Harga SYM Jet 14, Motor Matic 30 Jutaan Bermesin 170cc

Advertisement

Otomotifo.com – Pasar otomotif tanah air semakin berwarna setelah kedatangan motor matic dari Taiwan bernama SYM Jet 14. Yang membuat motor ini spesial adalah memiliki desain bongsor layaknya Honda PCX 150 dan Yamaha NMAX 155. Yah, SYM Jet 14 dipersiapkan untuk melawan kedua Maxi Skuter sebut. Menariknya lagi, SYM telah membekalinya dengan mesin berkapasitas lebih besar, namun harganya tetap kompetitif.

Harga SYM Jet 14 di Indonesia dibanderol lebih murah dibandingkan Yamaha NMAX ABS ataupun PCX ABS. Meskipun begitu, motor ini tetap menawarkan spesifikasi dan fitur yang tak kalah dari kedua Maxi Skuter asal Jepang tersebut. Terlebih kapasitas mesinnya sangat besar, sehingga mampu mendistribusikan tenaga dan torsi melimpah pada roda belakang yang digerakan melalui sistem CVT.

Spesifikasi dan Harga SYM Jet 14Mesin yang dipakainya memiliki volume kubikasi sebesar 168cc dan sudah mengadopsi sistem pembakaran Injeksi. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan juga cukup besar, yakni mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11.8 horsepower pada putaran mesin 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mampu menembus angka 12.2 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Advertisement

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah tenaga yang dihasilkannya mampu menandingi Yamaha NMAX ? Sangat disayangkang tenaga dan torsi motor ini masih dibawah Yamaha NMAX. Pasalnya Maxi Skuter Yamaha tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11.1 kW atau setara 14.8 Horsepower pada putaran 8.000 rpm serta torsi maksimal 14.4 Nm pada 6.000 rpm.

Sejatinya motor matic SYM ini memiliki kapasitas mesin lebih besar, namun teknologi yang digunakannya jauh berbeda dengan NMAX yang sudah mengadopsi teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Kekurangan tersebut tak jadi masalah selama harga SYM Jet 14 dibanderol lebih murah. Lagi pula selisih tenaga dan torsinya tak berbeda jauh, sehingga motor ini tetap bisa menjadi alternatif selain NMAX ataupun PCX.

Gambar Motor SYM Jet 14Di sisi lain, SYM Jet 14 menawarkan desain elegan dengan bentuk body bongsor yang dipertegas sudut-sudut tajam. Sedangkan untuk dimensinya memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.990 mm, lebar 730 mm, dan tinggi mencapai 1.115 mm. Lalu bobotnya seberat 134 kg, sehingga lebih berat dibandingkan NMAX yang berbobot 127 kg.

Advertisement

Dari segi fitur juga sangat menarik. Dimana sudah ada headlamp ganda yang sayangnya masih menggunakan bohlam. Sedangkan lampu senjanya sudah mengadopsi LED, sama seperti lampu belakang. Saat dipandang dari depan akan terlihat bentuk headlamp yang meruncing, sehingga memberikan kesan agresif dan modern pada tampilan luar SYM Jet 14.

Kemudian untuk melihat beragam informasi seputar berkendara telah tersedia speedometer analog. Lalu ada pula bagasi luas yang bisa menampung satu helm full face. Deck pada bagian depan juga dibuat rata, karena lokasi tangki bensin berada dibawah jok. Hal ini akan memudahkan pengendara SYM Jet 14 untuk membawa barang bawaan. Selain itu, tersedia pula fitur Engine Cut Off yang posisinya dibawah jok.

Penempatan Engine Cut Off motor ini memang cukup unik, sehingga bisa menjadi kunci rahasia agar tidak ada orang yang bisa mencurinya. Sayangnya motor ini belum menggunakan sistem penguncian Keyless yang notabennya sudah diadapatsikan pada Honda PCX 150. Untuk menutupi kekurangan tersebut, SYM membelai Jet 14 dengan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System).

Advertisement

Hadirnya sistem pengereman ABS akan mengoptimalkan kinerja rem cakram yang terpasang pada roda depan dan belakang. Dimana untuk bagian depan menggunakan piringan cakram berukuran 260 mm dan untuk bagian belakang berukuran 220 mm. Lalu ada pula velg ring 14 inci yang dipadukan dengan ban depan 100/90-14 serta ban belakang profil 110/80-14.

Baca Juga :  Harga Mobil Sigra Bekas dan Baru Termurah 2019

Menurut kami ban SYM Jet 14 terasa kurang gambot. Mungkin hal ini dikarenakan pemakaian velg ring 14 inci. Namanya juga sepeda motor, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Nah bagi masbro yang tak mempermasalahkan kekurangan tersebut, silahkan simak informasi spesifikasi dan harga SYM Jet 14 yang kami rangkum dibawah ini.

Spesifikasi SYM Jet 14

Spesifikasi SYM Jet 14

DIMENSI 
Panjang
1990 mm
Lebar730 mm
Tinggi1115 mm
Wheelbase1350 mm
Tinggi Jok771 mm
Berat134 kg
MESIN
Tipe Mesin4 Tak, 1 Silinder O.H.C
Sistem PendinginPendingin Udara
Kapasitas Mesin168.9 cc
Tenaga8.8 kw / 8000 rpm
Torsi12.2 Nm / 6000 rpm
Sistem PembakaranElectronic Fuel injection
TransmisiCVT
StarterElectric
Bore X Stroke52,4 x 57,9 mm
KAKI-KAKI 
Ban DepanTubeless 100/90-14
Ban BelakangTubeless 110/80-14
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangDouble Shockbreaker
PENGEREMAN 
Rem DepanCarkam 260 mm
Rem BelakangCarkam 220 mm
Sistem PengeremanABS (Anti-Lock Breaking System)

Spesifikasi yang dibawa SYM Jet 14 sebenarnya cukup menarik dan bisa bersaing melawan Honda PCX 150 dan Yamaha NMAX 155. Namun SYM harus berjuang keras untuk menarik minta konsumen yang selama ini lebih menyukai motor matic asal Jepang. Sebenarnya kualitas motor SYM tak kalah dari Honda ataupun Yamaha. Bahkan motor asal Taiwan tersebut begitu populer di Eropa.

Harga SYM Jet 14

Bagi yang tertarik membelinya, SYM menyediakan empat pilihan warna yang terdiri dari putih, merah, hitam, dan coklat. Semua pilihan warnanya dibalut finishing polos yang membuat tampilan luarnya terlihat elegan. Lalu berapakah sebenarnya harga motor SYM tersebut ? Soal harga tak perlu khawatir, karena harga SYM Jet 14 tetap terjangkau dengan harga Rp. 30.299.000 (OTR Jakarta). Nah setelah mengetahui harganya, apakah masbro semakin tertarik membelinya atau lebih memilih Yamaha NMAX ABS  yang dibanderol sekitar Rp. 31 Jutaan?

4/5 (5 Reviews)
Advertisement