Harga Pertamax Hari Ini Terbaru 2019 di Seluruh Indonesia

Advertisement

Harga Pertamax 2019 – Ada berbagai macam jenis BBM yang disediakan Pertamina, dan salah satunya adalaha Pertamax. Bahan bakan kendaraan bermotor tersebut memiliki kadar oktan lebih tinggi dibandingkan Premium ataupun Pertalite.

Pertamax memiliki kadar oktan sebesar 92. Sedangkan untuk Pertalite sebesar 90 dan Premium sebesar 88. Dengan kadar oktan lebih tinggi, tentu kualitas Pertamax jauh lebih baik dibandingkan Pertalite ataupun Premium. Namun hal tersebut membuat harga Pertamax sedikit lebih mahal.

Saat ini rata-rata produsen kendaraan bermotor menyarankan Pertamax sebagai bahan bakar utama. Namun sayangnya banyak orang yang tak memperpedulikan hal itu, dan lebih memilih bahan bakar yang harganya lebih terjangkau.

Berbeda dengan Premium yang mendapatkan subsidi pemerintah, Pertamax merupakan bahan bakar non-subsidi. Oleh karena itulah harga Pertamax di seluruh Indonesia bisa berubah sewaktu-waktu, mengikuti harga minyak dunia.

Harganya bisa naik ataupun turun. Selain itu, harga Pertamax disetiap provinsi berbeda-beda. Untuk yang termurah adalah di wilayah Jawa dan Bali. Sedangkan untuk wilayah lainnya adalah selisih sekitar Rp. 200-400, tergantung jarak provinsinya.

Nah untuk mengetahui berapa harga Pertamax di setiap daerah, silahkan simak informasi yang kami lansir dari situs resmi pertamina.com berikut ini.

Daftar Harga Pertamax Terbaru Agustus 2019

Daftar Harga Pertamax Terbaru

Harga Pertamax Terbaru

WILAYAHHARGA 
Provinsi Nanggroe Aceh DarussalamRp. 9.850
Provinsi Sumatera UtaraRp. 9.850
Provinsi Sumatera BaratRp. 10.050
Provinsi RiauRp. 10.250
Provinsi Kepulauan RiauRp. 10.250
Kodya Batam (FTZ)Rp. 10.250
Provinsi JambiRp. 10.050
Provinsi BengkuluRp. 9.850
Provinsi Sumatera SelatanRp. 10.050
Provinsi Bangka-BelitungRp. 10.050
Provinsi LampungRp. 10.050
Provinsi DKI JakartaRp. 9.850
Provinsi BantenRp. 9.850
Provinsi Jawa BaratRp. 9.850
Provinsi Jawa TengahRp. 9.850
Provinsi DI YogyakartaRp. 9.850
Provinsi Jawa TimurRp. 9.850
Provinsi BaliRp. 9.850
Provinsi Nusa Tenggara BaratRp. 9.850
Provinsi Nusa Tenggara TimurRp. 9.850
Provinsi Kalimantan BaratRp. 10.050
Provinsi Kalimantan TengahRp. 10.050
Provinsi Kalimantan SelatanRp. 10.050
Provinsi Kalimantan TimurRp. 10.050
Provinsi Kalimantan UtaraRp. 10.050
Provinsi Sulawesi UtaraRp. 10.050
Provinsi GorontaloRp. 10.050
Provinsi Sulawesi TengahRp. 10.050
Provinsi Sulawesi TenggaraRp. 10.050
Provinsi Sulawesi SelatanRp. 10.050
Provinsi Sulawesi BaratRp. 10.050
Provinsi MalukuRp. 10.050
Provinsi Maluku UtaraRp. 10.050
Provinsi PapuaRp. 10.050
Provinsi Papua BaratRp. 10.050

Note :

  • Harga Pertamax di atas dapat berubah sewaktu-waktu
  • Sumber : www.pertamina.com

Seperti yang masbro lihat di atas, harga Pertamax termahal adalah untuk wilayah Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, dan Batam. Wajar apabila harganya lebih mahal, karena pendistribusian BBM ke Wilayah tersebut lebih sulit dibandingkan wilayan lainnya.

Sebelumnya harga termahal adalah untuk wilayan Papuan. Namun Pemerintah sudah mengeluarkan instruksi bahwa harga BBM di Wilayah Papua harus sama dengan wilayah lainnya demi mewujudkan kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sekarang masyarakat Papua tak perlu lagi mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah hanya untuk membeli satu liter BBM. Namun sayangnya masih ada beberapa daerah di Papua yang harga BBM-nya lebih mahal. Hal ini tak lepas dari akses jalan yang masih sangat sulit.

Kelebihan Pertamax

Kelebihan PertamaxMengingat harganya lebih mahal dibandingan Premium ataupun Pertalite, tentu Pertamax memiliki lebih banyak kelebihan. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan Pertamax, silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertamax memiliki kadar oktan lebih tinggi, sehingga cocok utuk mesin motor ataupun mobil yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1.
  2. Pemakaian Pertamax membuat mesin terhindar dari ngelitik dan membuat tenaga mesin lebih optimal
  3. Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya Pertamax sangat cocok untuk kendaraan yang sudah mengadopsi sistme pembakaran Fuel Injection. Dengan kadar oktan mencapai 92, tentu pembakaran mesin menjadi semakin sempurna dan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar serta peningkatan dari segi performa.
  4. Yang tak kalah menarik, Pertamina sudah melengkapi Pertamax dengan ecosave technology, yakni sebuah zat aditif yang mampu menjaga kebersihan ruang bakar mesin hasil pembakaran. Alhasil menjadi menjadi lebih awet dan terhindar dari kerusakan mesin.
  5. Yang tak kalah penting, Pertamax sudah dilengkapi pelindung anti karat yang akan melindungi tangki bahan bakar dan saluran bahan bakar serta ruang bahan bakar mesin dari karat.
  6. Tak hanya dilengkapi pelindung anti karat, Pertamax juga memiliki anti oksidan yang mencegah bahan bakar ber-oksidasi dengan udara yang menghasilkan air sehingga bahan bakarnya lebih murni.
Baca Juga :  Harga Pertamax Turbo Hari Ini Terbaru 2019, Kelebihan & Kekurangan

Beragam kelebihan di atas membuktikan bahwa Pertamax lebih baik dibandingkan Premium atau Pertalite. Hal ini sebanding dengan harga Pertamax yang lebih mahal. Berkaca akan hal itu, tentu tak ada salahnya kita beralih menggunakan Pertamax sebagai bahan bakar utama kendaraan yang kita miliki. Lalu apa saja kekurangan Pertamax ?

Kekurangan Pertamax

Kekurangan PertamaxHanya ada satu kekurangan Pertamax, yakni harganya lebih mahal. Harga Pertamax juga bisa berubah sewaktu-waktu, karena termasuk bahan bakar non-subsidi. Bagi sebagian orang harga bukan menjadi masalah, karena yang paling penting mesin menjadi lebih irit dan performa tetap terjaga.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis bahan bakar yang kualitasnya satu tingkat di atas Pertamax, seperti Pertamax Turbo dan Pertamax Racing. Harganya tentu lebih mahal. Bahkan untuk Pertamax Racing dibanderol melebihi 40 Ribuan.

Menurut kami, Pertamax sudah lebih dari cukup sebagai bahan bakar kendaraan modern. Namun ada baiknya mengikuti saran pabrikan dalam memilih bahan bakar. Apabila saran pabrikan mengharuskan kita memakai BBM dengan Ron lebih besar, maka lebih mengikuti saran yang diberikan.

Owh yah, Pertamax juga bisa dipakai disemua motor, baik yang sudah injeksi ataupun masih karburator. Pasti akan ada peningkatan performa saat kita memakainya. Namun apabila harga Pertamax dianggal terlalu mahal, maka bisa beralih menggunakan Pertalite yang dari segi kualitas tidak jauh berbeda.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mutasi MotorCara Menghilangkan Baret Mobil
Cara Menghilangkan Jamur Kaca MobilKelebihan Angin Nitrogen

Nah demikianlah informasi otomotifo.com mengenai harga Pertamax terbaru di seluruh Indonesia. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi informasi tambahan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bahan bakar yang memiliki nilai oktan 92 tersebut.

5/5 (4 Reviews)
Advertisement