Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Yang Rusak

Advertisement

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil – Ada banyak sekali komponen mobil yang membuat mobil bisa distarter atau dinyalakan. Nah salah satu komponen yang paling penting adalah Dinamo Starter. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka bisa berakibat mobil menjadi mogok dan tidak bisa dinyalakan. Tentu hal tersebut akan membuat kita kebingungan, karena sejatinya mobil hanya mengandalkan starter untuk menghidupkan mesin.

Yah, mobil memang berbeda dengan sepeda motor. Pasalnya kebanyakan sepeda motor memiliki kick starter yang bisa menjadi alternatif dalam menghidupkan mesin. Sebenarnya mesih mobil masih bisa dinyalakan apabila didorong, namun solusi tersebut hanya berlaku untuk mobil bertransmisi manual dan tidak bisa masbro terapkan pada mobil matic. Alhasil kita harus datang ke bengkel untuk memperbaiki dinamo starter yang mengalami kerusakan, sehingga mobil bisa kembali dihidupkan.

Fungsi Dinamo Starter Mobil

Fungsi Dinamo Starter Mobil Secara teknis bisa dikatakan, Dinamo Starter adalah komponen yang berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Fungsinya berbeda dengan Dinamo Ampere yang memiliki fungsi untuk menyuplai listrik ke aki saat mesin hidup. Yah, banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Dinamo Starter dan Dinamo Ampere (Alternator). Kedua komponen tersebut sama pentingnya dan memiliki peran sangat penting terhadap sistem starter mobil.

Dinamo starter hanya bekerja saat mesin dihidupkan, dan setelah menyala giliran alternator yang bekerja. Jadi apabila mobil tidak bisa dihidupkan, maka besar kemungkinan terjadi karena dinamo starter mengalami kerusakan. Untungnya cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak cukup mudah. Masbro bisa mengikuti beberapa langkah yang kami sampaikan pada artikel kali ini.

Komponen Dinamo Starter Mobil

Komponen Dinamo Starter MobilSebelum membahas mengenai cara memperbaiki dinamo starter mobil, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu apa saja komponen yanga ada di dalam dinamo starter sehingga nantinya kita bisa dengan mudah memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak. Nah untuk mengetahui apa sja komponennya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pole Core : Komponen yang pertama adalah Pole Core. Fungsinya adalah sebagai penopang dan untuk memperkuat medan magnet dihasilkan filed coil.
  2. Yoke : Fungsi Yoke adalah sebagai tempat pole core yang kemudian diikat dengan sekrup agar kuat dan presisi
  3. Amarture & Shaft : Fungsi komponen dinamo starter mobil ini adalah berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar
  4. Amarture Brakle : Komponen penting lainnya adalah Amarture Brakle yang berfungsi untuk melakukan pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus yang terletak pada bagian belakang dinamo starter
  5. Starter Clutch : Fungsi komponen Starter Clutch adalah untuk memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus agar dapat berputar
  6. Sift Lever : Kompone dinamo starter ini sering disebut sebagai Drive Lever. Fungsinya adalah untuk mendorong pinion gear kearah posisi berkaitan dengan ring gear saat solenoid switch bekerja
  7. Solenoid Swhitch : Banyak orang yang menyebut komponen ini sebagai Magnetic Switch. Fungsinya sama saja, yakni untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke dan dari roda penerus. Selain itu, komponen dinamo starter tersebut juga berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki menuju filed coil, armature, dan ground agar dinamo starter dapat berputar.
  8. Brush : Fungsi Brush adalah untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil melalui commutator
  9. Pinion Gear : Fungsi komponen tersebut adalah untuk meneruskan daya putar starter menuju mesin dengan cara memutar ring gear
Baca Juga :  Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil

Nah itulah beragam komponen dinamo starter yang berperang penting terhadap kinerja dinamo starter mobil dalam menghidupkan mesin. Apabila salah satu komponen di atas mengalami kerusakan parah, maka bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter atau dinyalakan. Lalu apakah yang menyebabkan kerusakan dinomo starter mobil ? Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak dibawah ini.

Penyebab Kerusakan Dinamo Starter Mobil

Penyebab Kerusakan Dinamo Starter MobilKerusakan komponen mobil tentu ada penyebabnya. Sebelum memperbaiki kerusakan tersebut, ada baiknya masbro terlebih dahulu mencari penyebabnya. Hal ini sangat penting agar nantinya tidak mengalami kejadian serupa ataupun untuk mengantisipasi agar hal tersebut tak terjadi pada mobil kesayangan.

  1. Salah satu penyebab kerusakan dinamo starter yang paling sering terjadi adalah dikarenakan aki soak atau setrum aki kurang. Seperti yang kita ketahui bersama, aki bertugas untuk mengalirkan arus listrik ke starter, jadi apabila daya aki kurang maka tidak akan mampu menghidupkan dinamo starter dan sering kali terdengar bunyi menggelitk dengan interval cepat.
  2. Penyebab lainnya adalah karena Solenoid starter mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut sering kali terjadi pada gulungan (Switch) yang terdiri dari dua gulungan, yakni Hold In Coil dan Pull In Coil.
  3. Apabila kerusakan dikarenakan pull in coil, maka berakibat daya magnet yang menahan gear pinion berkurang, sehingga membuat gear pinion starter bergerak mundur.
  4. Kerusakan dinamo starter mobil juga bisa terjadi karena karbon brush habis yang mengakibatkan gear pull in coil tidak dapat bekerja optimal mendorong pinion gear
  5. Penyebab selanjutnya adalah karena gulungan didalam motor starter terbakar

Cara Mengecek dan Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Mobil Rusak

Kerusakan pada dinamo starter harus segera diperbaiki agar nantinya mobil dapat dihidupkan secara normal. Cara memperbaiki dinamo starter mobil juga cukup gampang. Masbro bisa mencobanya sendiri dirumah atau pergi ke bengkel mobil terdekat agar bisa diperbaiki oleh teknis yang sudah ahli dan berpengalaman. Nah bagi masbro yang lebih memilih memperbaiki dinamo starter mobil sendiri, maka silahkan simak caranya berikut ini.

1. Memeriksa Soket Otomatis

Cara memperbaiki dinamo starter mobil rusak yang pertama adalah dengan memerika soket otomatis yang ada pada Dinamo Starter. Cara ini bisa digunakan apabila starter mobil tidak dapat berfungsi, namun indokator pada dashboard menyala ataupun berkedip. Nah untuk memeriksa soket otomatis tersebut, silahkan simak caranya dibawah ini.

  1. Periksalah terlebih dahulu kabel kecil yang menghubungkan antara soket otomatis ke dinamo starter.
  2. Kemudian lihat kondisi kabel kecil tersebut, apakah terputus atau terlepas.
  3. Jika kondisi kabel masih bagus, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa bagian sikring serta relaynya.
  4. Untuk mengetahui apakah kerusakan berasal dari relay atau sikring adalah dengan cara menstarter mobil, kemudian dengarkan apakah ada bunyi “klek” atau tidak. Apabila terdengar bunyi tersebut, maka kemungkinan penyebab kerusakan dinamo starter mobil bukan berasal dari relay dan sikring, namun masalahnya berasal dari komponen yang lainnya.
  5. Nah apabila tidak menemukan kerusakan pada bagian soket otomatis, maka lebih baik masbro membawa mobil ke bengkel terdekat agar nantinya didiagnosa apakah yang menyebabkan kerusakan pada dinamo starter.
  6. Agar bisa membawa mobil ke bengkel kita harus terlebih dahulu menghidupkan mobil. Mengingat dinamo starter mati, maka otomatis mobil tidak bisa dihidupkan melalui starter. Untuk mengatasi kondisi darurat tersebut, masbro bisa mencoba menyalakan mesin dengan cara mobil didorong. Namun cara memperbaiki dinamo starter mobil tersebut hanya berlaku untuk mobil bertransmisi manual dan jangan sekali-kali mencobanya pada mobil matic.
Baca Juga :  Pembersih Kaca Mobil Berjamur Terbaik dan Paling Ampuh

2. Periksa Klem Aki

Sebelum memutuskan membeli aki mobil baru, ada baiknya masbro terlebih dahulu memeriksa klem kabel aki yang ada pada terminal positif dan negatif. Sering kali baut klem yang menempel pada aki sudah longgar sehingga aki tidak bisa mengalirkan daya listrik secara sempurna ke dinamo starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak apabila masalahnya seperti ?

  1. Buka terlebih dahulu kap mesin, lalu cari lokasi tempat penyimpanan aki.
  2. Setelah itu tinggal cek apakah klem kabel aki pada terminan positif dan negatif
  3. Apabila baut sudah longgar, maka masbro harus mengencangkannya
  4. Namun apabila klem masih terpasang sempurna, maka cara memperbaiki dinamo starter mobil yang paling tepat adalah dengan cara menjumper aki.
  5. Bagi pemilik mobil manual juga bisa mencoba mendorong mobil yang fungsinay sama dengan menjumper aki

3. Periksa Kabel Aki

Tanda kerusakan dinamo starter mobil yang disebabkan kabel aki adalah mobil tidak bisa menyala dan indikator aki pada dashboard mati. Lalu bagaimana cara memperbaikinya ?

  1. Periksa kabel aki, apakah kabelnya longgar atau bahkan ada yang putus.
  2. Namun apabila kabel terpasang sempura dan tidak ada yang longgar atau putus, maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen dinamo starter. Untuk memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak tersebut, mau tak mau kita harus datang kebengkel agar bisa ditangani oleh teknisi yang sudah berpengalaman terhadap kerusakan komponen dinamo starter mobil
  3. Jangan ragu membeli dinamo starter mobil baru apabima dinamo starter yang lama sudah tidak bisa diperbaiki atau riskan untuk dipakai dalam jangka waktu lama. Namun sebelum itu, lebih baik masbro mencoba cara memperbaiki dinamo starter mobil berikut ini

4. Menjumper Aki Mobil

Kinerja dinamo starter sangat bergantung pada aki. Pasalnya aki akan menyalurkan daya listrik ke dinamo starter yang membuat mobil dapat menyala. Nah apabila kondisi aki mobil terlalu lemah atau bahkan sudah soak, maka aki mobil tidak akan kuat menyalurkan daya listrik ke dinamo starter dan akan secara otomatis akan memutar flywheel yang menyebabkan bunyi menggelitik (cetek-cetek). Nah untuk memperbaikinya silahkan simak dibawah ini.

  1. Coba jumper aki mobil mobil dengan aki lainnya, dan untuk mengetahui bagaimana cara jumper aki mobil yang benar silahkan simak informasi otomotifo.com sebelumnya
  2. Biasanya mesin langsung menyala apabila dijumper. Namun apabila tidak berhasil, maka masbro bisa mencoba terlebih dahulu mengisi daya aki.
  3. Jika kondisi aki sudah tak memungkinkan untuk diisi atau diperbaiki, maka mau tak mau masbro harus membeli aki mobil yang baru

Nah demikianlah cara memperbaiki dinamo starter mobil yang bisa dilakukan dirumah. Apabila semua cara di atas tidak berhasil, maka mau tak mau masbro harus datang ke bengkel terdekat agar bisa dilakukan pengecekan untuk menentukan penyebab kerusakan dinamo starter mobil.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Pembersih Kaca Mobil BerjamurHarga Mobil Brio Bekas
Harga Xpander BekasModifikasi Satria FU

Dinamo starter yang rusak memang harus segera diperbaiki agar nantinya tidak merembet ke bagian lainnya. Terlebih tanpa adanya dinamo starter kita tidak bisa menghidupkan mobil. Dinamo starter yang rusak memang harus segera diperbaiki agar nantinya tidak merembet ke bagian lainnya. Terlebih tanpa adanya dinamo starter kita tidak bisa menghidupkan mobil. Jadi jangan sepelekan masalah ini agar nantinya kita bisa beraktifitas secara normal tanpa perlu khawatir mobil mogok saat dihidupkan.

Advertisement