Cara Cek Plat Nomor Online 2019 Untuk Motor dan Mobil

Advertisement

Cara Cek Plat Nomor Motor – Tujuan mengecek plat nomor adalah untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil. Cara ceknya juga sangat gampang, karena sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun website resmi yang disediakan masing-masing daerah. Dengan mengecek plat nomor yang kita miliki, maka nantinya akan muncul berapa pajak motor yang harus dibayar.

Informasi yang kami sampaikan kali ini masih berhubungan dengan informasi sebelumnya mengenai “Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor“. Hanya saja kami akan menyampaikan informasi lebih lengkap mengenai cara cek plat nomor secara online di masing-masing daerah, sehingga akan mempermudah pengunjung otomotifo.com dalam mengentahui besaran pajak motor serta dendanya apabila mengalami ketelatan.

Manfaat dari cek plat nomor tak hanya untuk mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan, namun juga melihat informasi kendaraan bermotor, seperti merek kendaraan, tipe kendaraan, warna, mesin, samsat terdaftar, hingga masa akhir STNK. Selain itu, kita juga bisa membayar pajak motor secara online, seperti yang kami sampaikan pada artikel berikut “Cara Bayar Pajak Motor Online“.

Advertisement

Setiap daerah memiliki layanan cek plat nomor online berbeda-beda. Namun sayangnya belum semua daerah mendukung layanan tersebut. Kami yakin kedepannya semua daerah akan menyediakan layanan serupa demi memudahkan warganya untuk mengecek plat nomor sekaligus membayar pajak kendaraan bermotor. Nah untuk mengetahui mana saja daerah yang sudah memiliki layanan cek plat nomor online, silahkan simak dibawah ini.

Cara Cek Plat Nomor Online Terbaru 2019

1. Jawa Tengah

Cara Cek Plat Nomor JatengCara cek plat nomor online untuk wilayah Jawa Tengah bisa menggunakan aplikasi bernama “SAKPOLE e-SAMSAT JATENG“. Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di Play Store dan merupakan aplikasi resmi yang dibuat oleh Bapenda Provinsi Jawa Tengah. Semua plat nomor di Wilayah Jawa Tengah, seperti Magelang, Solo, Cilacap, Purwokerto, dll bisa dicek melalui aplikasi Sakpole.

Bisa dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi cek plat nomor online terbaik, karena mudah digunakan dan memiliki user interface sangat bagus. Terlebih fiturnya sangat lengkap, di antaranya adalah sebagai berikut

Advertisement
  1. Informasi Pajak Kendaraan Bermotor
  2. Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor
  3. Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor
  4. Pencarian Lokasi Kantor Samsat, Lokasi ATM, Lokasi Kantor Jasa Raharja, Lokasi Kantor Polisi, Lokasi RS/Klinik/Dokter

Perlu diingat, bahwa aplikasi Sakpole hanya bisa menampilkan informasi plat nomor untuk wilayah Jawa Tengah. Masbro juga bisa menggunakanya untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Kemudian untuk pembayarannya dilakukan melalui ATM ataupun Internet Banking. Setelah itu tinggal melakukan pengesahan STNK di Samsat tanpa perlu mengantri.

Yah, membayar pajak kendaraa online akan mempermudah proses birokasi, sehingga kita tidak perlu mengantri berlama-lama. Namun untuk pembayaran pajak 5 tahunan harus dilakukan secara langsung di Kantor Samsat, karena harus melewati cek fisik kendaraan bermotor untuk melihat nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

2. Jawa Timur

Cara Cek Plat Nomor JatimSelanjutnya cara cek plat nomor online untuk wilayah Jawa Timur bisa menggunakan aplikasi E-Smart Samsat Jatim yang bisa didownload di Play Store. Aplikasi tersebut akan menampilkan informasi pajak motor sesuai plat nomor yang masbro masukan. Kita juga bisa melihat besaran pajak untuk pengesahan STNK 1 Tahun dan 5 Tahun. Lalu ada pula informasi untuk mengecek bea balik nama kendaraan serta pajak mutasi.

Baca Juga :  Cara Mengurus SIM Hilang 2019 Beserta Biaya dan Syarat Pengurusan
Advertisement

Yah, informasi yang ditampilan aplikasi E-Smart Samsat Jatim memang sangat lengkap. Aplikasi tersebut bisa menjadi alternatif selain website esamsat.jatimprov.go.id yang sering kali sulit di akses ketika mengecek plat nomor kendaraan bermotor. Namun sayangnya aplikasi cek plat nomor motor tersebut belum dilengkapi fitur untuk membayar pajak kendaraan secara online.

E-SMART SAMSAT JATIM
Price: To be announced

3. Jawa Barat

Sambara merupakan singkatan dari Samsat Mobil Jawa Barat. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan wilayah Jawa Barat sekaligus mengecek besaran pajak sesuai plat nomor kendaraan yang diinputkan. Bagi yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, seperti Pangandaran, Bandung, Sukabumi, Ciamis, dll, maka kami sarankan untuk menginstal aplikasi Android tersebut.

Tak hanya itu, Samsat Mobile Jawa Barat juga bisa digunakan untuk melihat update status kepemilikan kendaraan bermotor. Namun sebelum itu, wajib pajak harus terlebih dahulu melaporkan kendaraannya yang telah dijual agar nantinya bisa mendapatkan update mengenai kepemilikan kendaraan bermotor, apakah sudah di balik nama atau belum.

SAMBARA
Price: To be announced

4. Jakarta

Cara Cek Plat Nomor Motor JakartaBagi yang tinggal di wilayah Jakarat dan ingin informasi pajak kendaraan bermotor yang dimiliki bisa mencoba aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta”. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, masbro harus terlebih dahulu login dengan akun Google. Kemudian masukan nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu akan muncul informasi mengenai plat nomor kendaraan yang kita masukan, seperti tipe, tahun produksi, nilai jual, jumlah pajak pendaraan, hingga denda pajak yang harus dibayarkan.

Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Price: To be announced

5. Yogyakarta

Cara Mengecek Nomor Polisi MobilSelanjutnya untuk wilayah Provisni Daerah Istimewa Yogyakarta bisa mengecek plat nomor motor ataupun mobil melalui website http://infonjkbdiy.com. Masbro tinggal memasukan nomor kendaraan yang ingin dicek, kemudian klik sumbit dan secara otomatis akan muncul informasi mengenai nilai jual kendaraan, besaran pajak kendaraan bermotor serta tanggal jatuh temponya.

Bagi yang lebih memilih menggunakan aplikasi, maka bisa mencoba aplikasi bernama Pajak Kendaraan Yogyakarta. Sayangnya aplikasi ini bukan aplikasi resmi dari Pemda Yogja, jadi jangan harap bisa membayar pajak kendaraan bermotor menggunakan aplikasi tersebut. Meskipun begitu, masbro tetap bisa menggunakannya untuk melihat pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan.

6. Aceh

Cek Plat Nomor Mobil AcehTak ingin kalah dari Provinsi lainnya, Ditlantas Polda Aceh meluncurkan aplikasi bernama Peluit. Nah yang menarik dari aplikasi cek plat nomor online ini memiliki fitur E-Samsat dan E-SIM. Selain itu, tersedia pula formulir pengaduan secara online dan tombol kecelakaan yang nantinya bisa digunakan untuk meminta pertolongan dari Polisi terdekat apabila terjadi kecelakaan. Bagi yang hobi touring dan membutuhkan pengawalan juga bisa menggunakan aplikasi cek plat nomor online ini untuk meminta layanan PJR dari Ditlantas Polda Aceh.

PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Price: To be announced

7. Riau

Cara Cek Plat Motor RiauE-Samsat KEPRI bisa menjadi solusi bagi pemilik motor atau mobil di Kepulauan Riau untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Cara menggunakan aplikasi Android tersebut sangat mudah. Masbro cukup memasukan plat nomor kendaraan, kemudian akan muncul informasi mengenai detail nomor polisi serta pajak kendaraan bermotor. Selain itu, tersedia pula menu untuk melihat harga pasaran mobil bekas yang disesuaikan dengan merek serta tahun produksinya.

ESamsat KEPRI
Price: Free

8. Sulawesi Utara

Aplikasi cek plat nomor motor ini tergolong simple. Pasalnya aplikasi yang dibuat Bapenda Provinsi Sulawesi Utara ini hanya sebatas untuk mengecek PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) beserta informasi kendaraan. Itu artinya, masbro tidak bisa membayar pajak kendaraan menggunakan aplikasi tersebut. Andai saja fitur yang disediakan lebih lengkap, tentu akan sangat membantu masyarakat Sulawesi Utara untuk membayar pajak kendaraan yang merek miliki.

Baca Juga :  25 Mobil Tercanggih Di Dunia 2019 Dengan Harga Fantastis
Info Pajak Kendaraan Sulut
Price: To be announced

9. Nusa Tenggara Barat

Banyak orang malas datang ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Mengerti akan hal itu, Samsat Nusa Tenggara Barat meluncurkan aplikasi bernama Samsat Delivery. Nah yang menarik dari aplikasi ini adalah menyediakan metode pembayaran pajak COD (Cash On Delivery), sehingga memudahkan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk membayar pajak kendaraan bermotor tanpa perlu pergi ke ATM ataupun datang langsung ke Samsat.

Inovasi yang dilakukan Samsat NTB patut diacungi jempol, karena belum ada daerah lain yang mengadopsi sistem serupa. Selain itu, aplikasi Samsat Delivery juga menyediakan menu untuk melihat informasi pelayanan dan klaim asuransi. Namun yang paling penting, kita bisa melihat informasi pajak kendaraan bermotor dengan cara memasukan plat nomor kendaraan pada form Cek PKB yang tersedia pada aplikasi tersebut.

SAMSAT DELIVERY
Price: Free

10. Sumatera Selatan

 Bagi yang tinggal di wilayah Sumatera Selatan juga bisa cek plat nomor motor online menggunakan aplikasi bernama e-Dempo Samsat Online Sumsel. Aplikasi ini berguna untuk melihat detail PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) serta info kendaraan bermotor. Sayangnya tidak disediakan menu pembayaran pajak motor online, jadi masbro harus tetap datang ke kantor Samsat terdekat untuk membayar pajak motor ataupun mobil.

Provinsi Lainnya

Selain 10 aplikasi cek plat nomor online di atas, masih banyak aplikasi lainnya yang disediakan setiap provindisi daerah. Nah untuk mengetahui apa saja aplikasinya, silahkan simak dibawah ini.

11. Lampung
12. Sulawesi Selatan
eSamsat-Sulsel
Price: To be announced
13. Kalimantan Utara
eSAMSAT Kalimantan Utara
Price: To be announced
14. Pontianak
Samsat Pontianak
Price: To be announced
15. Kalimantan Tengah
RC POLDA KALIMANTAN TENGAH
Price: To be announced

[wp-review id=”20954″]

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Motor LambrettaCek Dinamo Starter Mobil
Harga Kiprok MotorPembersih Kaca Mobil Berjamur 

Dengan semakin banyaknya layanan cek plat nomor kendaraan bermotor online, tentu semakin mempermudah masyarakat Indonesia untuk mengetahui informasi kendaraan yang mereka miliki. Jadi sebelum masbro membayar pajak motor ataupun mobil, kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek besaran pajak yang harus dibayar menggunakan salah satu aplikasi di atas. Nah demikianlah informasi otomotifo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement