Kelebihan Pertamax Turbo
Harga BBM

Harga Pertamax Turbo Hari Ini Terbaru 2021, Kelebihan & Kekurangan

Harga Pertamax Turbo – Ada banyak sekali kelebihan Pertamax Turbo dibandingkan bahan bakar buatan Pertamina lainnya. Kelebihan utamanya adalah memiliki kadar oktan lebih tinggi. Dimana BBM jenis ini memiliki nilai Research Octane Number (RON) sebesar 98.

Dibandingkan Pertamax biasa yang memiliki Ron 92, tentu kualitas Pertamax Turbo jauh lebih baik. Bahan bakar ini bisa menjadi pilihan utama untuk kendaraan berperforma tinggi yang membutuhkan bahan bakar terbaik untuk mengimbangi kompresi mesin.

Pertamax Turbo pertama kali diluncurkan Pertamina pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pertamina mengklaim bahan bakar miliknya telah dilengkapi formula khusus yang bisa meningatkan responsifitas mesin dan membuat performa kendaraan semakin sempurna.

DAFTAR ISI ARTIKEL

Kelebihan Pertamax Turbo

Kelebihan Pertamax Turbo
Sebanding dengan haganya yang lebih mahal, tentu Pertamax Turbo memiliki banyak sekali kelebihan yang tak dimiliki BBM jenis lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan Pertamax Turbo, silahkan simak di bawah ini.

  1. Kelebihan Pertamax Turbo yang pertama adalah dikembangkan secara khusus dengan formula yang disebut sebagai Ignition Boost Formula (IBF). Formula tersebut membuat performa mesin semakin responsif dan mampu meningkatkan kemampuan akselerasi serta kecepatan kendaraan yang memakainya.
  2. Perbedaan performa saat memakai Pertamax Turbo memang cukup signifikan dibandingkan memakai Pertamax biasa. Bahan bakar ini sangat cocok untuk kendaraan yang memiliki mesin berperforma tinggi dengan rasio kompresi mesin 12:1. Selain itu, Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan yang sudah dilengkapi Turbo, baik itu Supercharger ataupun Turbocharger
  3. Selain mampu meningkatkan akselerasi dan kecepatan, Pertamax Turbo juga meningkatkan drivability yang membuat kendaraan semakin lincah dalam bermanuver
  4. Pertamax Turbo akan mengurangi resiko terjadinya ngelitik. Namun bahan bakar ini hanya disarankan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi 11-13:1.
  5. Akan meningkatkan efisiensi bahan bakar

Dengan memiliki bahan bakar yang tepat, tentu performa kendaraan akan meningkat. Pertamax Turbo menjadi solusi bagi pemilik motor ataupun mobil berperforma tinggi. Sebagi contoh adalah Lamborghini, Ferrari, Mercedes Benz, BMW, dan beragam kendaraan lainnya yang dilengkapi teknologi Turbocharger ataupun Supercharger.

Bahan bakar ini juga cocok untuk sepeda motor. Namun perhatikan dulu kompresi mesinnya. Apabila memiliki motor dengan kompresi mesin 11:1, 12:1, ataupun 13:1, maka sangat tepat apabila memilih Pertamax Turbo sebagai bahan bakar utama.

Sayangnya harga Pertamax Turbo lebih mahal dibandingkan BBM Pertamina lainnya. Harga Pertamax Turbo di setiap daerah juga berbeda-beda. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi daftar harga Pertamax Turbo berikut ini.

Harga Pertamax Turbo

Harga Pertamax Turbo Terbaru

Wilayah Provinsi Harga Terbaru
Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Rp. 11.200
Provinsi Sumatera Utara Rp. 11.200
Provinsi Sumatera Barat Rp. 11.400
Provinsi Riau Rp. 11.600
Provinsi Kepulauan Riau Rp. 11.600
Kodya Batam (FTZ) Rp. 11.600
Provinsi Jambi Rp. 11.400
Provinsi Bengkulu
Provinsi Sumatera Selatan Rp. 11.400
Provinsi Bangka-Belitung
Provinsi Lampung Rp. 11.400
Provinsi DKI Jakarta Rp. 11.200
Provinsi Banten Rp. 11.200
Provinsi Jawa Barat Rp. 11.200
Provinsi Jawa Tengah Rp. 11.200
Provinsi DI Yogyakarta Rp. 11.200
Provinsi Jawa Timur Rp. 11.200
Provinsi Bali Rp. 11.200
Provinsi Nusa Tenggara Barat Rp. 11.200
Provinsi Nusa Tenggara Timur Rp. 11.200
Provinsi Kalimantan Barat Rp. 11.400
Provinsi Kalimantan Tengah Rp. 11.400
Provinsi Kalimantan Selatan Rp. 11.400
Provinsi Kalimantan Timur Rp. 11.400
Provinsi Kalimantan Utara Rp. 11.400
Provinsi Sulawesi Utara Rp. 11.400
Provinsi Gorontalo Rp. 11.400
Provinsi Sulawesi Tengah Rp. 11.400
Provinsi Sulawesi Tenggara Rp. 11.400
Provinsi Sulawesi Selatan Rp. 11.400
Provinsi Sulawesi Barat Rp. 11.400
Provinsi Maluku
Provinsi Maluku Utara
Provinsi Papua
Provinsi Papua Barat

Note :

  • Sumber Pertamina.com
  • Harga Pertamax Turbo di atas dapat berubah sewaktu-waktu

Penyebaran Pertamax Turbo memang belum merata diseluruh Indonesia. Bahkan tak semua SPBU menyediakan bahan bakar tersebut. Mungkin harga harga Pertamax Turbo yang lebih mahal sehingga peminatnya tak sebanyak Pertalite atuapun Pertamax biasa.

Bagi pemilik mobil mewah ataupun moge ber-cc besar, tentu harga Pertamax Turbo yang mahal bukanlah menjadi masalah. Yang paling penting performa kendaraan akan meningkat dan membuat mesin semakin awet dan efisien bahan bakar.

Semua kelebihan Pertamax Turbo tersebut tak lepas dari formula khusus yang membuat Pertamax Turbo memiliki kandungan oktan mencapai RON 98. Dibandingkan Pertamax biasa yang memiliki RON 92 dan Pertalite dengan RON 90, tentu kualitas bahan bakarnya jauh lebih baik.

Kekurangan Pertamax Turbo

Kekurangan Pertamax Turbo
Walaupun memiliki banyak sekali kelebihan, namun BBM Pertamina ini tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah harga Pertamax Turbo yang cukup mahal. Kekurangan yang satu ini bukan menjadi masalah yang berarti, karena yang paling penting adalah kualitasnya.

Di sisi lain, Pertamax Turbo tidak cocok untuk motor yang memiliki kompresi mesin 10:1 atau yang dibawahnya. Jadi bagi yang memakai motor dengan mesin 125cc ke bawah, ada baiknya tetap memakai Pertamax atau Pertalite.

Alasan mengapa motor 125cc ke bawah tidak cocok untuk memakai Pertamax Turbo adalah karena spesifikasi bahan bakar yang digunakan lebih tinggi dari standar kompresi mesinnya. Hal tersebut bisa berakibat efisiensi bahan bakar kurang maksimal karena ada energi yang tidak terbakar sempurna.

Lebih parahnya lagi, pemakaian Pertamax Turbo utuk motor ber-cc kecil bisa mengakibatkan ngelitik dan terjadi flek pada sistem pembakaran mesin. Berkaca akan hal itu, maka kita harus terlebih dahulu melihat spesifikasi mesin sebelum menggunakan Pertamax Turbo.

Nah bagi yang mesinnya mendukung Pertamax Turbo, lebih baik terlebih dahulu menguras bahan bakar yang digunakan sebelum memakai BBM Pertamina tersebut. Pasalnya, mencampur Pertamax Turbo dengan BBM lainnya bisa menghilangkan formula yang ada didalam Pertamax Turbo.

Owh yah, Pertamax Turbo juga memiliki ciri khas berupa cairan berwarna merah. Pertamina sengaja memberikan warna berbeda untuk menghindari adanya bahan bakar oplosan. Jadi apabila warnanya berbeda, maka bisa dipastikan merupakan Pertamax Turbo palsu atau Oplosan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Pertalite Terbaru Harga Pertamax Terbaru
Cara Mutasi Motor Kelebihan Angin Nitrogen

Sekian informasi otomotifo.com mengenai kelebihan, kekurangan, dan harga Pertamax Turbo terbaru di seluruh Indonesia. Perlu kami ingatkan sekali lagi, bahwasanya Pertamax Turbo merupakan bahan bakar non-subsidi, jadi harganya bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti harga minyak dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *