7 Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup Saat Banjir

Advertisement

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup – Hidup di jalanan kota memang banyak suka dan dukanya, apalagi bagi kendaraan bermotor. Sukanya yaitu pengendara sepeda motor tidak terkena macetnya lalu lintas dikota, tetapi dukanya yaitu saat musim hujan sudah pasti kota terkena banjir dan biasanya motor tidak bisa hidup alias mogok.

Kami yakin banyak pengendara sepeda motor yang pernah mengalami hal ini, terutama bagi merek yang tinggal di kota langganan banjir seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, ataupun kota besar lainnya. Pasti banyak yang merasa panik dan takut motor mengalami kerusakan parah karena terendam air banjir.

Kendaraan bermotor mengalami mogok pada keadaan banjir, sangat menyusahkan pengendaranya. Apalagi, jika jauh dari bengkel motor dan pengendara sedang terburu-buru. Namun apabila kalian mengalami hal ini, maka bisa mencoba cara mengatasi motor tidak bisa hidup yang kami sampaikan pada artikel otomotifo.com berikut ini.

Advertisement

Bagaimana Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup?

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup Saat Banjur

1. Tetap Tenang

Ha terpenting yang harus anda lakukan ketika motor mogok saat banjir adalah tetap tenangdn carilah tempat meneduh atau tempat leluasa untuk memeriksa motor. Setelah anda menemukan tempat meneduh, silahkan keluarkan peralatan motor seperti obeng dan busi.

Tinggal di kota dengan rawan banjir, sebaiknya selalu sediakan peralatan motor sederhana seperti obeng dan busi di jok. Hal tersebut, sangat bermanfaat untuk mengatasi motor mogok akibat banjir.

2. Periksa Busi

Busi menjadi hal yang paling sensitif, karena tugas busi adalah mematik api untuk menyalakan mesin kendaraan. Untuk itu, periksalah kondisi busi motor.

Motor yang mogok karena banjir biasanya dikarenakan oleh busi yang basah, maka bersihi dan keringkan busi tersebut. Cara mengeringkan busi yaitu masukkan kain pada ruang busi dan gunakan kick starter beberapa kali, dengan tujuan mendorong air pada busi keluar.

3. Periksa Knalpot

Selain busi, periksa knalpot juga penting ya sob untuk mengatasi motor mogok saat banjir. Saat kondisi banjir, knalpot sangat rawan kemasukan air dan mengakibatkan mogok.

Advertisement

Untuk mengatasi knalpot kemasukan air, silahkan lakukan standar tengah pada motor anda. Setelah standar tengah, ganjal standar dengan kayu atau batu hingga posisi bagian motor belakang lebih rendah.

Jika posisi belakang motor lebih rendah, otomatis air keluar dengan sendirinya. Bila air di dalam knalpot sudah keluar, sebaiknya teteskan oli di dalam knalpot agar tidak terjadi karatan.

4. Periksa Karburator

Setelah mengecek bagian busi dan knalpot, sebaiknya jangan buru-buru menyalakan motor. Silahkan periksa karburator motor anda terlebih dahulu, namun memerika karburator hanya berlaku pada motor bebek karena matic tidak menggunakan karburator.

Jika motor terendam banjir, biasanya karburator akan basah dan jika dipaksakan jalan motor seperti tersendat-sendat. Cara mengeringkan karburator yang basah yaitu tutup keran selang bahan bakar yang menghubungkan tangki dengan karburator.

Setelah menutupnya, putarlah baut pembuangan di karburator dengan melawan arah jarum jam hingga mentok maka bensin akan keluar. Jika bensin telah keluar, silahkan buka kembali saluran dan putar balik baut dengan benar.

5. Panaskan Motor

Setelah cara mengatasi motor tidak bisa hidup di atas dilakukan, silahkan panaskan mesin motor dengan cara starter menggunakan kaki dalam kondisi mati atau posisi kunci dalam keadaan off sebanyak 5-6 kali. Selanjutnya, putar kunci keadaan on dan starter kembali menggunakan kaki.

Baca Juga :  Syarat Perpanjang STNK 2020 Untuk Motor dan Mobil

Jika mesin sudah menyala biarkan 3-5 menit untuk memanaskan mesin, jangan langsung digunakan atau dijalankan ya sob.

6. Periksa Oli Motor

Jika kelima cara di atas kurang berhaisil, maka periksalah oli motor anda. Motor yang mogok terkena banjir dapat mengakibatkan air merembes ke dalam ruang oli.

Jika, oli telah tercampur dengan air biasanya warna oli akan berubah mejadi putih. Cara mentasinya yaitu kuras ruang oli anda dengan menyiapkan wadah untuk oli yang sudah memutih dan silahkan keluarkan ke dalam wadah yang telah disediakan.

Setelah oli terkuras, belilah 1 liter bensin dan tuangkan setengah bensin ke dalam ruang oli. Dilanjutkan dengan menstarter menggunakan kaki dengan tujuan memompa bensin ke saluran oli yang kemasukan air.

Ketika cara di atas telah dilakukan, silahkan keluarkan bensin pada ruang oli melalui lubang bawah mesin. Selanjutnya silahkan lakukan hal yang sama melalui bekal setegahliter bensin yang tersisa  dan jika sudah, semprotlah ruang oli tersebut dengan angin.

Terakhir, masukkan oli yang baru ke ruang oli yang telah dibersihkan. Cara mengatasi motor tidak bisa hidup ini sangat manjur, karena oli sangat berpengaruh terhadap kesehatan mesin motor.

7. Datang Ke Bengkel

Solusi terakhir untuk mengatasi motor tidak bisa hidup adalah dengan mendatangai bengkel motor terdekat. Apabila lokasi motor mogok jauh dari bengkel, kalian bisa mencoba menghubungi montir panggilan. Jangan lupa untuk memberitahukan masalah yang dialami agar montir bisa membawa peralatan yang lengkap untuk mengatasi motor tidak bisa hidup.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Syarat Gadai BPKB MotorSyarat Gadai BPKB Mobil
Syarat Pengajuan Kredit MobilBiaya Tune Up Mobil

Di atas merupakan cara-cara yang dapat anda lakukan dalam mengatasi motor mogok di keadaan banjir. Cara di atas, sangat mudah dan tidak perlu bantuan bengkel ya sob. Kami berharap cara di atas menjadi solusi terbaik bagi kalian yang bingung bagaimana cara mengatasi motor tidak bisa hidup saat banjir.

Advertisement