Mobil Indonesia 2019
Editor's Pick

Mobil Indonesia 2021 Keluaran Terbaru

Mobil Indonesia 2021 – Populasi mobil di Indonesia terus meningkat seiring berjalannnya waktu. Hal ini tak lepas dari banyaknya mobil murah yang beredar di Indonesia. Untuk membeli sebuah mobil juga semakin gampang dengan hadirnya beragam layanan finansial yang memberikan kesempatan pada semua orang untuk mendapatkan mobil yang diinginkan. Di sisi lain daya beli masyarakat juga semakin besar, sehingga para produsen jor-joran dalam memasarkan mobil baru di Indonesia.

Persaingan mobil di Indonesia juga sangat ketat. Masing-masing produsen berlomba-lomba menghadirkan mobil baru untuk menarik minat konsumen. Sebenarnya hal ini sangat menguntungkan masyarakat Indonesia, karena semakin banyak mobil yang bisa dibeli dari berbagai macam merek ternama, seperti Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya produsen dari Jepang dan Eropa, saat ini juga sudah banyak mobil China yang beredar di Indonesia. Sebut saja Wuling Confero dan DFSK Glory 580 yang mencoba peruntungannya melawan mobil asal Jepang yang terlebih dahulu sukses di Indonesia. Selain itu, ada pula mobil yang berasal dari Korea Selatan dan Amerika yang sama-sama bersaing di Indonesia.

Sekarang kita tinggal menunggu lahirnya mobil Indonesia asli yang dibuat dan dikembangkan di dalam negeri. Sebelumnya sudah ada wacana untuk membuat mobil nasional, namun sampai detik ini wacana tersebut belum terealisasi. Mungkin kedepannya mobil Indonesia asli akan segera terwujud, namun untuk saat ini lebih baik masbro membeli salah satu mobil terbaru yang dipasarkan di Indonesia berikut ini.

Daftar Mobil Indonesia Terbaru 2021

1. New Toyota Avanza

Mobil Indonesia 2019
Demi menjaga eksistensi Avanza yang digempur beragam mobil MPV baru, akhirnya Toyota meluncurkan Avanza generasi terbaru. Mobil Indonesia 2020 ini tetap menggunakan basis Avanza sebelumnya, sehingga perubahannya sangat sedikit. Yang paling mencolok adalah perubahan pada eksterior depan yang sudah dilengkapi headlamp LED serta grille baru yang membuatnya terlihat lebih modern. Beberapa fitur baru juga disematkan pada New Avanza, namun menurut kami fiturnya tergolong standar.

2. New Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia 2019
Duet antara Toyota dan Xenia selalu menghasilkan mobil berkualitas yang laris manis di Indonesia. Salah satunya adalah Daihatsu Xenia yang saat ini desainnya telah berubah. Sama seperti generasi sebelumnya, desain Xenia masih sama dengan Avanza. Bedanya mobil ini memiliki fitur lebih sedikit, sehingga harga jualnya lebih murah. Dimana harganya dibanderol mulai 193 Jutaan smapai 228 Jutaan.

3. Wuling Almaz

Gambar Wuling Almaz Indonesia
Salah satu mobil Indonesia 2020 yang cukup menyita perhatian adalah Wuling Almaz. Mobil SUV ini akan bersaing melawan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Nah untuk mengalahkan lawan-lawannya tersebut, Wuling akan membanderol produknya dengan harga jauh lebih terjangkau. Walaupun lebih murah, namun fitur yang dimiliki Wuling Almaz tetap mampu mengalahkan rival-rivalnya yang dibanderol jauh lebih mahal. (Review Selengkapnya Simak Di Sini)

4. All New Toyota Camry

Harga Toyota Camry Terbaru
Tak hanya meluncurkan Avanza generasi terbaru, Toyota juga meluncurkan All New Camry. Mobil sedan ini dipasarkan dengan harga sangat mahal. Dimana harganya dibanderol mulai Rp. 613 Jutaan sampai Rp. 806 Jutaan. Untuk varian termahal telah dilengkapi teknologi hybrid yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dan performa mesinnya lebih bertenaga. Selain itu, All New Camry Hybrid juga dilengkapi fitur Sunroof dan interior super mewah yang membuatnya pantas diharga 800 Jutaan.

5. Suzuki Jimny

Gambar Mobil Suzuki Jimny
Suzuki akan kembali meluncurkan mobil legendarisnya di Indonesia, yaitu Suzuki Jimny. Mobil ini menawarkan desain SUV yang gagah, namun tetap mungil sama seperti Jimny generasi sebelumnya. Mobil ini juga menawarkan beragam fitur baru yang akan memanjakan semua pengendaranya. Namun yang paling penting mobil Indonesia 2020 ini menawarkan ketangguhan dan kenyamanan saat melibas berbagai medan offroad.

6. Honda WR-V

Gambar Mobil Honda WR-V
Menurut banyak kabar, Honda akan meluncurkan satu mobil baru di Indonesia, yakni Honda WR-V. Desain mobil ini jauh lebih keren dibandingkan Honda BR-V yang bisa dikategorikan gagal di Indonesia. Mobil bergaya Crossover ini juga memiliki interior sangat mewah dan dibekali beragam fitur kenyamanan terbaik di kelasnya. Kabarnya harga mobil Indonesia 2020 ini tak bebeda jauh dari BR-V dengan harga sekitar 200 Jutaan.

7. Nissan Kicks

Gambar Mobil Nissan Kicks
Mobil baru di Indonesia selanjutnya adalah Nissan Kicks. Mobil ini bisa menjadi alternetif Nissan Juke saat nantinya hadir di Indonsia. Soal desain juga tak kalah keren dari mobil SUV sekelasnya. Kemudian untuk spesifikasinya ditenagai mesin 1.6 Liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 125 Horsepower dan torsi 155 Nm. Alhasil performanya akan sangat mumpuni dan bisa diandalkan untuk berakselerasi di semua medan.

8. Suzuki Swift RS

Gambar Mobil Suzuki Swift RS
Kabar gembira bagi masbro yang menantikan Suzuki Swift generasi terbaru. Kabarnya mobil hatchback tersebut akan segera dipasarkan di Indonesia pada tahun 2020. Dibandingkan Shift generasi sebelumnya, sudah pasti mobil ini memiliki desain lebih modern demi mengkuti perkembangan jaman. Selain itu, Suzuki membekalinya dengan mesin baru yang mengusung mesin bensin bensin 1.0 Liter dengan teknologi Turbocharger. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 101 bph dan torsi 150 Nm.

9. Suzuki Karimun Wagon R 2020

Suzuki Karimun Wagon R 2019
Suzuki akan semakin gencar dari merilis mobil baru di tahun 2020. Salah satunya adalah Karimun Wagon R 2020. Mobil ini mengusung desain baru yang jauh lebih keren dan semakin modern. Sedangkan untuk harganya tidak akan berbeda jauh dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go, ataupun Honda Brio yang sama-sama dipasarkan dikelas LCGC (Low Cost Green Car).

10. Toyota C-HR Hybrid

Gambar Toyota C-HR Hybrid
Inilah calon mobil Indonesia terbaik di tahun 2020. Toyota C-HR Hybrid menawarkan kecanggihan teknologi hybrid yang memadukan antara mesin konvesional dan motor listrik untuk menghasilkan tenaga yang besar dan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Mobil ini akan menyusul Toyota Camry Hybrid yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Menariknya lagi, Toyota C-HR Hybrid memiliki desain modern yang terlihat futuristik, modern, dan berkesan sangat mewah.

11. Mitsubishi Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross
Hadirnya Mitsubishi Eclipse Cross sudah dinantikan pecinta otomotif di seluruh Indonesia. Kabarnya mobil ini akan segera dipasarkan pada tahun 2020. Nah yang menarik dari mobil Indonesia 2020 ini adalah memiliki desain Crossover yang gagah dan modern. Bagian depan Eclipse Cross juga mirip dengan Xpander, karena sama-sama mengusung desain Dynamic Shield. Selain itu, Mitsubishi melengkapi mobil Indonesia 2020 ini dengan beragam fitur canggih dan interior mewah yang membuatnya layak dibanderol cukup mahal.

12. Mitsubishi Triton 2020

Mitsubishi Triton 2019
Belum lama ini Mitsubishi meluncurkan Triton generasi terbaru yang mengusung perubahan pada segi interior maupun eksterior. Sekarang mobil double cabin ini memiliki tampilan depan mirip Xpander, karena sama-sama mengadopsi desain Dynamic Shield. Tak hanya itu, Mitsubishi juga menghadirkan varian Single Cabin dan Extra Cabin yang tersedia dalam sistem penggerak 4×2 dan 4×4. Mobil ini juga menawarkan spesifikasi mesin lebih bertenaga, sehingga lebih bisa diandalkan saat melibas berbagai medan.

13. Toyota Corolla Hatchback 2020

Toyota Corolla Hatchback 2019
Untuk menambah lini produknya di tahun 2020, Toyota telah meluncurkan Corolla Hatchback. Mobil ini telah dipasarkan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya dengan menawarkan desain modern dan interior mewah bertabur fitur-fitur canggih. Kami yakin masyarakat Indonesia akan sangat menyukai mobil ini, sehingga kami berharap Toyota segera memasarkannya di Indonesia.

14. Toyota Supra 2020

Toyota Supra 2019
Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Toyota Supra generasi terbaru resmi diluncurkan. Mobil ini akan bersaing melawan mobil sport dari Eropa dengan menawarkan desain sporty yang terlihat futuristik dan modern. Menariknya lagi, Toyota Supra 2020 menggunakan mesin buatan BMW dengan konfigurasi 6 Silinder Turbocharged yang diklaim bisa menghasilkan tenaga 335 Horsepower dan torsi 365 lb-ft. Mobil sport ini juga bisa berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu 4.1 detik.

15. Lamborghini Aventador SVJ

Lamborghini Aventador SVJ
Mobil Indonesia 2020 ini hanya dikhususkan untuk kalangan orang kaya yang tak segan-segan mengeluarkan uang belesan atau bahkan puluhan miliar rupiah. Harga mobil Lamborghini di Indonesia memang sangat mahal, karena semua tipenya menawarkan spesifikasi monster yang dipadukan dengan desain eksotis yang futuristik dan modern. Lebih hebatnya lagi, Lamborghini Aventador SVJ mampu berlari hingga kecepatan 350 km/jam berkat jantung pacunya yang ditenagai mesin V12 6.498cc dengan tenaga 566 kW dan torsi puncak sebesar 720 Nm.

Nah itulah beragam mobil Indonesia terbaru yang meramaikan industri otomotif tanah air di tahun 2020. Selain mobil yang kami sampaikan di atas, tentu masih banyak mobil Indonesia terbaru lainnya yang menawarkan teknologi tak kalah canggih dan desain lebih keren. Bagi mabro yang sabar menunggu dan lebih memilih sudah dipasarkan di Indonesia, silahkan masbro simak daftar harganya dibawah ini.

Daftar Harga Mobil Indonesia Terbaru

Harga Mobil Sport BMW

Harga Mobil Daihatsu
Daihatsu Ayla Rp. 95,65 – Rp. 145,35 Juta
Daihatsu Xenia Rp. 183,35 – Rp. 218 Juta
Daihatsu Terios Rp. 197,3 – Rp. 250 Juta
Daihatsu Sirion Rp. 184,1 – Rp. 195,1 Juta
Daihatsu Luxio Rp. 185,3 – Rp. 214,55 Juta
Daihatsu Gran Max Rp. 155,38 – Rp. 171,38 Juta
Daihatsu Sigra Rp. 111,5 – Rp. 152,25 Juta
Daihatsu Copen Rp. 432,25 Juta
Daihatsu Sirion Rp. 184,1 – Rp. 195,1 Juta
Harga Mobil Toyota
Toyota Rush 2020 Rp. 243,65 – Rp. 265,05 Juta
Toyota Agya Rp. 136,15 – Rp. 156,55 Juta
Toyota Avanza Veloz 2020 Rp. 215,65 – Rp. 239,45 Juta
Toyota Calya Rp. 138,15 – Rp. 155,7 Juta
Toyota Avanza 2020 Rp. 191,1 – Rp. 221,25 Juta
Toyota Kijang Innova 2020 Rp. 308,45 – Rp. 411,15 Juta
Toyota Land Cruiser Rp. 2,03 – Rp. 2,36 Milyar
Toyota Voxy Rp. 462,25 Juta
Toyota Yaris Rp. 237,55 – Rp. 278,05 Juta
Toyota Hilux Rp. 216,55 – Rp. 470,15 Juta
Toyota Fortuner Rp. 472,85 – Rp. 664,95 Juta
Toyota Sienta Rp. 236,45 – Rp. 302,25 Juta
Toyota Alphard Rp. 959,85 Juta – Rp. 1,81 Milyar
Toyota CHR
Rp. 488,65 Juta
Toyota Camry 2020
Rp. 613,35 – Rp. 806,6 Juta
Toyota Corolla Altis Rp. 439,95 – Rp. 474,45 Juta
Toyota Etios Valco Rp. 151 – Rp. 178,3 Juta
Toyota 86 Rp. 726,85 – Rp. 768,45 Juta
Toyota Hiace Rp. 439,75 – Rp. 677,65 Juta
Toyota Vios 2020 Rp. 291,25 – Rp. 328,15 Juta
Toyota Vellfire Rp. 1,11 Milyar
Toyota Venturer Rp. 403,7 – Rp. 463 Juta
Harga Mobil Suzuki
Suzuki Ertiga 2020 Rp. 196 – Rp. 241,5 Juta
Suzuki Ignis Rp. 157 – Rp. 186 Juta
Suzuki SX4 S Cross Rp. 278 – Rp. 291 Juta
Suzuki Baleno Rp. 213 – Rp. 225,5 Juta
Suzuki Karimun Wagon R 2020 Rp. 112,5 – Rp. 134,5 Juta
Suzuki Karimun Wagon R GS Rp. 135 – Rp. 143 Juta
Suzuki APV Luxury Rp. 226,5 – Rp. 229,7 Juta
Suzuki Carry 1.5 Real Van Rp. 154,5 Juta
Suzuki APV Arena Rp. 150 – Rp. 211 Juta
Suzuki Grand Vitara Rp. 367 – Rp. 378 Juta
Suzuki Ciaz Rp. 281,7 – Rp. 291,8 Juta
Harga Mobil Honda
Honda Brio Rp. 140 – Rp. 191 Juta
Honda Jazz 2020 Rp. 239 – Rp. 279,5 Juta
Honda HRV 2020 Rp. 284,5 – Rp. 334,5 Juta
Honda Mobilio Rp. 194 – Rp. 248 Juta
Honda CRV
Rp. 444,5 – Rp. 518,5 Juta
Honda BRV
Rp. 238 – Rp. 274 Juta
Honda Civic Rp. 497,5 – Rp. 500,5 Juta
Honda Civic Type R Rp. 1,03 Milyar
Honda City Rp. 324,5 – Rp. 334,5 Juta
Honda Civic Hatchback Rp. 414,5 – Rp. 453,5 Juta
Honda Accord Rp. 664,5 Juta
Honda Odyssey Rp. 739,5 Juta
Harga Mobil Datsun
Datsun GO
Rp. 105,04 – Rp. 150,5 Juta
Datsun GO + Rp. 114,03 – Rp. 135,19 Juta
Datsun Cross Rp. 161,49 – Rp. 173,99 Juta
Harga Mobil Mitsubishi
Mitsubishi Xpander Rp. 201,1 – Rp. 255,9 Juta
Mitsubishi Pajero Sport 2020 Rp. 464 – Rp. 672 Juta
Mitsubishi Delica Rp. 436 – Rp. 457 Juta
Mitsubishi Outlander Sport Rp. 330 – Rp. 375 Juta
Mitsubishi Triton Rp. 321 – Rp. 455 Juta
Mitsubishi Mirage 2020 Rp. 173 – Rp. 197,5 Juta
Harga Mobil Mazda
Mazda 2 Rp. 276,8 – Rp. 313,8 Juta
Mazda Biante
Rp. 449 Juta
Mazda 3
Rp. 420,3 – Rp. 446,3 Juta
Mazda 5 Rp. 376,8 Juta
Mazda CX 9 Rp. 818,8 Juta
Mazda MX 5 RF Rp. 799,8 Juta
Mazda CX 5 Rp. 499,8 – Rp. 569,8 Juta
Mazda 6 Rp. 554,8 – Rp. 649,8 Juta
Mazda CX3 Rp. 394,8 – Rp. 442,8 Juta
Harga Mobil Isuzu
Isuzu Panther Rp. 267,25 – Rp. 323 Juta
Isuzu D Max Rp. 238 – Rp. 511,8 Juta
Isuzu MuX
Rp. 473 – Rp. 499,5 Juta
Harga Mobil Wuling
Wuling Confero Rp. 131,8 – Rp. 175,8 Juta
Wuling Cortez Rp. 195,8 – Rp. 266 Juta
Wuling Formo Rp. 135,8 – Rp. 136,8 Juta
KIA Picanto
Rp. 151,5 – Rp. 166,5 Juta
Harga Mobil Kia
KIA Sportage Rp. 386,5 – Rp. 475,5 Juta
KIA Grand Sedona Rp. 503 – Rp. 599 Juta
KIA Rio Rp. 260 – Rp. 275 Juta
Harga Mobil DFSK
DFSK Glory 580
Rp. 245,9 – Rp. 308 Juta
DFSK Supercab Rp. 119,5 – Rp. 167 Juta
Harga Mobil Lexus
Lexus LS Rp. 3,5 – Rp. 4,36 Milyar
Lexus NX Rp. 1,05 – Rp. 1,1 Milyar
Lexus GS Rp. 1,2 – Rp. 1,26 Milyar
Lexus LX Rp. 3,09 Milyar
Lexus LC Rp. 4,29 Milyar
Harga Mobil Nissan
Nissan Terra Rp. 464 – Rp. 661 Juta
Nissan Grand Livina
Rp. 221,9 – Rp. 274 Juta
Nissan Serena Rp. 396,3 – Rp. 482,3 Juta
Nissan Juke
Rp. 303,3 – Rp. 332,6 Juta
Nissan Elgrand
Rp. 1,02 Milyar
Nissan Teana Rp. 602,9 Juta
Nissan Navara Rp. 413,4 – Rp. 474,4 Juta
Nissan X Trail Rp. 418,6 – Rp. 668,1 Juta
Nissan March Rp. 185,8 – Rp. 225,6 Juta
Harga Mobil Hyundai
Hyundai Grand i10 Rp. 176,5 – Rp. 203,5 Juta
Hyundai i20 Rp. 249,5 – Rp. 270 Juta
Hyundai Starex Rp. 396,6 Juta
Hyundai Tucson Rp. 391 – Rp. 467 Juta
Hyundai H1
Rp. 490 – Rp. 604 Juta
Hyundai Santa Fe 2020 Rp. 504 – Rp. 574 Juta
Harga Mobil Mercedes Benz
Mercedes Benz A-Class Rp. 746 Juta
Mercedes Benz S-Class Rp. 2,72 – Rp. 6,5 Milyar
Mercedes Benz CLS-Class Rp. 1,91 Milyar
Mercedes Benz CLA-Class Rp. 883,5 Juta – Rp. 1,48 Milyar
Mercedes Benz GLA-Class Rp. 837 Juta – Rp. 1,45 Milyar
Mercedes Benz C-Class Sedan Rp. 755 Juta – Rp. 1,09 Milyar
Mercedes Benz SL-Class Rp. 2,11 Milyar
Mercedes Benz AMG GT Rp. 4,94 – Rp. 5,68 Milyar
Mercedes Benz GLC-Class Rp. 899 Juta – Rp. 3,5 Milyar
Mercedes Benz V-Class Rp. 1,53 Milyar
Mercedes Benz GLE-Class Rp. 1,42 – Rp. 1,91 Milyar
Mercedes Benz E-Class
Rp. 1,12 – Rp. 1,9 Milyar
Mercedes Benz GLS-Class Rp. 2,1 – Rp. 4,71 Milyar
Mercedes Benz SLC-Class Rp. 1,45 – Rp. 1,86 Milyar
Mercedes Benz C-Class Estate Rp. 1,03 – Rp. 1,16 Milyar
Mercedes Benz C-Class Coupe Rp. 1,14 – Rp. 1,44 Milyar
Harga Mobil BMW
BMW 3 Series Sedan Rp. 804 – Rp. 982 Juta
BMW 4 Series Coupe Rp. 1,46 Milyar
BMW 4 Series Convertible Rp. 1,45 Milyar
BMW 7 Series Sedan Rp. 1,94 – Rp2,47 Milyar
BMW X4 Rp. 1,39 Milyar
BMW X5 2020 Rp. 1,35 – Rp. 1,47 Milyar
BMW X6 Rp. 2,01 Milyar
BMW M5 Rp. 4,06 Milyar
BMW M6 Gran Coupe Rp. 3,84 Milyar
BMW X6 M Rp. 3,47 Milyar
BMW X5 M Rp. 3,36 Milyar
BMW X2
Rp. 839 Juta
BMW i8 Coupe Rp. 4 Milyar
BMW M2 Competition Rp. 1,52 – Rp. 1,59 Milyar
BMW X1 Rp. 771 Juta
BMW 5 Series Sedan Rp. 1,13 – Rp. 1,59 Milyar
BMW M3
Rp. 2,25 Milyar
BMW M4 Coupe Rp. 2,35 Milyar
BMW 5 Series Touring Rp. 1,43 Milyar
BMW 6 Series GT
Rp. 1,75 Milyar
BMW i8 Roadster Rp. 4,41 Milyar
BMW X3 Rp. 1,13 Milyar
Harga Mobil Mini
Mini Clubman Rp. 815 Juta – Rp. 1 Milyar
Mini Convertible
Rp. 810 – Rp970 Juta
Mini Countryman Rp. 699 – Rp899 Juta
Mini 3 Door Rp. 720 Juta – Rp. 1,06 Milyar
Mini 5 Door Rp. 750 – Rp. 950 Juta
Harga Mobil Jaguar
Jaguar XE Rp. 1,1 Milyar
Jaguar XF Rp. 1,4 Milyar
Jaguar F Type Rp. 2,9 Milyar
Jaguar F PACE
Rp. 1,6 – Rp. 2 Milyar
Harga Mobil Chevrolet
Chevrolet Orlando 2020 Rp. 316 Juta
Chevrolet Colorado Rp. 411 – Rp. 545,5 Juta
Chevrolet Captiva 2020 Rp. 430,5 – Rp. 499,5 Juta
Chevrolet Trax Rp. 288 – Rp. 314 Juta
Chevrolet Spark
Rp. 198 Juta
Chevrolet Trailblazer Rp. 435 – Rp. 477 Juta
Harga Mobil Renault
Renault KWID Rp. 119,6 Juta
Renault Duster Rp. 275 – Rp. 441 Juta
Renault Koleos Rp. 495 Juta
Renault Clio R.S. Rp. 661,5 Juta

Wow, ada banyak sekali mobil yang dipasarkan di indonesia. Semua mobil yang kami sampaikan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dipengaruhi oleh harga jualnya. Apabila ingin mendapatkan mobil terbaik di Indonesia, maka harus rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Namun bagi yang budgetnya terbatas, kami sarankan untuk membeli mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang harganya dibawah 150 Juta Rupiah.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Chevrolet Pick Up 1986
Mobil Pick Up 20 Jutaan
Ford Escape 2005
Mobil Bekas 60 Jutaan
Datsun GO+ 2015
Mobil Bekas 70 Jutaan
Nissan Terrano Grandroad
Mobil Bekas 50 Jutaan

Salah satu alasan meningkatkan populasi mobil di Indonesia adalah karena ada mobil LCGC. Mobil tersebut mendapatkan subsidi pajak dari pemerintah Indonesia, sehingga harganya bisa sangat murah. Alhasil banyak sekali masyarakat Indonesia yang membeli mobil tersebut karena tertarik harganya yang murah. Sekarang tinggal masbro yang menentukan akan membeli mobil yang mana, dan semoga informasi harga mobil di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.