Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Benar dan Aman

Advertisement

Cara Membersihkan Mesin Mobil РKebersihan Mobil merupakan  suatu hal yang sangat penting demi menjaga agar penampilan mobil selalu dalam keadaan nyaman untuk dipandang. Namun ternyata kebersihan mobil tidaklah cukup dengan menjaganya tetap terlihat indah saja.

Menjaga mobil agar terlihat indah memang sangatlah penting, namun menjaga kebersihan bagian dalam mobil yang tidak nampak langsung oleh mata tidak kala pentingnya, Terkusus pada bagian mesin mobil.

Menjaga kebersihan mesin mobil terkadang diabaikan oleh pengendara, padahal kebersihan mesin mobil yang tidak diperhatikan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin tersebut. Kerusakan pada mesin yang tidak diperhatikan kebersihannya biasanya dimulai pada munculnya karatan pada mesin.

Mesin sebagai komponen yang sangat penting pada mobil anda tentu saja akan berdampak besar jika mengalami kerusakan, bahkan bisa berdampak pada mobil anda yang tidak lagi bisa digunakan. Oleh karena itu, berikut disajikan beberapa cara membersihkan mesin mobil yang bisa kalian simak tipsnya di bawah ini

Tutorial Cara Membersihkan Mesin Mobil

Cara Membersihkan Mesin Mobil

1. Terlebih dahulu Panaskanlah Mesin Mobil

Untuk mempermudah proses pembersihan mesin mobil, ada baiknya masbro terlebih dahulu memanasi mobil sekitar 15 menit. Hal ini sangat penting agar kotoran yang menempel pada mesin mobil lebih mudah dibersihkan. Setelah dipanaskan, kemudian diamkan sampai mesin tak terlalu panas. Setelah itu baru kita mulai membersihkannya.

2. Gunakan Sarung Tangan

Gunakan Sarung TanganBagi yang dirumah memiliki sarung tangan, kami sarankan untuk memakainya. Pasalnya surang tangan dapat melindungi tangan dari kotoran-kotoran yang bisa menyebabkan alergi apabila bersentuhan langsung dengan telapak tangan. Yah, cara membersihkan mesin mobil tetap harus memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan, jadi lebih baik berjaga-jaga dengan menggunakan sarung tangan.

3. Bungkus Bagian Mesin yang Memiliki Daya Listrik

Bungkus MesinBanyak orang yang takut membersihkan mesin mobil karena bisa menyebabkan konselting pada komponen kelistrikan. Namun sebenarnya kita tak perlu takut, asalkan membersihkan mesin mobil dilakukan secara hati-hati. Nah untuk menghindari terjadinya konselting, kami sarankan untuk terlebih dahulu membungkus bagian-bagian yang terhubung ke sistem kelistrikan menggunaan plastik ataupun alumunium foil agar tidak terkena air saat membersihkannya.

4. Jangan Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

Cara Aman Membersihkan Mesin MobilYang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin mobil adalah jangan menggunakan air bertekanan tinggi. Pasalnya air bertekanan tinggi dapat merusak komponen mesin mobil. Jadi lebih baik menggunakan air bertekan rendah untuk membersihkan setiap bagian mesin yang kotor.

5. Bersihkan Terlebih Dahulu Kap Mobil

Kap MobilSaat memulai membersihkan mesin mobil, pilihlah bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Kami sarankan untuk terlebih dahulu membersihkan bagian bawah kap mesin. Pasalya bagian tersebut paling mudah untuk dibersihkan dan sering kali menjadi bagian yang sangat kotor dikarenakan banyaknya debu yang menempel. Setelah itu baru membersihkan bagian mesin yang lain satu persatu secara hati-hati menggunakan air bertekanan rendah.

6. Gunakan Spon dan Sikat

Cara Membersihkan Mesin Mobil Dengan SpoonAlat yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil harus lembut dan halus agar mesin tidak tergores dan bisa berakibat merusak komponen mesin. Kami sarankan untuk menggunakan spot halus dan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit terjangkau.  Yah, kita harus hati-hati saat membersihkan setiap bagian mesin mobil. Lebih baik membersihkannya secara perlahan dan jangan terlalu keras untuk menghindari ada komponen yang rusak.

Baca Juga :  Oli Suzuki Ignis Terbaik Yang Bagus dan Berkualitas

7. Gunakan Sabun Colek

Sabun ColekAda beberapa cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin mobil dari kotoran-kotoran, semisal debu atau rembesan oli. Kami sendiri lebih menyarankan memakai sabun colek. Pasalnya sabun colek mudah didapatkan dan terbukti ampuh dalam mengangkat noda membandel sehingga mesin bisa kembali kinclong. Selain itu, masbro juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang bisa kalian simak pada artikel berikut ini “Cairan Pembersih Mesin Mobil“.

8. Keringkan Mesin

Cara Mencuci Mesin MobilSetelah selesai membersihkan semua bagian mesin dari kotoran-kotoran, maka langkah selanjutnya tinggal mengeringkan mesin sampai tidak ada sabun yang tersisa. Sebelum itu, tentu kita harus terlebih dahulu menghilangkan sabut dengan menyemprotkan air bertekanan rendah. Kemudian tinggal mengeringkannya dengan kanebo sampai benar-benar kering.

9. Detailing

Cara Detailing MesinNah setelah tidak ada sabun yang terisa dan mesin kembali kering, langkah selanjutnya tinggal melakukan detailing. Masbro bisa menggunakan cairan khusus untuk mengkilapkan mesin mobil, seperti Engine Dressing ataupun cairan lainnya yang aman digunakan dan tidak merusak komponen kelistrikan mesin.

10. Tutup Kembali Kap Mesin

Setelah mesin kembali bersih dan terlihat mengkilat seperti baru, maka langkah selanjutnya tinggal menutup kap mesin. Kemudian coba hidupkan mesin untum memanaskan mobil serta agar mesin cepat kering, siapa tau ada bagian-bagian yang masih basah.

Nah demikianlah cara membersihkan mesin mobil yang bisa kalian lakukan sendiri dirumah. Agar kebersihan mesin tetap terjaga, kami sarankan untuk rajin membersihkan mesin setiap 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Tentu masbro ingin mesin tetap terlihat kinclong, layaknya mobil baru.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Memperbaiki Water PumpCara Menghilangkan Baret Mobil
Cara Membersihkan RadiatorCara Menambal Radiator Bocor

Apabila tidak mau ribet, masbro bisa datang ke tempat cuci mobil untuk melakukan detailing mesin. Namun jangan asal memilih tempat cuci mobil, karena proses dan cara membersihkan mesin mobil harus dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh sembarangan.

5/5 (3 Reviews)
Advertisement