10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

Advertisement

Banyak faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Biasanya berhubungan dengan masalah teknis yang mengharuskan kita datang ke bengkel untuk melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak. Biaya perbaikan AC mobil cukup besar, tergantung dari tingkat kerusakan. Apabila AC benar-benar mata, tentu bisa mencapai jutaan rupiah.

Untuk mengantisipasi AC mobil tidak dingin, masbro bisa melakukan pengecekan secara rutin dan berkala. Masbro bisa datang ke bengkel spesialis AC mobil atau bengkel umum. Jangan sampai AC mobil tidak dingin atau bahkan mati, karena akan mengurangi kenyamanan kita saat beraktivitas menggunakan mobil.

Yah, AC berperan penting dalam menjaga kenyamanan sebuah mobil. Apabila AC rusak, tentu sirkulasi udara terasa kurang sehat dan menyebabkan mobil menjadi pengap. Bagi pemilik mobil pickup atau truck mungkin hal ini bukan menjadi masalah, karena terbiasa membuka kaca untuk mengalirkan udara ke dalam kabin yang menjadikan sirkulasi udara tetap baik.

Advertisement

Komponen AC Mobil

Untuk menghasilkan udara yang dingin, tentu dibutuhkan berbagai komponen AC mobil yang bekerja secara sistematis untuk mengeluarkan udara sesuai dengan tingkat kedinginan yang diatur pengendara mobil. Setiap komponen memiliki fungsi berbeda-beda dan terbagi dalam komponen mekanikal serta komponen kelistrikan. Nah untuk mengetahui apa saja komponennya, silahkan simak dibawah ini.

  • Kompressor
  • Kondensor
  • Receiver Drier atau Filter Drier
  • Ekspansi valve
  • Evaporator
  • Heater
  • High Low Pressure switch
  • Selang dan Pipa
  • Magnetic Clutch
  • Sakelar
  • Thermostat
  • Motor Fan Kondensor
  • Pressure Switch
  • Relay
  • Amplifier AC

Semua komponen AC mobil di atas memiliki fungsi berbeda-beda. Menurut kami yang paling penting adalah Kompressor. Pasalnya komponen ini ditugaskan untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator lalu disalurkan ke bagian komponen kondensor AC yang berfungsi untuk merubah gas freon yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi menjadi cair.

Cara Kerja AC Mobil

Gambaran kerja sistem AC

Gambaran cara kerja sistem AC mobil

Menelisik lebih jauh mengenai sistem kerja AC mobil, maka dapat diketahui bahwa awal mulanya udara dingin berasal dari kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin mobil atau aki, lalu memompa freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu. Selanjutnya freon tersebut di alirkan ke dalam kondensor dengan cara melepas panas ke udara melalui siri-sirip kondensor.

Advertisement

Freon yang sebelumnya berbentuk gas akan berubah menjadi cairan dikarenakan temperatur yang menurun. Kemudian freon atau media pendingin dialirkan ke sistem Filter Drier untuk melakukan pengeringan terhadap uap air yang ikit beredar di dalam sistem. Setelah di filter, maka media pendingin dialirkan ke katu expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan pada media pendingin, sehingga menyebabkan temperatur turun.

Penurunan temperatur secara otomatis akan merubah media pendingin menjadi kabut. Selanjutnya dialirkan ke evaporator yang menyebabkan evaporator menjadi dingin. Lalu udara akan disalurkan ke sirip-sirip evaporator dan panasnya diserap, sehingga temperatur udara tersebut menjadi dingin. Nah setelah itu, udara akan disalurkan ke mobil melalui ventilation blower yang menjadikan suhu kabin menjadi sejuk.

Baca Juga :  10 Motor Adventure Murah Terbaru 2018

Saat udara sejuk disalurkan ke dalam mobil juga terjadi perubahan bentuk pada media pendingin, yang sebelumnya berbentuk kabut menjadi gas pada evaporator. Selanjutnya media pendingin yang sudah dalam bentuk gas siap dihisap dan disirkulasikan ke dalam sistem. Nah itulah gambaran singkat mengenai cara kerja sistem AC mobil. Lalu apakah yang penyebab AC mobil tidak dingin ?

Advertisement

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin !

Apabila komponen AC mobil mengalami kerusakan, tentu akan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan AC mobil agar bisa bekerja sebagai mana mestinya. Sebelum pergi ke bengkel spesialis ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu. Siap tahu penyebab AC mobil tidak dingin sepele dan bisa kita lakukan sendiri tanpa bantuan ahli.

Bagi orang awam pasti merasa bingung dalam memecahkan masalah AC mobil tidak dingin. Butuh pengetahuan khusus untuk mencari penyebab AC mobil tidak dingin. Setelah membaca cara kerja AC mobil di atas, mungkin masbro bisa langsung mengetahui dimana kerusakannya. Namun bagi yang masih bingung, ada baiknya menyimak informasi penyebab AC mobil tidak dingin berikut ini.

1. Freon Habis

Media pendingin AC mobil sering disebut sebagai Freon. Apabila Freon berkurang atau habis, tentu menyebabkan AC mobil tidak dingin. Sebenarnya Freon tidak akan habis apabila tidak ada penyebabnya. Biasanya yang menyebabkan Freon habis adalah terjadi kebocoran pada system AC, seperti pada evaporator, kondensor, sambungan seal o-ring, ataupun komponen AC lainnya.

Sebelum menambahkan Freon lebih baik mencari terlebih dahulu titip kebocoran atau masalah yang terjadi pada AC. Apabila hal ini terjadi kami sarankan untuk datang langsung ke bengkel spesialis AC mobil. Masbro harus menangani masalah AC mobil tidak dingin ini secepatnya, karena dampaknya bisa membesar dan berimbas pada kerusakan pada komponen AC.

2. Radiator dan Kondensor Kotor

Sering kali AC mobil tidak dingin dikarenakan kondensor atau radiator kotor. Biasanya penyebab masalah ini adalah debu. Masalah ini juga harus cepat di atasi, karena kondensor berperan sangat penting dalam membuang panas dari freon. Alhasil AC mobil tidak akan dingin sempurna selama kondensor belum dibersihkan.

3. Motor Kipas Pendingin Mati

Hawa panas yang masuk ke dalam kondensor di buang melalui bantuan kipas pendingin. Apabila kipas tersebut sudah lemah atau mati, tentu hawa panas tidak terbuang dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Untuk mengatasinya, masbro bisa membeli kipas pendingin baru. Memasangnya cukup mudah, namun harus teliti. Jangan sampai memasangnya secara terbalik, karena kipas pendingin yang seharusnya membuang hawa panas, maka akan bekerja sebaliknya.

4. Kondisi Kompresor Sudah Aus

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah kompresor yang sudah aus. Kerusakan ini menyebabkan tekanan Freon menjadi tidak normal dan AC menjadi tidak dingin. Apabila hal ini terjadi biasanya akan terdengar bunyi kasar dan pada bagian sight glass akan terlihat hitam. Selain itu, kmpresor yang auh akan menyebabkan tersumbatnya bagian dryer filter dan expansi valve.

5. Kerusakan Magnetic clutch

Fungsi Magnetic Clutch adalah untuk memutus dan menghubungkan kompressor dengan sistem penggeraknya (putaran mesin). Apabila komponen AC ini bermasalah, tentu menyebabkan kompressor tidak bekerja dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

6. Evaporator Kotor

Evaporator berperan sangat penting dalam menyerap hawa dingin lalu dihembuskan melalui blower ke seluruh kabin mobil. Apabila Evaporator kotor, tentu aliran udara akan tersumbat dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Penyebab utama masalah ini adalah debu yang menumpuk, sehingga disarankan menambah filter kabin agar evaporator tidak mudah kotor dan lebih awet.

Baca Juga :  Harga Ban Mobil Murah Terbaru 2018

7. Tekanan Freon Berlebihan

Semua hal yang berlebihan memang tidak baik. Begitu pula dengan tekanan Freon pada AC mobil. Tekanan yang berlebih bisa menyebabkan kompressor AC mati dan membuat kondensor mengalami overheat dikarenakan kinerjanya semakin tinggi. Selain itu, arus listrik yang masuk ke magnetic clutch akan terputus, sehingga suhu udara di dalam kabin mobil tidak akan dingin.

8.  Mesin Mengalami Overheat

Suhu mesin yang terlalu panas alias mengalami overheat akan membuat cairan Freon ikut panas. Alhasil kualitas freon menjadi berkurang dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Untuk mengatasinya bisa dengan cara mengganti oli mesin dan melakukan tune-up untuk memastikan kinerja mesin berjalan sempurna.

9. Kompresor AC Overheat

Panasnya suhu mesin juga terhadap panasnya kompresor AC. Saat kompressor terlalu panas, tentu menyebabkan freon ikut panas. Hal ini bisa menyebabkan AC mobil mengeluarkan hawa panas yang otomatis membuat AC mobil tidak dingin. Apabila hal ini terjadi, kami sarankan untuk langsung mengganti freon AC yang kualitasnya masih baik.

10. Fan Belt AC Mobil Copot

Sering kali fan belt yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC mobil mengalami putus atau copot. Jika hal ini terjadi, maka kompresor tidak akan berputar dan membuat kondensor tidak bekerja sebagai mana mestinya. Alhasil AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Solusinya adalah mengganti fan belt menggunakan fan belt berkualitas yang tahan lama serta tahan panas.

Harga Freon AC Mobil

Nah itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Penyebabnya beraneka ragam, tergantung dari tingkat kerusakan. Apabila terlalu parah, maka kami sarankan untuk datang ke bengkel spesialis AC mobil. Namun apabila masalahnya sepele dan bisa di atasi sendiri, maka lebih baik membeli Freon AC mobil yang rata-rata dibanderol sekitar Rp. 50 Ribuan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Gambar Mercedes-AMG Project ONEMobil Terkeren Di DuniaGambar Mobil Termurah di IndonesiaMobil Termurah di Indonesia

Gambar Shelby 260 Cobra 1962Mobil Klasik Termahal

Gambar Mobil Sedan Honda Civic TurboMobil Terbaik di Indonesia

Kenyamanan sebuah mobil sangat tergantung pada dingginnya AC. Saat AC mati dan seluruh kaca di tutup, tentu mobil akan terasa pengap dan bisa menyebabkan sesak nafas dikarenakan tidak ada udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Nah setelah membaca informasi di atas, tentu masbro bisa menyimpulkan bahwa AC mobil perlu perawatan rutin agar komponennya tetap awet dan terhindar dari masalah AC mobil tidak dingin.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi