengimbangi performanya yang beringas, Yamaha melengkapi motor adventure ini dengan suspensi depan Upside Down. Selain itu, tersedia pula lampu depan ganda berteknologi LED dengan desain aerodinamis yang menambah kegagahan motor adventure Yamaha tersebut.

Baca Juga :  15 Mobil Offroad Terbaik 2018 Paling Tangguh Di Dunia

8. Honda CRF1000L Africa TwinMotor Adventure Honda CRF1000L Africa Twin

Spesifikasi super canggih membuat harga motor adventure ini sangat mahal. Honda menyediakan 2 varian berbeda yang terdiri dari Tipe Manual dengan harga Rp. 464 Jutaan. Lalu ada pula tipe DCT atau matic yang dibanderol Rp. 499 Jutaan. Harganya setara sebuah mobil, namun sebanding dengan kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Pasalnya Honda telah melengkapi CRF1000L Africa Twin dengan mesin Parallel Twin berkapasitas 998cc yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 70 kW pada 7.500 rpm dan torsi 98 Nm pada 6.000 rpm.

Spesifikasi motor adventure Honda ini semakin sempurna dengan hadirnya HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang akan mengoptimalkan performa mesin menjadi lebih optimal. Ada pula fitur untuk mematikan fungsi ABS, sehingga lebih optimal saat dipakai berkendara di medan offroad. Kemudian untuk bagian kaki-kaki terpasang suspensi depan Upside Down dengan diameter 45mm dan suspensi belakang Pro-Link yang sama-sama bisa diatur tingkat kekerasannya.

9. Triumph Tiger 800Motor Adventure Triumph Tiger 800

Sudah menjadi rahasia umum bahwa motor asal Eropa harganya sangat mahal. Begitu pula dengan harga motor adventure Triumph Tiger 800 yang mencapai Rp. 398 Juta Rupiah. Harganya sangat mahal, namun sebanding dengan kenyamanan yang ditawarkan Triumph Tiger 800 sebagia salah satu motor adventure terbaik di dunia. Terlebih motor ini telah menggunakan mesin 3 Silinder berkapasitas 800cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 95 PS pada 9.250 rpm dan torsi 78.6 Nm pada 7.850 rpm.

Dari segi desain juga terlihat gagah dan mencerminkan sebuah ketangguhan. Hal ini bisa dilipat dari pemakaian suspensi Upside Down yang memiliki travel hingga 180 mm. Alhasil joknya sangat tinggi, namun tetap nyaman dikendarai. Selain itu, tersedia pula suspensi belakang monoshock dari Showa yang bisa diatur sesuai kenyamanan kita dalam berkendara. Menariknya lagi motor adventure Triumph ini memakai rangka tralis yang terlihat bagaikan otot kekar

10. Ducati MultiStrada 950Motor Adventure Ducati MultiStrada 950

Sebenarnya Ducati MultiStrada tersedia dalam beberapa varian berbeda, namun yang termurah adalah MultiStrada 950. Di Indonesia motor ini dibanderol dengan harga Rp. 379 Juta, sehingga tergolong sangat mahal bagi sebagai pecinta otomotif. Motor adventure ini memang cocok dibanderol sangat mahal, karena dapur pacunya ditenagai mesin 937cc yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 83 kW pada 9.000 rpm dan torsi 96 Nm pada 7.750 rpm. Tersedia pula beberapa fitur pendukung, seperti ABS, Ducati Traction Control, dan Riding Mode.

Nama besar Ducati menjadi jaminan kualitas motor adventure ini. Terlebih Ducati telah melengkapinya dengan speedometer full digital yang menampilkan berbagai macam informasi secara lengkap. Motor ini juga menggunakan kaliper Brembo dan system ABS dari Bosch yang mengoptimalkan sistem pengermean Ducati MultiStrada 950. Kemudian untuk sektor kaki-kaki menggunakan suspensi depan Upside Down 48mm dari Kayaba yang memiliki travel sangat tinggi untuk memastikan kenyamanan berkendara saat berpetualang.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya

Harga Viar Cross X 250 ESHarga Motor Trail ViarHarga Motor Trail KTM 250 EXC TPIHarga Motor Trail KTM
Hummer HXHarga Mobil HummerHarga Motor ATV Kymco MXU 300Harga Motor ATV

Nah itulah 10 pilihan motor adventure murah yang bisa masbro dapatkan di Indonesia. Meski tidak semuanya murah, namun harga motor di atas sebanding dengan kecanggihan teknologi dan kapasitas mesin yang dipakainya. Semakin besar mesinnya, tentu semakin mahal harga motor adventure yang kita beli. Jadi jangan heran apabila harga Honda CRF1000 Africa Twin dibanderol melebihi 400 Juta Rupiah. Bahkan masih banyak lagi motor adventure yang dibanderol lebih mahal, seperti BMW R 1000 GS dan BMW S 1000 XR yang harganya melebihi 600 Juta Rupiah.

Advertisement