Cara Membersihkan Radiator Mobil Yang Tersumbat

Advertisement

Cara Membersihkan Radiator Mobil – Setiap kendaraan membutuhkan mesin yang berfungsi sebagai komponen penggerak elektrik yang mengubah suatu energi dengan menggunakan bahan bakar minyak atau tenaga alam. Mesin dibuat oleh manusia demi mempermudah pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mesin pada kendaraan merupakan komponen yang sangat penting sebagai penggerak tatkala ingin difungsikan, tanpa mesin maka suatu kendaraan tidak akan dapat digunakan sebagaimana peruntukannya.

Seiring perkembangan zaman mesin terus mengalami inovasi, hal tersubut dilakukan demi memudahkan segala pekerjaan manusia. Mesin memiliki berbagai komponen yang sangat penting, salah satunya adalah radiator mobil. Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga suhu mobil agar tetap dalam keadaan stabil ketik digunakan.

Advertisement

Sebagai salah satu komponen yang sangat penting untuk mesin, maka radiator mobil harus dirawat dengan baik. Salah satu cara yang dapat ditempuh demi merawat radiator mobil agar selalu dalam keadaan optimal adalah dengan rajin membersihkannya.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam membersihkan radiator mobil. Radiator mobil ini pun dapat dibersihkan sendiri atau jika pengendara memiliki budget yang lebih ia bisa langsung membawanya ke bengkel. Namun apabila si pengendara ingin lebih hemat, ia dapat mempelajari beberapa tips cara membersihkan radiator mobil sendiri yang kami rangkum dibawah ini

Cara Membersihkan Radiator Mobil Sendiri

Cara Membersihkan Radiator Mobil

Advertisement

1. Siapkan Alat & Bahan Yang Dibutuhkan

Dalam membersihkan radiator sudah tentu membutuhkan yang namanya alat dan bahan. Maka dari itu hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membersihkan radiator mobil. Bahan-bahan yang sering digunakan mulai dari cairan khusus seperti coolant radiator serta cairan untuk membersihkan radiator mobil.

2. Mobil dipastikan dalam keadaan mati

Selanjutnya adalah membuka kap pada mesin mobil. kemudian, buka bagian tutup radiator pada saat keadaan mobil dalam keadaan mati. Ingatlah agar tidak membukanya pada saat mesin masih dalam keadaan panas. Bila anda tetap berusaha membukanya sementara mesin mobil dalam keadaan panas tentunya akan sangat membahayakan. Maka cara yang lebih aman yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan radiator mobil pada saat volume air menunjukkan pada titik tangki bagian bawah.

3. Menguras air radiator

Anda dapat membuka bagian kran yang ada di bawah tangki radiator untuk mengosongkan air pada radiator mobil. Bila anda sulit untuk menemukan bagian tersebut, anda bisa melepas selangnya terlebih dahulu dari aliran yang menuju mesin mobil. Kemudian tunggulah hingga air dalam radiator benar-benar habis. pada proses ini anda harus menunggu dengan sabar hingga selesai, ingatlah untuk memastikan agar tangki radiator dalam keadaan yang benar-benar kosong.

Advertisement

4. Membersihkan selang air radiator

Untuk memulai membersihkan bagian dari radiator mobil, anda dapat memulainya dari selang radiator yang menghubungkan ke mesin mobil. Semprotkanlah air dalam selang sampai tidak ada kotoran yang tertinggal di dalam selang radiator. Kebersihan selang sangat penting untuk diperhatikan karena percuma nantinya radiator sudah dalam keadaan bersih jika selang radiator dalam keadaan yang kotor. Selain itu selang yang kotor dapat berdampak lebihjauh pada timbulnya kerak di mesin mobil.

Baca Juga :  Cara Mengurus SIM Hilang 2019 Beserta Biaya dan Syarat Pengurusan

5. Bersihkan bagian inti radiator

Setelah selang radiator bersih, selanjutnya anda dapat membersihkan bagian inti radiator mobil. Pada radiator mobil bagian intinya adalah core tank, bagian ini biasanya dapat dibersihkan dengan cara mengisi air pada radiator.

Selanjutnya pastikanlah bahwa air yang keluara adalah air bersih. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan bagian mobil ini adalah memastikan keadaan selang yang menuju mesin mobil dapat mengalirkan air dalam keadaan yang lancar.

Kemudian anda dapat menggunakan radiator coolant, namun bila anda susah menemukan jenis air ini anda dapat menggunakan air galon biasa. Jangan menggunakan air sumur karena kandungan kapurnya yang cukup tinggi dapat menjadi penyebab pertumbuhan kerak pada area dinding radiator serta mesin mobil.

Diagram Radiator Mobil

6. Nyalakan mesin untuk menguras air radiator

Jika air yang dikeluaran radiator dirasa bersih, maka anda dapat menyalakan mesin kendaraan mobil. Namun tentunya sebelum anda melakukan hal ini ingatlah untuk terlebih dahulu menutup bagian tangki radiator. Panaskan mesin mobil sekitar 15 menit hingga thermostat naik di posisi tengah.

Perhatikan air keluaraan pada radiator, pastikan air keluaran lancar dan tidak membawa berbagai kotoran. Bila benar-benar sudah habis, anda dapat mematikan kembali mesin mobil dan tunggu keadaan mesin hingga kosong.

7. Mengulang pembersihan radiator mobil

Selanjutnya adalah mengisi radiator mobil dengan air hingga penuh. Kemudian tutup bagian tangki dengan penutup radiator. Kemudian nyalakan kemabli mesin mobil agar air radiator mobil dapat kembali keluar sampai habis tak tersisa. hal ini dapat di laukakan berulang selama 2-3 kali untuk memastikan tidak ada kerak lagi yang tersisa pada bagian dalam radiator.

Pembersihan dilakukan pula agar agar air radiator mengalami sirkulasi. Hal ini dilakukan pula agar sisa cairan pembersih dapat ikut terangkat melalui air yang dikeluarkan dari radiator yang dialirkan secara terus menerus.

8. Memasang kembali selang radiator

Jika sudah benar-benar bersih, selanjutnya anda sudah bisa menutup kran dan memasang kembali selang yang menuju mesin mobil. Pada tahap ini ingatlah untuk mengisi penuh radiator mobil anda dengan air yang telah disiapkan.

9. Periksa kondisi radiator mobil

Setelah semua selesai anda sudah bisa menyalakan mesin mobil anda dengan catatan ingatlah untuk menutup tangki dengan sempurna. Kemudian periksa air dan pastikan sirkulasi air sudah dalam keadaan yang baik pula. Setelah mesin dinyalakan beberapa saat, matikanlah mesin mobil untuk memeriksa keadaan dari radiator.

Jika air di dalamnya mulai berkurang, jangan menambahkan kembali air di radiator mobil. namun anda dapat menambahkannya dengan coolan radiator untuk membuat pengaturan suhu dapat berjalan dengan baik. Kemudian ingatlah setelah semua proses selesai maka tutuplah kembali bagian tangki radiator. Ini adalah langkah terakhir, pastikanlah setiap langkah yang anda lakukan dilakukan dengan teliti.

10. Tips Membersihkan Radiator Mobil

Membersihkan radiator ini harus dilakukan dengan rutin setidaknya kurang dari enam bulan sekali. Namun jika sebelum jangka waktu tersebut kondisi bagian radiator mobil mulai berkerak, anda harus segera melakukan pembersihan. Karena apabila kerak semakin menebal maka akan semakin sulit bagi anda untuk membersihkan kerak yang membandel tersebut.

Dalam membersihkan kerak yang membandel, mau tidak mau anda harus membawanya ke bengkel untuk melakukan pembongkaran. Tentunya hal ini akan cukup memakan waktu dan biaya yang lebih mahal.

Untuk bagian sirip dari radiator mobil, anda dapat membersihkannya seminggu sekali dengan menggunakan sikat plastik. Membersihkannya dapat dilakukan dengan cara menyikat bagian tersebut dengan menggunakan air yang telah bercampur sabun atau shampo.

Baca Juga :  Cara Inreyen Motor Matic & Sport Baru Agar Mesin Awet dan Cepat

Bersihkan semua kotoran yang menmpel dengan teliti kemudian gunakan kawat besi untuk meluruskan kembali sekat yang bengkok ke bentuk semula. Setelah itu bilaslah menggunakan menggunakan air bersih.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mutasi MotorCara Menghilangkan Baret Mobil
Harga Pertamax TurboPenyebab Rem Mobil Bunyi 

Nah demikianlah informasi otomotifo.com mengenai cara membersihkan radiator mobil untuk membersihkan kerak yang membuat radiator tersumbat. Caranya memang cukup mudah, namun bagi yang ragu melakukannya sendiri, kami sarankan untuk datang ke bengkel mobil terdekat.

5/5 (1 Review)
Advertisement