Cara Memperbaiki Motor Mogok Sendiri Secara Mudah

Advertisement

Cara Memperbaiki Motor Mogok – Mengalami kendala saat berkendara motor seringkali membuat kita kesal. Apalagi jika motor kamu mogok di suatu tempat yang jauh dari bengkel. Tentu kamu akan merasa panik dan bingung, kemana motor kamu harus dibawa. Mau tidak mau kamu harus memperbaikinya sendiri ya kan!

Untuk memperbaiki motor yang mogok, pastinya kamu harus tahu terlebih dahulu tentang motor. Kamu bisa belajar melalui teman terdekat yang suka mengotak atik motor atau bisa juga belajar dengan cara berkunjung ke bengkel motor. Paling tidak kamu membaca informasi mengenai kendala motor yang mogok melalui internet.

Bagaimana Cara Memperbaiki Motor Mogok ?

Cara Memperbaiki Motor Mogok Sendiri Secara MudahMotor mogok bisa terjadi dimana saja, untuk itu kamu harus mengantisipasinya bilamana hal itu akan terjadi pada diri kamu sendiri. Informasi mengenai cara memperbaiki motor mogok bisa kamu lihat seperti berikut ini.

Advertisement

1. Cek Bahan Bakar

Biasanya penyebab motor mogok terjadi karena bahan bakar sampai kehabisan, sehingga motor kamu tiba-tiba mati mendadak. Selain itu, pemilihan bahan bakar juga harus sesuai dengan spesifikasi mesin. Lebih baik menggunakan bahan bakar beroktan tinggi agar kualitasnya terjamiin.

Untuk mengatasinya, kamu tinggal memilih bahan bakar yang sesuai dengan kadar oktan motor kamu. Memang bahan bakar seperti pertalite, premium, dan pertamak bisa digunakan untuk setiap jenis motor. Akan tetapi, apabila kadar oktan motor tidak sesuai dengan bahan bakar dapat menimbulkan kendala.

2. Cek Filter Udara

Filter udara pada motor berguna untuk mencegah kotoran udara yang masuk pada bahan bakar. Apabila kondisi bahan bakar kotor, hal itu dapat mengakibatkan tarikan gas motor terasa berat. Motor kamu sewaktu-waktu bisa mengalami kendala mogok di jalan.

Advertisement

Untuk mengatasinya, kamu harus rutin membersihkan saringan udara pada motor. Apabila filter udara jenis basah, maka yang harus kamu lakukan adalah mengantinya. Namun ketahanan filter udara jenis basah lebih tahan lama dibandingkan dengan filter udara kering.

3. Lepaskan Busi, Lalu Teteskan Oli

Penyebab motor mogok juga bisa dikarenakan faktor mesin yang terlalu panas. Biasanya hal itu disebabkaan karena sirkulasi oli yang ada pada motor tersumbat, sehingga menjadikan motor kamu tiba-tiba bisa mogok mendadak. Panasnya mesin juga terjadi karena gesekan antara piston dan liner boring.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kamu tinggal membiarkan mesin motor dingin. Kemudian lepas busi dan masukan beberapa tetes oli ke dalam lubang busi. Setelah itu, kamu tinggal menyalakan kembali dengan menggunakan stater elektrik.

Advertisement

4. Bersihkan Tutup Tangki Bensin

Motor mogok juga bisa disebabkan oleh tutup tangki yang tersembuat. Sirkulasi udara pada motor tidak akan mengalir apabila lubang kecil pda tutup tangki terseumbat. Hal ini dikarenakan karena lubang tangki kecil tersebut dapat berfungsi untuk pernafasan.

Untuk cara memperbaiki motor mogok yang satu ini cukup mudah, kamu tinggal mengecek tutup tangki tersebut, apabila terdapat kotoran di dalamnya maka bersihkanlah dengan menggunakan kompresor. Dengan begitu, motor kamu akan berjalan normal seperti semula.

5. Mengganti Busi

Kejadian ini seringkali menyebabkan motor mogok, beberapa komponen pengapian yang dapat kamu atasi seperti busi, CDI, Kepul dan lain-lain. Saya ambil contoh dari salah satu komponen tersebut apabila suatu hal terjadi pada busi motor kamu.

Baca Juga :  Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Solusinya

Untuk mengatasinya, kamu tinggal melepaskan businya saja, kemudian dekatkan dengan mesin motor. Setelah itu, pencet tombol stater, apabila menghasilkan percikan api biru maka busi motor kamu baik-baik saja. Apabila percikan api berwarna merah, maka yang harus kamu lakukan mengganti busi tersebut.

6. Bawa Ke Bengkel

Apabila semua cara telah dicoba, namun motor tetap mogok, maka lebih baik datang langsung ke bengkel atau memanggil montir berpengalaman agar datang ke lokasi dimana motor mogok.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Tarikan Mobil TersendatPenyebab Mobil Brebet
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip

Nah demikianlah informasi mengenai cara memperbaiki motor mogok. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi yang mengalami motor mogok. Jangan lupa simak pula beragam informasi otomotif lainnya, hanya di otomotifo.com.

Advertisement