7 Cara Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku dan Aman

Advertisement

Cara Jual Motor Bekas – Banyak orang yang ingin memiliki motor, namun banyak juga yang berniatan menjual motor bekasnya. Alasan orang-orang menjual motor bekasnya biasanya karena ingin menggantinya dengan yang baru atau sedang butuh uang.

Orang menjual motor tidak sembarang, harus penuh stategi untuk mendapatkan kepuasan seperti harga jual yang tinggi. Menjual motor tanpa stategi atau alakadarnya dapat merugikan diri anda sendiri, seperti menjual dengan harga yang rendah.

Tentu kalian tidak ingin harga motor yang dijual turun drastis. Terlebih jika sebelumnya membeli motor secara kredit, tentu selisih antara harga baru dan bekasnya sangat jauh. Namun dengan strategi yang tepat, maka kita bisa meminimalisir kerugian agar tidak harga motor yang dijual tidak terlalu turun.

Advertisement

Masih banyak tips lainnya dalam menjual motor bekas agar cepat laku dan pastinya aman. Nah untuk mengetahui apa saja tipsnya, silahkan simak informasi yang kami berikan berikut ini.

Tips Cara Jual Motor Bekas

Cara Menjual Motor Bekas

1. Rawat Sepeda Motor Secara Rutin

Cara pertama yang harus anda lakukan yaitu rawat motor secara rutin. Pastikan anda selalu merawat kondisi bodi dan mesin motor secara rutin, agar mendapatkan harga tinggi saat dijual.

Bagimana tidak mendapatkan harga tinggi yang tinggi, kondisi motor mulus dan mesin bagus sangat mungkin mendapatkan harga jual tinggi. Untuk merawat mesin motor tidaklah sulit, silahkan bawa motor anda pada bengkel resmi sesuai dengan merk dan lakukan service serta ganti oli secara teratur.

Nah untuk merawat bodi juga tidak sulit, rajin-rajinlah mencuci motor anda menggunakan motor sampo dan kain halus agar kondisi bodi tetap halus. Dengan kondisi mesin yang epik dan bodi halus, tentu saja akan mendapatkan harga jual motor yang tinggi.

2. Kelengkapan Dokumen dan Pajak Aktif

Hal yang terpenting dalam menjual motor bekas selain di atas yaitu kelengkapan dokumen yang dimiliki. Kelangkapan dokumen yang harus dimiliki dalam motor yaitu STNK, dan BPKB, tidak hanya itu semua dokumen haruslah masih aktif atau pajak jalan.

Advertisement

Ketidaklengkapan dokumen berdampak pada turunnya harga jual motor, karena dikatakan sebagai motor baleng atau curian. Selain itu, ketidaklengkapan dokumen pada motor, juga berimbas pada ketidaklakukan motor bekas tersebut.

3. Kondisi Motor Sesuai Strandar Pabrik

Untuk mendapatkan harga tinggi dalam menjual motor bekas, pastikan menjaga orisinalitas. Hindari modifikasi motor, karena pembeli akan berfikir panjang dalam membelinya kalaupun setuju akan dibeli dengan harga rendah.

Yah, rata-rata pembeli motor bekas menginginkan motor dalam kondisi original. Oleh karena itulah lebih baik melepas part modifikasi sebelu menjualnya. Namun apabila menggunakan part modifikasi branded, maka hal tersebut bisa menjadi nilai tambah agar motor cepat laku.

4. Pasang Harga

Silahkan tentukan harga jual sesuai dengan keinginan anda, namun pastikan juga kondisi motor anda sesuai dengan harga jual tersebut. Selain memasang harga tinggi, tetapi anda juga harus memasang harga patokan, karena banyak pembeli yang menawar jika akan membeli motor bekas.

Harga pasaran motor bekas di setiap daerah berbeda-beda. Kami sarankan untuk terlebih dahulu survey pasar agar mendapatkan harga yang pas. Apabila mematok terlalu mahal, tentu pembeli akan berpikir dua kali sebelum membeli motor bekas yang kita jual.

Baca Juga :  Syarat Daftar GrabBike 2020 yang Mudah dan Cepat

Cara Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku

5. Jujur

Silahkan ceritakan atau jelaskan kondisi motor anda secara jujur atau apa adanya. Jawablah segala pertanyaan yang dilontarkan oleh calon pembeli kepada anda dan jawablah dengan detail dan jujur.

Jika anda terbuka tentang kondisi motor anda, maka pembeli tidak pikir panjang untuk membeli motor anda. Jangan ragu menyebutkan apa minus motor yang dijual, sehingga pembeli tidak kecewa dikemudian hari.

6. Cara Jual Motor Bekas Online

Agar motor cepat laku, kalian bisa menjual motor ke dealer motor bekas. Namun sering kali harga yang didapatkan tidak sesuai harapan. Sebab dealer motor bekas akan melakukan penawaran dibawah harga pasaran agar mereka mendapatkan untuk dari penjualan motor. Lalu bagaimana cara jual motor bekas dengan harga tinggi?

Agar mendapatkan harga tinggi, kami sarankan untuk menjual motor bekas di olx.co.id atau berbagai situs jual beli motor bekas lainnya. Selain itu, kalian bisa mencoba memposting iklan di marketplace Facebook dan beragam grup Facebook yang dikhususkan untuk jual beli motor bekas.

7. Transaksi

Agar penjualan motor anda lebih dipercaya, silahkan sediakan transaksi yang dipercaya dan aman serta hindari segala bentuk penipuan. Untuk menghindari segala jenis penipuan, sebaiknya gunakan jasa bank dalam pembayaran pembelian motor bekas tersebut.

Penyerahan sepeda moto wajib dilunasi terlebih dahulu. Terkadang juga ada pembeli yang menginginkan sistem pembayaran melalui leasing. Hal tersebut bukan menjadi masalah, karena yang paling penting kita akan mendapatkan uang sesuai dengan kesepakatan jual beli.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Kredit Mobil di PegadaianSyarat Gadai BPKB Mobil
Syarat Pengajuan Kredit MobilCara Jual Mobil Bekas

Di atas merupakan tujuh cara jual motor bekas yang dapat anda lakukan. Jika anda telah menerapkan cara di atas, maka akan mendapatkan harga jual yang tinggi serta terhindar dari segala penipuan. Cukup sekian informasi otomotifo.com kali ini. Semoga informasi cara jual motor bekas yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang berencana menjual motor kesayangan.

Advertisement