10 Motor 2 Tak Terbaik dan Tercepat Terbaru 2018

Advertisement

Motor 2 Tak Terbaik – Sekarang pemerintah Indonesia telah melarang peredaran motor 2 tak. Walaupun begitu masbro tetap bisa membelinya, namun dalam kondisi bekas. Salah satu alasan pelarangan motor 2 tak adalah karena tidak memenuhi standar emisi yang diterapkan pemerintah Indonesia. Alhasil berbagai perusahaan otomotifi harus rela menghentikan produksinya, seperti Yamaha yang sebelumnya memasarkan RX King dan Kawasaki yang memiliki Ninja 150RR. Padahal keduanya tergolong sukses di pasaran dan menjadi primadona di Indonesia.

Banyak orang menyukai motor 2 tak karena tenaganya sangat besar dan memiliki akselerasi lebih responsif dibandingkan motor 4 tak. Namun banyak orang menganggapnya kurang ramah lingkungan dan tidak nyaman digunakan. Mungkin hal ini dikarenakan motor 2 tak mengeluarkan suara yang berisik dan sering kali mengeluarkan asap. Bagi pecintanya tentu bukan menjadi masalah dan tetap memakainya hingga sekarang. Inilah yang membuat motor 2 tak tetap eksis di Indonesia, meski sudah tidak dipasarkan oleh produsen otomotif tanah air.

Kepopuleran motor 2 tak di Indonesia tidak lepas dari kesuksesan Yamaha RX-King yang pertama kali dipasarkan pada tahun 1982. Yapz, motor 2 tak memang sangat populer pada era 80 hingga akhir 90’an. Namun kepopulerannya terus menurun setelah munculnya motor 4 tak yang dianggap lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Dibalik kekurangan tersebut tentu ada banyak kelebihan yang dimiliki motor 2 tak. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak informasi kelebihan dan kekurangan motor 2 tak yang kami rangkum dibawah ini.

Advertisement
Kelebihan Motor 2 Tak
  • Mesin 2 tak memiliki konstruksi yang sederhana, sehingga membuat bobot mesin lebih ringan dibandingkan mesin 4 tak
  • Tenaga yang dikeluarkan motor 2 tak lebih besar dibandingkan motor 4 tak, karena hanya hanya membutuhkan momentum dua kali putaran piston naik-turun untuk mendapatkan satu kali tenaga
  • Motor dengan mesin 2 tak lebih mudah perawatannya, karena tidak perlu melalukan penyetelan pada bagian klep dan ganti filter oli
  • Tenaganya dapat menyamai motor 4 tak yang memiliki kapasitas mesin lebih besar
  • Kemampuan akselerasinya sangat cepat berkat cara kerja mesin yang lebih sederhana, sehingga tenaga yang disemburkan lebih besar
Kekurangan Motor 2 Tak
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros dibandingkan motor bermesin 4 tak, karena sistem pembakarannya hanya dua langkah, sehingga membutuhkan asupan bahan bakar lebih banyak.
  • Mengeluarkan suara yang bising, sehingga mengganggu lingkungan dan pengendara disekitarnya
  • Rata-rata mesin 2 tak lebih cepat panas
  • Harus menggunakan oli samping, jadi apabila lupa mengisi oli samping maka motor akan cepat rusak
  • Kekurangan lainnya adalah RPM mesin tidak bisa tinggi, sehingga sering membuat mesin mengalami overheat atau macet
  • Mengeluarkan asap yang kurang ramah lingkungan dan menimbulkan polusi udara karena sistem pembakarannya membutuhkan oli samping

Nah itulah kelebihan dan kekurangan motor 2 tak yang bisa menjadi panduan bagi masbro yang tertarik membeli motor bermesin 2 tak. Ada banyak pilihan motor 2 tak yang bisa masbro dapatkan di Indonesia. Namun rata-rata merupakan motor bekas, jadi jangan harap mendapatkan motor 2 tak baru terkecuali membeli dari kolektor yang otomatis harganya selangit. Bagi yang bingung memilih motor 2 tak murah dan ingin mencari motor 2 tak terbaik yang pernah di pasarkan di Indonesia, silahkan simak informasi otomotifo.com berikut ini.

Baca Juga :  10 Harga Moge Honda Murah dan Termahal Terbaru 2018

DAFTAR MOTOR 2 TAK TERBAIK DI INDONESIA

1. Yamaha RX King

Motor 2 Tak Terbaik

Berbicara mengenai Yamaha RX-King pastinya masbro langsung teringat pada motor jabret. Tenaga motor 2 tak terbaik ini memang sangat besar dan memiliki kemampuan akselerasi sangat cepat, sehingga sering kali disalahkan gunakan untuk menjambret. Kemampuan tersebut tidak lepas dari mesin 2 tak berkapasitas 132cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 18.5 PS pada 9.000 rpm dan torsi 1.54 kgf.m pada 8.000 rpm. Tersedia pula sistem pendingin udara dan transmisi manual 5 percepatan yang membuat performanya semakin responsif dan powerfull.

Advertisement

2. Kawasaki Ninja 150 RR

Kawasaki Ninja 150RR

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Kawasaki Ninja 150RR merupakan salah satu motor 2 tak terbaik di Indonesia. Sayangnya motor ini harus disuntik mati setelah pemerintah Indonesia melarang motor bermesin 2 tak. Padahal performa Kawasaki Ninja 150RR sangat mengagumkan dan memiliki desain full fairing yang sporty dan digandrungi anak muda. Kesuksesan Kawasaki Ninja 150RR tidak lepas dari racikan mesin 2 tak yang menggunakan teknologi Cranked Case, Reed Valve, Kips, dan HSAS. Semua teknologi tersebut berpadu dengan mesin berkapasitas 149cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 21 kW pada 11.000 rpm dan torsi 20 Nm pada 9.000 rpm.

3. Kawasaki Ninja R

Kawasaki Ninja R

Advertisement

Berbeda dengan Kawasaki Ninja 150RR, motor 2 tak terbaik ini merupakan motor bergaya naked bike. Itu artinya tidak memiliki fairing depan yang menjadi ciri kahs Ninja 150RR. Untuk spesifikasinya tidak berbeda jauh, dan sama-sama ditenagai mesin 2 tak berkapasitas 149cc yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 30.1 PS pada 10.500 rpm dan torsi 21.6 Nm pada 9.000 rpm. Tenaga dan torsinya mampu menandingi motor 150cc bermesin 4 tak, seperti Yamaha Vixion maupun Honda CB150R StreetFire. Terlebih Kawasaki telah melengkapinya dengan transmisi manual 6 percepatan yang membuat kemampuan akselerasinya semakin repsonsif.

4. Kawasaki Ninja SS

Kawasaki Ninja 150 SS

Ciri khas motor 2 tak terbaik dari Kawasaki ini adalah memiliki lampu depan berbentuk bundar. Untuk mesinnya sama persis dan telah menggunakan rem cakram Twin Port yang terpasang pada roda depan serta belakang. Dahulu harga motor 2 tak ini dibanderol sekitar Rp. 29.9 Jutaan, dan sekarang masbro bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 18 Jutaan sampai Rp. 24 Jutaan tergantung dari kondisi motor yang dibeli. Sayangnya motor 2 tak Kawasaki tersebut sangat boros, jadi siap-siap mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin.

5. Yamaha FIZ-R

Yamaha FIZ-R

Yamaha juga memiliki motor 2 tak terbaik yang merupakan motor bebek bernama Yamaha F1Z-R. Motor ini cukup populer di Indonesia dan menjadi pesaing Suzuki Satria 120 yang sama-sama menggunakan mesin 2 tak. Keduanya memiliki kapasitas mesin yang berbeda. Dimana untuk Yamaha FIZ-R dibekali mesin 2-Stroke berkapasitas 110.4cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 11.8 Horsepower pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 1.10 kgf.m pada 6.500 rpm. Kemudian untuk sistem pembakarannya menggunakan karburator VM 20 X 1 Mikuni dan dilengkapi transmisi manual 4 percepatan.

6. Suzuki RGR 150

Suzuki RGR 150

Apakah masbro masih ingat dengan motor 2 tak Suzuki ini ? Yah, kepopuleran Suzuki RGR 150 memang kalah dibandingkan Yamaha RX-King maupun Kawasaki Ninja R. Padahal motor ini cukup sukses pada era 1990-an dan sering dinobatkan sebagai motor 2 tak tercepat di Indonesia. Meski menjadi yang tercepat, namun Suzuki RGR 150 menjadi motor 2 tak terboros di kelasnya. Padahal teknologinya cukup canggih, karena sudah dilengkapi teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) yang berfungsi untuk mengontrol masuknya bahan bakar yang dibutuhkan mesin, dan kedua teknologi SSS (Suzuki Super Scavenging System) yang berguna untuk memberi asupan udara lebih besar ketika motor berlari pada rpm tinggi.

Baca Juga :  Jadwal MotoGP 2018 Trans7 dan Jam Tayang Terlengkap

7. Honda NSR 150R

Honda NSR 150R

Mau tau motor 2 tak paling irit di Indonesia ?, jawabannya adalah Honda NSR 150. Motor ini terkenal sangat irit, meski menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 150cc yang sangat bertenaga. Ada beberapa generasi Honda NSR 150, dan yang terbaik adlaah NSR 150 SP. Pasalnya motor ini dibekali mesin 1 silinder, 2 stroke berkapaistas 149cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 39.5 PS pada 10.500 rpm dan torsi 2.75 kg-m pada 10.000 rpm. Selain itu, tersedia pula transmisi 6-percepatan yang membuat performanya semakin optimal. Sekarang Honda NSR 150 menjadi incaran para kolektor, jadi jangan heran apabila harga motor 2 tak terbaik ini sangat mahal.

8. Suzuki Satria 120

Suzuki Satria 120

Masbro pasti tidak asing dengan motor 2 tak terbaik ini. Pasalnya Suzuki Satria 120 sangat digandrungi anak mudah di masanya. Motor ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1997 dengan membawa footstep underbone dan mesin 2 tak berkapasitas 120cc. Mesin tersebut menggunakan sistem pembakaran karburator Mikuni VM 20 SS dan sistem pendingin udara yang membuatnya mampu mengeluarkan tenaga mencapai 13.5 PS pada 8.000 rpm. Performa mesinnya sangat mengagumkan, sehingga membuat Suzuki Satria 120 menjadi salah satu motor 2 tak tercepat di Indonesia.

9. Yamaha 125ZR

Motor Yamaha 125ZR

Yamaha 125ZR merupakan satu-satunya motor bebek 2 tak yang masih diproduksi Yamaha. Sayangnya motor 2 tak terbaik ini tidak dipasarkan di Indonesia, melainkan di Malaysia. Harganya juga tergolong sangat mahal, karena di Malaysia bisa mencapai RM 7.269 atau setara Rp. 22.6 Jutaan. Sebenarnya kita bisa membeli motor ini di Indonesia, namun harganya selangit. Pantauan kami di social media harga Yamaha 125ZR di Indonesia bisa melebihi 40 Jutaan, karena dimport langsung dari Malaysia. Walaupun mahal, namun sebanding dengan spesifikasinya. Dimana telah terpasang mesin 2 tak berpendingin udara yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 12.8 kW pada 8.000 rpm dan torsi 16.1 Nm pada 7.500 rpm.

10. Suzuki RK Cool 110

Suzuki RK Cool 110

Inilah salah satu motor 2 tak terbaik yang dimiliki Suzuki. Motor ini sempat dipasarkan di Indonesia dengan harga mencapai Rp. 17 Jutaan. Salah satu faktor yang membuat harganya sangat mahal adalah karena diimport secara langsung dari Thailand alias CBU. Untuk spesifikasinya sendiri Suzuki RK Cool ditenagai mesin 2 tak berkapasitas 110cc lengkap dengan karburator Mikuni VM 17 dan transmisi manual 5-Speed (1-N-2-3-4-5). Motor 2 tak terbaik ini menggunakan transmisi underbone dan sudah menggunakan disk brake pada roda depan serta belakang.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Motor Kopling MurahMotor Kopling MurahChevrolet SparkMobil City Car Terbaik
Mobil Masa Depan Nissan IMxMobil Masa Depan Harga Mobil Baru Dibawah 200 JutaMobil Baru Termurah

Masih ada beberapa motor bermesin 2 tak lainnya yang pernah di pasarkan di Indonesia. Namun kami telah memilih 10 motor 2 tak terbaik yang masih eksis hingga saat ini. Tidak semuanya merupakan motor jadul, karena masih ada Yamaha 125ZR yang dipasarkan di Malaysia. Walaupun begitu kita tetap bisa membelinya di Indonesia, meski harganya sangat mahal. Jadi lebih baik memilih motor 2 tak terbaik lainnya yang kami sampaikan di atas. Cukup sekian informasi yang kami sampaikan kali ini, dan semoga informasi harga motor di atas bermanfaat bagi pecinta motor bermesin 2 tak.

Advertisement

Pecinta film yang hobi dunia otomotif dan bercita-cita ini menonton MotoGP secara langsung untuk bertemu dengan Valentino Rossi