Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Solusinya

Advertisement

Ada yang pernah mengalami mobil tidak bisa distarter ? Kami yakin semua pemilik mobil pernah mengalami hal tersebut dan tak jarang ada yang kebingungan mencari solusinya. Padahal penyebab mobil tidak bisa distarter sangat sepele. Namun tak jarang masalahnya berasal dari komponen mesin yang otomatis membutuhkan perbaikan agar mobil kembali dapat dihidupkan.

Mungkin banyak orang mengira bahwa penyebab mobil tidak bisa distarter adalah masalah aki. Namun aki bukan menjadi satu-satunya penyebab masalah tersebut, karena masih banyak penyebab lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja penyebabnya, silahkan simak informasi berikut ni.

Penyebab Mobil Tidak Bisa DistarterPenyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

1. Aki Tekor

Salah satu penyebab utama mobil tidak bisa distarter adalah masalah aki. Biasanya hal ini terjadi karena aki tekor atau soak. Untuk mengatasi hal tersebut, masbro bisa melakukan jumper aki yang caranya silahkan simak DISINI. Namun sering kali jumper aki hanya bersifat sementara, terutama bagi pengguna aki kering. Sedangkan untuk aki basah bisa terlebih dahulu disetrum agar sumber daya aki bisa kembali penuh.

Apabila sudah distrum, namun tetap tidak kuat menyalakan mobil, maka masbro harus membeli aki baru. Harga aki mobil juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kami sarankan untuk memilih aki mobil dari merek-merek ternama , seperti Bosch, Yuasa, GS Astra, dll, agar nantinya tahan lama dan tidak cepat tekor. Selain itu, pilihlah aki yang kapasitas dayanya sesuai dengan kebutuhan sistem kelistrikan mobil.

2. Dinamo starter rusak

Selain aki, salah satu komponen yang paling penting dalam menghidupkan mobil adalah Dinamo Starter. Fungsi komponen tersebut adalah merubah energi listrik yang berasal aki menjadi energi mekanik (putar) menggunakan gaya elektromagnetik. Nah apabila dinamo starter rusak, maka mobil tidak bisa dihidupkan. Solusinya adalah melakukan perbaikan pada komponen dinamo starter yang mengalami kerusakan.

Perbaikan dinamo starter lebih baik dilakukan oleh mekanik profesional. Apabila tidak bisa diperbaiki, maka masbro harus membeli dinamo starter baru yang harganya bisa melebihi 400 Ribu Rupiah, tergantung jenis mobil yang masbro miliki. Nah untuk mencegah kerusakan dinamo starter, kami sarankan untuk selalu memanaskan mobil dan jangan memaksa mobil dihidupkan saat kondisi aki soak.

3. Alternator Rusak

Alternator merupakan komponen mobil yang berfungsi menyuplai listrik ke aki. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka mobil tidak bisa distarter. Untuk mengecek kondisi altenator cukup gampang. Masbro bisa melihatnya melalui panel istrument yang akan memperlihatkan gambar aki saat mobil dihidupkan. Nah apabila gambar aki menyala, berarti alternator bermasalah.

Sayangnya tak semua mobil dilengkapi instrument cluster yang menampilkan gambar aki. Nah untuk mengetahui apakah penyebab mobil tidak bisa distarter karena masalah pada alternator adalah dengan cara menggunakan voltmeter, lalu tempelkan jarum plus dan minus ke ujung masing-masing alternator. Apabila arus listrik yang terlihat pada voltmeter dibawah 13 Volt, maka bisa dipastikan bahwa alternator mengalami kerusakan.

4. Kunci Kontak Kendor Atau Rusak

Saat ini sudah banyak mobil yang dilengkapi sistem penguncian keyless, sehingga tidak membutuhkan kunci mekanik untuk menghidupkan mesin. Namun bagi yang masih menggunakan kunci mekanik, maka kemungkinan besar masalah yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter adalah socket kunci kontak yang kendor sehingga tidak bisa menyambungkan arus litrik antara kunci dengan pemantik mesin yang otomatis membuat mobil tidak bisa distarter.

Baca Juga :  Cara Inreyen Motor Matic & Sport Baru Agar Mesin Awet dan Cepat
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Modifikasi AvanzaModifikasi Satria FU

Nah itulah beberapa masalah utama yang sering kami membuat mobil tidak bisa distarter. Sebenarnya masih ada beberapa masalah lainnya, seperti fuse starter yang putush, tekanan kompresi drop, sensor Injeksi mengalami kerusakan, time pengapian bergeser, hingga lupa tidak menginjak rem atau kopling yang otomatis akan membuat mobil dengan transmisi manual tidak akan bisa menyala. Sekian informasi otomotifo.cm kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement