Cara Bayar Pajak Motor Online 2019 Via ATM & e-Samsat

Advertisement

Cara Bayar Pajak Motor Online 2019 – Sekarang sudah ada Samsat Online yang memungkinkan kita membayar pajak kendaraan secara mudah dan cepat. Sayangnya layanan ini belum tersedia di semua kota. Hanya beberapa kota besar saja yang sudah mendukung layanan Samsat Online. Mungkin kedepannya semua pemerintah daerah akan menghadirkan layanan tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat dalam melakukan proses pembayaran pajak STNK.

Terlebih cara bayar pajak motor online tergolong sangat mudah. Kita hanya perlu melakukan pendaftaran melalui aplikasi “Samsat Online Nasional” yang tersedia untuk smartphone Android. Lalu kita tinggal membayarnya melalui ATM. Caranya sangat praktis dan bisa menghemat waktu. Coba bandingkan dengan membayar pajak motor di Samsat, tentu banyak waktu yang terbuang untuk mengantri dan mengurusi adminstrasi.

Semua pemilik kendaraan bermotor memang wajib membayar pajak tahunan. Apabila kita tidak membayarnya, maka pihak Kepolisian memiliki wewenang untuk menilang sesuai ketentuan yang tertuang dalam pasal 288 UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Saat ini juga keluar peraturan baru bahwa kendaraan bermotor yang telat pajak selama dua tahun, maka akan dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi (Regident) kendaraan bermotor (ranmor).

Masbro tentu tidak ingin motornya menjadi bodong, jadi lebih baik membayar pajak motor tepat waktu sesuai ketentuan yang berlaku. Nah dari pada ribet pergi ke Samsat ataupun memakai jasa perpanjangan STNK, lebih baik masbro membayar pajak motor secara online. Adapun untuk cara bayar pajak motor online, silahkan masbro simak informasi yang dirangkum redaksi otomotifo.com berikut ini.

Mekanisme dan Cara Bayar Pajak Motor Online 2019Cara Bayar Pajak Motor Online

1. Download Aplikasi “Samsat Online Nasional”

Membayar pajak motor secara online bisa dilakukan melalui beberapa cara. Namun cara yang paling gampang adalah menggunakan aplikasi “Samsat Online Nasional”. Aplikasi berbasis Android tersebut bisa digunakan untuk membayar pajak motor online di wilayah Jawa dan Bali. Mekanisme pembayarannya juga sangat mudah. Pertama-tama masbro harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi tersebut melalui link dibawah ini.

2. Melakukan Pendaftaran

Mekanisme Bayar Pajak Motor OnlineAplikasi “Samsat Online Nasional” berguna untuk melakukan proses pendaftaran. Setelah aplikasi tersebut didownload, kita tinggal membukanya dan masuk “Pendaftaran” untuk mengisi beberapa formulir yang dibutuhkan dalam bayar pajak motor online. Ada beberapa data yang harus kita isi saat mendaftar bayar pajak motor online yang terdiri dari Nomor Polisi, Nomor KTP, Nomor Rangka, Nomor Handphone / Kotak, dan yang terakhir harus mengisi email. Kemudian masbro tinggal menekan tombol Lanjutkan untuk masuk ke menu selanjutnya.

Kemudian akan muncul menu konfirmasi data pendaftaran serta “Kode Bayar”. Kode tersebut digunakan untuk menyelesaikan pembayaran melalui Bank atau ATM. Ada banyak sekali Bank yang melayani pembayaran Samsat Online Nasional, seperti BPD, BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, Permata, dan Bank CIMB Niaga. Kode bayar tersebut hanya berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran, jadi masbro harus bergegas membayarnya melalui ATM ataupun mobile banking. Lalu bagaimana cara membayarnya ?

3. Proses Pembayaran Melalui ATM

Kode bayar yang kita dapatkan saat melakuan pendaftaran hanya berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran. Itu artinya kita harus segera melakukan pembayaran agar kodenya masih berlaku. Nah cara membayar pajak motor online yang menurut kami paling gampang adalam melalui ATM Bank BNI. Untuk caranya sendiri, silahkan masbro simak dibawah ini.

  • Yang pertama harus dilakukan adalah memasukan kartu ATM kedalam mesin ATM, lalu masukan password ATM yang masbro miliki.
Baca Juga :  Syarat Perpanjang STNK 2019 Untuk Motor dan Mobil

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Selanjutnya pilih “Menu Lain”

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Kemudian pilih “Menu Pajak/Penerimaan Negara”

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Lalu pilih menu “e-Samsat”

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Setelah masuk ke menu “e-Samsat”, kita disuruh memasukan kode bayar yang didapat saat proses pendaftaran di atas. Setelah itu masukan kode tersebut dengan diawali kode 1500. Sebagai contoh adalah 15001234567890123456
  • Setelah kode dimasukan, sekarang masbro tinggal menekan tombol “Tekan Jika Benar”

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Apabila kode yang dimasukan sudah benar, maka akan muncul data kendaran, pemilik, serta total biaya yang dikeluarkan untuk bayar pajak motor online. Jika semua data sudah sesuai, masbro tinggal menekan tombol “Tekan Jika Benar”.

Proses Pembayaran Pajak Motor Online

  • Selanjutnya akan muncul tulisan bahwa transksi telah berhasil. Jangan lupa untuk mengambil struk pembayaran sebagai bukti bahwa proses pembayaran telah selesai.

Cara membayar pajak motor online di atas kami ambil dari situs resmi bni.co.id. Proses pembayaran menggunakan Bank lainnya mungkin akan sedikit berbeda. Namun yang pasti prosesnya cukup mudah dan bisa kita lakukan melaluia ATM maupun layanan e-Banking. Nah setelah melakukan pembayaran kita tinggal datang ke kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK.

4. Persayaratan Pengesahan STNK

Setelah melakukan pembayaran melalui ATM ataupun e-Banking, masbro akan mendapatakan Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran elektronik (e-TBPKP) yang belaku selama maksimal 30 hari sejak pembayaran. Selama masa 30 hari itu kita harus datang ke kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan e-TBKPB yang didapatkan saat bayar pajak motor online.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pengesahan STNK di kantor Samsat terdekat. Nah untuk syaratnya sendiri silahkan masbro simak dibawah ini.

  •  Melampirkan KTP asli yang masuk berlaku
  • Apabila pengesahan STNK diwakilkan orang lain, maka harus membawa surat kuasa.
  • Membawa STNK Asli
  • Membawa SKPD/TBPKB lama

Yah, walaupun sudah memakai sistem oline, namun kita harus tetap datang ke Samsat terdekat. Sayangnya pencetakan SKPD/TBKPB hanya bisa dilakukan di Samsat sesuai provinsi yang kita pilih. Itu artinya kita tidak bisa melakukan pengesahan STNK di provinsi lainnya. Untungnya kita diberi waktu maksiman selama 30 hari, sehingga kita bisa memilih waktu yang senggang untuk datang ke kantor Samsat.

5. Prosedur Pengesahan STNK

Cara bayar pajak motor online di atas memang simple dan praktis. Alhasil kita bisa melakukannya dirumah tanpa perlu antri dikantor Samsat terdekat. Layanan ini juga mengurangi resiko pungli, karena proses pembayarannya dilakukan secara langsung melalui ATM ataupun e-Banking. Selanjutnya kita tinggal datang ke kantor Samsat terdekat dan mengikuti prosedur pengesahan STNK yang meliputi sebagai berikut

  • Datang ke loket khusus Samsat Online untuk menyerahkan persyaratan yang kami sampaikan di atas.
  • Setelah itu, Petugas Polri akan meginput semua data yang kita bawa, lalu petugas akan memasukan Nomer Registrasi dan Nomor Polisi
  • Apabila semua data sudah cocok, sekarang tinggal penyerahan STNK dan SKPD kepada pemohon.

Manfaat dari layanan bayar pajak motor online adalah membuat kita tidak perlu mengantri berlam-lama dalam mengurusi pengesahan STNK. Layanan tersebut wajib kita manfaatkan karena terbukti membuat proses pembayaran pajak motor semakin cepat dan praktis. Selain itu, layanan bayar pajak motor online juga bisa mencegah pungli (pungutan liar) yang biasanya sering dilakukan para oknum nakal.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Chevrolet Pick Up 1986Mobil Pick Up 20 JutaanFord Escape 2005Mobil Bekas 60 Jutaan
Datsun GO+ 2015Mobil Bekas 70 JutaanGambar Toyota C-HR HybridMobil Indonesia 2019 
Baca Juga :  Berapa Tekanan Ban Mobil Yang Ideal ? Inilah Jawabannya

Membayar pajak kendaraan bermotor sudah menjadi kewajiban kita semua dalam memilih motor ataupun mobil. Hadirnya layanan e-Samsat atau Samsat Online tentu akan memudahkan kita semua dalam memenuhi kewajiban tersebut. Sayangnya layanan tersebut hanya terbatas untuk wilayah Jawa dan Bali. Sedangkan untuk wilayah lainnya akan segera menyusul. Nah demikianlah tips otomotif mengenai cara bayar pajak motor online. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement