Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri Yang Benar

Advertisement

Cara Mengisi Freon AC Mobil – Sering kali AC mobil terasa tidak dingin. Mungkin hal tersebut disebabkan karena Freon AC mobil habis atau mungkin terjadi kebocoran yang membuat AC mobil tidak bisa bekerja secara maksimal. Nah apabila masalahnya berasal dari Freon, maka kita bisa mencoba mengisi ulang Freon tersebut.

Pengisian Freon bisa dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa service AC mobil. Sebenarnya cara mengisi Freon AC mobil gampang-gampang susah. Namun apabila sudah berpengalaman dan mengetahui seluk belum AC mobil, maka bisa mencobanya sendiri dirumah. Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Benar

Cara Mengisi Freon AC Mobil

1. Alat Untuk Mengisi Freon AC Mobil

Untuk mengisi AC Freon mobil, kita membutuhkan alat bernama manifold gauge. Fungsinya adalah untuk melihat tekanan tinggi atau rendah saat kita mengisi Freon. Selain itu, siapkan pula freon AC Mobil baru yang dibanderol sekitar 40 Ribuan sampai 50 Ribuan. Sedangkan harga manifold gauge tergolong bervariasi, namun rata-rata dibanderol melebihi 300 Ribu Rupiah.

2. Bersihkan AC mobil terlebih dahulu

Agar kinerja AC mobil bisa maksimal, sebelum melakukan pengisian freon AC sebaiknya dilakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap semua bagian-bagian AC terlebih dahulu. Demikian pula jika Anda ingin AC mobil tetap awet pembersihan mobil secara rutin harus dilakukan.

3. Kosongkan freon AC yang masih tersisa

Sebelum mengisi freon AC yang baru, seharusnya isi freon AC yang lama dikosongkan dan dibuang terlebih dahulu. Ini adalah salah satu cara mengisi freon AC mobil yang tepat. Jika pengisian freon baru langsung dilakukan tanpa proses pengosongan freon AC lama, akan terjadi percampuran yang lama dan yang baru. Hal ini lambat laun akan mengakibatkan gangguan pada AC.

Proses pengosongan freon AC lama dilakukan dengan menutup bagian katup manifold gauge, lalu menghubungkan langsung bagian manifold gauge tersebut ke selang warna merah melalui alur menuju bagian nipel bertekanan tinggi. Selain selang merah, ada juga selang warna biru pada nipel bertekanan rendah dan selang warna hijau melalui alur menuju pompa vakum.

4. Proses Pengisian Freon Baru

Sebelum memulai proses pemasangan freon baru, pastikan semua selang terpasang dengan baik. Setelah itu buka salah satu katup yang terdapat pada bagian manifold dan hidupkan pompa vakumnya. Perhatikan ukuran yang tercantum pada bagian vakum gauge. Jika sudah mencapai kisaran 600mmHg (23,62 inHg, 80 kPa), lanjutkan dengan membuka sisi katup manifold bagian satunya lagi agar vakum yang sebelumnya menyala bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien dikarenakan kedua bagian sisinya sama-sama bekerja.

Pantau terus proses pengisian freon dengan seksama. Pastikan semua sistem sudah berjalan dengan baik. Angka ideal yang seharusnya tertera menunjukan kisaran 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa).

Proses pengisian freon baru umumnya berjalan selama kurang lebih 30 menit. Selama berjalan anda cukup mengawasi dan memastikan kalau pompa vakum tetap menyala. Setelah berlalu sekitar 30 menit barulah kita bisa menutup kedua bagian katup manifoldnya sebelum pompa vacuum dimatikan.

Setelah kedua bagian katup manifold ditutup, tunggulah sekitar 15 menit untuk melakukan pengamatan terhadap angka yang ditunjuk pada meteran. Apabila Anda melihat adanya proses penurunan yang signifikan, bisa dipastikan kalau sistem AC mobil Anda mengalami kebocoran.

Langkah-langkah Mengukur Freon AC Mobil

Cara Mengukur Freon AC Mobil

Untuk menyempurnakan pembahasan kita tentang cara mengisi freon AC mobil, di bawah ini akan saya tambahkan informasi tentang cara mengukur freon AC mobil dengan benar. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tutup kran dari manifold gauge searah gerakan jarum jam. Kondisi ini sama-sama berlaku untuk jenis kran rendah maupun kran tinggi.
  2. Jika posisi kran benar-benar sudah tertutup, tinggal pasang naple biru pada service valve ac bertekanan rendah. Adapun naple berwarna merah untuk service valve acb bertekanan tinggi. Pastikan posisi pemasangan naple sudah benar untuk setiap jenis AC mobil berbeda-beda.
  3. Agar proses pemasangan naple lebih mudah, usahakan pasang naple ac dengan gerakan memutar, yaitu bagian atas ac diputar berlawanan dari arah jarum jam. Setelah itu tarik kancingan bawah sesuai arah panah sehingga naple bisa masuk ke bagian service valve dengan pas. Perlu diingat bahwa langkah ini berlaku pada semua AC bertekanan tinggi maupun rendah.
  4. Saat Anda mendengarkan suara “klik” pertanda kalau pemasangan naple AC telah sesuai pada tempatnya.
  5. Putar juga kedua kancingan pada AC yang bertekanan tinggi dan rendah (warna merah atau biru) searah jarum jam atau ke arah open sehingga service valve terbuka dan freon akan mengalir dengan baik. Pembacaan tekanan juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur
  6. Umumnya alat ukur atau manifold gauge akan menunjukkan hasil pengukuran yang sama karena AC mobil belum dinyalakan. Sebab, AC yang tekanannya menunjukkan angka 70 – 90 psi pertanda normal, sehingga mesin mobil masih tetap dalam keadaan dingin. Karena itu, pastikan Anda membaca tekanan ada alat ukur dengan jelas. Apabila ukurannya tidak terbaca, bisa dipastikan kalau terdapat kesalahan pada alat ukurnya
  7. Langkah selanjutnya adalah tinggal menghidupkan mesin dan hidupkan AC mobil. Ketika AC mobil dinyalakan, kita harus memastikan tekanan yang rendah berada pada level 20 – 30 psi. Adapun tekanan AC mobil berada pada level 170 – 250 psi.
Baca Juga :  Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Vixion (TOP 1 MC Series)
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Memperbaiki Water PumpCara Membersihkan Mesin Mobil
Cara Membersihkan RadiatorCara Menambal Radiator Bocor

Nah itulah cara mengisi AC Freon yang benar. Caranya memang cukup ribet, namun tak ada salahnya kita mencoba sendiri dirumah. Apabila tak ingin ribet, kami sarankan untuk datang ke bengkel AC mobil yang biasanya dipatok sekitar Rp. 200 Ribuan. Sekian informasi otomotifo.com kali ini, jangan lupa simak pula informasi mengenai “Biaya Service AC Mobil” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.

5/5 (1 Review)
Advertisement