Oli Mesin Mobil Rembes
Tips Otomotif

8 Penyebab Oli Mesin Mobil Rembes dan Cara Mengatasinya

Apakah bisa mengatasi oli mobil rembes tanpa bongkar mesin? Jawabannya bisa, namun tergantung penyebabnya. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut. Sebelum mencoba mengatasinya, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab oli mobil rembes atau bocor.

Seperti yang kita ketahui bersama, oli berperan penting terhadap kinerja mesin mobil. Jika rembes maka membuat mesin tidak bisa bekerja secara sempurna. Sebab fungsi oli adalah untuk melumasi semua bagian mesin agar bisa bekerja secara optimal.

Berkurangnya oli pada mesin mobil bisa berakibat fatal. Yang paling parah adalah membuat mobil harus turun mesin karena kerusakan komponen didalamnya. Untuk mencegah hal tersebut, maka kami sarankan untuk segera mengatasi permasalahan oli mobil yang rembes atau bocor.

Cara mengatasi oli mobil yang rembes cukup mudah. Namun bagi yang belum berpengalaman kami sarankan untuk datang langsung ke bengkel resmi atau bengkel yang sudah berpengalaman. Soal biaya tidak perlu khawatir, karena tergantung dari kerusakan yang dialami.

Menurut pengalaman kami, biaya perbaikan oli mesin mobil yang rembes sekitar Rp. 300 Ribuan. Biaya tersebut hanya berlaku untuk kerusakan ringan. Jika kerusakan terlalu parah maka biayanya bisa berkali-kali lipat lebih mahal.

Sebelum memutuskan untuk datang ke bengkel, tidak ada salahnya terlebih dahulu mengetahui penyebab oli mobil rembes dan cara mengatasinya. Nah untuk mengetahuinya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Penyebab Oli Mesin Mobil Rembes

Ada banyak faktor yang menyebabkan oli mobil rembes. Bisa saja disebabkan oleh permasalahan sepele sehingga tidak perlu bongkar mesin untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Oli Gardan Bocor

Salah satu penyebab oli mobil rembes adalah terjadi kebocoran pada oli gardan mobil. Jika hal ini terjadi maka anda akan melihat oli yang menetes di bagian bawah mesin mobil, terutama di bagian belakang.

Oli gardan tidak kalah penting dari oli mesin. Sebab oli gardan bersungsi untuk melumasi bagian transmisi. Jadi apabila dibiarkan saja maka bisa mengakibatkan kerusakan pada transmisi yang otomatis membutuhkan biaya perbaikan cukup mahal.

2. Seal GearBox / Crankshaft Robek

GearBox / Crankshaft dilindungi oleh Seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran oli. Nah apabila seal tersebut robek maka bisa mengakibatkan oli mobil rembes. Bisanya hal tersebut terjadi pada mobil yang sudah berumur atau kurang perawatan.

Untuk mengatasi apakah seal robek harus melihat langsung pada bagian yang bocor. Namun biasanya persamalah ini ditandai dengan suara mesin mobil yang terdengar lebih kasar dan berisik.

Kami sarankan untuk langsung mengganti seal yang robek agar kebocoran oli bisa segera di atas. Jika dibiarkan saja maka oli mesin mobil bisa terkurang habis sehingga membahayakan komponen di dalam mesin.

3. Ujung Knalpot Bocor

Rembesan oli dibagian bawah mesin mobil juga disebabkan oleh ujung knalpot yang bocor. Hal ini akan mengakibatkan mesin mobil terasa kurang bertenaga sehingga performa mobil menjadi tidak maksimal.

Sama halnya dengan penyebab di atas, kami sarankan untuk segera mengatasi permasalahan tersebut. Tentu anda ingin mengenderai mobil dengan nyaman dan aman serta untuk mencegah masalah lainnya yang bisa berakibat lebih fatal.

4. Setir Mobil Bermasalah

Setir mobil terdiri dari berbagai komponen. Salah satunya adalah seal kompresor. Sering kali seal tersebut mengalami kebocoran sehingga membuat oli netes di bagian bawah mobil.

Kebocoran tersebut mengakibatkan setir mobil terasa berat karena akan menganggu performa gigi setir mobil. Untuk mengatasinya lebih baik datang langsung ke bengkel yang sudah berpengalaman agar bisa langsung diperbaiki.

Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Rembes

Masih ada banyak faktor lainnya yang membuat oli mobil rembes atau bocor. Agar oli tidak netes di bagian bawah mobil maka permasalahan ini harus segera di atas. Nah untuk mengetahui cara mengatasi oli mobil rembes, silahkan simak di bawah ini.

1. Mengencangkan Baut Yang Longgar

Langkah pertama untuk mengatasi oli mesin rembes adalah dengan memeriksa baut-baut yang ada di mesin mobil. Pastikan semua baut terpasang sempurna dan tidak ada yang longgar. Jika anda yang longgar maka anda harus mengencangkannya untuk menghindari adanya rembesan oli.

Melalui cara ini anda tidak perlu membogkar mesin mobil yang oli-nya rembes. Namun belum tentu rembesan oli berasal dari baut yang longgar. Bisa saja disebabkan oleh permasalahan lain yang kami sebutkan di atas.

Untuk memastikan apakah ada rembesan oli pada lubang baut atau tidak maka anda harus memeriksanya secara manual. Apabila ada baut yang longgar maka akan terlihat dengan jelas ada oli yang merembes di sekitar lubang baut.

2. Gunakan Sealent

Seal yang robek bisa menyebabkan rembesan oli yang menetes di bawan mesin mobil. Solusinya adalah mengganti seal dengan yang baru. Alternatif lain adalah menggunakan cairan sejenis sealent yang dicampur dengan oli mesin untuk menutup bagian yang bocor.

Metode ini sangat simple, namun hanya berlaku apabila terjadi kebocoran yang tidak terlalu parah. Alangkah baiknya mengganti Seal yang sudah rampuh agar bisa menutup bagian yang bocor secara maksimal.

3. Memperbaiki Bagian Gasket Pan Minyak

Solusi selanjutnya adalah memperbaiki bagian gaket pan minyak. Metode ini cukup ribet karena harus membongkar beberapa komponen untuk memperbaiki kebocoran.

Bagi yang belum berpengalaman kami sarankan untuk pergi ke bengkel profesional agar masalah ini bisa segera diatasi dan dapat diperbaiki secara sempurna.

4. Mengganti Packing Yang Sudah Rusak

Mesin mobil terdiri dari banyak komponen. Nah untuk menghubungkan setiap komponen biasanya terdapat packing yang berguna untuk menjaga oli mesin agar tidak merembes dan bocor.

Sering kali packing mengalami aus dikarenakan komponen mesin terus bergerak sehingga menimbulkan rembesan oli. Jika dibiarkan saja, hal tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan pada sealant dan gasket.

Masalah ini harus segera di atasi dengan cara mengganti packing yang sudah aus. Penggantian bisa dilakukan sendiri atau lebih baik meminta bantuan ke mekanik profesional yang sudah berpengalaman agar packing mesin terpasang sempurna.

Cara mengatasi oli rembes pada mesin mobil tergantung dari faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut. Bagi yang mengerti mesin mobil mungkin bisa memperbaikinya sendiri. Namun apabila harus membogkar mesin untuk mencari penyebab oli mobil rembes dan mengatasinya maka lebih baik dilakukan oleh mekanik berpengalaman.

Kalian bisa datang ke dealer resmi atau bengkel kompeten yang mengetahui secara pasti mengatasi oli mobil rembes. Dari pada kerusakan tambah parah, lebh baik mengeluarkan sedikit uang untuk mengatasi permasalah tersebut.

Silahkan kalian putuskan sendiri dan semoga informasi di atas bisa mengatasi masalah oli mesin mobil yang rembes dan bocor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.