Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik Agar Mesin Awet

Advertisement

Cairan Pembersih Mesin Mobil – Salah satu perawatan mobil yang wajib dilakukan adalah membersihkan mesin dari berbagai kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan. Kita harus melakukannya secara hati-hati agar terhindar dari korsleting yang bisa berakibat fatal, seperti terjadi kebakaran. Yah, membersihkan mesin memang ada tekniknya, jadi masbro tidak boleh membersihkan mesin mobil secara sembarangan.

Korsleting bisa terjadi karena sistem kelistrikan mobil berada satu area dengan mesin mobil. Apabila tidak dilakukan secara hati-hati, maka akan memperbesar resiko terjadinya korsleting. Sebenarnya resiko tersebut dapat diminimalisir apabila kita tahu cara membersihkan mesin mobil dengan baik dan benar. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui caranya, silahkan simak informasi otomotifo.com dibawah ini.

Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik

Cairan Pembersih Mesin MobilAda beberapa cara membersihkan mesin mobil. Salah satunya adalah dengan air. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kotoran-kotoran membandel yang menempel pada mesin. Biasanya kotoran tersebut berasal dari tetesan pelumas, debu, dan beragam kotoran lainnya. Namun ada baiknya memakai botol spray atau lap microfiber yang sedikit basah agar air yang disemprotkan tidak mengenai komponen kelistrikan. Agar hasilnya maksimal, masbro juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang di antaranya adalah sebagai berikut

1. Engine Degreaser

Untuk menghilangkan kotoran yang berada diluar mesin bisa menggunakan cairan Engine Degreaser yang diformulasikan untuk menghilangkan kotoran-kotoran membandel. Cara membersihkan mesin mobil dengan cairan tersebut juga sangat mudah. Masbro hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut saat mesin dalam kondisi hangat. Kemudian tinggal membilasnya dengan air atau kain microfiber hingga benar-benar kering.

2. Engine Conditioner

Semua bagian mesin harus dibersihkan demi menjaga kesehatan mesin. Jadi jangan cuma membersihkan bagian luar, namun juga bagian ruang bakar mesin. Masbro bisa menggunakan cairan yang dikhususkan untuk membersihkan ruang bakar, yakni Engine Conditioner. Cairan tersebut terbuat dari bahan solvent berbentuk busa yang nantinya disemprotkan ke ruang bakar melalui lubang busi.

3. Engine Flush

Fungsi cairan pembersih mesin mobil ini adalah untuk membersihkan kotoran yang berada di karter mesin dan jalur oli. Cara menggunakan cairan pembersih mesin tersebut sangat gampang. Masbro hanya perlu memasukannya melalui lubang oli. Kemudian nyalakan mesin selama 15 menit, dan setelah itu tinggal membuangnya melalui pembuangan oli. Menariknya lagi, cairan ini juga bisa membersihkan sludge dan karbon di ring piston.

4.  Minyak Tanah

Apabila tidak memiliki cairan Engine Degreaser, masbro bisa menggantinya dengan minyak tanah atau solar untuk membersihkan kotoran membandel yang berada di luar mesin. Namun masbro harus hati-hati saat menggunakannya, karena solar dan minyak tanah memiliki sifat yang mudah terbakar. Jadi setelah proses pembersihan selesai, maka masbro segera membersihkannya dengan air.

5. Grease

Selain cairan pembersih mesin mobil di atas, masbro juga bisa menggunakan cairan bernama Grease atau sering disebut sebagai Gemuk. Kelebihan cairan tersebut adalah bisa membersihkan mesin dari kotoran dan mencegah terjadinya karatan dan korosi. Pada dasarnya Greaser merupakan pelumas yang dikhususkan untuk Bearing. Meskipun begitu, masbro tetap bisa menggunakannya untuk membersihkan mesin mobil.

6. Sabun Colek

Kekuatan sabun colek dalam membersihkan noda membandel memang tak perlu diragukan lagi. Alhasil masbro bisa memakainya untuk mengangkat kotoran-kotoran yang berada di luar mesin. Namun sebelum itu, kami sarankan untuk terlebih dahulu memanaskan mesin mobil selama 15 menit, kemudian diamkan sebentar agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan secara mudah.

Baca Juga :  Cara Perpanjang Sim Online 2019 : SIM C & SIM A

7. Belt Dressing

Salah satu komponen mesin mobil adalah Fan Belt. Fungsinya adalah untuk memutar berbagai komponen mesin, seperti pompa oli dan altenator. Mengingat fungsinya sangat penting, maka kita harus melakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan cairan bernama Belt Dressing. Fungsi cairan tersebut adalah untuk melindungi Van Belt dari keausan dan membuat daya cengkram Van Belt lebih baik sehingga terhindar dari suara derit.

8. Carbon Cleaner

Salah satu cairan pembersih mesin mobil yang wajib digunakan adalah Carbon Cleaner. Fungsinya adalah untuk membersihkan ruang pembakaran agar kerak depostif dapat terangkat secara maksimal. Cairan tersebut sangat berguna agar mesin tidak mengalami overheat, ngelitik, dan membuat tarikan menjadi lebih enteng. Cara menggunakannya juga sangat gampang, karena kita tinggal memasukannya melalui lubang busi.

[wp-review id=”21225″]

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Kelebihan Oli MotulCek Dinamo Starter Mobil
Cara Cek Plat Nomor MotorCara Merawat Motor Matic

Nah itulah berbagai cairan pembersih mesin mobil yang bisa digunakan untuk membersihkan bagian luar hingga bagian dalam mesin mobil agar terhindar dari masalah-masalah yang menggangu kinerja mesin. Pada informasi sebelumnya, kami juga sempat memberikan informasi mengenai cairan pembersih kaca mobil yang bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jamur kaca. Cukup sekian tips otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement