15 Motor Kopling Murah Di Bawah 20 Juta Terbaik 2018

Advertisement

Motor Kopling Murah – Rata-rata motor laki yang dipasarkan di Indonesia menggunakan sistem kopling untuk memberikan pengendalian penuh terhadap perpindahan gigi. Inilah salah satu kelebihan motor kopling yang tidak dimiliki motor bebek maupun motor matic. Alhasil kita bisa mengatur putaran mesin sesuka hati dengan menaik tuas kopling yang berada di handle sebelah kiri. Masih banyak kelebihan motor kopling lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak rangkuman yang kami sampaikan di bawah ini.

Kelebihan Motor Kopling

  • Sistem kopling membuat tenaga mesin semakin optimal dan responsif, karena kita bisa mengatur kapan menghubungkan dan memutuskan putaran mesin. Sebagai contoh adalah apabila kita menahan tuas kopling dan menarik tuas gas lalu melepasnya maka akan memberikan tenaga lebih dan loncatan pada motor yang membuat akselerasi semakin optimal.
  • Mempermudah proses engine break yang akan memperlambat laju kendaraan dengan memanfaatkan mesin dari motor. Engine break sendiri sangat penting untuk melakukan proses perlambatan secara bertahap, sehingga tidak hanya mengandalkan rem saat ingin menurunkan kecepatan.
  • Perawatan motor kopling lebih murah dan lebih mudah dibandingkan motor matic yang biasanya susah diperbaiki apabila terjadi kerusakan parah yang otomatis akan membutuhkan biaya cukup mahal.
  • Desain motor kopling biasanya terlihat lebih sporty, karena rata-rata merupakan motor sport berjenis naked bike ataupun full fairing.
  • Lebih aman dikendarai, karena motor akan langsung mati saat pengendaranya memutar gas pada posisi gigi tidak netral.
  • Apabila pintar mengatur kopling, maka perpindahan gigi menjadi sangat halus.

Nah itulah beragam kelebihan yang akan kita dapatkan apabila membeli sepeda motor dengan kopling manual. Namun dibalik kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan motor kopling yang wajib masbro ketahui. Salah satunya adalah sulit dioperasikan dan sering kali membuat tubuh cepat lelah. Hal ini tidak lepas dari proses kontrol yang harus dilakukan secara bersamaan saat melepas tuas kopling dan menarik gas, sehingga membutuhkan adaptasi agar terbiasa menggunakannya.

Apabila sudah terbiasa maka akan memberikan pengalaman berbeda saat mengendarai sepeda motor. Pasalnya kita akan mendapatkan kontrol penuh terhadap perpindahan gigi yang otomatis membuat kita bisa berkaselerasi dengan sangat cepat. Terlebih apabila menggunakan motor kopling 150cc, tentu tenaga yang dikeluarkan akan semakin besar dan akselerasi semakin cepat.

Advertisement

Motor kopling juga kurang cocok bagi pengendara yang sering melewati jalanan macet, karena harus selalu mengatur kopling agar mesin tidak mati. Alhasil pengendara motor kopling cepat lelah saat bermacet-macetan dalam waktu lama dibandingkan motor matic yang hanya tinggal menarik tuas gas. Jadi bagi yang suka macet-macetan, kami sarankan membeli motor matic sebagai motor harian. Namun bagi yang ingin tampil gaya dengan mengendarai motor kopling yang memiliki desain sporty, silahkan pilih salah satu motor kopling murah dibawah ini.

Daftar Motor Kopling Di bawah 20 Juta

1. Honda CB150 Verza

Motor Kopling Murah

Harga
  • Rp. 19.300.000 (SW)
  • Rp. 19.950.000 (CW)

Inilah motor kopling termurah yang dipasarkan Honda di Indonesia. Motor ini menggunakan mesin 150cc yang tangguh dan responsif. Mesin Honda CB150 Verza juga telah memenuhi standar emisi Euro 3 yang membuatnya lebih irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan hemat biaya perawatan. Performanya juga lumayan dengan tenaga sebesar 13.04 PS pada 8.500 rpm dan torsi 12.73 Nm pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk perpindahan giginya menggunakan transmisi manual 5 percepatan dengan sistem kopling yang responsif dan nyaman dikendarai. Selain itu, Honda telah melangkapinya dengan speedometer Full Digital dan tersedia dalam 2 varian yang menggunakan velg jari-jari serta velg racing.

2. TVS Max 125

Gambar TVS Max 125

Advertisement
HargaRp. 12.600.000

Bagi yang mencari motor kopling murah meriah, maka TVS Max 125 merupakan pilihan paling tepat. Harga motor kopling ini setara motor matic ataupun motor bebek yang memiliki kapasitas mesin lebih kecil, yakni seharga 13 Jutaan. Walaupun cukup murah, namun kita akan mendapatkan mesin 4 Tak SOHC berkapasitas 124.53cc dengan tenaga sebesar 8.1 kW pada 8.000 rpm dan torsi 10.8 Nm pada 5.500 rpm. Mesin tersebut didukung transmisi manual dan suspensi teleskopik hidrolik pada bagian depan dan suspensi pegas ganda pada bagian belakang. Sayangnya motor kopling murah ini belum menggunakan sistem pembakaran fuel injection dan rem belakangnya masih tromol.

3. TVS Max Semi Trail

Gambar TVS Max Semi Trail

HargaRp. 12.900.000

Mesin yang dipakainya cuma 124.53 cc, jadi wajar apabila harga motor kopling ini sangat murah. Mesin TVS Max Semi Trail bisa mengeluarkan tenaga sebesar 8.1 kW pada 8.000 rpm dan torsi 10.8 NM pada 5.500 rpm yang dioptimalkan oleh sistem kopling untuk mempermudah perpindahan gigi. Menariknya lagi, TVS Max Trail memiliki ban berjenis dual purposes yang membuatnya bisa melewati medan offroad ringan dan tetap nyaman saat dipakai di jalan raya. Konsep tersebut cukup aneh, karena sejatinya TVS Max Trail memiliki bodi layaknya motor sport. Velg depannya juga lebih besar, yakni memakai velg jari-jari ring 19 yang dipadukan dengan velg belakang jari-jari ring 16.

Baca Juga :  10 Harga Motor ATV Murah Terbaru 2018
Advertisement

4. Viar Cross X 150

Harga Viar Cross X 150

HargaRp. 17.940.000

Bagi yang suka berpetualang melewati medan offroad atau trabas, maka Viar Cross X 150 merupakan pilihan paling tepat. Harga motor kopling ini jauh lebih murah dibandingkan Kawasaki KLX 150 maupun Honda CRF150L yang sama-sama ditenagai mesin berkapasitas 150cc. Untuk mesinnya sendiri bisa mengeluarkan tenaga sebesar 7.5 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9.8 Nm pada 7.000 rpm. Tersedia kopling bertipe Manual Multiplate Wet Clutch yang membuat kemampuan akselerasi motor trail ini semakin optimal. Lebih hebatnya lagi, Viar Cross X 150 telah menggunakan suspensi depan Upside Down dan rem cakram pada roda depan serta belakang.

5. Yamaha Jupiter MX 150

Motor Yamaha Jupiter MX 150

HargaRp. 18.900.000

Yamaha Jupiter MX 150 merupakan motor bebek dengna konsep Super Sport Design yang terlihat sporty dan stylish. Motor kopling dibawah 20 Juta ini menggunakan mesin injeksi 150cc yang memiliki performa sangat tangguh dengan keluaran tenaga sebesar 11.3 kW dan torsi 13.8 Nm. Performanya bisa menandingi motor sport 150cc yang dibanderol lebih mahal. Terlebih Yamaha telah melengkapinya dengan Forged Piston, DiAsil Cylinder dan Liquid Cooled System yang semakin memaksimalkan performa mesin. Lalu ada pula rem cakram dikedua rodanya dan ban tubeless dengan velg ring 17 yang memiliki desain sporty. Sedangkan untuk transmisinya menggunakan kopling manual untuk mempermudah perpindahan gigi 5 percepatan.

6. Benelli TNT 15

Harga Benelli TNT-15

HargaRp. 17.750.000

Tidak semua motor dari Italia dibanderol mahal, karena masih ada Benelli TNT 15 yang bisa kita dapatkan dengan harga 17 Jutaan. Sesuai namanya, motor kopling dibawah 20 Juta ini telah menggunakan mesin berkapasitas 150cc atau lebih tepatnya 148cc. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan yang nantinya bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 12.06 BHP pada 8.500 rpm dan torsi 11 Nm pada 6.000 rpm. Sayangnya motor ini belum menggunakan teknologi Fuel Injection dan rem belakangnya masih tromol. Benelli TNT 15 juga dibekali suspensi belakang monoshock dan bodinya terlihat stylish serta agresif.

Daftar Motor Kopling Murah 20 Jutaan

7. Honda Supra GTR 150

Spesifikasi dan Harga Honda Supra GTR 150

Harga
  • Rp. 22.050.000 (Sporty)
  • Rp. 22.300.000 (Exclusive)

Motor bebek yang satu ini juga memiliki kopling manual yang dipadukan dengan mesin berteknologi PGM-FI berkapasitas 149.16cc dan transmisi manual 6 percepatan. Mesin tersebut sangat irit dengan konsumsi bahan bakar mencapai 42.2 km/liter (Euro 3). Sedangkan untuk tenaganya mencapai 12 kW dan torsi 14.2 Nm. Kelebihan lain dari Honda Supra GTR 150 adalah memiliki lampu LED dan desain modern yang terlihat agresif. Motor kopling 20 Jutaan ini juga dilengkapi suspensi depan berukuran besar dan rem cakram di kedua roda yang dibalut ban tubeless.

8. Yamaha MX King 150

Review Yamaha Jupiter MX King 150

HargaRp. 21.650.000

Harga motor kopling ini dibanderol mencapai 21 Jutaan. Salah satu faktor yang membuat harga Yamaha MX King 150 dibanderol cukup mahal adalah memiliki lampu depan LED yang terinspirasi dari Yamaha R1. Sedangkan untuk mesinnya sama persis dengan Jupiter MX 150 yang menggunakan teknologi mesin balap untuk memaksimalkan performa mesin saat berakselerasi. Sayangnya transmisinya belum sebaik Honda Supra GTR 150. Pasalnya Jupiter MX King 150 masih menggunakan transmisi manual 5 percepatan dengan kopling multiplat. Untungnya tenaga dan torsinya tetap besar, sehingga kekurangan tersebut bukan menjadi masalah berarti.

9. Yamaha Byson

Gambar Yamaha Byson FI

HargaRp. 22.950.000

Masih ada beberapa motor kopling murah Yamaha yang bisa masbro dapatkan dengan harga 20 Jutaan. Salah satunya adalah Yamaha Byson yang merupakan naked bike bermesin 150cc dengan tenaga mencapai 9.61 kW dan torsi 12.98 Nm. Motor kopling Yamaha ini telah menggunakan mesin berteknologi Fuel Injection yang otomatis membuat konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Sayangnya harga Yamaha Byson yang murah membuatnya masih menggunakan rem belakang tromol. Kekurangan tersebut akan tertutupi oleh speedometer full digital dan stang lebar yang menawarkan posisi berkendara tegap.

Baca Juga :  10 Motor 2 Silinder Terbaik dan Termurah 2018

10. All New Yamaha Vixion

Harga Yamaha Vixion Movistar

Harga
  • Rp. 26.250.000
  • Rp. 26.950.000 (Movistar)

Bisa dikatakan All New Yamaha Vixion merupakan motor kopling 20 Jutaan terbaik saat ini. Pasalnya motor ini memiliki teknologi Assist & Slipper Clutch yang membuat kopling lebih ringan dan perpindahan gigi lebih mulus. Teknologi tersebut berpadu dengan mesin 149.8cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 12.2 KW dan torsi 14.5 Nm. Selain itu, tersedia pula transmisi manual 5 Percepatan dan sistem pendingin cairan. Menariknya lagi, All New Vixion memiliki speedometer full digital dan lampu Full LED yang membuat tampilan luar All New Vixion semakin keren.

11. Suzuki Satria F150

Spesifikasi dan Harga Satria FU

Harga
  • Rp 22.800.000 (BlackFire)
  • Rp 22.800.000 (MotoGP)
  • Rp 22.950.000 (Black Predator)
  • Rp 22.500.000 (Standar)

Suzuki juga memiliki beberapa motor kopling 20 Jutaan, dan yang termurah adalah Suzuki All New Satria F150. Motor ini sering disebut sebagai Satria FU oleh pecinta otomotif tanah air. Apapun namanya, Satria F150 telah menggunakan mesin 4-Valve 150cc dengan teknologi Fuel Injection dan transmisi manual 6-speed. Mesin tersebut sangat responsif dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 13.6 kW dan torsi 13.8 Nm. Alhasil performanya bisa menandingi Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 150 yang sama-sama bersaing di kelas motor bebek 150cc.

12. Suzuki GSX-S150

Motor GSX-S150

Harga
  • Rp 24.750.000 (Shutter Key)
  • Rp 26.200.000 (Keyless)

Sekarang Suzuki GSX-S150 telah tersedia dalam varian Keyless dan Shutter Key. Harganya lebih murah dibandingkan Yamaha Vixion ataupun Honda CB150R. Walaupun begitu, performa GSX-S150 tetap bisa diandalkan untuk berkendara secara cepat dengan mengandalkan mesin DOHC 4-Valve berkapasitas 150cc dan dibekali transmisi 6-Speed. Selain itu, Suzuki membekalinya dengan speedometer Full Digital yang memberikan informasi lengkap bagi pengendara. Pada bagian depan juga terpasang lampu LED yang memberikan penerangan lebih terang dan membuat tampilan motor makin sporty.

13. Honda CB150R StreetFire

Gambar Honda CB150R Streetfire

Harga
  • Rp. 27.475.000 (Special Edition)
  • Rp. 26.375.000 (Standar)

Salah satu kelebihan Honda CB150R yang tidak dimiliki Yamaha Vixion adalah transmisinya. Pasalnya motor kopling murah ini sudah menggunakan transmisi manual 6 percepatan dengan sistem kopling yang responsif. Mesinnya juga bertenaga, namun sayangnya belum dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Di atas kertas Honda CB150R bisa mengeluarkan tenaga sebesar 12.4 kW dan torsi 13.8 Nm. Motor ini juga menggunakan lampu berteknologi LED dan memiliki desain sangat sporty yang dipertegas oleh rangka tralis untuk menyangga mesin dan terbuat dari bahan alumunium yang kuat serta lentur.

14. Honda MegaPro FI

Fitur Honda MegaPro FI

HargaRp. 22.075.000

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Honda MegaPro FI merupakan salah satu motor kopling paling irit dan nyaman dikendarai. Kelebihan ini tidak lepas dari mesin 150cc berteknologi PGM-FI yang dilengkapi dengan sensor dan injector canggih yang mampu menyemburkan tenaga dan torsi melimpah. Performanya cukup tangguh dengan keluaran tenaga sebesar 9.8 kW dan torsi 12.3 Nm. Menariknya lagi, motor kopling murah ini sudah menggunakan rem cakram pada roda depan dan belakang yang mampu meredam kecepatan secara halus dan sempurna.

15. Suzuki GSX-R150 Shuttered Key

Motor GSX-R150

HargaRp 29.150.000

Sama halnya dengan GSX-S150, motor kopling murah ini tersedia dalam varian Keyless dan Shuttered Key. Nah untuk tipe Shuttered Key bisa kita dapatkan dengan harga 29 Jutaan, sehingga lebih murah dibandingkan motor sport Full Fairing sekelasnya yang rata-rata dibanderol 30 Jutaan. Walaupun belum menggunakan teknologi Keyless, namun kita akan mendapatkan motor kopling terbaik yang dibekali mesin 147.3cc dengan konfigurasi 4 Katup dan sistem pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut cukup besar, yakni mencapai 14.1 kW dan torsi 14 Nm.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya

Harga Mobil Baru Dibawah 200 JutaMobil Baru TermurahChevrolet SparkMobil City Car Terbaik
Mobil Masa Depan Nissan IMxMobil Masa Depan Motor Tiga Roda Viar

Nah itulah 15 motor kopling murah yang bisa masbro dapatkan dengan harga di bawah 20 Juta Rupiah sampai 20 Jutaan. Rupanya ada beberapa motor bebek yang telah dilengkapi kopling manual, sehingga bisa menjadi alternatif selain motor sport. Kebanyakan juga menggunakan mesin berkapasitas 150cc yang otomatis akan sangat powerfull saat diajak berakselerasi. Silahkan masbro pilih salah satu motor kopling murah yang kami sampaikan di atas, dan jangan lupa simak informasi harga motor lainnya hanya di otomotifo.com

Advertisement