Pembersih Kaca Mobil Berjamur Terbaik dan Paling Ampuh

Advertisement

Pembersih Kaca Mobil Berjamur – Visibilitas atau jarak pandang dalam mengendarai mobil sangat tergantung dari kondisi kaca. Apabila kaca terlihat kusam atau buram, maka visibilitas berkendara menjadi berukurang. Hal tersebit bisa membahayakan keselamatan, terutama saat berkendara pada kondisi hujan ataupun di malam hari.

Salah satu penyebab kaca buram atau kusam adalah jamur. Yah, jamur kaca merupakan musuh utama kaca mobil yang harus kita hilangkan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan saat mengendarai mobil. Untungnya saat ini sudah ada cairan pembersih kaca mobil berjamur yang ampuh dalam menghilangkan jamur dan beragam kotoran lainnya.

Berbeda dengan debu ataupun kotoran lainnya, jamur mobil tidak akan bisa langsung hilang apabila hanya membersihkannya dengan air biasa. Masbro membutuhkan cairan khusus untuk menghilangkan jamur yang menempel. Terlebih untuk jamur yang sudah menempel dan mengendap di kaca dalam waktu lama.

Apakah Penyebab Jamur Kaca Mobil ?

Pembersih Jamur Kaca MobilAda beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya jamur pada kaca mobil. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya silahkan simak dibawah ini.

1. Perubahan Cuaca Ekstrim

Jamur pada kaca mobil sering kali terjadi dikarenakan perubahan cuaca yang terus menerus. Sebagai contoh adalah saat sedang mengendarai mobil ketika matahari sedang terik-teriknya, lalu tiba-tiba cuaca berubah menjadi hujan atau sebaliknya. Hal tersebut mengakibatkan debu bercampur dengan air, sehingga menyebabkan terjadinya jamur pada kaca mobil

2. Memarkirkan Mobil Di Tempat Lembab

Penyebab selanjutnya adalah karena faktor kelembaban. Biasanya hal ini terjadi saat kita terlalu lama memarkirkan mobil pada tempat yang lembab dalam waktu lama, sehingga menyebabkan debu dan kotoran menempel terlalu lama pada kaca mobil. Apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka lama kelamaan akan memicu tumbuhnya jamur pada kaca mobil.

3. Mencuci Mobil Saat Cuaca Panas

Saat mencuci mobil kami sarankan untuk membersihkan kaca sampai benar-benar bersih. Jangan sampai ada bercak air pada kaca mobil. Pasalnya bercak air yang menempel dan dibiarkan saja, maka bisa menyebakan tumbuhnya jamur. Selain itu, kami sarankan agar jangan mencuci mobil saat kondisi mobil masih panas, karena hal terebut dapat mempengaruhi pertumbuhan jampur.

4. Kualitas Air Cuci

Selain penyebab di atas, masih ada satu penyebab utama lainnya, yakni kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil. Yah, kita harus menggunakan air yang benar-benar bersih dan bebas dari kotoran. Pasalnya kotoran yang menempel pada kaca dapat menimbulkan bercak jamur apabila tidak langsung dibersihkan. Terlebih untuk air tanah yang memiliki kandungan kapur tinggi, dan terkadang terdapat unsur besi kuning serta garam yang semakin beresiko menimbulkan pertumbuhan jamur.

Cairan Pembersih Kaca Mobil Berjamur TerbaikCairan Pembersih Kaca Mobil

Bagaimana Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil ?

Tak hanya bagian depan saja yang bisa terjangkit jamur kaca, namun juga kaca mobil bagian samping dan belakang. Tentu hal tersebut sangat menganggu, sehingga kita harus segera membersihkannya agar tetap nyaman saat berkendara. Nah bagi masbro yang belu tau bagaimana caranya membersihkan jamur kaca mobil, silahkan simak tips yang kami berikan dibawah ini.

Baca Juga :  30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

1. Menggunakan Odol / Pasta Gigi

Kami yakin banyak orang yang belum tahu bahwa odol dapat digunakan sebagai pembersih kaca mobil agar terhindar dari jamur kaca. Cara membersihkan jamur kaca dengna odol juga sangat mudah. Masbro hanya perlu mengoleskan odol atau pasta gigi ke semua bagian kaca, lalu tunggu sampai kering dan kemudian bilas menggunakan air bersih sampai tidak ada noda sama sekali.

2. Menggunakan Alkohol

Manfaat positif dari alkohol sangat banyak. Salah satunya adalah sebagai cairan pembersih kaca mobil dari jamur. Mungkin selama ini masbro mengira alkohol hanya bermanfaat untuk membersihkan luka agar tidak menimbulkan infeksi. Namun sebenarnya kita bisa memakainya untuk membersihkan jamur yang membandel. Caranya juga sangat gampang. Masbro tinggal mencelupkan kain pada alkohol secukupnya, lalu bersihkan kaca menggunakan kain tersebut hingga ke seluruh bagian kaca yang terkena jamur.

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Sejatinya pemutih pakaian berguna untuk menghilangkan noda yang membandel. Masbro juga bisa menggunakan cairam pembersih kaca tersebut untuk menghilangkan jamur. Cara membersihkannya juga sangat mudah. Pertama masbro menggambil kain halus lalu celupkan ke dalam pemutih pakaian. Setelah itu, gosokan kain tersebut ke bagian kaca yang terkena jamur. Apabila yakin sudah bersih, maka langkah selanjutnya tinggal membelasnya dengan air kemudian keringkan.

4. Menggunakan Minuman Bersoda

Masbro pasti tidak mengira bahwa cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan jamur kaca mobil. Pasalnya cairan tersebut lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan hingga pengobatan. Cara membersihkan kaca mobil dengan air cuka juga sangat mudah, dan untuk caranya silahkan simak dibawah ini.

  • Yang harus masbro lakukan pertama kali adalah mencampurkan air juga dengan air bersih. Untuk takarannya adalah 3 sendok makan air cuka untuk 1 liter air
  • Setelah tercampur, kemudian masbro celupkan kain lembut ke dalam cairan tersebut
  • Lalu gosokan kain pada kaca dengan gerakan memutar agar jamur dan kotoran lainnya dapat hilang secara sempurna.
  • Nah langkah terakhir adalah tinggal mengerikan kaca mobil dengan kertas koran.

5. Menggunakan Pembersih Wajah

Pembersih kaca mobil berjamur selanjutnya adalah menggunakan pembersih wajah yang biasanya digunakan oleh para wanita utuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu agar tidak timbul jerawat. Masbro juga bisa menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan jampur kaca mobil. Caranya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih wajah ke bagian yang berjamur, lalu usap dengan kain halus bilas dengan air sampai bersih.

6. Membersihkan Jamur Kaca Dengan Bedak

Cara membersihkan jamur kaca mobil yang satu ini tak kalah unik. Pasalnya masbro bisa menggunakan bedak untuk menghilangkan jamur kaca yang membandel. Nah untuk caranya adalah dengan mencampurkan bedak dengan, namun jangan sampai terlalu encer. Kemudian oleskan cairan pembersih kaca mobil berjamur tersebut pada kaca mobil dengan lap halus. Setelah itu bilas dengan air dan kemudian keringkan.

7. Menggunakan Shampo Rambut

Selah cairan pembersih di atas, masbro bisa mencoba alternatif lainnya dengan menggunakan shampo rambut. Caranya dengan menyemprotkan kaca mobil yang berjamur dengan air hangat kemudian oleskan shampo dan tunggu hingga kering. Setelah kering, masbro tinggal mengelapnya dengan kain halus sampai semua noda hilang.

8. Cairan Pembersih Kaca Primo Glass Polish

Apabila cara membersihkan jamur kaca mobil yang kami sampaikan di atas kurang ampuh dikarenakan jamur telah menempel pada pori-pori kaca, maka masbro bisa mencoba alternatif lainnya dengan membeli cairan pembersih kaca berjamur bernama Primo Glass Polish. Masbro bisa membeli cairan pembersih kaca tersebut di toko aksesoris mobil ataupun membelinya secara online. Nah untuk cara menggunakannya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama oleskan cairan Glass Polish pada permukaan kaca dengan spons atau kain bersih. Lakukan secara bertahap untuk mencegah cairan terlalu cepat mengering
  2. Selanjutnya gosok permukaan kaca dengan gerakan memutar sampai tidak ada noda ataupun kerak yang menempel pada kaca
  3. Kemudian lap dengan kain bersih sampai kaca terlihat cemerlang
Baca Juga :  Syarat Perpanjangan SIM C dan SIM A Terbaru 2019

Cara mengunakan pembersih jamur kaca berjamur tersebut memang sangat mudah, namun jangan memakainya pada permukaan yang dicat. Pasalnya Primo Glass Polish dapat merusak dan mengangkat lapisan cat. Nah untuk harganya sendiri, Primo Glass Polish dibanderol sekitar 30 Ribuan sampai 40 Ribuan.

9. Waxco Glass Clean Polish Compound

Harga cairan pembersih kaca mobil berjamur ini cukup terjangkau. Masbro bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 60 Ribuan. Walaupun murah, namun Waxco Glass Clean Polish Compound sangat ampuh untuk menghilangkan noda jamur yang membandel. Cara pemakaian cairan pembersih kaca mobil berjamur tersebut juga sangat mudah. Masbro tinggal menuangkan Waxco Glass Clean Polish Compound pada kain bersih, lalu gosok perlahan-lahan pada permukaan kaca yang terserang jamur. Selain itu masbro juga bisa menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan kaca lampu depan hingga lampu sein.

10. Waxco Water Marks Remover

Cairan pembersih kaca berjamur ini berguna untuk menghilangkan noda hujan, flek jamur, dan bekas oli. Yang kegunaan Waxco Water Marks Remover memang sangat banyak, namun jangan gunakan cairan pembersih kaca mobil tersebut pada permukaan cat karena dapat membuat cat terkelupas. Sedangkan cara menggunakannya cukup tuangkan pada kain bersih dan kering, kemudian oleskan pada permukaan kaca mobil. Setelah itu tinggal dibersihkan dengan kain kering.

11. Dazzle Guard Glass Polish

Dazzle Guard merupakan solusi ampuh untuk membasmi jamur pada kaca mobil maupun visor helm. Dipasaran harga cairan pembersih kaca berjamur tersebut dibanderol sekitar 90 Ribuan. Walaupun cukup mahal, namun Dazzle Guard terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan flek jamur. Cara menggunakan cairan pembersih kaca berjamur tersebut juga tak berbeda jauh dengan cairan pembersih kaca lainnya.

12. Kit Glass Polish

Untuk mendapatkan Kit Glass Polish sangat mudah. Cairan pembersih kaca mobil tersebut bisa kita dapatkan di minimarket ataupun supermarket terdekat. Nah yang menarik dari Kit Glass Polish adalah sudah diformulasikan secara khusus untuk menghilangkan jamur di kaca mobil dan dapat digunakan untuk menghilangkan noda air bekas cuci mobil yang apabil dibiarkan bisa menyebabkan flek jamur. Menariknya lagi, cairan tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan goresan hapus pada permukaan kaca.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Oli YamalubeHarga Motor Gazgas
Surat Kuasa Pengambilan BPKBHarga Oli Motul

Nah itulah beragam cairan pembersih kaca mobil berjamur yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan flek jamur kaca mobil ataupun noda membandel lainnya yang menganggu visibilitas saat mengendarai mobil. Yah, visibilitas berkendara memang sangat penting demi menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam mengendarai mobil. Oleh karena itulah masbro harus segera menghilangkan jamur kaca mobil agar bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Sekian informasi otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement