Cara Jumper Aki Mobil Yang Tekor dan Soak Dengan Aman

Advertisement

Cara Jumper Aki Mobil – Kami yakin sebagian besar pemiliki mobil pernah mengalami aki ngedrop, tekor atau soak yang menyebabkan mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Yah, aki berperan sangat penting terhadap sistem kelistrikan mobil. Apabila aki dalam kondisi kurang prima, maka tidak bisa bisa mengalirkan arus listrik secara sempurna ke bagian dinamo starter dan beberapa komponen kelistrikan lainnya, seperti lampu dan klakson.

Yah, rata-rata mobil mogok disebabkan oleh aki yang sudah rusak. Aki sendiri berfungsi sebagai sumber arus litrik dan sebagai tempat penyimpanan energi listrik yang akan terus terisi seiring mobil dijalankan. Umumnya ada 2 jenis aki yang sering digunakan pemilik mobil, yaitu aki basah dan aki kering. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya juga perlu dirawat agar bisa mengalirkan arus listrik secara sempurna.

Jenis-Jenis Aki MobilJenis-Jenis Aki Mobil

Kebanyakan orang lebih memilih aki basah dibandingkan aki kering. Pasalnya aki basah bisa diisi ulang dan harganya lebih murah. Namun kami sendiri lebih memilih aki kering atau sering disebut sebagai aki MF (Maintence Free). Pasalnya aki kering tidak membutuhkan perawatan khusus dan kita tidak perlu mengganti cairan yang ada didalamnya. Aki kering juga bisa diperbaiki saat terjadi kerusakan, dan untuk mengetahuinya caranya silahkan simak informasi berikut ini “Cara Memperbaiki Aki Kering“.

Advertisement

Dipasaran juga beredar aki berjenis hybrid dan kalsium. Kelebihan aki mobil kalsium adalah memiliki kutub baterai yang terbuat dari bahan kalsium, sehingga memiliki kemampuan menyimpan listrik lebih baik dibandingkan aki basah. Sedangkan aki hybrid memiliki kelebihan lebih awet, karena merupakan penggabungan dari aki basah dan aki kalsium. Walaupun jenisnya berbeda-beda, namun semuanya sama-sama bisa mengalami kerusakan.

Disaat aki sudah rusak, maka mobil tidak bisa jalan alias mogok. Apabila hal tersebut terjadi, tentu sangat menyebalkan dan merepotkan. Terlebih saat kita dalam perjalanan jauh dan posisi kita jauh dari bengkel. Perjalanan akan terganggu hanya dikarenakan masalah aki. Namun sebenarnya cara mengatasi mobil mogok yang disebabkan aki tekor maupun ngedrop sangatlah mudah. Masbro hanya perlu melakukan jumper aki.

Pengertian Jumper Aki

Cara Jumper Aki Mobil Yang SoakJumper aki (Jump Start) adalah sebuah langkah untuk menyambungkan aki mobil yang sudah soak atau tekor dengan aki mobil lain yang kondisinya masih sehat secara paralel. Tujuannya adalah untuk mengalirkan arus listrik ke aki yang sudah tekor, sehingga tekanan listrik bisa tersimpan. Cara jumper aki mobil ini ini harus dilakukan secara hati-hati, karena bisa menyebabkan konsleting yang otomatis akan merusak sistem kelistrikan mobil.

Advertisement

Cara jumper aki mobil sebenarnya sangat gampang. Kami yakin semua orang bisa melakukannya tanpa perlu repot-repot datang ke bengkel atau memanggil montir. Namun untuk melakukannya dibutuhkan aki yang kondisinya masih bagus dan memiliki kapasitas yang minimal sama dengan aki yang tekor. Nah untuk mengetahui seperti apa cara jumper aki mobil, silahkan simak informasi yang kami rangkum dibawah ini.

Baca Juga :  Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya Saat Rusak

Bagaimana Cara Jumper Aki Mobil ? Cara Jumper Aki Mobil ? 

1. Siapkan Aki Mobil Lain

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menyiapakan mobil yang kondisi akinya masih bagus. Tegangan akinya juga harus sama atau lebih besar dari aki yang tekor. Apabila terlalu kecil, maka bisa dipastikan tidak akan kuat untuk mengalirkan arus listrik ke aki yang tekor. Sebagai contoh adalah menjumper aki mobil bermesin Diesel dengan mobil LCGC. Tentunya tegangan aki mobil diesel lebih besar dibandingkan mobil LCGC dikarenakan tekanan kompresi mesinnya jauh lebih besar.

Cara jumper aki mobil juga bisa menggunakan powerbank. Yah, saat ini sudah ada power bank yang dibuat secara khusus untuk menjumper aki mobil maupun motor. Harga power bank jumper tersebut juga cukup terjangkau, karena dibanderol sekitar 300 Ribuan – 500 Ribuan. Selain itu, masbro bisa menggunakan aki motor asalkan tegangannya sesuai dengan aki mobil yang tekor

Advertisement

2. Siapkan Alat Jumper

Alat jumper aki mobil bisa bisa menggunakan kabel. Namun kami sarankan untuk menggunakan kabel yang tebal dan kuat, karena akan dialiri arus litrik yang cukup besar. Masbro juga bisa membeli kabel jumper yang biasanya sudah dilengkapi pengait untuk menghubungkan kutup positif dan negatif pada aki yang akan dijumper.

3. Matikan Semua Fitur Kelistrikan

Pastikan tidak ada fitur kelistrikan yang aktif pada mobil yang akinya soak, seperti AC, Audio, lampu, dan lain sebagainya. Hal ini harus dilakukan untuk mengurangi arus listrik saat menjumper aki. Cara jumper aki mobil yang kami sampaikan akan sia-siap apabila arus listrik yang masuk kurang besar karena harus terbagi ke komponen kelistrikan lainnya.

4. Buka Kap Mesin

Setelah alat jumper sudah siap, selanjutnya masbro tinggal membuka kap mesin. Pasalnya posisi aki berada di dalam kap mesin, jadi mau tak mau kita harus membuka kap mesin. Cara jumper aki mobil ini memang yang paling mudah dan wajib masbro lakukan.

5. Buka Tutup Terminal Aki

Rata-rata aki mobil dilengkapi tutup terminal positif dan negatif. Masbro harus membukanya agar nantinya bisa menghubungkan kabel jumper. Masbro hanya perlu membuka tutup tersebut tanpa harus melepas kabel aki yang menempel.

6. Lihat Dulu Kondisi Aki

Jika kondisi tegangan aki sudah sangat ngedrop, disarankan untuk tidak menghubungkan kabel negatif ke aki yang soak. Kami sarankan untuk menghubungkan kabel negatif ke body atau rangka yang posisinya jauh dari aki. Pasalnya aki yang kondisinya soak parah bisa mengeluarkan gas yang mudah terbakar, sehingga bisa memicu percikan api jika kabel negatif terhubung ke aki.

7. Hubungkan Aki Pada Kedua Mobil

Cara jumper aki mobil yang selanjutnya adalah menghubungkan aki mobil yang soak ke aki mobil yang kondisinya mash bagus. Masbro harus hati-hati saat menghubungkannya. Pastikan terminal positif dihubungkan dengan terminal positif dan terminal negatif ke termilan negatif. Nah apabila terbalik, maka bisa menyebabkan konsleting.

8. Tunggu Beberapa Saat

Setelah tersambung ada baiknya menunggu beberapa saat dan lakukan kembali pengecekan untuk memastikan pemasangan kutub positif dan negatif tidak terbalik. Biasanya kabel kutup positif berwarna merah dan kutub negatif berwarna hitam.

9. Hidupkan Mesin

Setelah memastikan kabel jumper terpasang dengan benar, lalu masbro tinggal menyalakan starter mobil. Biasanya dibutuhkan beberapa percobaan sampai aliran listrik mengalir ke aki yang soak. Kami sarankan untuk tidak langsung melepaskan sambungan aki. Lebih baik menunggu selama 1-2 menit sampai aki mobil yang soak teraliri arus litrik.

Baca Juga :  Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula Yang Benar

10. Lebas Kabel Jumper

Nah cara jumper aki mobil yang terakhir tinggal melepas kabel jumper. Masbro bisa langsung membawa mobil jalan karena sejatinya system kelistrikan mobil akan disuplai secara langsung oleh altenator, sehingga secara otomatis aki akan langsung terisi. Namun apabila aki sudah soak, maka pengisiannya kurang optimal. Alhasil nantinya mobil kembali mogok disaat mesin mobil dimatikan.

Bagaimana Jika Proses Jumper Tidak Berhasil ?

Cara jumper aki mobil di atas sudah terbukti berhasil apabila masbro mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan di atas. Namun ada beberapa kasus yang tak bisa dilakukan jumper aki. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan kondisi aki yang rusak terlalu parah, sehingga mau tak mau kita harus membeli aki baru yang harganya bisa masbro simak pada artikel berikut ini “Daftar Harga Aki Mobil“.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Gambar Modifikasi Honda C70Modifikasi Honda C70Tekanan Ban MobilTekanan Ban Mobil

Yah, membeli aki mobil yang baru menjadi langkah terakhir untuk bisa menghidupkan mobil yang mogok. Namun sebelum membelinya aba baiknya masbro datang dulu kebengkel atau memanggil montir untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Bisa saja masalahnya bukan pada aki, namun ada komponen mesin atau kelistrikan yang rusak. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat bagi masbro yang belum tahu cara jumper aki mobil yang baik dan benar.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi