15 Motor Masa Depan Tercanggih Terbaru 2018

Advertisement

Motor masa depan sudah sering digambarkan oleh film-film Hollywood. Sebagai contoh adalah motor pada film Tron Legacy yang merupakan motor electric dengan desain futuristik dan bisa menyala saat gelap. Mungkin kedepannya motor Tron tersebut bisa diproduksi secara massal dan menggantikan motor sport jaman sekarang yang rata-rata masih menggunakan bahan bakar fosil. Motor electric atau motor listrik memang digadang-gadang menjadi motor masa depan, karena lebih ramah lingkungan dan lebih mudah perawatannya.

Tidak hanya di Film, sekarang sudah banyak motor masa depan yang dipamerkan dalam bentuk konsep. Nah salah satu yang tercanggih adalah Honda Riding Assist-e. Motor ini memiliki system penyeimbang dengan teknologi self-balancing yang membuatnya bisa berjalan sendiri tanpa terjatuh. Teknologi tersebut sudah menjadi kenyataan, dan siap diaplikasikan untuk motor masa depan Honda. Lalu bagaimana dengan produsen otomotif lainnya ?. Apakah mereka memiliki motor masa depan yang sama canggihnya dengan Honda Riding Assist-e ?

Motor Masa Depan Tercanggih Di Dunia

1. Kawasaki J Concept

Motor Masa Depan Kawasaki J Concept

Advertisement

Inilah motor masa depan Kawasaki yang menawarkan desain futuristik dengan 3 buah roda yang bisa bertransformasi dalam 2 mode berkendara, yaitu Comfort Mode dan Sport Mode. Kawasaki telah memamerkan motor bermesin electric ini dalam bentuk aslinya, dan langsung menjadi perhatian dunia saat diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2013.

2. Yamaha Tesseract

Motor Masa Depan Yamaha Tesserac

Pada ajang Tokyo Motor Show 2007, Yamaha memperkenalkan motor konsep bernama Yamaha Tesseract. Motor ini memiliki empat buah roda dengan sudut bodi tajam dan meruncing. Sedangkan untuk dapur pacunya menggunakan teknologi Hybrid yang menggabungkan mesin V-TWIN SOHC dengan sistem pembakaran Fuel Injection serta motor electric.

Advertisement

3. Suzuki G-StriderMotor Masa Depan Suzuki G-Strider

Desain Suzuki G-Strider terlihat sangat futuristik, dan cocok menjadi motor masa depan Suzuki untuk bersaing melawan Yamaha, Honda, dan Kawasaki. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2003, jadi jangan heran apabila dapur pacunya masih menggunakan mesin konvesional berbahan bakar fosil dengan konfigurasi mesin 4-Tak, Inline-Twin, Liquid-Cooled, berkapasitas 916cc

4. Honda Riding Assist

Motor Masa Depan Honda Riding Assist

Advertisement

Coba bayangkan memiliki sepeda motor yang tidak bisa rubuh dan bisa berjalan sendiri (self driving). Motor masa depan ini telah menjadi kenyataan, dan kemungkinan akan diproduksi secara massal oleh Honda untuk menambah lini motor electric miliknya. Kecanggihan teknologinya tidak lepas dari sensor pada setir yang mampu menyimbangkan serta menyesuaikan dengan sudut rake. Lalu ada pula stang electric dengan fitur Steer by wire yang membuat motor tidak akan terjatuh.

5. BMW Concept Link scooter

Motor Masa Depan BMW Concept Link scooterBMW Concept Link Scooter merupakan motor konsep yang dipamerkan BMW Motorrad di Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2017. Motor ini dipersiapkan sebagai skuter BMW di masa depan. Sama halnya dengan motor masa depan lainnya, BMW Concept Link Scooter menggunakan mesin electic yang membuatnya lebih ramah lingkungan.

6. I.Care

I.Care

Desain motor masa depan I.Care terinspirasi dari film Tron. Desainnya sangat futuristik dengan roda berukuran besar dan mengusung mesin 1.8 Liter 6 Silinder dari Honda. Motor ini dikonsep oleh perusahaan yang berbasis di Perancis, Enzim Design.

7. Bombardier Embrio

Bombardier Embrio

Pada tahun 2003 muncul motor konsep bernama Bombardier Embrio. Motor beroda satu ini menggunakan sel bahan bakar hidrogen dengan teknologi Unicycle yang bisa membuatnya berlari sangat cepat. Belum ada kabar motor masa depan ini akan diproduksi secara massal.

Baca Juga :  25 Motor Terlaris di Indonesia Terbaru 2018

8. Yamaha Motoroid

Motor Masa Depan Yamaha Motoroid

Untuk menandingi Honda Riding Assist, Yamaha memperkenalkan motor masa depan yang mengadopsi teknologi Artificial Intelligence (AI), yaitu Yamaha Motoroid. Motor ini telah diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2017 dan digadang-gadang sebagai motor masa depan Yamaha yang bisa berintegrasi dengan manusia dan lingkungan sekitar.

9. BMW Vision Next 100

BMW Vision Next 100

BMW Motorrad menjadi salah satu produsen sepeda motor yang hobi memperkenalkan motor konsep sebagai motor masa depan miliknya. Sekarang giliran BMW Vision Next 100 yang menjadi bukti bahwa BMW Motorrad telah membayangkan bagaimana desain motor 100 tahun kedepan. Motor ini dibuat dengan bodi berbahan carbon yang otomatis membuatnya sangat ringan dan dipadukan dengan mesin boxer electric.

10. Honda CB750 Concept

Honda CB750 Concept

Sebenarnya motor ini dirancang sebagai wujud Hond CB750 tahun 2015. Namun desainnya yang terlalu ekstrim kurang cocok untuk motor jaman sekarang. Mungkin kedepannya Honda akan mengaplikasikan desain tersebut pada motor sport miliknya. Meski sekarang masih konsep, namun teknologi yang dibawahya sangat canggih. Dimana telah tersedia layar berukuran 5 inci lengkap dengan GPS, Drive Mode, Diagnostic Mode, dan Radar.

11. Honda Neowing Concept

Honda Neowing Concept

Gelaran Tokyo Motor Show 2015 menjadi bukti keseriusah Honda dalam menghadirkan motor masa depan yang memiliki desain futuristik dan pastinya sangat canggih. Motor ini menggunakan mesin Boxer 6 Silinder berkapasitas 1.800cc yang digunakan oleh Honda Gold Wing. Mungkin di masa depan motor beroda tiga ini akan menggunakan mesin electric yang lebih ramah lingkungan.

12. Bike One Motorsport

Bike One Motorsport

Desain motor masa depan ini dirancang oleh JM Wilkens. Meski masih sebatas grafis, namun Bike One Motorsport layak dijadikan sebagai motor masa depan, karena desainnya yang futuristik. Motor ini cocok menjadi naked bike masa depan yang kemungkinkan menggunakan mesin electric sebagai dapur pacunya.

13. BMW Titan Motorcycle Concept

 BMW Titan Motorcycle Concept

Meski masih sebatas konsep, namun BMW Titan layak diwujudkan dalam bentuk nyata. Motor ini memadukan antara kemewahan dan desain futuristik yang dirancang secara aerodinamis agar bisa berlari sangat cepat. Desainnya mengingatkan kami BatPod yang notabenya merupakan motor miliki superhero Batman.

14. BMW R1000 GS Hover Bike Concept

BMW R1000 GS Hover Bike Concept

Kami yakin dalam beberapa tahun kedepan akan muncul motor terbang yang diproduksi secara massal. BMW sendiri telah memperlihatkan konsep motor terbang miliknya, yaitu BMW R1000 GS Hover Bike Concept. Motor ini merupakan hasil kerjasaman antara BMW dan LEGO yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017.

15. Tesla Electric Motorcycle

Tesla Electric Motorcycle

Sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia, tentu kedepannya Tesla tidak akan berdiam diri melihat lawan-lawannya merilis motor listrik. Sudah banyak desainer yang menggambarkan kecanggihan motor listrik Tesla. Namun hingga saat ini pendiri Tesla, Elon Musk belum mengeluarkan gelagat akan merilis motor listrik.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya

Harga Motor MV Agusta F4 RRHarga Motor MV AgustaMotor Tercepat Di DuniaMotor Tercepat Di Dunia
Harga Supermoto Ducati Hypermotard 939Harga Supermoto MurahMotor Adventure Honda CRF1000L Africa TwinMotor Adventure Murah

Semua motor masa depan di atas baru sebatas konsep. Mungkin butuh waktu puluhan tahun untuk merealisasikannya, jadi jangan harap bisa membelinya dalam waktu dekat ini. Kedepannya tentu semakin banyak motor masa depan yang memiliki kemampuan terbang dan self balancing. Namun jangan heran apabila nantinya sudah tidak ada motor berbahan bakar fosil, karena akan digantikan oleh motor electric ataupun motor hybrid.  Saat itu terjadi mungkin harga motor akan jauh lebih mahal dibandingkan harga saat ini,  jadi jangan lupa menambung agar nantinya bisa salah satu motor masa depan yang kami sampaikan di atas

Advertisement