Penyebab Mobil Matic Nyentak : Akibat Cara Mengatasinya

Advertisement

Otomotifo.com Apakah kamu pernah mengalami kendala pada mobil matic yang menyentak? Mobil matic yang menyentak belum tentu kondisi mobil tersebut mengalami kerusakan parah. Namun ada beberapa hal yang harus kamu periksa terlebih dahulu sebelum menggantinya, entah itu pada bagian oli natic, pengecekan data komputer dan lain-lain.

Biasanya hal yang terjadi pada mobil menyentak terjadi karena hal sepele. Namun karena kamu panik dan khawatir, kamu sesegera mungkin mengambil tindakan untuk memperbaiknya di bengkel. Penyebab mobil matic nyentak bisa terjadi karena hal-hal berikut ini.

Penyebab Mobil Matic Nyentak

1. Oli Matic Kotor

Penyebab pertama yang dapat membuat mobil kamu nyentak biasanya terjadi karena olinya sudah kotor. Hal itu disebabkan adanya komponen dalam mobil yang terus bergerak, sehingga mengakibatkan mobil kamu tiba-tiba nyentak. Biasanya mobil kamu akan mengalami perpindahan gigi secara otomatis.

Selain itu, cara kerja dari mobil transmisi ini menggunakan sistem hidrolik. Sehingga cara kerja transmisi pada mobil matic ini hanya mengandalkan kontrol yang menggunakan oli matic. Akibat terjadinya kondisi oli rusak atau kotor dapat menyebabkan mobil kamu nyentak dengan sendirinya.

2. Masalah Pada AT Solenoid

Penyebab nyentaknya mobil matic yang selanjutnya ialah AT Solenoid bermasalah. Perlu kamu ketahui, AT Solenoid merupakan salah satu komponen yang bekerja secara elektrik yang bekerja berdasarkan perintah TCM (Transmission Control Modul).

AT Solenoid digunakan untuk mengatur aliran oli pada mobil dengan mengaktifkan beberapa komponen gerak AT seperti Brake dan Clutch. Apabila AT Solenoid bermasalah, maka kerja aliran oli pada mobil menjadi terganggu. Hal itulah yang menjadikan mobil matic kamu nyentak.

3. Komponen Clutch dan Brake AUS

Penyebab mobil matic nyentak yang selanjutnya ialah komponen Brake dan Clutch sudah AUS. Komponen Clutch dan Brake merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada mobil matic. Komponen tersebut terdiri dari susunan plat kopling basah. Keduanya bekerja saling menggesekan antara satu sama lain.

Apabila komponen pada Clutch dan Brake ini sudah AUS, maka kondisi pada clutch ini menjadi terganggu. Keduanya tidak dapa terhubung secara lancar, sehingga dapat menyebabkan mobil kamu menyentak dengan sendirinya. Untuk itu, kamu harus memperhatikan dua komponen tersebut supaya tidak AUS.

4. Komponen Elektrik Bermasalah

Komponen Elektrik yang bermasalah juga dapat menyebabkan mobil menyentak. Seperti yang diketahui, mobil-mobil di jaman sekarang sudah menggunakan sistem kontrol elektrik. Sistem ini sering disebut dengan istilah TCM (Transmission Control Modul).

Sistem seperti ini di dalamnya terdapat komponen komputer transmisi, sensor dan aktuator yang dapat mengatur cara kerja AT Clutch dan Brake dengan dibantunya sistem tekanan hidrolik. Apabila salah satu komponen sistem elektrik bermasalah, maka mobil kamu dapat mengalami gangguan menyentak.

5. Penyetelan Kabel Accelerator Kickdown Salah

Penyebab terjadinya mobil menyentak yang selanjutnya juga bisa dikarenakan penyetelan kabel Accelerator Kickdown tidak tepat. Kabel Accelerator Kickdown ini sering kita lihat di mobil-mobil lawas, untuk mobil jaman sekarang sudah tidak lagi menggunakan jenis kabel yang satu ini.

Pemasangan kabel Accelerator Kickdown ini biasanya terletak pada bagian throttle valve yang tergabung satu bagian dengan kabel accelerator pedal gas. Apabila penyetelan kabel tersebut tidak tepat, maka mobil kamu dapat mengalami kendala menyentak dengan sendirinya.

Baca Juga :  Oli Yamaha Lexi Yang Bagus Agar Motor Semakin Irit
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor MogokPenyebab Starter Motor Mati
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab mobil matic nyentak. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi pembelajaran untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Advertisement