Apa Penyebab Mobil Limbung Saat Belok ? Inilah 7 Penyebabnya

Advertisement

Penyebab Mobil Limbung – Mobil Limbung atau bergoyang seringkali terjadi bagi pengendara mobil. Jenis kendala mobil yang satu ini merupakan kondisi dimana mobil saat belok ke kanan, namun body mobil tiba-tiba sedikit goyang ke arah sebaliknya. Kejadian seperti ini sangat tidak nyaman ketika sedang mengendarai mobil.

Secanggih apapun sistem yang ada di dalam mobil, belum tentu itu akan membuat mobil berjalan normal. Seiring berjalannya waktu pastinya mobil akan mengalami kerusakan mesin. Nah, kira-kira apa sih penyebabnya? Langsung saja simak penyebab mobil limbung seperti berikut ini.

Penyebab Mobil Limbung (Body Roll)

Penyebab Mobil Limbung

Advertisement

1. Mesin Bermasalah

Kendala yang pertama terjadinya mobil limbung bisa saja disebabkan karena faktor mesin yang bermasalah. Proses pembakaran pada mesin biasanya tidak terjadi sempurna, sehingga mobil tidak bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, bisa juga diakibatkan kurangnya pasokan udara pada mesin.

Masalah pada mesin sering ditandai ketika laju mobil tersendat-sendat, getarannya sangat kuat seperti berada di jalan yang bergerigi atau tidak rata, dan hilangnya keseimbangan pada mobil ketika melaju kencang. Kendala seperti ini harus segera untuk diatasi.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan ialah dengan cara melakukan penggantian pada komponen-komponen yang sudah lama menjadi baru. Apabila komponen tersebut terlihat masih dalam kondisi baik, maka kamu cukup melakukan perawatan saja dengan cara membersihkannya.

Advertisement

2. Poros Roda Bermasalah

Penyebab yang kedua yaitu poros roda bermasalah. Hal seperti ini dapat menyebabkan mobil menjadi limbung. Terjadinya kerusakan pada poros roda ditandai dengan adanya kondisi poros sudah tidak lurus. Sehingga akan menyebabkan gesekan-gesekan pada komponen mobil yang ada didalamnya.

Kondisi seperti ini sangat berbahaya bagi pengendara saat melaju dalam kecepatan tinggi. Selain itu, kamu juga harus melakukan perawatan secara rutin pada bagian gardan mobil. Dengan begitu, masalah limbung pada mobil tidak akan terjadi saat kamu berkendara.

3. Rem Bermasalah

Penyebab mobil limbung yang selanjutnya yaitu kondisi rem bermasalah. Kamu akan merasakan sendiri mobil limbung atau tidak ketika melakukan pengereman mendadak. Bila saat mengerem kondisi mobil sampai bergoyang, maka mobil tersebut harus segera untuk diperbaiki pada bagian remnya.

Advertisement

Masalah pada rem biasanya akan mengakibatkan perubahan pada rotor rem. Kondisi rotor rem akan semakin cepat rusak bila mesin mobil selalu dalam kondisi panas. Masalah seperti ini lumayan sulit untuk diperbaiki sendiri, kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel terdekat.

4. Roda Bermasalah

Apabila roda bermasalah, maka kamu harus segera menanganinya. Hal ini bisa menyebabkan mobil menjadi limbung atau bergoyang. Saat membawa mobil, kamu akan merasakan keseimbangan yang tidak stabil apabila roda pada mobil terjadi masalah.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti bantalan roda yang baru. Bantalan roda akan mudah rusak apabila kamu sering melewati jalur-jalur yang tidak rata. Selain itu, roda yang menympang juga dapat membuat mobil limbung. Langkah yang lebih cepat dan efektif yaitu menggantinya dengan yang baru.

5. Ban Bermasalah

Masalah pada ban seringkali membuat mobil limbung saat berkendara. Biasanya kondisi ban telah mengalami benjolan karena sudah lama tidak diganti. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan isi angin dari setiap ban, pastikan semuanya harus sama.

Apabila kondisi ban sudah terlihat kusut dan tidak layak pakai, maka kamu harus segera menggantinya. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan supaya saat berkendara tidak terjadi limbung.

Baca Juga :  Penyebab Motor Brebet Saat Di Gas Di RPM Tinggi / Rendah

6. Masalah Pada Suspensi

Suspensi atau shockbreaker berperan sangat penting terhadap kenyamanan sebuah mobil. Masalah pada suspensi juga bisa membuat mobil menjadi limbung sehingga menggangu kenyamanan dalam berkendara. Biasanya masalah tersebut terjadi karena faktor bentuk Per yang kurang optimal dalam meredam goncangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami sarankan untuk datang ke bengkel kaki-kaki mobil. Tujuannya adalah untuk mengatur setingan suspensi serta memeriksa keadaannya. Apabila pernya perlu diganti, maka jangan ragu untuk menggantinya. Pasalnya kenyamanan mengendarai mobil merupakan yang utama.

7. Desain Mobil

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap tipe mobil memiliki desain berbeda-beda yang dibagi menjadi kelas City Car, MPV, SUV, Van, dan masih banyak lagi lainnya. Setiap jenis mobil, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, desain mobil yang berpotensi limbung adalah mobil bertipe SUV.

Kenapa harus SUV? Jawabannya adalah karena mobil SUV memiliki Ground Clerance yang tinggi sehingga bisa menyebabkan terjadinya limbung. Namun tak semua mobil SUV mengalami limbung. Pasalnya setiap produsen telah merancang mobil miliknya dengan memperhitungkan berbagai aspek agar bisa senyaman mungkin

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Mobil BorosPenyebab Mobil Matic Nyentak
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip

Yah, ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab mobil limbung. Bagi anda yang mengalami hal tersebut, kami sarankan untuk mengecek beberapa bagian mobil yang berpotensi membuat limbung (body rool). Nah demikian beberapa informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement