Penyebab Kopling Mobil Selip dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Otomotifo.com – Memiliki sebuah mobil terlihat sangat menyenangkan, akan tetapi mereka tidak tahu bagaimana tugas yang harus dipikul oleh si pemilik mobil. Mobil bukan hanya digunakan untuk berjalan-jalan saja, namun kamu juga harus rutin merawatnya. Apabila kamu tidak rutin melakukan perawatan, maka suatu saat mobil kamu akan mengalami kendala.

Kendala yang terjadi pada mobil juga beragam jenis, ada yang tarikan mobilnya terasa berat, mobil menyetak sendiri, kopling mobil selip dan lain-lain.

Pada kali ini saya akan membahas mengenai kopling mobil selip. Masalah yang satu ini juga sering sekali dialami oleh pengemudi. Terntu masaah tersebut akan sangat merepotkan dan menggangu kenyamanan dalam berkendara.

Banyak yang bingung apa yang menjadi penyebab terjadinya kopling mobil selip ini. Kamu bisa mengetahui beberapa informasi mengenai penyebab kopling selip pada mobil seperti di bawah ini.

Penyebab Kopling Mobil Selip

Penyebab Kopling Mobil SelipPenyebab yang sering terjadi ketika kopling mobil selip yaitu dikarenakan pemakaian mobil yang terlalu over dalam kurun waktu 7 tahun. Hal ini dapat menyebabkan perpindahan gigi tampak mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Gejala seperti inilah yang menandakan terjadinya selip kopling pada mobil kamu.

Untuk mengamati gejala slip kopling, kamu dapat menjajal mobil dengan melewati jalanan yang menanjak dan sepi. Disitu kamu bisa merasakan suara yang terjadi pada mesin mobil apakah beres atau tidak. Apabila terjadi suara yang tidak beres, maka selip kopling pada mobil kamu mengalami masalah.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan percobaan dengan cara menguji rem tangan. Hidupkan mesin mobil kamu lalu tekan pedal kopling, pastikan juga mobil dalam keadaan gigi 4. Bila sudah, lalu lepaskan kopling mobil secara perlahan-lahan, apabila mobil tidak bergerak, berarti kopling mobil sudah harus segera diganti.

Bukan itu saja, kopling mobil juga dapat disebabkan oleh kampas kopling yang sudah AUS. Hal itu membuat kinerja kopling semakin melambat. Selain itu, penyebab kopling mobil selip juga diakibatkan karena pegas-pegas pada kopling dalam mobil sudah semakin melemah.

Pelumas yang ditaruh ke dalam pedal kopling sebaiknya jangan sampai terlalu banyak. Baut-baut pada kopling juga harus dipastikan sudah kencang, apabila kendor maka akan menyebabkan kopling mobil menjadi selip.

Cara Mengatasi

 

Cara Mengatasi Kopling Mobil SelipBila kamu sudah tahu penyebabnya, maka kamu harus tahu juga bagaimana cara mengatasinya. Kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mengatasi kopling mobil selip. Langkah awal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu menganalisa mobil tersebut.

Untuk menganalisanya cukup mudah, kamu tinggal mengemudikan mobil di jalur menanjak dan sepi. Disini kamu harus memperhatikan suara mesin mobilnya apakah berbunya keras atau tidak. Bila ya, maka mobil kamu mengalami kendala kopling mobil selip. Disisi lain, kamu juga harus mengecek bagian pedal mobil apakah keras atau tidak.

Untuk mengatasinya, kamu harus menyetel ulang kembali pedal kopling. Kamu tinggal mengaktifkan rem tangan terlebih dahulu lalu menyalakan mesin mobil, setelah itu pijak bagian pedal kopling dan setel hingga ke gigi 4. Bila sudah, lepas secara pelahan-lahan tekanan pedal gas.

Selain itu, kamu juga dapat mengganti pelumas kopling dan mengatur setelan baut-baut pada kopling, pastikan pemasangan baut secara normal tidak terlalu kencang dan kendor. Apabila solusi tersebut tidak dapat teratasi, langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu membawanya ke bengkel terdekat.

Baca Juga :  Syarat Kredit Motor Baru dan Bekas Agar Disetujui
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor MogokPenyebab Starter Motor Mati
Penyebab Tarikan Mobil BeratCara Mengisi Freon AC Mobil

Demikan beberapa informasi mengenai penyebab kopling mobil selip. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pembelajaran untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Advertisement