Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Alami, Mudah & Paling Ampuh

Advertisement

Cara menghilangkan jamur kaca mobil yang membandel dapat dilakukan dengan bahan alami yang bisa kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Yah, kaca mobil memang sangat rentan terkena jamur. Biasanya hal tersebut terjadi karena beberapa masalah, seperti perubahan cuaca yang terlalu ekstrim hingga kualitas air yang digunakan untuk mencuci mobil.

Di luar sana juga banyak beredar cairan yang dikhususkan untuk membersikan jamur kaca mobil. Namun bagi yang tak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli cairan pembersih kaca mobil berjamur yang harganya lumayan mahal, maka lebih baik mencoba cara menghiangkan jamur kaca mobil yang kami sampaikan berikut ini.

1. Dengan Pasta Gigi

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Dengan OdolPasta gigi atau odol memiliki kandungan zat yang dapat menghilangkan jamur kaca mobil membandel. Kita bisa menggunakan semua merek pasta gigi, seperti Close Up, Pepsodent, Ciptadent, ataupun merek lainnya. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, oleskan terlebih dahulu pasta gigi ke bagian kaca yang terkena jamur
  2. Kemudian diamkan beberapa saat sampai pasta gigi mengering
  3. Setelah mengering, lalu kita gosok secara perlahan menggunakan sikat halus dan air bersih
  4. Langkah terakhir tinggal membersihkannya dengan air bersih, lalu lap sampai kering

Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan pasta gigi memang sangat mudah. Kami sendiri pernah mencobanya, dan terbukti ampuh untuk menghilangkan jamur yang membandel. Nah agar hasilnya bisa maksimal, kami sarankan untuk menggosoknya beberapa kali.

2. Menggunakan Minuman Bersoda

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Dengan Coca ColaSelain pasta gigi, kita juga bisa mencoba cara menghilangkan jamur kaca mobil alami dengan minuman bersoda, seperti Sprite, Coca-Cola, Pepsi, Fanta, dll. Hal ini bisa dilakukan karena didalam minuman bersoda terkandung berbagai macam senyawa kimia seperti asam sitrat, karbonat, dan fostat.

Senyawa yang terkandung didalam minuman bersoda memang tidak membahayakan tubuh. Namun ada baiknya jangan dikonsumsi terlalu banyak. Lebih baik kita memakai minuman bersoda tersebut untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Nah bagi yang mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Siapkan terlebih dahulu minuman bersodanya
  2. Lalu bersihkan kaca mobil dengan air bersih, kemudian lap sampai kering.
  3. Kemudian ambil lap lembut lainnya, lalu basahi lap tersebut dengan air soda dan gosokan ke kaca mobil
  4. Gosok beberapa kali sampai jamur kaca mobil hilang

Kami sarankan jangan mencampur air soda dengan air biasa, karena senyawa yang terkandung di dalam air soda bisa hilang, sehingga kurang maksimal dalam menghilangkan jamur kaca mobil.

3. Dengan Pemutih Pakaian

Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil Dengan Pemutih PakaianSelain cara menghilangkan jamur kaca mobil secara alami di atas, masbro juga bisa mencoba menggunakan pemutih pakaian, seperti Bayclin, SoKlin Pemutih, dan beragam pemutih pakaian lainnya. Nah untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu pemutih pakaian dan kain lembut
  2. Kemudian celupkan kain lembut ke dalam baskom atau ember yang didalamnya sudah ada pemutih pakaian.
  3. Lalu gosokan kain lembut tersebut ke kaca mobil yang terkena jamur. Gosok secara perlahan sampai jamur kaca mobil hilang
  4. Setelah benar-benar hilang, kemudian kita tinggal membersihkan kaca mobil dengan air bersih.

Yah, pemutih pakaian tidak hanya bisa menghilangkan noda menjamur pada pakaian, namun juga kaca mobil. Didalam pemutih pakaian memang terkandung zat-zat yang bisa melunturkan jamur membandel, jadi masbro wajib mencobanya agar kaca mobil kembali cling, bebas dari jamur.

Baca Juga :  Cara Merawat Motor Matic Injeksi dan Karburator Agar Awet

4. Dengan Alkohol kadar 60-90 %

 Sering kali alkohol digunakan untuk memberihkan luka agar tidak terkena infeksi. Namun sejatinya cairan tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan jamur kaca mobil secara ampuh dan cepat. Alkohol yang digunakan juga tak boleh sembarangan, karena harus memiliki kadar 50-90% agar ampuh lebih ampuh dalam menghilangkan jamur.

  1. Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan alkohol bisa menggunakan kapas yang kemudian dicelupkan ke cairan alkohil dengan kadar lebih dari 60%
  2. Kemudian gosokan kapas tersebut ke kaca mobil yang terkena jamur
  3. Gosok secara perlahan sampai jamur hilang
  4. Setelah itu tinggal membersihkan kaca mobil dengan air bersih

Masih ada beberapa cara alami lainnya yang bisa masbro coba, seperti menggunakan bedak, pemutih wajah, hingga shampo rambut. Cara menghilangkan jampur kaca mobil dengan bahan tersebut juga hampir sama dengan cara di atas. Kita cukup mengoleskannya pada kaca mobil, kemudian gosok secara perlahan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mutasi MotorCara Menghilangkan Baret Mobil
Syarat Perpanjang SKCKKelebihan Angin Nitrogen

Setelah semua jamur kaca mobil hilang, tentu visibilitas berkendara semakin baik sehingga tak perlu khawatir berkendara dimalam hari ataupun saat kondisi hujan. Nah sekian tips otomotif kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

5/5 (3 Reviews)
Advertisement