Harga Pertalite Hari Ini Terbaru 2019 Di Seluruh Indonesia

Advertisement

Harga Pertalite 2019 – Kesalahan memilih bahan bakar minyak (BBM) bisa menimbulkan berbagai macam masalah, seperi knocking (ngelitik) dan mesin cepat panas. Oleh karena itulah kita harus memilih bahan bakar yang tepat agar performa kendaraan tetap optimal.

Dalam memilih bahan bakar kuncinya adalah melihat kompresi mesin. Apabila kompresinya di atas 9:1, maka kami sarankan untuk menggunakan Pertalite atau Pertamax. Kami tak menyarankan memakai Premium karena dapat mengurangi kualitas performa dan membuat mesin cepat panas.

Sayangnya harga Pertamax jauh lebih mahal dibandingkan Pertalite. Sebenarnya kualitas keduanya tidak berbeda jauh. Hanya saja Pertamax memiliki kadar oktan lebih tinggi, yakni RON 92. Sedangkan untuk Pertalite kadar oktannya RON 90.

Ciri-Ciri Pertalite

Cir-Ciri PertaliteSama halnya dengan Pertamax, Pertalite merupakan bahan bakar non-subsidi. Oleh karena itulah harga Pertalite lebih mahal dibandingkan Premium yang masih mendapatkan subsidi dari Pemerintah. Meksipun begitu, kualitas Pertalite jauh lebih baik dibandingkan Premium.

Pertalite pertama kali diluncurkan oleh Pertamina pada tanggal 24 Juli 2015. Sekarang semua SPBU menyediakan bahan bakar tersebut sebagai pengganti Premium. Ciri khasnya adalah berwarna Hijau terang, sehingga berbeda dengan Premium yang warna kuning cerah ataupun Pertamax yang berwarna biru kehijauan.

Kelebihan Pertalite

Kelebihan PertaliteBahan bakar minyak yang memiliki bilangan oktan 90 ini menawarkan banyak sekali kelebihan dibandingkan Premium. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihannya silahkan simak dibawah ini.

  1. Memiliki kadar oktan lebih tinggi, sehingga membuat performa mesin lebih optimal dan terhindar dari overheat ataupun ngelitk
  2. Pertalite sangat cocok untuk kendaraan dengan kompresi mesin antara 9:1 hingga 10:1. Sedangkan untuk yang di atasnya lebih baik memakai Pertamax ataupun Pertamax Turbo yang memiliki kadar Oktan lebih tinggi.
  3. Pertalite merupakan bahan bakar non-timbal sehingga mampu menjaga kebersihan ruang bakar mesin
  4. Mesin menjadi lebih awet dan tenaga yang dikeluarkan akan lebih optimal
  5. Dengan kadar oktan yang lebih tinggi, Pertalite membuat tarikan mesin menjadi lebih enteng sehingga motor atau mobil lebih nyaman dikendarai
  6. Kelebihan lainnya adalah harga Pertalite cukup terjangkau. Namun Pertalite merupakan BBM non-subsidi, jadi jangan heran apabila hargaya bisa berubah sewaktu-waktu

Bisa disimpulkan bahwa Pertalite jauh lebih baik dibandingkan Premium. Walaupun harga Pertalite satu tingkat lebih mahal, namun menurut kami harganya tetap terjangkau. Nah untuk mengetahui berapa harganya, silahkan simak informasi daftar harga Pertalite terbaru berikut ini.

Daftar Harga Pertalite

Harga Pertalite Terbaru

Wilayah ProvinsiHarga Terbaru
Provinsi Nanggroe Aceh DarussalamRp. 7.650
Provinsi Sumatera UtaraRp. 7.650
Provinsi Sumatera BaratRp. 7.850
Provinsi RiauRp. 7.650
Provinsi Kepulauan RiauRp. 8.000
Kodya Batam (FTZ)Rp. 8.000
Provinsi JambiRp. 7.850
Provinsi BengkuluRp. 7.650
Provinsi Sumatera SelatanRp. 7.850
Provinsi Bangka-BelitungRp. 7.850
Provinsi LampungRp. 7.850
Provinsi DKI JakartaRp. 7.650
Provinsi BantenRp. 7.650
Provinsi Jawa BaratRp. 7.650
Provinsi Jawa TengahRp. 7.650
Provinsi DI YogyakartaRp. 7.650
Provinsi Jawa TimurRp. 7.650
Provinsi BaliRp. 7.650
Provinsi Nusa Tenggara BaratRp. 7.650
Provinsi Nusa Tenggara TimurRp. 7.650
Provinsi Kalimantan BaratRp. 7.850
Provinsi Kalimantan TengahRp. 7.850
Provinsi Kalimantan SelatanRp. 7.850
Provinsi Kalimantan TimurRp. 7.850
Provinsi Kalimantan UtaraRp. 7.850
Provinsi Sulawesi UtaraRp. 7.850
Provinsi GorontaloRp. 7.850
Provinsi Sulawesi TengahRp. 7.850
Provinsi Sulawesi TenggaraRp. 7.850
Provinsi Sulawesi SelatanRp. 7.850
Provinsi Sulawesi BaratRp. 7.850
Provinsi MalukuRp. 7.850
Provinsi Maluku UtaraRp. 7.850
Provinsi PapuaRp. 7.850
Provinsi Papua BaratRp. 7.850
Baca Juga :  Harga Pertamax Turbo Hari Ini Terbaru 2019, Kelebihan & Kekurangan

Note :

  • Sumber www.pertamina.com
  • Harga bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan dari pihak Pertamina terkait harga miyak dunia

Harga Pertalite di setiap daerah berbeda-beda, khususnya untuk daerah di luar pulau Jawa dan Bali. Meskipun begitu perbedaan harganya tak terlalu banyak. Selain itu, harganya bsia berubah sewaktu-waktu, karena mengikuti harga minyak dunia.

Berkaca dari berbagai macam kelebihan Pertalite di atas, maka lebih baik kita memakai Pertalite dibandingkan Premium. Harga bukan menjadi masalah selama performa motor ataupun mobil tetap optimal dan terhindar dari masalah-masalah yang disebabkan oleh kesalahan pemakaian bahan bakar.

Pemakaian Pertalite terbukti mencegah mesin cepat rusak. Pasanya Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dan sudah dilengkapi additive yang dikhususkan untuk mengoptimalkan performa mesin yang memiliki kompresi 9:1 ke atas.

Apabila ingin yang lebih baik, tentu kita harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli Pertamax. Namun menurut kami Pertalite sudah lebih dari cukup dan cocok untuk berbagai jenis motor dan mobil seperti Toyota Avanza, Xenia, Ertiga, Livina, Brio, Vario, Honda Beat, Mio dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mutasi MotorHarga Pertamax Terbaru
Cara Menghilangkan Jamur Kaca MobilKelebihan Angin Nitrogen

Dengan memilih bahan bakar yang tepat, maka performa motor dan mobil tetap terjaga. Alhasil kita tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya perbaikan yang tidak dinginkan. Nah sekian informasi otomotifo.com mengenai harga Pertalite di seluruh Indonesia. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan kesayangan.

5/5 (1 Review)
Advertisement