Penyebab dan Cara Memperbaiki Starter Motor Mati / Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Starter Motor – Kalau bisa diperbaiki sendiri, kenapa harus dibawa ke bengkel? Tidak selamanya kerusakan pada starter motor harus dibawa ke bengkel. Selain lebih menghemat biaya, memperbaiki starter motor yang rusak pun juga relatif mudah. Lantas kenapa starter motor bisa rusak? dan bagaimana cara memperbaiki starter motor yang rusak?

Jika motor kamu dilengkapi dengan kick starter atau engkol, kerusakan electric starter mungkin tak terlalu membuatmu pusing. Namun ada pula beberapa motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter, sehingga ketika starter rusak jalan satu-satunya untuk menghidupkan motor adalah dengan cara mendorongnya.

Yah, rata-rata motor terbaru memang tidak dilengkapi kick starter. Alhasil kita akan kebingungan untuk menghidupkan mesin di saat starter mati. Namun sebenarnya kita bisa mengatasi masalah tersebut, asalkan mengetahui penyebab starter mati.

Advertisement

Sebelum memperbaiki starter motor mati, kita harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya sehingga bisa melakukan perbaikan dengan tepat. Nah untuk mengetahui apa saya penyebab starter motor matic serta cara memperbaikinya, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Starter Motor

Cara Memperbaiki Starter Motor

1. Aki Ngedrop atau Rusak

Aki atau baterai salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Keduanya merupakan sumber arus listrik motor untuk sistem starter. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor atau dinamo starter tidak merespon, maka perlu dilakukan pengecekan di sumbernya, yakni aki.

Advertisement

Untuk memeriksanya tegangan aki, kamu bisa menggunakan alat multimeter atau ovo meter. Tegangan aki yang baik tidak kurang dari 12 volt. Bilamana tegangan tidak sampai angka tersebut, besar kemungkinan usia aki sudah cukup usang atau sudah mengalami kerusakan.

Silahkan ganti aki dengan yang baru, namun jika biaya belum mencukupi aki bekas pun tak jadi masalah, asalkan kondisinya baik dan normal. Selain itu, kita juga bisa mencoba memperbaikinya dengan cara sebagai berikut “Cara Memperbaiki Aki Kering

2. Kabel Kelistrikan Putus / Terbakar

Bila tegangan aki dalam kondisi normal, maka cobalah untuk memeriksa rangkaiannya. Periksa secara detail pada rangkaian starter, mulai dari kebel yang putus, socket-socket dan pada tombol starter yang kemungkinan terlalu kotor.

Advertisement

Untuk mengatasinya caranya cukup mudah. Gunakan alat multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir dengan baik atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti dengan kabel baru, namun bila masih memungkinkan disambung kembali, silahkan disambung dengan rapi. Jika tombol starter terlalu kotor, bersihkan dengan amplas halus.

3. Relay Starter Rusak

Relay starter merupakan saklar elektromagnetik yang berperan untuk memutus dan menyambungkan arus listrik yang mengarah ke dynamo starter. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara menghubungkan dua kutub ( + ) dan ( – ) yang terletak di badan relay langsung dengan aki menggunakan kabel.

Jika terdengar suara mengontak, itu artinya relay masih bekerja dengan baik. Namun apabila tidak ada reaksi, besar kemungkinan switch magnetiknya sudah rusak dan perlu diganti yang baru.

4. Dynamo Starter Rusak

Dynamo starter jarang sekali mangalami kerusakan kecuali dalam kondisi terbakar atau ada konslet. Cara pemeriksaan yang efektif yaitu dengan cara menghubungkan langsung kutub ( + ) pada dynamo menuju kutub ( + ) aki dengan kabel yang besar.

Hubungkan kutub ( + ) pada dynamo dengan bodi motor yang mengandung logam. Apabila dynamo dalam kondisi baik, maka dynamo dapat berputar saat arus listrik telah dikoneksikan.

Baca Juga :  Harga Mobil Calya Baru dan Bekas Terbaru 2019

Kerusakan pada dynamo starter umumnya terjadi di bahian spull (gulungan) yang putus. Namun bisa juga disebabkan oleh kotoran yang mengendap terlalu lama, sehingga rotor tidak dapat berputar. Untuk menemukan sumber kerusakan pada starter diperlukan ketelitian dalam mengecek alur kelistrikan, mulai dari aki saklar starter hingga ke dynamo.

Mengganti kabel yang sudah lama atau kabel yang sudah tidak layak, dengan kakel baru tentu lebih baik. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan di kemudian hari dalam waktu jangka pendek.

5. Fuse Atau Sekring Putus

Semua sepeda motor dilengkapi Sekring yang berfungsi sebagai pengaman arus litrik. Sekring tersebut bisa putus apabila terjadi korselting pada rangkaian listrik, sehingga menyebabkan arus litrik tidak bisa masuk ke rangkaian starter motor.

Untuk mengatasi hal ini, kita harus membeli Sekring yang baru. Namun sebelum itu kita harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menyebabkan Sekring putus, kemudian memperbaikinya. Setelah itu baru kita memasang sekring yang baru.

6. Coil Starter Rusak

Rangkaian starter motor sebenarnya tak terlalu rumit. Namun apabila ada salah satu komponen yang rusak atau mati, maka kinerja starter akan terganggu dan membuat starter menjadi mati. Nah salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan adalah Coil Starter.

Coil Starter berada di dalam dynamo starter dan sering disebut sebagai kumparan. Kerusakan coil starter bisa terjadi karena dynamo starter terlalu panas. Untuk mengetasi hal tersebut, kita bisa datang ke tukang dinamo atau menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor MogokFungsi Filter Oli
Cara Membersihkan RadiatorCara Mengisi Freon AC Mobil

So, itulah ulasan singkat mengenai cara memperbaiki starter motor yang rusak. Semoga dengan adanya artikel ini kamu mulai bisa memperbaiki motor di rumah sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

Advertisement