Penyebab Mobil Brebet atau Tersendat-Sendat Saat Digas

Advertisement

Penyebab Mobil Brebet – Saat mengendarai mobil, apakah kamu pernah merasakan gas tersendat-sendat atau brebet pada mobil kamu? Kejadian seperti ini pastinya dapat membuat kamu merasa tidak nyaman saat berkendara. Lebih lagi jika kamu melakukan perjalanan yang jauh. Mungkin rasa kesal dijalan akan terus kamu alami saat mobil kamu tersendat-sendat.

Perjalanan yang kamu lakukan akhirnya harus terhenti di suatu tempat untuk memperbaiki masalah yang satu ini. Namun sebelum memperbaiknya, alangkah baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa penyebab mobil brebet. Beberapa penyebabnya bisa kamu lihat seperti yang ada di bawah ini.

Solusi dan Penyebab Mobil Brebet

Solusi dan Penyebab Mobil Brebet

1. Bahan Bakar Akan Habis

Penyebab yang pertama yaitu bahan bakar pada mobil akan habis. Masalah ini pastinya sering kamu alami apabila terlalu lalai dalam mengisi bahan bakar pada mobil kamu. Mobil akan terasa tersendak-senda saat bahan bakar yang ada di dalamnya akan habis.

Kelalaian mengisi bahan bakar sering terjadi karena indikator bensin mengalami kerusakan. Sehingga untuk mengeceknya kamu harus membuka tangki mobil secara rutin. Apabila tidak dilakukan pengecekan secara rutin, kamu dapat mengalami kehabisan bahan bekar secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini sangatlah mudah, kamu tinggal mengisi kembali bhan bakar pada mobil. Tunggu beberapa menit sebelum menyalakannya, lalu nyalakan kembali mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk mengganti indikator bensin apabila rusak.

2. Masalah Pada Filter Bahan Bakar

Penyebab mobil brebet yang kedua ialah filter pada bahan bakar bermasalah. Fungsi dari filter ini sendiri yaitu untuk menyaring kotoran atau debu yang masuk pada ruang bakar mesin. Apabila bahan bakar kurang bersih, maka akan ada banyak kotoran yang masuk ke dalam proses pembakaran mesin.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan mobil kamu tersendat-sendat saat digas. Meski dapat berjalan, mungkin itu hanya sisa-sisa bahan bakar yang masih ada di dalam mesin mobil. Kondisi mobil tetap saja masih tidak nyaman untuk digunakan saat dalam perjalanan.

Dalam mesin mobil terdapat dua jenis filter bensin, kamu bisa melakukan pengecekan satu per satu. Apabila filter tersebut terdapat kotoran di dalamnya, maka yang harus kamu lakukan adalah membersihakan kotoran tersebut. Untuk melakukannya, kamu harus menguras bahan bakar telebih dahulu hingga habis.

Membersihkan filter bensin ataupun menggantinya sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2-3 tahun sekali. Jangan terlalu sering juga mencampurkan bahan bakar hingga mengosongkannya, hal itu dapat mengakibatkan korosi. Reaksi kimia seperti itu dapat membahayakan mobil mengalami masalah.

3. Mesin Terlalu Panas

Masalah yang selanjutnya yaitu terjadi pada bagian mesin yang terlalu panas. Hal ini dapat mengakibatkan mobil tersendat-sendat saat digas. Panasnya mesin dapat membuat kecepatan mobil semakin menurun. Sehingga tenaga yang dikeluarkan mobil menjadi kurang bertenaga dan menjadikan mobil berjalan tersendat-sendat.

Masalah ini juga seringkali disebabkan karena air radiator mobil yang sudah habis yang mengakibatkan mesin cepat panas dan menjadikan mesin overheat. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus membeli air radiator agar radiator bisa bekerja optimal dalam mendinginkan suhu mesin saat dipakai berakselerasi.

Baca Juga :  Harga Mobil Calya Baru dan Bekas Terbaru 2019

4. Sistem Pengapian Bermasalah

Masalah yang selanjutnya yaitu pada sistem pengapian yang bermasalah. Hal itu dapat menyebabkan mobil tersendat-sendat saat berjalan. Yang harus kamu lakukan ialah mengecek beberapa komponen penting di dalam mobil seperti busi, koil, dan juga kabel busi.

Apabila masih bingung soal sistem pengapian mobil, kami sarankan untuk datang ke bengkel terdekat dan bertanya ke teknisi ahli agar bisa mengatasi masalah tarikan mobil tersendat-sendat saat digas pada rpm rendah.

Cara Mengatasi Mobil Brebet

5. Bahan Bakar Kurang Berkualitas

Peyebab selanjutnya adalah karena pemakaian bahan bakar yang tidak tepat. Yah, bahan bakar (BBM) menjadi penentu performa sebuah mobil. Apabila salah memilih bahan bakar, maka performa mobil bisa terganggu. Pasalnya setiap jenis BBM memiliki kandungan oktan berbeda-beda. Sebagai contoh adalah Pertalite dengan kandungan oktan RON 90 dan Pertamax RON 92. Sedangkan untuk Premium memiliki kadar oktan RON 88.

Saat ini semua mobil terbaru sudah tidak cocok menggunakan Premium, karena minium harus Pertalite atau Pertamax. Bahkan mobil LCGC saja dianjurkan menggunakan Pertamax agar performa mesin tetap responsif dan konsumsi bahan bakar tetap irit. Lalu apa jadinya jika menggunakan Premium?

Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, maka bisa menggangu performa kendaraan, seperti tersendat-sendat dan mengelitik. Oleh karena itulah kami sarankan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas yang dianjurkan oleh pabrikan agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

6. Pemakaian Busi Yang Tidak Standar

Penggantian busi yang tidak sesuai standar pabrikan bisa menjadi penyebab mobil brebet atau tersendat-sendat saat digas. Masalah ini biasanya terjadi karena asal membeli busi tanpa melihat standar yang diberikan pabrikan.

Busi yang sudah tak layak pakai juga bisa menyebabkan mobil brebet. Oleh karena itulah kita harus mengganti busi secara berkala dan melakukan pengecekan saat service rutin. Apabila harus diganti, kami sarankan untuk menggunakan busi resistor yang cocok untuk mobil injeksi.

Bagi yang bingung memilih busi berkualitas, kami sarankan untuk membeli busi Brisk ataupun busi Duration Ultra Iridium yang kualitasnya sudah terbukti.

7. Throttle Body Kotor

Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan sistem drive by wire. Sistem tersebut jauh lebih canggih karena langsung terhubung ke ECU untuk memerintahkan katup gas agar bisa terbuka. Namun apabila katup gas dalam kondisi kotor, maka bisa membuat mobil brebet atau tersendat-sendat.

Solusi mengatasi masalah tersebut adalah dengan membersihkan katup gas atau throtle body menggunakan Carbu Cleaner yang bisa didapatkan secara mudah di bengkel-bengkel mobil.

8. Sistem Injeksi Masuk Angin

Salah satu penyebab utama mobil brebet saat digas adalah karena masalah pada sistem injeksi. Biasanya masalah tersebut terjadi karena sistem injeksi masuk angin yang menyebabkan gelembung udara masuk ke dalam sistem bahan bakar mobil. Masalah ini menyebabkan tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil, sehingga menggangu laju mobil saat digas karena suplai bahan bakar menjadi terputus-putus.

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, apa yang menyebabkan sistem injeksi mobil masuk angin? Salah satu faktor yang menyebabkan masalah tersebut adalah karena mobil kehabisan bensin. Oleh karena itulah kita jangan sampai telat mengisi bahan bakar dan pastikan menggunakan bahan bakar berkualitas.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Tarikan Mobil TersendatPenyebab Mobil Matic Nyentak
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip
Baca Juga :  Syarat Perpanjang SKCK 2019 : Biaya & Cara Mengurusnya

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab mobil brebet. Semoga informasi otomotifo.com kali ini bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran untuk teman-teman semua yang masih awam soal mesin.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement