Penyebab Mobil Boros Bensin : Solusi dan Cara Mengatasi

Advertisement

Penyebab Mobil Boros – Meskipun sudah ada mobil listrik, namun mobil dengan bahan bakar bensin tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Alasan utamanya adalah karena harganya lebih murah dan perawatannya lebih mudah.

Mobil bensin juga dianggap lebih efisien dalam hal konsumsi BBM. Padahal apabila kita hitung, konsumsi BBM mobil bensin jauh lebih boros dibandingkan mobil listrik. Hanya saja perawatan mobil listrik lebih sulit,

Salah satu sistem penting yang mampu menghemat bahan bakar adalah teknologi electronic fuel injection. Sistem ini berfungsi mengoptimalkan suplai bensin ke intake manifold dengan lebih efisien. Sehingga memungkinkan konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Nah, bila kamu pengguna kendaraan berbahan bakar bensin, lalu sudah melakukan beragam upaya agar tidak boros setiap bulannya, mungkin kamu perlu tahu faktor-faktornya. Nah untuk mengetahui apa penyebab mobil boros bensin, silahkan simak di bawha ini.

Solusi  dan Penyebab Mobil Boros Bensin

Penyebab Mobil Boros Bensin

1. Kampas Kopling Selip

Penyebab pertama mobil boros adalah kampas kopling yang selip. Terselipnya kampas kopling mengakibatkan terganggunya proses powertrain dari mesin ke transmisi. Dengan begitu semua RPM mesin tidak bisa disalurkan. Hal inilah yang menjadi biang keror kecepatan mobil tetap rendah meski gas sudah dinjak secara full serta membuat boros bensin.

2. Filter Udara Mampet

Filter udara berfungsi sebagai media penyaring udara yang selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran. Cara kerjanya ialah dengan memblok aliran udara dari dalam saluran dengan bahan seperti kertas atau kain berpori besar. Dengan demikian hanya udara yang bisa menembus lapisan filter tersebut.

Karena filter tersebut berupa kertas atau kain berpori besar, dalam kurus waktu yang cukup lama pastinya timbunan debu akan menutupi filter udara dan harus diperiksa agar tidak terjadi gangguan kelancaram aliran udara.

Cara memeriksanya cukup mudah. Kamu tinggal melepaskan filter dan membersihkannya menggunakan air yang memiliki tekanan kuat agar debu dibersihkan. Jika tidak mau terlalu repot, silahkan bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan.

 3. Velg Modifikasi

Tak selamanya modifikasi itu bagus dan efektif. Sebagian besar anak milennials yang memiliki mobil pribadi cenderung lebih suka menggunakan velg lebar dan rim yang besar. Meski tujuannya untuk mempercantik mobil, namun tahukan kamu bahwa penggunaan velg besar membuat mobil lebih boros?

Meski sepintas velg besar tidak ada kaitannya dengan mesin, namun ada beberapa korelasi yang mesti diperhatikan. Velg besar umumnya memiliki bobot yang lebih berat dari velg standar. Tentu saja hal ini membuat mesih mengeluarkan tenaga ekstra bilamana mobil dipacu dengan kecepata tinggi.

Dari sinilah velg besar mengharuskan lebih banyak gesekan dan mengharuskan mobil mengeluarkan tenaga lebih besar. Alhasil, bahan bakar pun menjadi lebih boros.

4. Mesin Belum Tune-Up

Penyebab mobil boros yang keempat adalah mesin mobil belum di tune-up. Maksudnya ialah, komopenen mesin tidak dirawat dengan baik, seperti busi, celah katup, throttle body, injektor dan beberapa komponen lainnya.

Karenanya, mesin harus dirawat dengan cara melakukan tune-up. Caranya cukup mudah, silahkan bawa mobil ke bengkel kepercayaan atau resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila mobil usai ditune-up, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih hemat dibanding sebelum ditune-up.

Baca Juga :  Cara Mutasi Motor Antar Provinsi 2019 : Syarat & Biaya Cabut Berkas

5. Ban Mobil Kempes

Siapa sangka kempesnya ban mobil juga bisa menjadi penyebab mobil boros. Pasalnya ban kempes akan membuat gesekan antara ban dan aspal yang mengharuskan mesin mengeluarkan tenaga ekstra agar tetap bisa melaju.

Agar terhindar dari ban kempes yang menjadi penyebab mobil boros bensin, kami sarankan untuk selalu memeriksa tekanan angin ban. Pastikan tekanan antara ban depan dan belakang ideal, sehingga mobil nyaman dikendarai dan hemat bahan bakar.

6. AC yang Terlalu Dingin

AC menjadi wajib hukumnya ketika saat berkendara udara lagi panas-panasnya. Namun perlu diketahui juga, meski AC sifatnya cukup penting, memasang AC yang terlalu dingin juga bisa membuat mobil lebih boros.

Alasannya adalah daya yang dibutuhkan kompresor AC sangatlah banyak, sehingga power mesin harus dibagi ke kompresor AC. Hal ini yang membuat pembakaran bensin lebih besar dan menjadian mobil boros bensin

7. Modifikasi Knalpot

Banyak orang yang sengaja melepas catalytic converter untuk meningkatkan performa mobil. Catalytic Converter sendiri berguna unuk menyaring gas yang terbentuk dari proses pembakaran mesin. Tanpa adanya komponen tersebut, maka gas sisa pembakaran bisa langsung keluar melalui knalpot.

Walaupun tenaga yang dihasilkan lebih besar, namun hal tersebut akan membuat mobil boros dibandingkan mobil yang masih menggunakan Catalytic Converter

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor MogokPenyebab Mobil Matic Nyentak
Penyebab Tarikan Mobil BeratPenyebab Kopling Mobil Selip

So, itulah 6 penyebab mobil boros ala otomotifo.com. Agar mobil kamu lebih hemat bahan bakarnya, silahkan melakukan perawatan dengan baik dan ikuti beberapa tips di atas.

Advertisement